Susahnya Berhenti Langganan IndiHome

Kenapa susah banget untuk berhenti berlangganan IndiHome? Banyak syarat dan pembayaran serta terkesan diulur-ulur. Tanggal 30 September 2021, saya mengajukan berhenti berlangganan IndiHome, karena mau pindah rumah. Terus disuruh melunasi dulu bulan Oktober, sedangkan jatuh tempo saya tanggal 20.

Selang 1 hari bertanya lagi ke CS-nya kenapa gak diproses. Katanya disuruh melunasi tagihan bulan Oktober. Saya biarin saja karena sibuk pindahan, ternyata memang belum diproses.

Tanggal 19 Oktober 2021, saya dapat notifikasi disuruh bayar dengan memotong uang jaminan dan kekurangannya harus dibayar. Sudah terbayarkan lunas, terus tanya lagi ke CS-nya katanya disuruh bayar lagi sebesar Rp295*** prorata.

Mohon bantuannya kenapa harus bayar ini, bayar itu, sedangkan saya sudah tidak memakai fasilitas tersebut?

Reky Fermanto
Tangerang, Banten 15610

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:246    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Telkom untuk Bapak Reky Fermanto

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Reky Fermanto pada tanggal 23...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Susahnya Berhenti Langganan IndiHome

  • 23 Oktober 2021 - (09:10 WIB)
    Permalink

    indihome kan pascabayar, tagihan oktober untuk pemakaian september (1-30 sept). pada kasus anda uang jaminan dipakai untuk membayar tagihan oktober (pemakaian september), dan anda mesti membayar untuk tgl 1-19 oktober (prorata) karena indihome anda belum diputus meski tidak dipakai tagihan jalan terus.
    Jatuh tempo tgl 20 bukan berarti billing anda start tgl 20/21 tetepi tetap tgl 1, tagihan indihome dihitung tgl 1-akhir bulan. tagihan keluar setiap tgl 5 dan max pembayaran tgl 20.
    Biaya yang harus dibayar sudah benar, saran saya langsung ke plasa telkom bawa perangkat (modem/ont, stb, dll) ajukan putus dan lunasi seluruh tagihan anda.

    27
    7
    • 24 Oktober 2021 - (09:00 WIB)
      Permalink

      Ya saya setuju, dari pengalaman saya kalau mau berhenti langganan Indihome, sebaiknya langsung datang kekantor atau plaza Telkom sekalian membawa untuk mengembalikan Modem, router, STB TV, ini akan diproses dan langsung stop langganan saat itu juga, kalau melalui telpon, pasti prosesnya lama sekali dan selama modem/router masih belum diambil atau dikembalikan maka akan tetap ada tagihan, dan kapan petugas Telkom akan mengambil modem router gak jelas…

      2
      1
  • 23 Oktober 2021 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Pascabayar walupun ga ngerasa gunain tetep tagihan jalan. semoga ada solusi setelah di up disini.

  • 23 Oktober 2021 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Maksudnya kenapa ga diputus aja dulu,jadi tagihan tidak berjalan,lha mau gimana saya nya pindah rumah,kan ga bisa dibawa,dan ga ada jaringan telpon pula tempat saya

    1
    6
    • 23 Oktober 2021 - (14:18 WIB)
      Permalink

      Biasanya selama tagihan belum dilunasi tidak putus, solusi putus sudah betul hanya anda tidak mengurus sampai beres supaya tagihan tidak terus jalan. Lunasi dulu tagihannya baru minta putus.

    • 23 Oktober 2021 - (14:43 WIB)
      Permalink

      Pak, saya yg uda bolak balik mnt putus pas pandemi aja masi dcharge 1jt utk tagihan 2 bln. Trs kejadian kedua uda ke plaza balikin perangkat dan bayar lunas sampe ada suratnya ttp dikerjain sm IndiHome dbilang ada tunggakan 41rb trs dijadiin alasan ga balikin deposit 300 lebih. What de pak deh IndiHome. Drpd buang energi mending tinggal aja ga usa dpeduliin. Ngerepotin doang mereka.

      15
      3
      • 23 Oktober 2021 - (17:12 WIB)
        Permalink

        Kalau langganan belum 1 tahun alias genap 12 bulan memang kena denda.. Di kontrak ada kok

        5
        2
        • 24 Oktober 2021 - (11:47 WIB)
          Permalink

          Maaf ya saya kl langganan pasti diatas setahun. Tagihan jg ga perna telat. Dan uda 3x kejadian putus sm IndiHome bermasalah trs. Saya tau isi kontraknya jg kok.

  • 23 Oktober 2021 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Pasca bayar memang seperti itu.. Pengen cepet datang ke kantor telkom.. Bawa materia 10 rb 2 biji + unit wifi + uang buat pembayaran , kmrn saya begitu sehari kelar

    • 23 Oktober 2021 - (18:35 WIB)
      Permalink

      Ga ditagih langsung cuma sms email aja, tapi di black list. Ga bisa lagi pasang telkom sebelum lunasi tagihan yg dulu.

