Shopee Memblokir Produk Unggulan, Setelah Hampir Satu Tahun “Live”

Sudah hampir genap setahun saya berjualan di Shopee. Nama toko saya adalah Yorozuya ID (@yorozuya_id) dengan fokus jualan Batik dan Kebaya Dari awal merintis sudah menghabiskan cukup banyak budget untuk iklan agar toko saya terus berkembang dan bisa bersaing dengan toko lain.

Mencari winning produk dengan cara split test sana sini menggunakan iklan berbayar Shopee. Sampai akhirnya berhasil menemukan produk yang menurut saya laku dan penjualannya baik.

Namun setelah hampir 6 bulan produk unggulan kami ini LIVE tiba-tiba pada tanggal 07/10/2021 15:58 produk tersebut diblokir dengan alasan pengulangan kata secara berlebihan pada nama judul. Tentu saja saya syok karena kenapa dari dulu aman saja setelah penjualannya lancar diblokir. Ditambah tanggal diblokirnya mendekati event 10.10, hal ini membuat saya benar-benar khawatir karena produk ini adalah produk unggulan di toko kami.

Tentu saja saya sudah mengganti judul seperti yang Shopee sarankan, sudah mencoba menghubungi via live chat. menelpon langsung ke CS Shopee. Berharap mereka bisa langsung memverifikasi produk saya tersebut dan kembali menampilkan produk saya. Namun jawaban mereka semua sama, yaitu harus menunggu 2×24 jam.

Saya khawatir dan merasa ini tidak adil, kenapa harus produk unggulan yang sudah jalan hampir 6 bulan harus kena blokir pada waktu yang mendekati event 10.10? Dimana biasanya penjualan toko kami meningkat hingga 3x lipat.

Saya harap Shopee cepat merespon surat terbuka ini, karena di Shopee adalah lapak utama toko kami.

Terima kasih banyak.

Faris Khurrohman
Kab. Pekalongan, Jawa Tengah


Update (11 Oktober 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:56    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Shopee Memblokir Produk Unggulan, Setelah Hampir Satu Tahun “Live”

    • 10 Oktober 2021 - (02:39 WIB)
      Permalink

      Betul sepertinya ada yg sentimen dan iri, lalu melaporkan produk itu.
      Kita tunggu saja konfirmasi dari sopihh!

  • 10 Oktober 2021 - (14:31 WIB)
    Permalink

    Kalo saya anehnya, produk yg sudah saya upload, tiba” dihapus dgn alasan melanggar hak kekayaan intelektual, walaupun produk tsb belum terjual sama sekali di toko saya. Tapi produk tsb banyak yg jual di toko” lain, dengan harga dari yang paling hancur sampai dgn harga yg cukup menguntungkan, bahkan ada toko yg berhasil menjual ratusan buah. Apa iya beberapa toko diantaranya ada yg sirik juga dgn toko saya yg bahkan menjual 1 pun dr produk tersebut??? Ataukah adminnya yg sirik??

  • 10 Oktober 2021 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Sudah tinggal aja ecommerce yg terlalu banyak aturan, jika perlu kita boikot ecommerce singapore ini supaya tau diri dia itu siapa!

    2
    3
  • 11 Oktober 2021 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Pada komen “ada yg sirik”, ini pemikiranku pas produkku banyak yg dihapus dari shopee, dan itu lakunya yg paling banyak. Tapi aku slalu berusaha menepis pikiran negatifku, mungkin emang kesalahanku sendiri. Tapi herannya banyak sekali seller yg jual produk serupa terjual sampai ratusan hingga ribuan gak dihapus. Identitas produknya jg sama kayak aku, tp kenapa aku yg jd korban? Dan kenapa gak langsung dihapus ketika aku upload produk itu?
    Semoga shopee memperhatikan keluhan seller dan yg sedang mengalami masalah segera teratasi.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Shopee Memblokir Produk Unggulan, Setelah Hampir Satu Tahun “Liv…

oleh Faris Khurrohman dibaca dalam: 1 menit
9