Surat Pembaca

Admin Pusat Resolusi Tokopedia Tidak Profesional

Pada tanggal 13 September 2021, saya menerima pesanan di Tokopedia dengan nomor transaksi:
INV/20210913/MPL/1585137658. Karena barang dengan model yang dipesan tersebut stoknya sedang kosong, maka saya pun mengirim chat kepada pembeli (14 September 2021 pukul 12 malam) sebagai konfirmasi pergantian model barang, tetapi tidak merubah kualitas dan fungsinya.

Hingga status chat menjadi centang hijau yang artinya “sudah dibaca”, pembeli tidak merespon chat tersebut. Maka saya menyimpulkan bahwa pembeli MENYETUJUI hal tersebut.

Namun anehnya setelah barang diterima, pembeli ini melakukan komplain dengan alasan “Barang tidak sesuai model/foto”. Padahal saya sudah konfirmasi via chat dan pembeli pun sudah membaca chat tersebut, yang berarti (ketentuan toko saya) pembeli MENYETUJUI pergantian model barang tersebut (dengan catatan fungsi dan kualitas tetap sama).

Kemudian saya lakukan PENOLAKAN KOMPLAIN dengan alasan YANG SUDAH SESUAI dan BUKTI YANG CUKUP KUAT (lihat gambar).

Namun sangat disayangkan, pihak admin Pusat Resolusi Tokopedia tidak menilai alasan penolakan tersebut dan langsung memberi keputusan “Pengembalian Barang dan Dana”, kurang dari 30 menit.

Hal tersebut sudah jelas sangat merugikan saya sebagai penjual. Oleh karena itu, saya sebut admin Pusat Resolusi Tokopedia TIDAK PROFESIONAL. Jadi apa fungsinya “ALASAN dan BUKTI Penolakan yang diminta admin tersebut”? Mungkin para pembaca dan redaksi Media Konsumen ini juga paham dengan kronologi yang saya ceritakan di atas.

Hanya itu yang ingin saya sampaikan di sini. Saya juga akan memuat artikel ini di setiap media yang saya ikuti, dengan tujuan agar pihak Tokopedia memperbaiki kinerja para karyawannya. Terima kasih untuk redaksi Media Konsumen karena telah memuat artikel ini.

Nurliman
Majalengka, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ingat moto web Media Konsumen ini.
    Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau JASA yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.
    Saya pengguna jasa tokopedia, dan saya beriklan di tokopedia TIDAK GERATIS, TopAds Harus Bayar, PowerMercan Harus Bayar, Asuransi Harus bayar, Pajak dan lain lain juga harus bayar, jadi saya berhak mengeluh atas kebijakan yang menurut saya TIDAK BERIMBANG.
    Saya mengeluh terhadap tokopedia, bukan terhadap kalian, lah napa jadi kalian yang enbeeerrr, macam emak emak arisan lagi ngerumpi di moll?

    Sesuai yang sudah saya komen jauh diatas sana.
    PAHAMI MASALAH, RESAPI, HAYATI DENGAN PENUH PERASAAN BIAR PAHAM.
    Bukan dengan OTAK BULLY,
    Dan kalian kalian yang memojokan tulisan saya ini tidak lain adalah
    1. Orang dari pihak perusahaan terkait
    2. Tukang Bully
    3. Tukang Gibah
    4. Tukang Rusuh
    5. Tukang Komentar Hidup Orang
    6. Tukang Tukangan Yang MALAS BACA dan BODO AMAT terhadap keluhan orang sehingga hoby kalian hanya MENCIBIR dan NYINYIR. FAKTA ITU...

    Kalau orang simpatik, tentu akan menyampaikan secara ramah.

    Wong dari pihak tokopedianya aja minta maaf sama saya, itu buktinya di chat bilang "Mohon maaf kaka atas ketidak nyamanannya" lah kenapa malah kalian yang merasa terganggu dengan tulisan saya?
    Apa urusan kalian dengan saya?
    Kalau gak suka, SEKIP AJA NGAB, BIAR GAK BIKIN PERKARA SAMA ORANG YANG TIDAK PERNAH PUNYA PERKARA SAMA SAMPEAN.

