Akulaku Menghubungi Nomor di Luar Kontak Darurat

Saya Dhani, saya sangat kecewa dengan pelayanan kolektor Akulaku yang menghubungi nomor di luar kontak darurat saya. Saya mengerti di sini saya salah karena telah menunggak, tapi kolektor Akulaku menghubungi, mengancam kepada nomor di luar kontak darurat saya.

Saya sudah laporkan baik-baik, saya minta agar tidak terjadi lagi. Namun terjadi lagi.

Saya pun sudah tanya langsung ke OJK, dimana seharusnya Akulaku tidak boleh melakukan itu. Namun Akulaku berdalih, katanya nomor tersebut ditemukan di sistem mereka karena saya pernah melakukan pemesanan dengan nomor tersebut. Berarti mereka mengakui telah melakukan itu.

Saya tidak pernah mau merespon telepon dan whatsapp dari kolektor Akulaku, karena kata-kata mereka sangat kasar, bahkan lebih merendahkan. Itulah alasannya. Saya tidak bermaksud menjatuhkan Akulaku, tapi saya minta pertanggungjawaban Akulaku.  Jika memang Akulaku mengizinkan kolektornya untuk menghubungi nomor yang dimaksud tadi, saya ingin tahu panduannya dari mana.

Dhani Arifin
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:119    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Dhani Arifin

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Dhani Arifin pada tanggal 10...
Baca Selengkapnya

33 komentar untuk “Akulaku Menghubungi Nomor di Luar Kontak Darurat

    • 11 Januari 2022 - (20:58 WIB)
      Permalink

      Semua pinjol akan berdalih bahwa no yg di hub adalah no referensi atau kontak darurat, pdhl sebenarnya no2 yg ada di hp nasabah yg di tarik, saat pertama kali mendownload sdh ada persetujuan izinkan akses ke kontak, mereka akan acak no2 tsb saat anda tdk mampu membayar tepat waktu utk di kirimi teror berupa telp, wa, sms, mmg seharusnya dan benarnya hal ini tdk di benarkan tp entah bgmn dan memakai cela apa para pinjol dan collection atau DC menggunakan cara ini atau sebenarnya di acc OJK dan AFPI? Kita yg awam tdk tau

      • 15 Januari 2022 - (14:12 WIB)
        Permalink

        Kita kelompokan seperti ini pak :

        Bapak = Ngutang
        Debt Colector = Kerja Dapat Gaji dari penyedia tempat dimana bpk meminjam

        Saran saya hadapi saja pak kalau debt colector nelfn-nelfn bpk terus terusan dengan no yang berbeda. Bpk ceritakan permasalah bpk kenapa bpk belum sanggup bayar, debt collector juga butuh informasi nasabahnya knpa bapak BELUM bisa bayar, informasi tsb akan jadi laporan mereka ke penyedia jasa tempat bpk meminjam.

        Permasalahan nya :
        1. Jika mereka tidak dapat informasi dari bapak, pekerjaan mereka sebagai debt collector akan terancam dipecat, karena mereka gk mendapatkan laporan dari bpk.
        2. Jika bapak merespon, mereka pun punya laporan ke penyedia jasa tempat bpk pinjam.

        Tugas Bapak dan debt collector :
        1. Bapak harus merespon debt collector, walaupun debt colector nya bnyak menggunakan no telfn, ceritakan lah masalah bpk knpa belum bisa bayar(ya itu tugas bapak jika bpk belum ada dana untuk membayar)
        2. Debt Collector harus SMART dalam penerimaan informasi gagal bayar nasabah nya, bekerja sebagai debt kolektor hanya memberi laporan nasabah ke penyedia peminjaman bpk tsb dengan bukti-bukti yg jelas. ( Ingat pekerjaan kalian hanya menangih dan mendapatkan jawaban saja)

        Pengalaman saya jadi mantan debt colector :
        1. Laporan ke ojk hanya ditanggapi jika debt collector melakukan penagihan dengan cara kekerasan fisik.
        2. Debt collector juga bisa melaporkan ke ojk jika pekerjaan laporan nya dianggap tidak sesuai oleh penyedia peminjam nasabah tsb.

        Inti nya kalian berdua sama sama punya hak, bapak yang berutang punya hak menjawab, debt collector punya hak untuk bekerja.

