Permohonan Keringanan Pelunasan Pinjaman yang Dipercepat di Bank BRI

Saya atas nama Irma, mempunyai pinjaman BRI Briguna di PT. BRI Tbk Kantor Cabang Banjar – Jawa Barat. Dari bulan Desember 2019 sampai bulan Juni 2021 sudah melakukan cicilan sebanyak 18 kali cicilan. Kalau pokoknya sudah terpotong sekitar Rp10 jutaan.

Namun ketika akan melakukan pelunasan, dengan perhitungan per tanggal 23 Juni 2021, ternyata total yang harus dibayarkan sekitar Rp482 juta. Jumlahnya melebihi pinjaman awalnya, sekitar Rp476 juta, malahan saya diminta menyiapkan dana lebih dari Rp482 juta.

Oleh karena itu saya mohon kebijaksanaannya untuk memberikan keringanan biaya pelunasan, setidaknya tidak melebihi dari pinjaman awal. Di catatan itu, selain pokok dan denda penalti 3 bulan cicilan, ada tambahan bunga juga yang jumlahnya melebihi cicilan per bulannya, serta sisa asuransi tidak dikembalikan.

Kasus ini ternyata bukan saya saja dan bukan hanya di bank ini saja. Untuk Bank BRI tolong untuk menjaga kenyamanan dan tingkat kepercayaan masyarakat. Ketika ada nasabah yang mau menutup pinjaman, tolong diberikan kemudahan dan keringanan, setidaknya tidak menambah beban nasabah yang mau melunasi pinjaman. Daripada menjadi kredit macet, lebih baik dilunasi ketika nasabah mampu melunasinya.

Irma Setiawati
Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Permohonan Keringanan Pelunasan Pinjaman yang Dipercepat di Bank BRI

    • 28 Februari 2023 - (18:45 WIB)
      Permalink

      BRI pemeras nasabah, Bri Bank ********.
      Sy baru” ini melakukan pelunasan diBRI,sy menanyakan refund asuransi diBRI UNIT JABUNG MALANG JAWA TIMUR,jawabannya saling lempar. Tdk ada yg memberi jawaban pasti. 3minggu yg lalu jawabnya mau dicek,setelah itu mau dhub melalui wa,sampai saat ini tdk ada konfirmasi. Td sy tanyakan,sama aja jawabannya msh dicek dulu. Butuh brp bulan waktu untuk mengecek itu? Setiap ditanya,masih menanyakan dulu kemantri BRI An. Haqqi, mantri Haqqi sy tanya,lempar kecostumer serviceNya. Terus sy tanya kemana keluhan ini sebagai nasabah BRI????? BRI disetiap sosialisasi selalu manis” saja yg disampaikan,giliran SPT ini,semua angkat tangan,saling lempar.
      Kalaupun sy menjadi penguasa,atau petinggi disetiap instansi,akan sy usir mentah” pihak BRI yg akan mengadakan sosialisasi yg Taek”an SPT ini. Sy rasa BRI ini BANK pemeras.

      Pernah sy baru” ini pengajuan BRI di BRI KAWI Malang Jawa timur, awal pihak BRI menyampaikan,kalau ad yg gak paham ditanyakan sampai lega keluar dr BANK BRI, setelah ada yg sy tanyakan menyangkut asuransi, dan denda cicilan,kok malah sy dibentak sebagai nasabah,karena sy orang yg TDK paham dg BRI yg wajar sy menanyakan,bahkan gaji sy setiap bulan dipotong,ko malah ada denda angsuran? Wajarlah sy nanya. Malah sy dibentak dan mengancam tdk bs cair HR itu juga, dr situlah sy diam,manut dg apa kata pihak BRI,karena sy tdk ada waktu LG,karena sy harus balik saat itu kebali,dan besok sdh kerja. Sekali LG KPD pihak BRI UNIT JABUNG KEMANTREN MALANG JAWA TIMUR,kalau kalian merasa benar,hubungi no waKu,sampaikan dg benar,jangan berbelat Belit menjawab

    • 28 Februari 2023 - (18:52 WIB)
      Permalink

      Setiap menyampaikan keluhan keBRI,tdk pernh yg namanya direspon dg baik,sdh dr dulu BRI seperti ini. Sy dulu pernh juga melakukan salah transfer uang krekening orang lain. Memang salah sy,tetapi sy sdh melakukan ap yg disarankan pihak BRI ke sy,bahwa sy harus menulis surat pernyataan,Pakai materai,kirim keBRI,Telfon sana sini keBRI,sampai saat ini y tdk ada kejelasan. Yg alesannya tdk bs mengembalikan uangnya,harus ada persetujuan. Sdh jelas” no rekeningnya sy cantumkan beserta nominalnya. Alesan tdk masuk akal banget. Kalau memang tdk bs dikembalikan, Kenapa terus BRI bisa memotong dana dr rekening nasabah?????

  • 28 Juni 2021 - (16:42 WIB)
    Permalink

    busyet.. pinaltinya bisa dapet 1 unit motor Mio baru.

    semoga BRI bisa kasih keringanan untuk nasabah yang niat baik melunasi pinjamannya.

    • 28 Juni 2021 - (18:33 WIB)
      Permalink

      perjanjian diawal apakah ada dijelaskan mengenai pelunasan dipercepat? atau apakah ada kontrak yang tertulis?

      semoga diberi keringanan

    • 14 April 2022 - (23:37 WIB)
      Permalink

      Sy pernah punya angsuran di bank itu. mau pelunasan cepat malah kena denda 12x bunga. yang jika ditotal akan lebih mahal dibandingkan tetap diangsur seperti semula.
      intinya gak boleh cepat2 dilunasi.

  • 29 Juni 2021 - (11:56 WIB)
    Permalink

    Ya masih murah lah dibanding 5.410.300 x 12 x 16 tahun = 1038 jt dibanding bayaar denda 16 jt

  • 29 Juni 2021 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Bank tsbt mmg sperti itu pelunasan d percepat msih d htung bunga berjalan,.pstinya d awal bnyk potongan ..yg jumlahnya tidak sedikit,. pelunasan d bank itu mmg agak rumit ..bunga bsa naik bsa turun

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Briguna?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Permohonan Keringanan Pelunasan Pinjaman yang Dipercepat di Bank BRI

oleh irma dibaca dalam: 1 menit
9