Surat Pembaca

Penyalahgunaan Akun Tokopedia dan Gojek, untuk Transaksi Fiktif Menggunakan GoPayLater di Tokopedia

Berikut ini kronologi kejadian terkait penyalahgunaan akun Tokopedia dan Gojek saya:

Pada tanggal 22 Mei 2022, paket data internet saya habis masa berlakunya. Ini adalah awal tidak terpantaunya semua aktivitas yang terjadi pada akun saya.

Tanggal 23 Mei 2022 pukul 5:33, akun Tokopedia saya berganti PIN, tanpa ada notifikasi kode OTP ke hp saya. Pukul 8:18 terjadi checkout pesanan, pembelian kalung seharga Rp4.748.700. Pukul 11:11 terjadi pengiriman barang dengan GoSend. Barang diterima istri saya, karena nama dan alamat benar atas nama saya. Dia tidak ada curiga sedikit pun, karena saya biasa pesan barang via Tokopedia.

Checkout pesanan dilakukan oleh pelaku peretas, karena akun saya sudah diambil alih. Dana langsung diteruskan ke toko online, dan dana langsung ditarik saat itu juga. Kondisi akun Tokopedia dan Gojek saya ter-logout dan harus reset password ulang. Bisa dipastikan toko online tersebut adalah bagian dari pelaku, dan sampai detik ini toko masih aktif.

Paket yang saya terima berisi kardus dan kertas/sampah hanya kardus kosong. Transaksi di Tokopedia melalui GoPayLater cicilan, yang tersambung langsung ke aplikasi Gojek. Tidak ada verifikasi OTP dari Gojek atas pendaftaran layanan GoPayLater cicilan ke hp saya. Pelaku dengan leluasa bisa mendaftarkan layanan GoPayLater cicilan.

Tanda tangan digital pengajuan GoPayLater cicilan bukan saya yang melakukan, karena sudah diretas. Informasi dari telepon CS Gojek, tanggal 22 ada perangkat lain yang terhubung ke akun Gojek saya. Namun pihak Gojek menyangkal, tidak ada pelanggaran. Dipastikan pelaku mempunyai semua data yang saya miliki.

Dalam hal ini disayangkan tidak ada investigasi dari Tokopedia ataupun Gojek perihal kebocoran data pelanggan. Karena bisa dipastikan Gojek ataupun Tokopedia bisa mengetahui device dan IP address yang digunakan pelaku untuk login.

Yang perlu digarisbawahi, tidak ada link phishing ataupun orang yang pernah meminta mengirimkan kode OTP ke saya, karena saya paham benar atas hal itu. Pada kejadian di atas, saya dalam perjalanan ke kantor, dan baru mengetahui setelah membuka email via desktop kantor dan semua sudah terlambat.

Pihak Tokopedia dan Gojek lepas tangan dan saya tetap harus membayar cicilan tersebut sebesar Rp6.315.768, setelah bunga. Saya kirim email aduan ke OJK, tetapi jawabannya diminta untuk ke aduan Bank Indonesia. Namun setelah email ke aduan Bank Indonesia, mereka malah meminta kejadian ini diajukan ke OJK, semua saling lempar tangan.

Dalam hal ini saya dirugikan karena harus membayar cicilan atas peretasan akun yang tidak saya lakukan dan jika memang dibutuhkan saya siap adu data.

Rudi Haryanto
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • it is too good to be true kalau memang kena hack. Masa sih tidak ada OTP baik via e-mail maupun no hp kalau memang akun nya diretas. Lalu bila memang tidak merasa order paket, kenapa dari awal tidak ditolak saja saat paket nya datang atau langsung crosscheck via aplikasi nya? Jika memang dirugikan kok gak komplain langsung ke toko nya dan malah bikin aduan disini padahal tokonya aja udah jelas, kontak aktif dengan pelanggan banyak? Toh ada kontak pengirim juga kan di kotaknya. Patut dicurigai sih yang buka paket dan unboxing paket tersebut.

    • Pemberitahuan by email ada pak, cuma sudah terlambat transaksi sudah selesai.
      Saya buka email via desktop kantor karena paket hp saya sudah habis.
      Seandainya hp aktif koota mungkin msh bisa dicegah transaksinya

      • Kok anda ga jawab2 tuh komen dari pemilik nona keriting yang mengatakan kalau paket yg anda unboxing belang2 lakbannya??? Trus kok udah prepare banget dibuatkan video unboxing?? Saya aja jarang2 ada video unboxing utk barang2 yg saya beli online, kecuali barang elektronik

  • Kalo memang tdak pernah order harusnya jgn di buka, unboxing biasa di lakukan memang order dan mau liat barang sesuai dgn pesanan tdak, biasa yg antar barang suka fotoin awal barang dterima istri anda dan dus nya.....krena lakban sdh berbeda....itu bwt unboxing saat anda pulang krja or lngsung di unboxing sama istri anda
    Nona keriting bkn toko abal2 saya sdh 2xtransaksi barang smpai dan pake gopay latet

  • Itu memang tidak dibuka bu, ada dokumentasinya.
    Baru setelah tgl 1 juni terpaksa saya buka karna tidak ada kejelasan kasus. Pihak tokopedia juga menyarankan untuk dibuka saja paketnya dan membayar cicilannya.