        Terimakasih semoga bermanfaat.
        Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu.

      • 16 Januari 2022 - (21:36 WIB)
        Permalink

        intinya santai ja, ada uang bayar, ga ada ydah, toh lu ga nipu pke data semua asli..
        ga ush ladenin DC krn memng tugas mereka nagih & gajih DC pinjol dr hasil tahihan, klau cm laporan doang mrk jg kena omel, di maki2 atasan & ga dpt gajih, Resiko mrk jd DC & Resiko Anda krn Telat bayar….

    • 14 Januari 2022 - (21:12 WIB)
      Permalink

      Yang sabar ya pak. Semoga semua urusannya kelar Dan diberikan rezeki agar utangnya lunas. Amin

  • 10 Januari 2022 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Anda punya hutang, lalu ngaku salah karena gk bayar-bayar

    1. Dihubungi ke anda keterangannya gk pernah respond
    2. Dihubungi ke kontak darurat anda keterangannya sama gk pernah ada yg respond
    3. Dihubungi ke luar kontak darurat anda lalu ada yg respond, lalu anda protes
    4. Lalu anda complain ke OJK
    5. Kemudian setelah kejadian itu…Dihubungi ke anda, anda gk mau respond krn alasan kata2nya kasar.

    trus, Maunya gimana?
    serius nanya …

    *pengalama sebentar lg ada yg nuduh gw DC nih

    14
    21
    • 16 Januari 2022 - (19:46 WIB)
      Permalink

      Tetep bae di jawab gak di jawab sama aja, yang datang gak cuma 1, emang mau lu ngejawab telpon atau chat wA 100 Pesan sehari dengan pertanyaan yang sama? Yang di ladenin itu mesin, jadi percuma ngejawab juga kagak bakalan lunas utang nya.

  • 10 Januari 2022 - (23:13 WIB)
    Permalink

    Utk smua yg punya hutang d pinjol,,
    1.hampir smua pinjol akan menghubungi kontak darurat anda
    2.lupakan smua aturan ojk utk pinjol (saya jg tak paham tapi jarang ad yg benar2 berjalan klaupun ad yg kena itu jangka waktunya lamaa)
    3.berani berurusan sama pinjol terima smua resiko terserah mau telat 1 hari,1 minggu atau setahun sama sajaaa
    4.jangan pura2 bodoh tak tau soal perangai pinjol (artikan sendiri)
    5.selamat berjuang 😁

    4
    1
  • 11 Januari 2022 - (06:40 WIB)
    Permalink

    Banyakan gaya sih bapak.
    Gara gara dipermalukan dc karena hutang lapornya ke media konsumen. Jadi laki laki yg gentle pak. Berani berbuat berani bertanggung jawab.

    1
    8
    • 11 Januari 2022 - (06:51 WIB)
      Permalink

      Memang nya siapa yang di hamili koQ kamu bilang suruh bpk itu tanggung jawab…? jangan jangan kamu yang hamil..

      2
      5
      • 11 Januari 2022 - (13:29 WIB)
        Permalink

        Kejadian yg sama ..saya hanya sempat menunggak,tapi tagihan sy sudah dalam posisi lunas…
        DC AKULAKU tetap menagih kepada nomor yg berada dikontak dan mengirim foto selfi memegang KTP..hal ini sudah saya laporkan ke OJk dan pihak CS AKULAKU dan jawabannya enteng ..minta maaf atas ketidaknyamanan ini,dan akan kami selidiki lebih lanjut.

          • 15 Januari 2022 - (19:15 WIB)
            Permalink

            Sepertinya sudah ada jwbn otomatis untuk setiap pengaduan ya..

  • 11 Januari 2022 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Masalah bapak sudah rumit ya makin rumit karena bapak GK mau respon telp & WhatsApp mereka. Masalah harus diselesaikan dengan kesepakatan bersama yaitu bapak dan akulaku, bukan diabaikan dengan dalih kata kata mereka kasar. Justru itu memperumit masalah.

    2
    4
  • 11 Januari 2022 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Besok2 kalo instal aplikasi jgn asal kasih izin buat akses daftar kontak, sekali dikasih kesedot dah tuh nomor kontak di hp lu, tinggal pas ada macet disebar, nah repot kan..