      • 24 Oktober 2021 - (03:54 WIB)
        Permalink

        Kenapa ya saya sudah berhenti langganan, sudah balikin perangkat ke plaza telkom, sudah bayar tagihan terakhir disitu, dan sudah ada surat dari telkom yg menyatakan sudah berhenti langganan
        Tapi pas bulan depannya tetap di WA kalo ada tagihan bulan selanjutnya. Apakah aman kalo saya abaikan saja pesannta itu?

        • 24 Oktober 2021 - (05:58 WIB)
          Permalink

          @yuda abaikan saja selama pegang surat berhenti langganan, saya dulu juga gitu 1x ditagih setelah lewat tgl 20 otomatis statusnya jadi terbayar, bulan depannya lagi sudah tidak ada tagihan

      • 24 Oktober 2021 - (11:49 WIB)
        Permalink

        Ga juga mas, bs pasang lagi. Ga ngaruh jg. Mereka kan data nya ga terkoneksi dengan baik, makanya uda putus di plaza aja masi dtagih. Apalagi kl pasang lagi. Pake nama sama jg kaga ngefek.

  • 23 Oktober 2021 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Proses pemutusannya sesuai SOP ya kak, silahkan datang ke plasa telkom terdekat. Klo ngga di proses sesuai SOP maka tagihan akan terus berjalan walaupun ngga di pakai. Jika berlangganan belum genap satu tahun atau 12 bulan maka akan di kenakan admin pinalty sebesar 1jt. Tertuang di dalam kontrak perjanjian pemasangan baru pas kakaknya daftar ke marketing/cs plasa.

    • 23 Oktober 2021 - (22:54 WIB)
      Permalink

      Saya mau bertanya ,sya kan baru Makai indihome selama 4 bulan dan di setiap bulan selalu WiFi saya terjdi tidak ada jaringan 3hari ber lalu,setelah itu sya minta pemutusan d tgl 18 Oktober .
      Nah pertnyaan sya apa ,sya kena denda sebesar 1jt apa bila pemakaian sya baru 4 bulan berjalan ,sedangkan tiap bulan selalu terjadi gangguan(tidak ada jaringan internet)🙏🙏

      • 24 Oktober 2021 - (05:59 WIB)
        Permalink

        @Annisa jika alasan pemutusan karena kesalahan pihak telkom tidak kena denda (ada di syarat ketentuan pemutusan)

  • 23 Oktober 2021 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah..
    Sy sdh terbebas..
    Datang langsung ke gerai, jng mau lwt on line. Pakai pesaingnya cuma 220rb dgn mbps yg sama. Sementara sy hrs bayar 380 ribuan ( hanya internet)…
    Nyekek leher bener da ah..

  • 23 Oktober 2021 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Mau kasih komentar takut salah.. Kalau pakai layanan pascabayar ya harus beres dulu pembayaran baru bisa diputus apalagi layanan yang pakai kontrak lama ya jangan putus ditengah jalan kan melanggar kontrak kalau mau pindah bisa kok. Di media konsumen banyak postingan yang bercanda keterlaluan 😁

  • 24 Oktober 2021 - (01:21 WIB)
    Permalink

    “Saya biarin saja karena sibuk pindahan, ternyata memang belum diproses.”

    Kapok mu kapan? Wes angel angel tenan angel. Nih penulis angel tenan. Judulnya susah berhenti berlangganan indihome. Pada saat proses pemberhentian, si penulis mengabaikan proses nya. Eh akhirnya nuduh indihome lama memutus nya.

    mau cepet? Ente beli saham telkom 51 persen. Ente langsung minta putus hari itu juga ya diputus. Ente kan orang kaya yang suka mengabaikan orang lain. Beli saham 51 persen telkom mah kecil. Ya gak??
    atau ente orang miskin yang berlagak bos sok kaya gitu? Wkwkwkkw….

    belajar lah menghargai orang lain, kelak ente dihargai juga

    2
    6
  • 24 Oktober 2021 - (03:04 WIB)
    Permalink

    Saya jg punya pengalaman tdk menyenangkan dgn pihak indihome. Layanan sangat buruk sekali. Internet srring drop. Lucunya lagi, model jebol, saya laporkan, sebulan menunggu tidak ada solusi. Akhirnya saya datangi CS kantor telkom, ternyata sdh mengantre selama 4 jam pun sia2. Jawaban mrk modemnya kosong. Krn saya terus tlp mrk, akhirnya datang teknisi bawa modem bekas. Baru pake 2 minggu modem tdk berfungsi kembali. Komplain lagi disuruh menunggu kembali krn stok kosong. Krn saya butuh internet sebagai penunjang kerja ya gak mungkin saya pasrah begitu saja menunggu entah sampai kapan pdhal tagihan indihome jalan terus dan saya bayar tdk pernah nunggak. Begitu daya ganti layanan baru teknisi datang bawa modem baru. YA TELAT….!! Itu pengalaman waktu saya blm pindah rumah.