    • @JUARSO YAHYA ahhhh.... cemen lo ketakutan cuma di minta id kaskus lo. Katanya badge kaskus udh addict, gw minta buktinya kaga berani. Kalau cuma omdo mah nenek2 pulang kemping & balita umur 2 bln jg bs

      • Yg omdo tuh lu omongan doang tinggi kaya penulis ini, oia lu kan bagian dr keluarganya.. ups keceplosan.. terus buat rule segala kalo gak mendukung gak usah komen lu kira MediaKonsumen buatan nenek kau ? selain buat rule ditoped dia buat rule diMediaKonsumen. Lawak ?

        • Emangnya drtd gw ada bahas2 ttg toped tongg? Halu lu yah...? Org drtd gw minta bukti id kaskus lo yg katanya udh dpt badge addict?. Kalau cuma cocot doank mah nenek2 pulang kemping & balita usia 2 bln jg bs tong... ga ush pake kaskus addict2 an segala. Paling banter jg newbie, itupun gak naik2

        • Lho koq pertanyaan di balik pertanyaan lg sih kang aep? Kan ane cuma minta tuh si JUARSO YAHYA buktiin id yg katanya sdh dpt badge addict. Ya kalau cuma koar2 doank mah nenek2 pulang kemping & balita usia 2 bln jg bs kang. Gitu mksdnya kang aep

          • Biasanya sesama kaskuser itu klo beda pandangan cebong vs kampret...??,klo d mari beda pandangan sama penulis itu di bilang antek perusahaan...?

  • Sotoy lo tong.... dimana2 jg nunggu ada status diterima dl baru dinyatakan selesai. Trs kalau yg di kirim baliknya barangnya ga sesuai gmn tong? Hrs di terima jg gitu? Hadeuhhh..... banyakan makan micin lo kayanya tong

  • Gilak, panjang bgt. Kliatan ni seller sepi order ya, sempat mantengin disini.
    1. Udah jelas ngirim barang beda tanpa konfirmasi buyer kok dikirim dengan asumsi centang dua udah dibaca dan oke. Lu kira buyer bisa lu atur seenak udel gt? Buyer kan cocoknya sama barang yg awal, jangan seenaknya main ganti dong. Logikanya kalo bini lu diganti kambing emang mau? Fungsinya sama kok ada 2 lobang.
    2. Maenan airgun/airsoft gini kliatan bgt arogansinya, entah buat gayagayaan dijalan atau pamer dikampung. Get another job bro yang nda bawa mudarot.
    3. Lu yang main jauhan dikit deh jangan dikampung mulu. Tambah lama kliatan tololnya. Banyak tuh anak² FJB kaskus, kalo lu gatau itu apa mending pake popok lagi sana.
    4. Salmek gan!

  • @JUARSO YAHYA mana buktinya yg katanya id kaskusnya sdh badge addict? Jgn cuma omdo... kalau cuma cocot doank mah nenek2 pupang kemping & balita usia 2 bln jg bs tong... kalau gw mah kaga songong id kadkus gw. Sebab gw yakin lo blm lahir disaat gw ngaskus tonggg.... jgn bnykn lagak deh lo tong. Anak kmrn sore yg msh bau kencur aza bnykn petangtang... petengteng... beresin aza dlu hidup lo, org lo aza msh blangsak tongg.... wifi aza msh nebeng di warkop

    • Yg blangsak itu lu, kenapa diminta id kaskus balik kok berani ? Takut dibata ? Kan ane newbie katanya.. mana bisa bata orang,, paham dong ?

      • Jangan bolak balik, mutar muter ngomongan deh tong... Bilang aza lo tuh kaga tau kaskus. Brsn lo br googling kan kaskus itu apaan. Makanya kan gw bilang jgn sok-sok an & bnykn petangtang petengteng. Wong hidup lo aza msh blangsak

  • haahaa.. santai bro dr unek2 jadi adu argumen..yg penting ambil hikmah nya klau di cancel sama ditukar item nya kira mana yg lebih kecil efek negatifnya nya ...hanya tuan toko yg bisa memilih resiko... intinya ambil hikmah nya aja.. pengalaman mas bro!!????

