J&T Tidak Bertanggung Jawab!

Pada tanggal 24 Juli 2021, saya kirim paket dari Jakarta ke Cianjur. Isi paket: masker medis, jumlah barang: 130 Box, harga barang: Rp1.950.000, berat barang: 20 Kg, ongkir: Rp400.000, nomor resi: JD0132153327.

Tanggal 26 Juli 2021, paket sampai ke tujuan dan paket diterima. Namun saat paketnya dibongkar, ternyata isinya bukan barang saya, melainkan pakaian dengan lambang Polri dan masker kain dengan lambang Polri juga, yang beratnya kurang lebih 26 Kg. Paketnya diretur ke cabang J&T oleh penerima paket.

Tanggal 27 Juli 2021, saya pergi ke J&T CP Krendang (tempat saya kirim paket) untuk komplain. Adminnya meminta saya untuk menunggu kabar dari mereka. Setelah satu minggu saya menunggu, belum ada kabar apa-apa.

Tanggal 02 Agustus 2021, saya datang lagi ke CP Krendang untuk bertanya perkembangannya. Ternyata belum ada kabar apa-apa dan saya diminta lagi untuk menunggu. Saya tunggu lagi satu minggu, tapi belum ada kabar juga.

Tanggal 09 Agustus 2021, saya menghubungi kantor pusat J&T untuk komplain atas masalah ini. Jawaban dari kantor pusat pun sama, saya cuma disuruh menunggu. Mulai dari tanggal 09 Agustus hampir setiap hari saya menghubungi kantor pusat dan kantor cabang J&T via email dan WA, tapi tetap saja tidak ada jawaban apa-apa, saya hanya diminta untuk menunggu dan respon mereka sangat-sangat lambat.

Ketika kami menghubungi CS J&T via telepon, email ataupun WA, kami seperti bicara dengan robot, tidak bisa bicara dua arah dan kita tidak akan mendapat jawaban apa-apa.

Tanggal 16 Agustus 2021, saya menghubungi J&T pusat lagi untuk bertanya sudah sampai mana perkembangannya, karena sudah 3 minggu saya menunggu. Mereka tidak menjawab apa-apa, tapi minta saya untuk menunggu yang tidak tahu sampai kapan karena mereka tidak berani memberi tempo waktu.

Yang membuat saya heran, kenapa laporan saya masuk ke sistem pusat tercatat tanggal 09 Agustus 2021 dan baru mulai investigasi tanggal 10 Agustus 2021? Lalu selama 2 minggu dari tanggal 27 Juli sampai 09 Agustus 2021, kalian ngapain aja (khususnya untuk CP Krendang)?

Tanggal 16 Agustus 2021 customer saya sudah tidak mau maskernya, dia minta dikembalikan uangnya, karena sudah terlalu lama menunggu tanpa kepastian. Mau tidak mau, saya pun menekan pihak J&T untuk ganti rugi. J&T CP Krendang tidak mau bertanggung jawab, apalagi ganti rugi. Karena mereka bilang ini murni kesalahan pusat, jadi saya disuruh minta langsung ke pusat.

Tanggal 16 Agustus 2021 juga saya diminta invoice oleh CP Krendang untuk klaim ganti rugi, tapi setelah saya kirimkan invoice-nya, sampai sekarang tidak ada kabar apapun. Saya yang pusing, karena hampir tiap hari diteleponin customer saya yang marah-marah ingin segera dikembalikan uangnya.

Di sini saya sudah rugi banyak, rugi barang, rugi uang, rugi tenaga, rugi waktu, dan yang paling penting saya rugi kehilangan customer. Karena saya sudah capek harus menunggu terus dan pusing karena ditagih terus oleh customer saya, akhirnya saya minta ganti rugi saja sesuai harga barang, tapi tidak ada yang merespon.

Tanggal 20 Agustus 2021 ,admin J&T CP Krendang konfirmasi ke saya kalau barangnya sudah ditemukan dan posisinya ada di Bandung.

Tanggal 25 Agustus 2021, J&T CP Krendang info katanya barang saya sedang diproses untuk pengiriman. Saya tunggu seminggu, tapi belum juga ada kabar.

Tanggal 01 September 2021 saya hubungi J&T pusat lagi untuk bertanya proses pengiriman paket saya. Namun CS-nya menjawab status masalah paket saya masih dalam investigasi dan pengecekan. Loh katanya paket saya ada di Bandung, tapi kenapa masih investigasi?!

Yang bikin saya tambah kesal dan emosi, tanggal 03 September 2021 saya hubungi lagi kantor pusat, saat saya bertanya paket saya, CS-nya menjawab kalau status paket saya dengan nomor resi JD0132153327 yang barangnya tertukar telah selesai. Hah? Selesai? Selesai bagaimana? Saya ataupun customer saya belum menerima apa-apa. Jangankan menerima paket, dihubungi oleh J&T pusat pun saya belum pernah, kenapa statusnya sudah selesai?

Wah, benar-benar kacau nih J&T. Ini maksudnya bagaimana? Kenapa infonya bisa berbeda-beda kayak gini? Sudah berjalan 6 minggu masalah ini masih belum selesai juga. Saya sudah bingung, gak habis pikir mau ngomong apa lagi sama J&T. Harus dengan cara apa lagi agar pihak J&T segera tanggung jawab?

