Surat Pembaca

Harap Tokopedia Investigasi Dulu, Baru Ambil Keputusan!

Saya pemilik akun Sanindo (toko spare part komputer) di marketplace Tokopedia. Pada tanggal 25 Juli 2021, 12:19 WIB, nomor invoice: INV/20210725/MPL/1437919371, akun pembeli Tokopedia atas nama Weweh memesan harddisk 1 TB SATA, dengan menggunakan ekspedisi TIKI ONS, nomor resi: 660031165490. Untuk paket tersebut kami kirim tanggal 26 Juli 2012. Pada tanggal 27 Juli 2012 pukul 11:46 WIB paket sudah diterima oleh pembeli.

Pada tanggal 28 Juli 2021 18:03 WIB pembeli mengajukan komplain, dengan catatan barang yang diterima tidak sesuai (barang jadi harddisk 250 GB dan tidak ada segel barang) dan melampirkan video unboxing. Setelah kami cek, ternyata harddisk sudah tidak sesuai dengan yang kami kirimkan (bukan barang dari toko kami). Kami juga ada dokumentasi paket sebelum kirim ke pembeli.

Berikut unboxing dari konsumen, saya dokumentasi ke akun saya, supaya bukti nanti masih bisa kelihatan:

1. https://youtu.be/eBW8wUuFpMU (unboxing dari pembeli)

Dalam diskusi komplain, saya sebagai pihak penjual melampirkan bukti-bukti dokumentasi bahwa barang yang dikirim itu sudah sesuai, yaitu harddisk 1 TB, berikut buktinya:

1. https://youtu.be/Vt98rnuIoeY (Youtube, dokumentasi dan packing)

2. Perbedaan data dari pembeli dan penjual (dengan gambar 1 dan 2)

Untuk packing mungkin masih bisa palsuin ya, tapi kalau segel pasti susah, karena setiap barang elektronik yang saya kirim terdapat segel. Saya juga konfirmasi ke tim Tokopedia untuk diinvestigasi secara tegas.

Pada tanggal 1 Agustus 2021, CS atas nama Kenzie dari tim komplain Tokopedia, tanpa melakukan investigasi bukti dari penjual (kasus seperti ini bisa dicurigai dari penjual, pembeli dan ekspedisi), langsung langsung menyetujui komplain pembeli.

Pertanyaan saya:

  1. Untuk kasus tersebut, teman–teman seller ada masukan? Kalau ada masukan tolong dibantu infokan.
  2. Tokopedia sebagai pihak penengah, apakah sudah melakukan investigasi ke ekspedisi, pembeli maupun penjual? Apakah sudah bersikap netral? Kalau kasus tersebut kelolosan satu kali saja, akan muncul dan terulang terus. Jangan sampai disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hermanto
Seller Tokopedia
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sebetulnya mudah saja buat Toped kalo mau menyelesaikan masalah ini, kirim retur barangnya ke Tim Toped buat dicek segelnya. Dari situ Tim Toped bisa ngambil keputusan yg fair, karena seller udah bilang kalo segelnya sulit buat dipalsuin.

    • Saya jga seller di toped,blm terlalu mendalami video yg seller upload, namun pengalaman di komplain ketemu buyer nakal ada sekali, sampe mkan waktu 10 hari dan nominal yg di ajukan pun bkn main bagi saya Harga 8jt, pengalaman sih jika dokumentasi, bukti, dan argumen kita kuat dan saling menguatkan dari hal tsb satu sama lain, bisa di pastikan kita win, dan admin toped setau saya sebelum mengambil keputusan jga ada kondisi yg harus di penuhi dari kedua pihak baik seller atau buyer, dan kondisi itu tidak serta merta harus pada saat itu, namun di beri waktu 2x24 jam,, nah di layanan pembaca ini penjual tidak memberi tahu, syarat atau kondisi apa yg tidak bsa penjual penuhi, sehingga admin toped bsa memutuskan

      Untuk kemungkinan bsa dari maaf.. Klo agan pakai pegawai.. Mgkin bsa jadi, bisa dari kurir jga, atau memang pembeli nakal

      Namun dri analisa basic saya,karna Pake service ONS logikanya pembeli butuh cepat itu barang, jadi di cek saja jam brp dia terima dan jam brp dia unbox,jika jeda terlalu jauh patut di pertanyakan..(mgkin nt bsa jdi bahan pertimbangan admin) setelah ini bru lah ke bukti dan dokumentasi
      Namun saran buat penjual,dokumentasi yg sya liat di thread ini kurang memadai, tidak dari jarak yg dekat, sehingga no seri di hdd tidak bsa terlihat.. Harusnya jika ini di lakukan kemungkinan hasil akan berbeda..

  • itu ada solasi dobel dibawah.. ada bagian yg tidak disolasi??(dibawah tulisan Pecah Belah).. soalnya langsung kebuka..

  • Semoga kedepannya seller bsa mencari solusi agar tidak kecolongan lg. Mngkin dibagian belakangnya jg kasih sticker toko atau ksh ttd atau apapun. Bagian atasnya memang terlindungi krna bnyk sticker dan segel tetapi bagian bawahnya itu loh msh rentan dibuka.

    Klo misalkan buyer yg buka dri bwah. saya hanya bingung bagaimana buyer pnya printan kertas tiki itu yg ada barcode.

