Tidak Dapat Menjual atau Mengambil Keping Emas yang Dibeli Secara Cicilan di BukaEmas Bukalapak

Nama saya Nuzulul Hidayah. Saya pengguna aplikasi Bukalapak sudah hampir 3 tahun ini, dan mulai membeli emas di aplikasi Bukalapak, dengan fitur investasi berupa emas sejak 3 tahun yang lalu. Awalnya setiap penjualan atau pembelian yang saya lakukan, akan otomatis memotong saldo untuk pembelian emas, dan ketika saya butuh dana bisa dijual dengan sekali klik.

Berbekal hal tersebut, akhirnya saya percaya dengan kemudahan membeli emas di Bukalapak. Pada tanggal 25 September 2021, saya pun mencoba untuk melakukan pembelian emas dengan cara cicilan dan sudah lunas pada tanggal 25 Februari 2022. Besar harapan saya untuk bisa menjadikan emas cicilan tersebut sebagai tabungan dan akan saya jual kembali jika keadaan mendesak.

Pada tanggal 13 Maret 2022, saya mencoba melakukan pengiriman keping emas tersebut, tapi tidak bisa, dengan keterangan “fitur emas cicilan segera disiapkan”. Padahal cicilannya sudah lunas. Dari situ saya mulai ada perasaan tidak enak, takut tidak bisa menjual emas itu pada saat keadaan mendesak.

Benar saja, pada tanggal 31 Maret 2022, saya mencoba menjual emasnya, tapi kode OTP untuk melakukan verifikasi tidak kunjung dikirimkan ke nomor telepon saya. Padahal sudah saya coba ratusan kali.

Tiga hari kemudian, tepatnya tanggal 02 April 2022, saya menghubungi pihak Bukalapak melalui fitur BukaBantuan via chat. Pertama saya menghubungi dengan judul penggantian nomor telepon, karena saya berpikir mungkin nomornya yang tidak bisa dikirimi SMS. Namun setelah saya ganti hp pun, tetap tidak ada SMS kode OTP masuk.

Singkat cerita, setelah proses ganti nomor telepon dilakukan dan disetujui pihak Bukalapak, saya coba kembali menjual emas tersebut. Namun hingga hari ini (13 April 2022) kejadian pun sama, tidak ada kode OTP yang masuk ke nomor saya. Hal tersebut juga sudah saya sampaikan ke pihak CS Bukalapak. Namun jawaban yang saya dapat, hanya disuruh menunggu proses. Tanpa ada kejelasan sampai kapan saya menunggu dan kenapa tidak bisa dilakukan penjualan, maupun pengambilan keping. Padahal cicilan saya sudah lunas.

Chat terakhir saya tanggal 11 April 2022, yang berisi pertanyaan yang sama soal kapan emasnya bisa dijual pun, sampai hari ini (13 April 2022) tidak ada jawaban dari pihak Bukalapak.

Demikian kronologi keluhan dari saya, perihal masalah penjualan emas di Bukalapak yang tidak dapat saya lakukan hingga hari ini. Besar harapan saya untuk dapat jawaban pasti dari pihak Bukalapak,ย  kapan dan bagaimana solusi terbaik untuk masalah tersebut. Tanpa embel-embel disuruh menunggu lagi, mengingat permasalahan ini sudah berlangsung 2 minggu lamanya.

Terima kasih.

Nuzulul Hidayah
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BukaEmas Bukalapak:
[Total:151    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Tidak Dapat Menjual atau Mengambil Keping Emas yang Dibeli Secara Cicilan di BukaEmas Bukalapak

    • 15 April 2022 - (15:18 WIB)
      Permalink

      Knp mesti di DM ?? , di chat aja gak kalian bales sampai hari ini (15-04-22) , jelasin dong disini skalian cari solusi, kronologinya saya rasa sudah sangat jelas ya?!

      22
      • 16 April 2022 - (06:53 WIB)
        Permalink

        Turut prihatin dgn kejadian nya ya pak, semoga segera terselesaikan. Sbg seorang muslim hendaknya kita jadikan tuntunan syariat dlm setiap melakukan aktifitas kehidupan kita dan dlm agama islam melarang jual beli emas dgn cara tdk langsung maupun dicicil. Wajib tunai, jika tidak.. haram hukumnya dan kita kena dosa. Besok2 beli aja tunai di toko emas pak. Aman dan nyaman.. Bisa dijual kapan saja.

