Surat Pembaca

Hilangnya Saldo Puluhan Juta Rupiah di Rekening Bank BRI

Kepada Yth. Bapak Direktur Bank BRI/Bapak Direktur Digital Banking dan Teknologi Informasi BRI,

Saya Nur Laila, asal Lampung yang berdomisili di Karya Tani, Lampung timur. Saya salah satu nasabah Bank BRI yang sudah lama mempercayakan uang saya di tabungan Bank BRI. Namun saya kecewa, karena pada tanggal 31 Oktober 2021, uang saya yang disimpan di rekening Bank BRI, hilang sebesar Rp20.745.000.

Saya tidak sedang menggunakan m-banking, tidak ada ditelepon dan di-SMS dari pihak mana pun, yang meminta kode OTP pada saat itu. Saya sudah melapor ke call center BRI (14017 ) dan KC Kalianda, dengan mendapatkan nomor laporan: 37306182.

Sampai sekarang uang saya belum juga kembali lebih, 4 hari sudah, dan saya disuruh terus menunggu tanpa ada kejelasan waktu yang diberikan pihak BRI. Mereka selalu mengatakan sedang proses investigasi dari manajemen pusat terus. Masa sudah 4 lebih nunggu investigasi terus tanpa ada kejelasan waktu yang diberikan? Saya sudah bolak-balik ke KC KALIANDA dan call center BRI, tapi hasilnya tetap nihil.

Saya mohon kepada pihak BRI supaya bertanggung jawab dengan baik dan segera mengembalikan uang saya. Uang itu adalah uang tabungan yang saya sudah lama percayakan di BRI dan saya sangat memerlukan uang itu di saat pandemi sekarang ini.

Nur Laila
Kab. Lampung Timur, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pernah isi Survey, atau isi link tertentu kah?, brimo masuk pakai pasword, transaksi pake pin, 2 langkah bisa di lalui...., pastikan HP sekarang wajib pasang antivirus.

    Atau mungkin pernah pasang aplikasi editor foto?

  • Yakin bu nggak ada buka link phising atau memakai aplikasi seperti VPN?
    Ada juga yang mobile banking nya terbobol gara gara memakai aplikasi VPN atau aplikasi illegal lainnya.
    Bukan mau nuduh/menyudutkan ibu atau apa ya, tapi kebanyakan korban tidak mau mengakui kesalahannya karna takut kalau mengakui kesalahannya seperti klik link phising,kirim kode OTP,dll ,mereka takut disalahkan dan tidak diganti kerugiannya tersebut.

  • Pernah ikutan isi data Survey tapi mungkin lupa, system BRI tahu gawai atau laptop yang di pakai untuk transaksi, tapi biasanya pakai HP, saya yakin HP anda sudah di susupi phishing sehingga pelaku bisa masuk ke akun banking anda, masuk brimo perlu nama aku dan pasword, tiap transaksi pakai PIN, 2-2 nya sudah di kuasai, tetap tidak bisa, harus dapat otorisasi dari NO HP yang anda daftarkan......, atau dengan kata lain palaku bisa menyadap SMS anda, atau jika pelaku menggunakan komputer pasti ada notifikasi email dari BRI, mberikan info bahwa anda telah masuk menggunakan komputer windows bla bla bla......

  • Ibu Nur sepertinya sering buka brimo ya...
    Atau sedang isi web internet banking palsu (atau yg dinamakan phising), jadi browser itu sangat mirip dengan BRI INTERNET BANKING, yg mana Jika anda mengisi user dan password kemudian token, penipu bisa jadi mengambil alih brimo di aplikasi anda. Dan kemungkinan anda sendiri yg memberikan info sms masuk ke penipu tanpa sadar..
    Penipu tdk telp, tdk sms akan tetapi melalui web palsu tersebut data sudah bisa dimiliki...
    Jadi sya Harap bagi semuanya sja yg sedang membaca berhati2lah anda dlm berselancar internet, siapa tahu anda juga bisa terjebak dalam link phising.. (web palsu yg seakan2 mirip dng aslinya).
    Untuk Bank BRI mngkin tingkat keamananny bisa ditambah lagi selain OTP, bisa juga menambahkan Tiga nomor di belakang kartu / yg lain seperti pada kartu kredit..
    Terimakasih..

    • Saya baru 2 hari ini juga kena pak.
      Ada SMS notif masuk dari BRI Otp 1x tidak saya hiraukn lalu masuk ke 2 kalinya saya baca àda linknya. Saya tau ini penipuan saya langsung cek akun Brimo saya tapi saya kalah cepat,dan dia berhasil bobol Brimo saya saldo 4.800.000 sudah d kirim k aplikasi Dana. Padahal saya gk klik link nya. Saya laporkan ke pihak BRI tapi respon mreka malah tanya k saya Kok bisa. BRI parah, bobrok, tdk ada pertanggungjawaban utk nasabahnya

  • Kalau brimo memang sering bukak pak
    Tapi klok i bangkingnya kebetulan keblokir ok jadi user gk bisa kebukak pak

  • Mobile banking / internet banking BRI Anda (user, password, PIN) berarti bisa diakses oleh pelaku, tidak tertutup kemungkinan pelaku juga bisa mengakses nomor HP Anda (cloning) ataupun mengakses secara fisik perangkat HP Anda. Yang paling sering kasus di BRI adalah skimming kartu ATM, jadi kalau akses mobile/internet banking Anda tidak bocor, saya menduga pelaku melakukan aksinya lewat ATM untuk pembayaran BRIVA.

    • Kalau diliat dari trx nya itu mah pake IB, terus tadi si ibu bilang "kalau brimo sering dipake tapi kalau IBanking nya keblokir" lah kan lucu brimo itu aplikasi kalau data nya ya data user id dan pass ib kalau emg si ibu ngerasa ib nya keblokir otomatis ya gabisa login ke ib lah. Mau bukti coba aja yg emg punya ib bri dan pake brimo jga ib nya lu blokir pasti gabakal bisa login brimo.

      Kedua ni si ibu bilang katanya ga terima sms otp kaya nya aga mustahil kalau ga terima otp mah karena setau gw sepengalaman gw pake ib pasti terima sms otp kecuali lu trx pake brimo kalau brimo gabakal terima otp. Yg ada lu masukin pin buat konfirmasi trx.

      Yang ketiga sepinter pinternya penipu juga pasti ga serta merta dia tau user id sama pass kecuali emg org terdekat. Kalau liat beberapa case di media konsumen biasanya kalau pembobolan kaya gini bisa karena si nasabah tanpa sadar isi data data link yg tampilannya mirip ib bank bri. Terus terima sms otp dikasih aja pas dipandu. Dengan iming iming hadiah pastinya.

      Tapi kalau emg ga ngerasa si coba aja lapor polisi pasti polisi juga ngasih pertanyaan ke nasabah yang tentunya harus dijawab dgn yg sebenar benarnya karena pasti dipertangung jawabin, jawaban si nasabah biar bisa dibantu investigasi juga sama polisi dan bank atau pihak ovo.

  • Tanpa Link OTP? Laporkan ke Pulisi bu.
    receh ini buat pulisi menciduk pelakunya kalau mau.
    Berani?

  • jaman sekarang harus hati hati klo ada sms atau pesan apapun dalam bentuk link jangan d klik ya bu apalagi klo dari nomor / nama tidak diketahui, atau bisa juga itu maling mantau ibu udah lama jadi data ibu kecolongan