    3
    1
  • 11 Januari 2022 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Ada telepon masuk dari DC Akulaku angkat aja, jangan dihindari, bahasanya mungkin keras bukan kasar

    1
    1
  • 12 Januari 2022 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Sejak dari dulu kalo hutang nunggak yang nagih pasti galak.!

    Pinjam ketetangga aja kalo ga bayar bayar pasti gitu.!

    Jawab apa ada blurr

  • 12 Januari 2022 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Org klo ngutang tuh awalnya aja Manis.. Tp giliran bayarnya Pahit!! Gak mau ditagih, jgn Ngutang Bos

  • 12 Januari 2022 - (20:44 WIB)
    Permalink

    JANGAN TAKUT,,BERANI PINJAM BERANI TANGGUNG JAWAB,JIKA ADA TELAT ATAU YANG LAIN JAWAB SAJA, SELAMA KITA MASIH BISA DIHUBUNGI DAN MENJAWAB TAPI MEREKA MASIH HUBUNGI KONTAK DARURAT ITU MEREKA SALAH,SILAHKAN SAJA LAPOR KE OJK ON LINE,MAU DITANGGAPI ATAU TIDAK LAPOR SAJA JANGAN TAKUT SELAMA KITA MASIH KOOPERATIF DAN BERTANGGUNG JAWAB PALING RESIKO DENDA DAN SLIK OJK SAJA YANG BERMASALAH,INTINYA JANGAN LARI DARI TANGGUNG JAWAB, DAN YANG UTAMA MENTAL KITA JANGAN DOWN KARENA TUGAS DC YA BEGITU JAWAB SAJA APA YANG PERLU DI JAWAB,JANGAN TERPANCING EMOSI,INSYALLOH ADA JALAN KELUARNYA,,SALAM SEMANGAT KAWAN TETAP USAHA KARENA HUTANG WAJIB DI BAYAR DAN KALAU BISA YA HINDARI RIBA, TIDAK ADA BERKAHNYA,,TERIMA KASIH

  • 15 Januari 2022 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Sudah bang, jangan diambil pusing. Apapun yang di komenin tentang post abang disini, itu hanya sikap kekecewaan saja. Namanya kita hidup pasti ada yang gak suka dan suka. Baiklah salah apalagi salah kan.

    Kita doakan saja bang, apapun yang di input ke abang tentang a b c semoga mereka tidak merasakan apa yang kita rasakan. Dan semoga baik mereka keluarganya tidak ada yang mengikuti jejak kita sesama pejuang perpinjolan.

  • 16 Januari 2022 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Klo gw sih gw ajak ketemuan…
    Dan gw gax mau bayar…
    Gw kenal aplikasi pinjol sejak 2018…
    Mungkin kurang lebih 10 aplikasi pinjol…
    Saya diteror saya angkat…dan saya suruh datang…smpe skarang gax ada datang dan mreka gax berani…
    Karna apha…
    Yang dihadapinya ngerti hukum…masalah utang/uang itu HUKUM PERDATA…klo kita diselasaika di pihak berwajib nanti nya kita akan bayar sesanggup kita brapapun…kita ricikan ajha semua cuma 5rb atau 10rb yaaa sgitu kita bayar perbulannya…karna ini PERDATA…tpi nama kita akan jelek semuanya baik kita menyicil sgala hal kita gax bisa…SARAN SAYA BUAT KALIAN SEMUA PINJAM SEBESAR BESARNYA DAN JANGAN BAYAR…INGAT PERDATA BUKAN PIDANA…

  • 16 Januari 2022 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Ternyata ada DC yang komen disini. Sudah biarkan saja DC itu berkoar2 sampe mulutnya berbusa, jadi ABAIKAN. Ketika punya duit YA bayar, namanya juga utang. Mereka menagih seolah2 hanya mereka yang dirugikan, TAPI apakah mereka bertanggungjawab atas kerugian yang kita hadapi, kerusakan mental akibat ulah DC itu sudah banyak menjadi korbannya sampe ada YANG MATI. saya hanya bisa mendoakan SEMOGA CEPAT MATI ITU PARA DC LAKNAT

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Akulaku Menghubungi Nomor di Luar Kontak Darurat

oleh panca dibaca dalam: 1 menit
33