Sejak Aplikasi BPJSTKU Berubah Jadi JMO Masalah Banyak Bermunculan, Pelayanan di Kantor Cabang, Aplikasi, Website dan Email BPJS Ketenagakerjaan pun Kacau

Yang terhormat Bapak/Ibu pemangku kepentingan di wilayah BPJS Ketenagakerjaan.

Nama saya Fajar Abdul Gandi, saya memiliki 3 kartu BPjamsostek. Pada saat aplikasi masih BPJSTKU, semua data pribadi saya tidak ada masalah, kecuali hanya ada 1 kartu yang terdaftar. Lalu setelah di-update aplikasi menjadi JMO, masalah mulai banyak bermunculan dan memusingkan saya.

Barulah muncul 2 kartu yang lain dari perusahaan, yang memang sebelumnya saya pernah bekerja di perusahaan tersebut. Ditambah lagi tempat dan tanggal lahir saya tiba-tiba berubah menjadi Jakarta, 12-12-1989. Aneh sekali untuk perusahaan besar dengan karyawan yang berpendidikan dan menggunakan teknologi yang bagus bisa salah data pengguna/tiba-tiba berubah.

Lalu saya datang ke kantor cabang untuk memperbaiki/pengkinian data. Akhir Januari saya datang ke kantor cabang di Purwokerto, untuk perbaiki data, lalu disuruh menunggu hingga 5 hari. Namun tak kunjung berubah dan malah dimarah-marahi oleh staf kantor tersebut.

Karena terlalu lama, akhirnya saya klaim JHT d KCP tersebut untuk 2 kartu saya karena yang satunya belum diberi paklaring-nya. Yang bikin saya jengkel & tambah sangat kecewa lagi adalah setelah saya mendapatkan paklaring, tiba-tiba aplikasi JMO tidak dapat terhubung ke server.

Saya buka website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, data saya masih salah. Saya datang ke KCP Purwokerto katanya data sudah benar dan disuruh coba di website. Saya buka website untuk coba kembali melalui lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id, seperti yang disarankan pegawai kantor cabang, tapi di notifikasi malah disuruh ke Kantor Cabang.

Saya dibuat seperti bola pingpong dan dibuat bingung, gak tahu lagi harus berbuat apa dengan kacaunya pelayanan BPJamsostek baik di aplikasi, website dan juga Kantor Cabang.

JMO tidak dapat terhubung ke server, data pribadi saya di website masih salah dan disuruh ke kantor cabang. Saya ke kantor cabang katanya data sudah benar disuruh buka website. Saya kirim aduan melalui email dan juga telepon call center, tapi gak ada hasil. Sangat membingungkan dan tidak ada kejelasan.

Hal ini mempersulit saya untuk mencairkan JHT saya, yang mana saya butuh uang itu untuk tambahan biaya berobat nenek saya.

Hingga nenek saya meninggal, uang JHT saya dengan nomor: 13013814648 belum juga dapat dicairkan dan hanya kartu dengan nomor 19045281839 dan 19103568523 saja yang dapat dicairkan, saat sebelum layanannya menjadi kacau seperti sekarang.

Fajar Abdul Gandi
Purwokerto, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BPJS Ketenagakerjaan:
[Total:77    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Sejak Aplikasi BPJSTKU Berubah Jadi JMO Masalah Banyak Bermunculan, Pelayanan di Kantor Cabang, Aplikasi, Website dan Email BPJS Ketenagakerjaan pun Kacau

  • 28 Maret 2022 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Pak, sebaiknya laporan ini ke LAPOR.GO.ID . Soalnya nanti oleh admin disana di disposisikan ke kementrian & bumn yang terkait dengan masalah itu.
    Kalau disini kurang greget pak untuk masalah yg berkaitan dengan bumn

      • 2 April 2022 - (12:31 WIB)
        Permalink

        Alhamdulilah ,saya awal Feb lalu mencairkan 4 kartu via jmo semua lancar walau paklaring yg 1 hilang Dan 1 lagi ga dapet Dari tempat kerja dulu di berikan surat pernyataan sebagai penggantinya, interview pun via video call padahal sebelumnya dateng ke kantor cabang yg di bintaro buat ngurus malah di buat ribet karena ga ada paklaring

    • 30 Maret 2022 - (22:13 WIB)
      Permalink

      Sudah saya lakukan, itu langkah terakhir yg bisa saya lakukan. Udah ga tau musti gimana lgi..

  • 29 Maret 2022 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Idem, semenjak ganti aplikasi dari BPJSTKU ke JMO tidak bisa cek saldo JHT lagi, padahal sebelumnya di BPJSTKU lancar2 saja…

  • 29 Maret 2022 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Punya saya 1 yang saya sendiri gak tau nomornya, 3x salah input. Harus datang ke cabang. Behh ribet bener

    Bank aja gak gini, ke blokir cukup lewat telepon

  • 30 Maret 2022 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Puji syukur punya saya tidak bermasalah.
    Saya punya 4 kartu berbeda, yang mana saya hanya punya 2 surat parklaringnya. Karena yang lain hilang.

    Ketika saya ke kantor cabang, saya di layani dengan baik, bahkan diberikan form yang harus saya isi pernyataan bahwa surat parklaring saya hilang dan TTD Bermaterai. Jadi jangan kwatir gak ada parklaring, karena bisa ada solusinya.
    Ada 1 kartu yang saya tidak punya fisiknya pun saya dibantu nomornya untuk diinput di JMO, semua dibimbing oleh petugas di kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Karimunjawa. Staff yang membantu namanya mbak Agnes, ramah banget, securitynya juga ramah sekali dan helpfull.

    Saya dijadwalkan interview tgl 8 Maret kemarin tapi kalau ndak salah tgl 25 feb sudah interview by VC WA dan tak lama setelah itu cair semua.

    Saran saya bagi yang punya kartu lebih dari satu, sebaiknya di jadikan satu dulu baru klaim.
    Kalau sudah proses klaim maka tidak bisa di jadikan satu, terpaksa kita harus memenuhi semua syarat yang ada.

    Coba mas nya pas datang ke kantor cabang dan disuruh buka website atau aplikasinya langsung dibuka ditempat dan tunjukkan kendalanya. Kalau mereka marah marahin balik, karena tugas mereka membantu bukan memarahi.
    Itu hak kita kok uangnya, kita kerja kita bayar kayak nabung dan dibantu sama perusahaan tempat kita kerja.

    4
    1
    • 30 Maret 2022 - (22:16 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya masalah utama bukan soal klaimnya. Tapi kacaunya data saya d aplikasi, website & pelayanan yg buruk di KCP. Saya pun ingin sperti itu, agar semua kartu saya d jadikan 1 & data saya di koreksi agar ke depannya ga susah kalo ada apa-apa atau jika hendak klaim di saat darurat.

 Apa Komentar Anda mengenai BPJS Ketenagakerjaan?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Sejak Aplikasi BPJSTKU Berubah Jadi JMO Masalah Banyak Bermunculan, Pe…

oleh Cangkir dibaca dalam: 1 menit
8