Surat Pembaca

Tokopedia Mencabut Hak Benefit Konsumen Secara Sepihak

Salam untuk pembaca Media Konsumen yth.,

Saya pengguna Tokopedia bisa dibilang lumayan lama. Dari sebelum Shopee booming pun saya sudah menjadi konsumen marketplace satu ini. Singkat cerita hari ini 9 Desember 2021, saya ada transaksi pembelian kurang lebih Rp6.000.000. Sebagai konsumen marketplace tidak lupa menggunakan kode promo. Karena akun yang saya gunakan adalah akun yang cukup lama dan memiliki kode promo yang lumayan, entah berbentuk cashback, potongan langsung, atau free ongkir.

Per Desember 2021 saja, saya sudah transaksi kurang lebih sebesar 4 juta rupiah, dengan metode pembayaran melalui VA BRI serta Indodana. Semuanya aman tanpa kendala, kode promo masih bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Selama tahun 2021, transaksi saya sudah diatas 100 kali transaksi, dengan nominal ratusan juta, dan itu tetap menggunakan kode promo, cashback, dll, tanpa ada kendala. Status member Tokopedia saya saat ini hanya Gold Member, karena saya hanya member consumer biasa, yang biasanya pake Tokopedia buat bayar tagihan kartu kredit, listrik, belanja kebutuhan rumah, dll. Notabene pengeluaran di Tokopedia gak terlalu banyak, ya mungkin di bawah Rp10 juta/bulan.

Sebagai konsumen yang haknya diambil sepihak tanpa tahu apa yang dilanggar,  ya saya tanya, saya melanggar S&K yang mana? Selama pake gak pernah aneh-aneh, payment juga jelas pake virtual account, dll, gak pernah fake order, atau ngambil profit dari penyalahgunaan kode promo, gak pernah transaksi barang ilegal, dll. Selayaknya konsumen yang biasa belanja saja.

Jangan sampai bawa-bawa media dulu baru komplain diproses. Ini sistem yang digunakan gak bener malah customer loyal jadi korban. Kalau kalian pihak Tokopedia bisa kasih bukti otentik letak di mana pelanggaran S&K yang saya lakukan baru bisa saya terima. Ini kok sepihak tanpa ada bukti otentik? Saya sendiri pun tidak merasa melakukan pelanggaran apapun.

Mungkin dicukupkan komplain saya mengenai ini marketplace. Memang akun saya bisa transaksi biasa, tanpa promo, tapi salah satu benefit menggunakan marketplace di luar rasa aman, ya dikarenakan adanya promo-promo yang bisa digunakan. Apalagi customer yang memiliki akun yang cukup tinggi tier-nya, potongannya lumayan. Benefit adalah hak konsumen, dikarenakan kode promo yang ada biasanya dari transaksi yang dilakukan sebelumnya.

Semoga pihak Tokopedia lebih care terhadap konsumen dan terima kasih kepada para pembaca Media Konsumen yth.

Muhammad Reza Pratama
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • bukannya di syarat dan ketentuan sudah ditulis kalo itu memang hak nya tokopedia untuk mencabut promo anda tanpa pemberitahuan sebelumnya?