  • sebenarnya kemarin saya sudah hubungi langsung si penulis melalui app toped supaya bisa menunjukkan langsung bagian yg mencurigakan melalui foto.
    Ini saya coba jelaskan secara teks.
    1 = detik 11 pembeli menunjuk ke solasi dibagian celah bahwa masih utuh (posisi ini saya sebutnya lembar tiki kutub selatan) tapi kutub utara tiki( disebut juga kutub selatan nya lembar penjual) tidak diperlihatkan. "disini saya mulai curiga"

    2 = detik 19 untuk pertama kalinya pembeli mulai memotong bagian tengah kardus yang ada kertas lembar penjual secara vertikal dari kutub utara ke selatan.
    sewaktu cutter menyentuh kutub selatan(klo dilihat dari lembar tiki ini bagian kutub utara yg saya maksud pada point 1) , terlihat bagian sisi bawah kardus tiba" bergerak.
    pdhal area ini seharusnya masih kondisi tersolasi sebanyak 4x (1x sewaktu menutup kardus tengah, 3x sewaktu ada kertas penjual) , saya tidak melihat adanya potongan secara horizontal dibagian ini.

    3 = detik 28, pembeli mencoba membuka dengan tangan, bagian kutub utara lembar penjual pada kardus penutup sisi kanan tapi kesulitan karena sisi utara ini masih tersolasi dan harus dipotong secara horizontal dengan cutter dulu tapi begitu sisi utara ini dipotong, penutup kardus sisi kanan sudah bisa terbuka lebar dengan mudah. pdhal sisi kanan bagian bawah belum dipotong sama sekali kenapa kardus nya sudah bisa terbuka lebar ?
    hal sama terjadi pada penutup kardus sisi kiri.
    (perhatikan kembali point 2 supaya mengerti kenapa kardus bisa terbuka mudah)

    4 = detik 42 , dibagian kutub selatan lembar penjual ,dan dibagian sisi samping lebih tepat nya bagian lipatan kardus samping terlihat adanya sobekan secara vertikal sampai kebagian bawah kardus. Pdhal kardus yg dipake penjual adalah kardus baru yg pesanan khusus bukan kardus bekas yg tempelan sana sini. kenapa ada sobekan vertikal disitu ?

    Yang baca postingan ini silakan di logika kan sendiri kecurigaan saya.

    Saran saya buat para seller :
    1. gunakan plastik tambahan yg ada lem perekatnya. lalu kasih tulisan tangan / stempel toko jika punya, jadi klo disobek / bekas diakali , biar lebih mudah terlihat.
    klo cuma kardus doang bisa saja disolasi ulang, malah mempersulit pembuktian
    "biasanya klo beli dari luar negri saya dapat bungkusnya plastikan seperti ini."
    2. video unboxing wajib menampilkan semua bagian sisi plastik dan kardus secara jelas dan tidak buram
    3. setelah point 2 selesai, video harus kondisi zoom out dan menampilkan keseluruhan kardus secara utuh sebelum mulai dibuka/dipotong.
    4. Jika tidak memenuhi syarat ini ,video dianggap tidak sah
    5. order = setuju dengan rule

  • Kalau diijinkan oleh manajemen media konsumen sih minta threadnya diedit supaya bisa ditampilkan kejanggalannya atau buat thread baru.

    supaya tokopedia bisa menjawab kenapa dengan kejanggalan seperti itu malah pembeli yg dimenangkan

  • Bukanya kebalik tuh,kebayakan seller yang curang.kirim tidak sesuai yang dipesan..giliran retur ongkir ditanggung buyer....

    • kalau hari ni kita kirim tidak sesuai, kita akan terima , untuk setiap paket sebelum kirim, kita juga ada infokan ke pembeli. selalu video unboxing , dan dari sisi seller juga documentasi data,

  • Ke jadian ini SDH pernah terjadi di toko sebelah dan buyer yg salah menukar terlebih dahulu baru d inboxsing dan baru d buat video ya lihat aja dari video toko bublee SDH berubah dan kotak lakban SDH berubah. Dan liat frekuensi video ya dari jam di terima paket dan saat buyer video buyer buka paket ya pasti ktmu alur ya
    Solnya pernah ke jadian di toko sebelah kaya gini buyer ya minta maaf SDH menukar ya pada saat d bawa k ranah hukum ?

    #jujur lebih aman ?

  • Terima kasih teman- teman atas support dan solusinya serta masukannya. untuk kasus ini udah clear, dari buyer udah tidak merespon lagi, dan transaksi udah selesai di tokopedia, terakhir sempat ada admin yang konfirmasi untuk investigasi ulang, setidaknya ada bantu investigasi ulang,

    poin ni saya sangat suka: "Lurus sekali, kaya ngga ada kagetnya kalau barangnya beda"
    kalau di pikir ulang , ya juga!!

    • loh kasusnya belum diclose ?
      kirain tgl 1 waktu CS nya approve komplain pembeli, pembelinya sudah menang dapat duitnya kembali.

  • Saran saya sebaiknya nama produk digunting jangan ikut ditempel di atas paket. Khawatir ada yang iseng di ekspedisi.

  • Ternyata banyak ya buyer nakal. Pengen dapat barang gratisan dengan modus komplain. Tokopedia mohon ditindak lah. Bukannya Tokopedia paling gencar ANTI FRAUD? Buktikanlah jangan cuma ngebegal akun tapi kasus kayak gini bisa lolos.