Surat Pembaca

Susahnya Berhenti Langganan IndiHome

Kenapa susah banget untuk berhenti berlangganan IndiHome? Banyak syarat dan pembayaran serta terkesan diulur-ulur. Tanggal 30 September 2021, saya mengajukan berhenti berlangganan IndiHome, karena mau pindah rumah. Terus disuruh melunasi dulu bulan Oktober, sedangkan jatuh tempo saya tanggal 20.

Selang 1 hari bertanya lagi ke CS-nya kenapa gak diproses. Katanya disuruh melunasi tagihan bulan Oktober. Saya biarin saja karena sibuk pindahan, ternyata memang belum diproses.

Tanggal 19 Oktober 2021, saya dapat notifikasi disuruh bayar dengan memotong uang jaminan dan kekurangannya harus dibayar. Sudah terbayarkan lunas, terus tanya lagi ke CS-nya katanya disuruh bayar lagi sebesar Rp295*** prorata.

Mohon bantuannya kenapa harus bayar ini, bayar itu, sedangkan saya sudah tidak memakai fasilitas tersebut?

Reky Fermanto
Tangerang, Banten 15610

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkom untuk Bapak Reky Fermanto

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Reky Fermanto pada tanggal 23...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya jg punya pengalaman tdk menyenangkan dgn pihak indihome. Layanan sangat buruk sekali. Internet srring drop. Lucunya lagi, model jebol, saya laporkan, sebulan menunggu tidak ada solusi. Akhirnya saya datangi CS kantor telkom, ternyata sdh mengantre selama 4 jam pun sia2. Jawaban mrk modemnya kosong. Krn saya terus tlp mrk, akhirnya datang teknisi bawa modem bekas. Baru pake 2 minggu modem tdk berfungsi kembali. Komplain lagi disuruh menunggu kembali krn stok kosong. Krn saya butuh internet sebagai penunjang kerja ya gak mungkin saya pasrah begitu saja menunggu entah sampai kapan pdhal tagihan indihome jalan terus dan saya bayar tdk pernah nunggak. Begitu daya ganti layanan baru teknisi datang bawa modem baru. YA TELAT....!! Itu pengalaman waktu saya blm pindah rumah.

    Setelah saya pindah rumah ternyata di lokasi rumah saya yg baru tdk ada layanan internet selain indihome. Terpaksa saya kembali berlangganan dgn operator mengenewakan yg sama dan lagi2 saya mengalami hal yg sama, internetnya sering mati dan drop kecepatannya. Di komplain tdk ada solusi, tetap saja spt itu. Gak ada pilihan hampir 2 tahun saya terpaksa memakai layanan buruk itu dan begitu jaringan BIZNET masuk area rumah saya, saya langsung ganti layanan indihome dan saya langsung matikan modem indihome. Tiba2 saya ditlp CS indihome bahwa saya blm membayar tagihan. Ya saya jawab utk apa saya bayar wong saya sdh tdk pakai dan selama ini saya pakai saya sdh dirugikan dgn berbagai2 gangguan yg terus terulang. Tp CS indihome tetap ngotot saya harus bayar dan datang sendiri ke kantor telkom. Ya saya tetap ngotot jg tdk mau bayar dan saya minta mrk yg datang kalau memang perlu dgn saya bukan saya yg disuruh ke kantor telkom...., SIAPA KAMU, saya jawab spt itu. Akhirnya detelah 2 bulan diteror, ya mrk capek2 sendiri. EMANG SAYA MAU DIANCAM2 SPT ITU. SAYA BILANG KAMU YG PERLU SAYA, KAMU YG DATANG. SAYA KMREN ADA MASALAH DGN JARINGAN INDIHOME WALAU SAYA SDH BAYAR, SAYA TERPAKSA DATANG KE KANTOR TELKOM WALAU SAYA HARUS ANTRE BERJAM2 DAN TDK ADA SOLUSI PULA. JD NGAPAIN SKRANG SAYA HARUS DATANG KE KANTOR LAYANANBERMASALAH ITU HANYA KRN SAYA DIANGGAP BELUM BAYAT TAGIHAN DAN KEKECEWAAN SAYA ATAS LAYANAN BURUK INDIHOME SAMA SEKALI TDK DIBERIKAN KOMPENSASI. SIAPA KAMU INDIHOME ?!? SAYA BENTAK YG TELEPON SAYA DAN SAYA SURUH UTUS ORG SKRANG DATANG KE RUMAH MAU SAYA BONGKAR KEBUSUKAN LAYANAN KALIAN.

    Ditunggu2 sejak itu tdk ada satupun utusan telkom yg datang ke rmh. Sejak saya bentak itu, mrkpun sdh tdk berani lg telepon nomer saya. Jadi kesimpulan saya, penagih telkom atas layanan indihome mendekati penagih PINJOL yg saat ini sedang marak jd topik berita. Intinya ABAIKAN SAJA. DITELEPON MATIKAN SAJA DAN SURUH MRK DATANG KE RUMAH KLU PERLU, JGN MAU KITA DISURUH KE KANTOR MRK UTK BAYAR WONG KITA SDH GAK BUTUH LAYANAN MRK DAN MRK SELAMA MEMBERI LAYANAN JG SERING BERMASALAH DAN TDK PROFESIONAL DLM MENYELESAIKAN SETIAP MASALAH YG DIHADAPI PELANGGAN. Jd balikkan situasi spt saat kita berlangganan dan ada masalah kita disuruh datang ke kantor. Krn kita butuh solusi ya kita datang yg seharusnya mrk yg datang menyelesaikan masalah itu ke rumah kita. Kita pelanggan diperlakukan spt budak saja sama CS telkom. Aneh dgn layanan mrk. Sdh gitu di CS meja layanan ada 4, yg melayani pelanggan cuma 1 org, ketika ditanya jawaban mrk gampang sekali, yg lg 3 istirahat pdhal yg antre masih 20 org lebih. Gila kan, saya antre 4 jam baru dilayani. Benar2 pengalaman sangat buruk dan buat trauma berurusan dgn layanan telkom.

    • @Anak nanti lama2 dapat surat panggilan dari pengacara negara (kejaksaan) untuk masalah tagihan indihome, dan penyelesaian mesti di kejaksaan negeri atau masuk pengadilan. Pengalaman dari saudara saya sendiri, akhirnya terpaksa bayar di kejaksaan setelah itu dapat surat lunas.

  • ya saya juga begitu memang ribet kalau mau berhenti kadang bertele tele pihak cs nya,semestinya kalau mau langganan indihome hati hati baca dulu surat perjanjiannya.! cuma rata rata konsumen yang mau daftar baru kadang asal acc saja,saya juga mengalaminya,ya udah kalau mau berhenti yaaa harus lewat 1 th baru bisa pengajuan pemutusan,kalau belum 1 th kena denda dan deposit hangus,kata orang cs indihome,gitu loh memang jaman sekarang mah paraaaah paraaah,pasrahhh aahhhh