        12
        23
          • 16 April 2022 - (21:58 WIB)
            Permalink

            silakan cari referensinya pak dr buku2 yg membahas jual beli emas dalam tuntunan agama. Kalau malas, bisa cek di yutub, udh byk itu ustadz membahas jual beli emas mesti tunai. tdk bisa dicicil, apalagi online.

            4
            1
          • 17 April 2022 - (00:55 WIB)
            Permalink

            Kata nabi,, :

            dari Ubadah bin Shamit radhiallahuโ€™anhu, bahwa, Nabi Shallallahuโ€™alaihi Wasallam bersabda:

            ุงู„ุฐู‘ูŽู‡ุจู ุจุงู„ุฐู‘ูŽู‡ุจู . ูˆุงู„ูุถู‘ูŽุฉู ุจุงู„ููุถู‘ูŽุฉู . ูˆุงู„ุจูุฑู‘ู ุจุงู„ุจูุฑู‘ู . ูˆุงู„ุดุนููŠุฑู ุจุงู„ุดุนููŠุฑู . ูˆุงู„ุชู…ู’ุฑู ุจุงู„ุชู…ู’ุฑู . ูˆุงู„ู…ูู„ุญู ุจุงู„ู…ูู„ุญู . ู…ูุซู’ู„ู‹ุง ุจูู…ูุซู’ู„ู . ุณูˆูŽุงุกู‹ ุจูุณูŽูˆุงุกู . ูŠุฏู‹ุง ุจููŠูŽุฏู . ูุฅุฐูŽุง ุงุฎู’ุชูŽู„ูŽููŽุช ู‡ุฐู‡ู ุงู„ุฃุตู’ู†ูŽุงูู ุŒ ูุจูŠุนูˆุง ูƒูŠููŽ ุดุฆู’ุชูู…ู’ ุŒ ุฅุฐูŽุง ูƒุงู†ูŽ ูŠุฏู‹ุง ุจููŠูŽุฏู

            โ€œemas dengan emas, perak dengan perak, burr dengan burr, syaโ€™ir dengan syaโ€™ir, tamr dengan tamr, garam dengan garam, kadarnya harus semisal dan sama, harus dari tangan ke tangan (kontan). Jika jenisnya berbeda, maka juallah sesuka kalian, selama dilakukan dari tangan ke tangan (kontan)โ€ (HR. Al Bukhari, Muslim no. 1587, dan ini adalah lafadz Muslim).

            Dalam riwayat lain:

            ุงู„ุฐู‘ูŽู‡ูŽุจู ุจุงู„ุฐู‘ูŽู‡ูŽุจูุŒ ูˆุงู„ู’ููุถู‘ูŽุฉู ุจุงู„ููุถู‘ูŽุฉูุŒ ูˆุงู„ู’ุจูุฑู‘ู ุจุงู„ุจูุฑู‘ูุŒ ูˆุงู„ุดู‘ูŽุนููŠุฑู ุจุงู„ุดู‘ูŽุนููŠุฑูุŒ ูˆุงู„ุชู‘ูŽู…ู’ุฑู ุจุงู„ุชู‘ูŽู…ู’ุฑูุŒ ูˆุงู„ู’ู…ูู„ู’ุญู ุจุงู„ู…ูู„ู’ุญูุŒ ู…ูุซู’ู„ู‹ุง ุจู…ูุซู’ู„ูุŒ ูŠูŽุฏู‹ุง ุจูŠูŽุฏูุŒ ูู…ูŽู† ุฒุงุฏูŽุŒ ุฃูˆู ุงุณู’ุชูŽุฒุงุฏูŽุŒ ูู‚ูŽุฏู’ ุฃุฑู’ุจูŽู‰

            โ€œemas dengan emas, perak dengan perak, burr dengan burr, syaโ€™ir dengan syaโ€™ir, tamr dengan tamr, garam dengan garam, kadarnya harus semisal dan sama, harus dari tangan ke tangan (kontan). Siapa yang menambah atau meminta tambahan, maka ia telah melakukan ribaโ€ (HR. Muslim, no. 1584).

