Tokopedia Tidak Menanggung Ongkir Pengiriman Unit TV Samsung yang Rusak

Yth Tokopedia,

Kenapa saya membeli tv dari toko Official Samsung Authorized Store dengan nomor invoice INV/20210707/MPL/1387257269 dikirim dalam keadaan tidak normal. Dan di pusat resolusi sudah terjadi kesepakatan akan dilakukan penukaran unit yang baru, akan tetapi penjual tersebut meminta dikembalikan dengan ongkir dari saya sendiri.

Ini sebenarnya salah siapa? Kenapa harus customer lagi harus menanggung beban pengembalian unit yg tidak normal tersebut, ini merugikan customer. Kenapa rugi? Karena yg seharusnya customer hanya membeli barang tersebut sesuai harga tertera dan menerima barang tersebut dengan kondisi baru, normal dan tidak bermasalah.

 

Apabila ada masalah itu bukan tanggung jawab customer, melainkan sepenuhnya tanggung jawab si penjual. Kalau customer masih dibebankan ongkir tambahan pengembalian itu sama saja merugikan konsumen. Tidak fair dan tidak adil.

Sudah jelaskan keberatan tersebut di pusat resolusi dan Tokopedia tidak menjawabnya.

Hary Karyadi
Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:19    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Tokopedia Tidak Menanggung Ongkir Pengiriman Unit TV Samsung yang Rusak

  • 2 September 2021 - (16:42 WIB)
    Permalink

    Udah beberapa kali retur di Tokopedia, sengotot apapun penjual ntr yg bayar ongkir retur ya akhirnya penjual. Tunggu aja kbr dr pusat resolusi kalau sudah menyatakan keberatan.

  • 2 September 2021 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Official store itu biasanya ada asuransi, nanti ongkirnya bisa di klaim dari asuransi itu. Asalkan lampirkan resi dari pihak kurir, saya pernah retur barang dari official store ongkirnya diganti kok masuk ke saldo refund Tokopedia. Tenang aja.

  • 3 September 2021 - (13:48 WIB)
    Permalink

    Ngak heran Tokopedia itu makin lama makin tengik . Mana mau tahu kerugian konsumen . Cuma cari untung aja dari setiap transaksi .

    • 9 September 2021 - (18:28 WIB)
      Permalink

      TOKOPEDIA TELAH BERTANGGUNG JAWAB ATAS PUSAT RESOLUSI ATAS TV YG RUSAK DAN TELAH MENGEMBALIKAN REFUNDNYA , TERIMA KASIH PERTAHANKAN KUALITASNYA

      #kasus ditutup#

  • 3 September 2021 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Saya sudah beberapa kali melakukan return barang yg saya beli dari tokopedia, dan setahu saya semua ongkirnya ditanggung oleh tokopedia, dengan sistem reimburse ke saldo tokopedia, setelah return dan penukaran barang baru selesai…
    memang di awal harus kita dulu yg tanggung..

  • 3 September 2021 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Kalo beli barang dr toko non official ati2 soal asuransi nya krn gw pernah beli di toko non official trus ad menu tambahan soal asuransi dan gw pake ternyata pas dtnk gw lihat resi nya sama sekali tanpa asuransi alias resi biasa tanpa asuransi apapun.

    • 3 September 2021 - (20:24 WIB)
      Permalink

      Opsi asuransi di Tokopedia, itu bukan asuransi dari jasa pengiriman. Tapi asuransi dari provider yang ditunjuk sama Tokopedia

      Jadi wajar kalo di resi tertulisnya non asuransi, karena memang bukan pihak jasa pengiriman yg menyediakan asuransinya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Tidak Menanggung Ongkir Pengiriman Unit TV Samsung yang Rusa…

oleh Hary Care dibaca dalam: 1 menit
9