    Setelah saya pindah rumah ternyata di lokasi rumah saya yg baru tdk ada layanan internet selain indihome. Terpaksa saya kembali berlangganan dgn operator mengenewakan yg sama dan lagi2 saya mengalami hal yg sama, internetnya sering mati dan drop kecepatannya. Di komplain tdk ada solusi, tetap saja spt itu. Gak ada pilihan hampir 2 tahun saya terpaksa memakai layanan buruk itu dan begitu jaringan BIZNET masuk area rumah saya, saya langsung ganti layanan indihome dan saya langsung matikan modem indihome. Tiba2 saya ditlp CS indihome bahwa saya blm membayar tagihan. Ya saya jawab utk apa saya bayar wong saya sdh tdk pakai dan selama ini saya pakai saya sdh dirugikan dgn berbagai2 gangguan yg terus terulang. Tp CS indihome tetap ngotot saya harus bayar dan datang sendiri ke kantor telkom. Ya saya tetap ngotot jg tdk mau bayar dan saya minta mrk yg datang kalau memang perlu dgn saya bukan saya yg disuruh ke kantor telkom…., SIAPA KAMU, saya jawab spt itu. Akhirnya detelah 2 bulan diteror, ya mrk capek2 sendiri. EMANG SAYA MAU DIANCAM2 SPT ITU. SAYA BILANG KAMU YG PERLU SAYA, KAMU YG DATANG. SAYA KMREN ADA MASALAH DGN JARINGAN INDIHOME WALAU SAYA SDH BAYAR, SAYA TERPAKSA DATANG KE KANTOR TELKOM WALAU SAYA HARUS ANTRE BERJAM2 DAN TDK ADA SOLUSI PULA. JD NGAPAIN SKRANG SAYA HARUS DATANG KE KANTOR LAYANANBERMASALAH ITU HANYA KRN SAYA DIANGGAP BELUM BAYAT TAGIHAN DAN KEKECEWAAN SAYA ATAS LAYANAN BURUK INDIHOME SAMA SEKALI TDK DIBERIKAN KOMPENSASI. SIAPA KAMU INDIHOME ?!? SAYA BENTAK YG TELEPON SAYA DAN SAYA SURUH UTUS ORG SKRANG DATANG KE RUMAH MAU SAYA BONGKAR KEBUSUKAN LAYANAN KALIAN.

    Ditunggu2 sejak itu tdk ada satupun utusan telkom yg datang ke rmh. Sejak saya bentak itu, mrkpun sdh tdk berani lg telepon nomer saya. Jadi kesimpulan saya, penagih telkom atas layanan indihome mendekati penagih PINJOL yg saat ini sedang marak jd topik berita. Intinya ABAIKAN SAJA. DITELEPON MATIKAN SAJA DAN SURUH MRK DATANG KE RUMAH KLU PERLU, JGN MAU KITA DISURUH KE KANTOR MRK UTK BAYAR WONG KITA SDH GAK BUTUH LAYANAN MRK DAN MRK SELAMA MEMBERI LAYANAN JG SERING BERMASALAH DAN TDK PROFESIONAL DLM MENYELESAIKAN SETIAP MASALAH YG DIHADAPI PELANGGAN. Jd balikkan situasi spt saat kita berlangganan dan ada masalah kita disuruh datang ke kantor. Krn kita butuh solusi ya kita datang yg seharusnya mrk yg datang menyelesaikan masalah itu ke rumah kita. Kita pelanggan diperlakukan spt budak saja sama CS telkom. Aneh dgn layanan mrk. Sdh gitu di CS meja layanan ada 4, yg melayani pelanggan cuma 1 org, ketika ditanya jawaban mrk gampang sekali, yg lg 3 istirahat pdhal yg antre masih 20 org lebih. Gila kan, saya antre 4 jam baru dilayani. Benar2 pengalaman sangat buruk dan buat trauma berurusan dgn layanan telkom.

    17
    1
    • 24 Oktober 2021 - (06:04 WIB)
      Permalink

      @Anak nanti lama2 dapat surat panggilan dari pengacara negara (kejaksaan) untuk masalah tagihan indihome, dan penyelesaian mesti di kejaksaan negeri atau masuk pengadilan. Pengalaman dari saudara saya sendiri, akhirnya terpaksa bayar di kejaksaan setelah itu dapat surat lunas.

  • 24 Oktober 2021 - (04:45 WIB)
    Permalink

    ya saya juga begitu memang ribet kalau mau berhenti kadang bertele tele pihak cs nya,semestinya kalau mau langganan indihome hati hati baca dulu surat perjanjiannya.! cuma rata rata konsumen yang mau daftar baru kadang asal acc saja,saya juga mengalaminya,ya udah kalau mau berhenti yaaa harus lewat 1 th baru bisa pengajuan pemutusan,kalau belum 1 th kena denda dan deposit hangus,kata orang cs indihome,gitu loh memang jaman sekarang mah paraaaah paraaah,pasrahhh aahhhh

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Susahnya Berhenti Langganan IndiHome

oleh Kuncung dibaca dalam: <1 menit
27