            2
            1
          • 16 April 2022 - (21:56 WIB)
            Permalink

            kalo anda muslim memang begitulah konsekuensinya. Harus ikut tuntunan agama/syariat krn tujuannya akhirat bukan dunia tp kalo anda bukan muslim, ya tentu tdk akan mengerti

            3
            2
          • 17 April 2022 - (02:05 WIB)
            Permalink

            Pulsa regulernya sudah saya pastikan ada, tp tetep otp gak masuk

          • 17 April 2022 - (08:08 WIB)
            Permalink

            Menabung emas yg pasti aman datang ke kantor pengadaian terdekat saja pak. Pasti dan aman. Semua kantor pengadaian bisa kok. Saya saja sudah lama ikut tanggungan emas di pengadaian. Kalau bermasalah lebih mudah menyelesaikannya. Kalo lewat marketplace gitu susah buat mengajukan komplain. Jika menurut cs mereka rumit akan di abaikan. Kayak bapak alami gitu. Diabaikan saja. Kalau di kantor pengadaian terjadi masalah anda dapat datang dan mencari solusi hingga selesai. Tanpa khawatir. Kan seperti kata iklan. Pengadaian mengatasi masalah tanpa solusi, eh… Salah. Mengatasi masalah tanpa masalah

  • 16 April 2022 - (03:55 WIB)
    Permalink

    Udah dicicil sampai lunas.
    Emas fisiknya aja gak bisa dikirim.
    Emas digitalnya jg gak bisa dijual.
    Iinvestasi apa tuh namanya ini.

    9
    2
  • 16 April 2022 - (06:17 WIB)
    Permalink

    Padahal udh sempet mulai percaya lagi sm bukalapak soalnya banyak diskon pembayaran tagihan listrik air pdam dll, kami tak suka dengan sesuatu yang zholim

    6
    2
  • 16 April 2022 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Melihat kronologinya utk 1 gr emas aja kelihatannya ribet banget ya, enggk bisa bayangin kalo ada yg sampai ratusan gram mungkin ketar ketir itu, trimakasih infonya, setidaknya bisa menambah wawasan dn kewaspadaan di kemudian harinya.

    6
    1
  • 16 April 2022 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Saya gak pernah tertarik untuk beli emas di aplikasi online karena banyak masalah. Mending uang di tabung di celengan (bank juga pencopet karena ada admin dan bunga kecil). Setelah uang dicelengan banyak, beli emas di toko emas.

    6
    1
  • 16 April 2022 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Membaca komplain ini, suamiku ngecek di aplikasi bukaemas, ternyata ada saldo sekitar 44rb, coba dijual semua, otp masuk, uang dikirim ke Dana. Coba pastikan pulsa reguler di nomer hp terdaftar ada (bukan pulsa paket combo yg biasanya untuk internet, telpon dan SMS), karena cek transaksi Telkomsel terakhir ada biaya pulsa sms 520

    • 16 April 2022 - (14:52 WIB)
      Permalink

      Trima kasih until sarannya, sudah saya pastikan ubtuk nomornya sudah Ada pulsa regulernya, tapi otp tetep tidak masuk

    • 16 April 2022 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Saya barusan coba untuk Yg jual tunai bisa langsung masuk, tp Yg emas cicilan masalah masih sama gak bisa di jual otp gak masuk, Pulsa juga ada

  • 16 April 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Saya dlu pernah cicil emas di app bukalapak, tp sdh saya jual akhir tahun lalu. Ternyata memang blm bisa diambil keping kalau kita belinya pke cicil emas. Klo beli tunai, bisa.
    Klau masalah otp blm masuk, pastikan dlu no terdaftar ada pulsanya. Biasanya dana masuk k bukadompet/ dana.

    • 16 April 2022 - (14:52 WIB)
      Permalink

      Trima kasih untuk sarannya, sudah saya pastikan ubtuk nomornya sudah Ada pulsa regulernya, tapi otp tetep tidak masuk

  • 16 April 2022 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah ngalamin semua SMS (tidak hanya OTP) tidak bisa masuk ke hp saya, kalaupun masuk, sampainya itu lama banget

    Setelah googling2 ternyata masalahnya bukan pada provider nya, tapi hp saya yg sudah lama sehingga aplikasi SMS bawaan sudah gak kuat nerima SMS

    Trus ketemu solusinya adalah nginstall aplikasi Textra (ada di playstore juga), ini kayak aplikasi SMS biasa tapi lebih ringan

    Mungkin bisa dicoba

  • 17 April 2022 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Biasanya gak dapet OTP itu terjadi di ponsel dual SIM. Mbak coba tuker posisi kartu SIMnya. Biasanya sih nendadak nongol.

 Apa Komentar Anda mengenai BukaEmas Bukalapak?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Tidak Dapat Menjual atau Mengambil Keping Emas yang Dibeli Secara Ciciโ€ฆ

oleh Nuzulul Hidayah dibaca dalam: 2 menit
31