Ronny Pramana Putra
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:24    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “J&T Tidak Bertanggung Jawab!

  • 9 September 2021 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Apakah masalah seperti ini bisa dibawa ke pengadilan, kalau bisa, anda harus minta ganti rugi materiil maupun non materiil. Ganti ruginya harus lebih dari harga barang+ongkirnya. Kalau nggak bisa dibawa ke pengadilan, maka pihak ekspedisi akan menganggap enteng atau bahkan meremehkan masalah seperti ini. Ini kan udah jelas bahwa kesalahan murni dari pihak ekspedisi. Iya kalau seller punya modal besar, lha kalau seller kecil yg uangnya mesti diputar lagi, apa nggak sangat merugikan. Apakah masalah seperti ini udah ada peraturannya??? Kalau konsumen dirugikan oleh ekspedisi, apa sanksinya???

    14
    2
  • 9 September 2021 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Terlunta2 nya lama banget?? Gila. harusnya 5-7hari kerja tdk ditemukan/ salah tempel beres. Ini lamanyaa..

    • 9 September 2021 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Ya Allah.Mudah”n surat sy ini sampai ke pihak j&t dn pihak yg berwenang atas masalah ini.
      Agar segera di selesaikan masalah nya.
      Sy jg sdh cape hampir tiap hari menghubungi pihak j&t,tnpa adanya kepastian.
      Minta do’a dr semua nya biar cpt selesai masalahnya.
      Karena sy sdh rugi sangat banyak.
      Sy yg hanya seller kecil dn masih belajar dgn modal seadanya,yg nyari uang hari ini untuk makan hari ini jg,harus pontang panting,pinjam sana sini untuk mengembalikan uang konsumen sy yg sudah masuk ke supplier.
      Hampir tiap hari sy di tagih dn di marahi oleh konsumen sy.

      3
      1
      • 10 September 2021 - (06:59 WIB)
        Permalink

        Kalo agan jualan di marketplace, mungkin bisa minta bantuan ke pihak marketplace ybs buat push ke pihak JNT.

        • 12 September 2021 - (17:19 WIB)
          Permalink

          Gak juga, saya juga ada kasus sama jnt di shopee. Barang rusak diterima oleh ebeli, tetapi jnt berdalih tidak ada kerusakan dikemasan, dan tak mau bertanggung jawab, padahal saya sudah melampirkan bukti” kondisi barang sebelum dipacking dan cara packing yg menggunakan kardus tebal dan bubble wrap hingga 6 lapis. Tetap saja, shopee gak mau bantu dan mbiarkan jnt lepas tanggung jawab.

        • 13 September 2021 - (02:43 WIB)
          Permalink

          Pihak marketplace malah bodo amat masalah ginian wong msalah antara buyer seller aja compang camping, dikasih masalah expedisi ya angkat tangan mereka

  • 9 September 2021 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Entahlah.
    Yg jelas sy sdh sangat kecewa.
    Sy do’akn smoga kdepan nya tdk adalah kasus sprti ini.
    Kalau pun ada kasus sprti ini lagi,mudah mudahan pihak j&t bisa lbh cpt menyelesaikan nya.
    Dn bisa fast respon saat custumer brtanya.
    Terima kasih

    1
    2
      • 14 September 2021 - (23:26 WIB)
        Permalink

        polisi harus mau mengurus hal ini karna tugas polisi adalah mengayomi masyrakat walaupun di lapangan polisi di kita bajingan, tukang pungli. yg ada di matanya uang, uang, dan uang.

  • 10 September 2021 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Kalau pake asuransi ya klaim aja. Kalau gak pake jg bisa klaim 10x ongkir lumayan 4jt. Kan bisa dibilang hilang

    • 14 September 2021 - (23:25 WIB)
      Permalink

      pakai asuransi sering gak bisa di klaim, perusahaan ekspedisinya wanprestasi. harus di tekan agar mau bayar klaim.

  • 16 September 2021 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Tgl 09 September sy menghubungi kembali cs j&t untuk brtanya kpastian masalah ini.
    Cs j&t menjawab kalau barang sy sudah ada di Jakarta(mungkin di kantor pusat)
    Dn barangnya akan di kembalikan ke sy.
    Tgl 10 September pihak cabang info ke sy kalau barang sy sedang di proses untuk di kembalikan.
    Tp smpai skrang tdk ada kabar apa”.
    Jangankan menerima barang,konfirmasi dr j&t sj tdk ada.
    dr tgl 10 September hampir setiap hari sy brtanya pd cs j&t via email & wa.
    dn parah nya jwban mereka selalu “MASALAH INI SUDAH SELESAI DAN SUDAH DI GANTI RUGI”
    ya Allah..
    Keterlaluan sekali j&t ini

  • 17 September 2021 - (21:02 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah.akhirnya sy dpt info klo barang sy sudah tiba di kantor cabang dn bisa sy ambil.
    Setelah sekian lama akhirnya selesai jg,wlwpun rasa kecewa dn kerugian tetap ada.
    Mudah”n kejadian ini menjadi pelajaran dn pengalaman untuk kita semua,khususnya untuk sy.
    Dn semoga J&T expres bisa lbh baik lg kedepannya.
    Terima kasih untuk semua
    Terima kasih media konsumen
    Wassalam

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

J&T Tidak Bertanggung Jawab!

oleh Ronny Pramana dibaca dalam: 3 menit
18