  • Inti dari permasalahan ini , udah tau stok kosong masih aja lu Pampang tu barang untuk d jual. Ya lu juga bohongin konsumen dong, barang kosong lu pajang terus lu nge chat pembeli kalau barangnya kosong, lu sadar gak sih. mentang" konsumen udah baca terus lu berasumsi setuju gitu. Lu emang udah salah di awal. Tokopedia udah bener kok nyetujuin pengembalian dana dan barang. Nah untuk kedepannya kalau misalkan terjadi masalah seperti ini, lebih baik di batalkan.

  • dalam kasus ini sudah jelas sekali klo buyer tidak salah, tokped pun mengeksekusi kasus dengan bukti2 dan alasan yang jelas. yg jelas pihak seller masih belum memahami sistem administrasi barang di marketplace, menyamakan cara jual di e-commerce dengan buka lapak di pinggir jalan. ga bisa begitu bos, klo barang kosong ya dicancel aja. saya buyer... setiap barang yg akan saya beli kosong, pihak seller akan mengirimkan link produk yg direkomendasikan dan mencancel produk yg kosong tadi. ini mah berasa dagang di pinggir jalan, memaksakan buyer untuk membeli produk lain dengan administrasi tertulis barang yang tidak ada.

  • TS mana nih TS, belom nongol juga daritadi, banyak komentar yang harus dibalesin nih, yakin gak mau bales? Nanti nyeselll lagi

      • BIARPUN COPAS, KALAU LU GAK BACA, YA KAGAK BAKAL PAHAM.
        DUNGUU SEKALI ANDA.
        BACA DULU BIAR GAK DUUNGU

        • Yg dungu siapa. Penjual sok yg sendirinya gak mau baca peraturan di toped. DUNGU DIPIARA GAK MAU DIKOREKSI!!!

          • MAKANYA DIBACA BIAR GAK DINGU

            BACA BAIK BAIK, WALAUPUN COPAS KALAU ANDA TIDAK BACA, ANDA TIDAK AKAN PAHAM.
            BACA DULU, BIAR TIDAK SEPERTI ORANG BODOH YANG TIDAK BISA BACA.

            Ingat moto web Media Konsumen ini.
            Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau JASA yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

            Disini peran saya SEBAGAI PENGGUNA yang merasa kecewa dengan keputusan pihak tokped yang tidak Berimbang, tidak didiskusikan terlebih dahulu, dan tidak memeriksa bukti dan alasan yang saya lampirkan.
            Saya punya hak menyampaikan kekecewaan, karena saya juga adalah BAGIAN DARI PENGHASILAN MEREKA, saya beriklan TIDAK GRATIS, Powermercan harus dibayar setelah mendapat transaksi sukses, Topads Juga BAYAR kalau mau iklannya dilihat banyak orang, JADI SALAH JIKA ANDA PIKIR SAYA HARUS MENGALAH. Karena saya pun punya perbandingan disetiap marketplace.
            Dan satu hal yang perlu anda ketahui, bahwa tulisan diatas bukanlah sengketa antara penjual dan pembeli, TETAPI SEKEDAR KELUHAN TERHADAP KINERJA PIHAK TOKPED. Dan saya punya banyak bukti KETIDAK PROFESIONALAN mereka dalam menanggapi kendala/keluhan penggunanya.

            Sesuai yang sudah saya komen
            PAHAMI MASALAH DENGAN JELAS.
            Bukan dengan OTAK BULLY,
            Dan kalian yang memojokan tulisan saya tanpa MEMBACA TERLEBIH DAHULU, Tanpa Tau Permasalahannya, itu tidak lain adalah
            1. Orang dari pihak perusahaan terkait
            2. Tukang Bully
            3. Tukang Gibah
            4. Tukang Rusuh
            5. Tukang Komentar Hidup Orang
            6. Tukang Tukangan Yang MALAS BACA dan BODO AMAT terhadap keluhan orang sehingga hoby kalian hanya MENCIBIR dan NYINYIR. FAKTA ITU…

            Kalau orang simpatik, tentu akan menyampaikan secara ramah.

            SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN
            INI BUKAN SENGKETA ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI, BACA DAN PAHAMI DIATAS

            Gukanakan AKAL sebelum berkomentar.
            Pahami dulu persalahan dan dalami serta hayati dengan hati nurani, Bukan Dengan Sifat PEMBULLY
            Pahami dulu Barang apa yang ditransaksikan, jenis dan Fungsinya.
            Pahami jiga KRONOLOGInya, kejadian yang sebenarnya, DAN APA TUJUANNYA.

            Setiap orang punya hak menyampaikan keluhan, karena itulah media ini dibuat.

            Dan, Jika anda merasa keberatan dengan keluhan, saya, silahkan ajukan keberatan anda kepada pihak manapun yang anda mampu.
            Jika anda TIDAK BISA MEMBERI SOLUSI, Setidaknya anda JANGAN MENJADI BENALU yang akan membuat situasi semakin Rumit,
            Jika anda Tidak Mendukung, Setidaknya anda TIDAK MENJADI PEMBULLY yang akan mencerminkan diri anda, kualitas anda, dan kepribadian anda sendiri.

            Lalu kenapa banyak orang yang tidak mendukung postingan ini?
            Itu karena ORANG YANG MENCIBIR DENGAN SEENAKNYA TERHADAP POSTINGAN INI ADALAH:

            1. Bagian Dari Perusahaan Terkait, Jadi biar seolah tulisan ini banyak yang menentang/tidak ada yang mendukung, padahal dia adalah bagian dari perusahaan terkait.
            2. Heaters, Yang artinya HOBI MENGHINA, HOBI MENCIBIR, HOBI MENGOLOK NGOLOK Siapapun yang dia temui, Tanpa memahami pokok permasalahan, Tanpa menggunakan hati nurani.
            3. Tukang Bully / Tukang Gibah, Suka membicarakan dan menjelek-jelekan orang lain, Orang yang suka mengusik kehidupan orang lain, tanpa mempedulikan apa masalahnya.
            4. Pembeli yang kurang pintar, seperti pembeli yang saya sebut dalam artikel ini, pembeli yang tidak merespon chat, tidak membaca deskripsi, dan tidak memahami aturan toko.

            Jika anda bukan salahsatu diantara ke 4 diatas, tetapi tidak mendukung postingan ini.
            SETIDAKNYA ANDA DIAM DAN CUKUP MENYIMAK SAJA JIKA MEMANG ANDA PUNYA ETIKA YANG BAIK.

            Karena disini, SAYA TIDAK PUNYA URUSAN DENGAN ANDA, SAYA TIDAK MENGUSIK HIDUP ANDA, SAYA TIDAK BERKOMENTAR BURUK TENTANG ANDA, KARENA SAYA TIDAK MENGENAL ANDA.

  • dari ss admjn toped Di sebut ..
    Pembeli pesan barang seri P337.
    Tapi yg di kirim tipe M900.
    Kalaupun beli cuma beda warna kayaknya ga masalah.
    Lah ini beda tipe.
    Aneh ni pemilik toko.

    • yg tololnya lagi, dah tau salah, penjual ga mau di komplain.
      padahal pembeli dah bener itu, komplain dulu, biar bisa return,
      eh malah komplain di tolak, ya toped bener lah mengabulkan refund dana
      jadi pembeli beruntung, dapat duit balik, dan dapat barang gratis
      itu semua gegara ketololan penjual.
      yang mengartikan chat centang hijau, artinya setuju
      NGAKAK

    • BACA BAIK BAIK, WALAUPUN COPAS KALAU ANDA TIDAK BACA, ANDA TIDAK AKAN PAHAM.
      BACA DULU, BIAR TIDAK SEPERTI ORANG BODOH YANG TIDAK BISA BACA.

