Bukalapak Mengulur Waktu Refund dan Tidak Bisa Melampirkan Bukti Pengembalian Dana

Pada tanggal 20 April 2022, saya melakukan transaksi digital pembayaran PDAM. Transaksi masih diproses, sempat lewat batas waktu dan akhirnya kena denda, dengan nomor transaksi: BL2217JMXULZINV. Pada tanggal 22 April 2022 transaksi tersebut batal, karena saya sudah bayar lewat platform lain, dan info refund dari Bukalapak yaitu dengan estimasi 14 hari kerja.

14 hari kerja berlalu, yang jatuh pada tanggal 16 Mei 2022, lalu saya lapor kembali. Saya diberi lampiran bahwa uang sudah di-refund dan diminta menunggu lagi dengan estimasi 45 hari kerja, serta saya diarahkan ke bank terkait.

Lampiran yang diberikan oleh Bukakapak hanya laporan yang berisi nomor invoice serta keterangan settlement. Sedangkan saat saya mengkonfirmasi ke bank terkait, yaitu Bank BTN, saya diminta kode ARN (Acquirer Reference Number) yang harus dilampirkan untuk membuktikan bahwa terjadi transaksi dari pihak Bukalapak ke nomor kartu Debit BTN saya.

Saya menghubungi kembali Bukalapak. Namun mereka terkesan mengulur waktu saat saya meminta bukti refund (nomor, kode ARN). Padahal dari email yang saya terima, jelas diinformasikan bahwa uang saya sudah di-refund, dan agar mempercepat proses refund, saya diarahkan untuk mengkonfirmasi ke Bank BTN.

Kesimpulan saya: Saya sering bayar tagihan, belanja di berbagai marketplace, seperti Tokopedia, Blibli, saat terjadi kendala dan refund ke kartu debit (dengan estimasi 14 hari kerja), tetapi tidak sampai 3-5 hari uang refund sudah kembali, tanpa melapor sana sini. Namun di Bukalapak, dari estimasi 14 hari kerja, ditambah 45 hari kerja, belum juga ada tindak lanjut. Bahkan saat dimintai bukti ARN selalu berbelit.

Tolong di-follow up ke pihak terkait, agar menjadi perhatian yang harus dibenahi untuk melindungi konsumen.

Ferdianto Renata
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:13    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan Perihal Bukalapak Mengulur Waktu Refund dan Tidak Bisa Melampirkan Bukti Pengembalian Dana

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Bukalapak Mengulur Waktu Refund dan Tidak Bisa Melampirkan Bukti Pengembalian Dana

    • 24 Mei 2022 - (13:49 WIB)
      Permalink

      Trims infonya Pak Soni, berarti saya termasuk yang apes 😆, cuma seharusnya gak berbelit, dan realita aja sih pihak Bukalapak dalam menyampaikan informasi, jadi gak muter2 dan terkesan sengaja mengulur san ngerjain konsumen main lempar sana sini.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Bukalapak Mengulur Waktu Refund dan Tidak Bisa Melampirkan Bukti Penge…

oleh Ferdianto Renata dibaca dalam: 1 menit
2