Pendaftaran Balik Nama Sertifikat di BPN Bandung, 1 Bulan Belum Beres

Pada tanggal 19 Januari 2022, melalui notaris saya mendaftarkan balik nama sertifikat ke BPN pusat. Namun hingga hari ini berkas pendaftaran belum juga terproses, masih dalam bentuk “daftar sementara” yang notabene belum masuk ke sistem BPN.

Setiap ditanya secara online, sedang diproses. Terakhir malah disuruh datang langsung. Padahal dari kemarin pun saya juga sudah datang langsung, tapi alasan yang digunakan selalu “buku tanahnya belum ketemu/belum kembali ke bagian arsip”.

Pertanyaan saya, seberapa besarkah gedung BPN Bandung hingga sampai sebulan hari kerja buku tanah belum kembali ke bagian arsip dari bagian surat-menyurat? Ini bukan hanya 1 proses ini saja, setiap tahap proses selalu seperti ini. Bahkan sebelumnya ketika pengecekan membutuhkan waktu 3 bulan hari kerja baru kelar.

Hanya untuk proses balik nama saya sudah menghabiskan waktu 1 tahun, tapi belum beres juga. Karena tiap tahap membutuhkan waktu LEBIH DARI 14 hari kerja. Tidak sesuai dengan pernyataan tertulis di WA dan ucapan lisan petugas. Bagaimana ini BPN? Kok belum berubah juga? Belum lagi sekarang tambah ribet mengurus sertifikat.

Rika Aryani Rahmayanti
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Badan Pertanahan Nasional:
[Total:4    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Pendaftaran Balik Nama Sertifikat di BPN Bandung, 1 Bulan Belum Beres

  • 7 Maret 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Sy pernah urus sertifikat aja 2 thn baru kelar. Bolak balik gak ada gunanya ditanya stafnya lagi keluar/cuti dll. Karna capek jd lapor ke web lapor.id baru tuh diurusin.

  • 7 Maret 2022 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Kalau urusan dengan PNS mah sudah rahasia umum selama tidak ada pelicin, kerja kayak keong. Begitu ada uang saku/kopi/rokok/apapun namanya langsung 2-3 hari selesai.

  • 7 Maret 2022 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Situ baru sebulan. Saya kelar 1,5th + dikerjain. Dan akhirnya ibu saya ‘turun gunung’ komplen knp selama ini? Eh kurang 30mnt kelar! Sertipikat diserahkan. The power of nenek2 emang ga boleh dianggap remeh.

    Nah sekarang aja udah mau masuk 2th ada program PTSL/Prona. Saya ada tanah masih AJB beuh lama bener nunggu petugas lapangannya aja ampir 2 th. Dokumen semua sdh disiapkan di kantor kepala desa. Ampe sekarang tuh petugas lapangannya idungnya gak muncul2.

    Ada pikiran negatif seperti ini, “jangan2 nanti ni org2 nunggu program prona gak dijalanin lagi eh kita yg digetok tarif tinggi”

 Apa Komentar Anda mengenai Badan Pertanahan Nasional?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pendaftaran Balik Nama Sertifikat di BPN Bandung, 1 Bulan Belum Beres…

oleh rika dibaca dalam: 1 menit
5