      Ingat moto web Media Konsumen ini.
      Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau JASA yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

      Disini peran saya SEBAGAI PENGGUNA yang merasa kecewa dengan keputusan pihak tokped yang tidak Berimbang, tidak didiskusikan terlebih dahulu, dan tidak memeriksa bukti dan alasan yang saya lampirkan.
      Saya punya hak menyampaikan kekecewaan, karena saya juga adalah BAGIAN DARI PENGHASILAN MEREKA, saya beriklan TIDAK GRATIS, Powermercan harus dibayar setelah mendapat transaksi sukses, Topads Juga BAYAR kalau mau iklannya dilihat banyak orang, JADI SALAH JIKA ANDA PIKIR SAYA HARUS MENGALAH. Karena saya pun punya perbandingan disetiap marketplace.
      Dan satu hal yang perlu anda ketahui, bahwa tulisan diatas bukanlah sengketa antara penjual dan pembeli, TETAPI SEKEDAR KELUHAN TERHADAP KINERJA PIHAK TOKPED. Dan saya punya banyak bukti KETIDAK PROFESIONALAN mereka dalam menanggapi kendala/keluhan penggunanya.

      Sesuai yang sudah saya komen
      PAHAMI MASALAH DENGAN JELAS.
      Bukan dengan OTAK BULLY,
      Dan kalian yang memojokan tulisan saya tanpa MEMBACA TERLEBIH DAHULU, Tanpa Tau Permasalahannya, itu tidak lain adalah
      1. Orang dari pihak perusahaan terkait
      2. Tukang Bully
      3. Tukang Gibah
      4. Tukang Rusuh
      5. Tukang Komentar Hidup Orang
      6. Tukang Tukangan Yang MALAS BACA dan BODO AMAT terhadap keluhan orang sehingga hoby kalian hanya MENCIBIR dan NYINYIR. FAKTA ITU…

      Kalau orang simpatik, tentu akan menyampaikan secara ramah.

      SEKALI LAGI SAYA TEGASKAN
      INI BUKAN SENGKETA ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI, BACA DAN PAHAMI DIATAS

      Gukanakan AKAL sebelum berkomentar.
      Pahami dulu persalahan dan dalami serta hayati dengan hati nurani, Bukan Dengan Sifat PEMBULLY
      Pahami dulu Barang apa yang ditransaksikan, jenis dan Fungsinya.
      Pahami jiga KRONOLOGInya, kejadian yang sebenarnya, DAN APA TUJUANNYA.

      Setiap orang punya hak menyampaikan keluhan, karena itulah media ini dibuat.

      Dan, Jika anda merasa keberatan dengan keluhan, saya, silahkan ajukan keberatan anda kepada pihak manapun yang anda mampu.
      Jika anda TIDAK BISA MEMBERI SOLUSI, Setidaknya anda JANGAN MENJADI BENALU yang akan membuat situasi semakin Rumit,
      Jika anda Tidak Mendukung, Setidaknya anda TIDAK MENJADI PEMBULLY yang akan mencerminkan diri anda, kualitas anda, dan kepribadian anda sendiri.

      Lalu kenapa banyak orang yang tidak mendukung postingan ini?
      Itu karena ORANG YANG MENCIBIR DENGAN SEENAKNYA TERHADAP POSTINGAN INI ADALAH:

      1. Bagian Dari Perusahaan Terkait, Jadi biar seolah tulisan ini banyak yang menentang/tidak ada yang mendukung, padahal dia adalah bagian dari perusahaan terkait.
      2. Heaters, Yang artinya HOBI MENGHINA, HOBI MENCIBIR, HOBI MENGOLOK NGOLOK Siapapun yang dia temui, Tanpa memahami pokok permasalahan, Tanpa menggunakan hati nurani.
      3. Tukang Bully / Tukang Gibah, Suka membicarakan dan menjelek-jelekan orang lain, Orang yang suka mengusik kehidupan orang lain, tanpa mempedulikan apa masalahnya.
      4. Pembeli yang kurang pintar, seperti pembeli yang saya sebut dalam artikel ini, pembeli yang tidak merespon chat, tidak membaca deskripsi, dan tidak memahami aturan toko.

      Jika anda bukan salahsatu diantara ke 4 diatas, tetapi tidak mendukung postingan ini.
      SETIDAKNYA ANDA DIAM DAN CUKUP MENYIMAK SAJA JIKA MEMANG ANDA PUNYA ETIKA YANG BAIK.

      Karena disini, SAYA TIDAK PUNYA URUSAN DENGAN ANDA, SAYA TIDAK MENGUSIK HIDUP ANDA, SAYA TIDAK BERKOMENTAR BURUK TENTANG ANDA, KARENA SAYA TIDAK MENGENAL ANDA.