    • Ada video ga dari isteri anda terima paket sampai tgl 1 juni tuh paket ga pernah dibuka?? Kalau cuma pernyataan tanpa ada bukti lain mah ga bisa diterima....

    • Ijin komen, krn seru. Ada bbrp hal yg janggal dr tulisan2 TS
      1.ditulis tidak pernah aktifkan gopaylater tp ada reply komentar kl pernah tidak sengaja pakai gopaylater
      2.dikatakan kejadian pas jalan kekantor sehingga hp selalu ditangannya.tetapi email warning perubahan PIN adalah jam 05.33. Artinya jam 05.33 inilah waktu kejadian peretasannya krn email warning dikirim realtime.pertanyaannya, jam 05.33 hp TS dimana? Masih tergolong subuh ini.
      3.sy jg pakai toped sudah lama dan sdh brp kali ganti hp jd bbrp kali ganti perangkat utk toped. dan jika pindah perangkat pasti perlu OTP, dan utk OTPtidak butuh kuota, jd pasti ada masuk. Kalau tidak input OTP maka tidak mungkin bs login diperangkat lain. Flow sistem ini berlaku umum jd tidak mungkin ada pengecualian di hp TS.

      Selain kejanggalan itu, sy pribadi sih yakin kl toko real pasti akan kirim barang asli, krn mendapatkan kepercayaan pelanggan itu nomor 1. Lagipula trx utk toko mas senilai 4jt adalah nilai sangat sangat kecil, jd aneh kl nipu hanya utk nilai sekecil ini.
      Sebaiknya sih memang lapor polisi, hanya dugaan sy pribadi adalah org dekat jd sebaiknya selidik sendiri dulu. Kejadian peretasannya sekitar jam 05.33. Diingat2 saja jam segini biasa ada dimana dan hp ada dimana...

  • Sebenarnya bayar pake paylater hanya pakai PIN gak pake OTP. Kalau hacker jg gak mungkin kirim ke alamat yg sesuai. Pasti juga diubah alamatnya

    • Kan ga ad titik temu ni..bawa jalur hukum aja...soalnya sy penasaran setelah baca kasusnya hahahah

      • Betul.... Kalo penulis yakin sejuta persen jadi korban penipuan, kenapa ga berani lapor Polisi? Patut dipertanyakan

    • Transaksi nya lewat Tokopedia kan ? Masuknya Tokped pakai OTP wajib, setelah itu masukin PIN Tokopedia yang biasa kita masukin kalau beli atau cairin dana Saldo Tokopedia, kalau ga dikirim kode ke email terdaftar. Transaksi baru pakai PIN Gopay.

      • Betul pak, saat kejadian tidak ada kode otp masuk ke hp saya, saya ada historynya.
        Informasi login pergantian pin baru saya dapat ketika login via email di kantor. Itu sekitar jam 11.30 siang tapi semua sudah terlambat, transaksi sudah terjadi dan selesai.
        Saya langsung isi paket data hp siang itu dan reset semua pin dan baru ada kode otp masuk. Semua ada historynya

        • Kembali lagi anda buat pernyataan tanpa bukti..... Bisa aja SMS OTP anda sudah hapus

    • Sudah gan, dan saya yakin istri saya clear cuma terima paket atas nama saya saja.

  • Wah rame yah.. Kalau saya jadi TAS, dari awal saya udah samperin itu tokonya minta penjelasan. Ketik di maps bentar langsung ketemu kok alamatnya. Trus dari yg saya tangkep, ngga ada usaha dari juga dari TS buat ngehubungin tokonya lewat chat toped setelah kejadian. Trus seller udah jawabin dan jelasin panjang kali lebar di sini dari sisinya dia, tp TS nya kayak ngumpet, bales dikit2 doang. Katanya berani adu data, tapi kok ga berani matahin argumen2 nya seller disini? Kalo ini kejadiannya ngga fake (which I doubt), semoga dibales rejeki yang lebih banyak buat TSnya ??

    • Akun toped penulis di hack..... Kayanya akun gugelnya juga di hack jadi ga bisa search alamat toko nona keriting..... hehehe
      Jangan2 logika penulis juga udah kena hack....

  • Wah buktinya lemah sekali pak buat tuduhan setingkat itu, sekarang tidak semudah itu membobol akun tanpa verifikasi dari si empunya akun, apalagi ini terhubung dengan perusahaan² yg bukan main² (google, Tokopedia, gojek). Kalau si peretas mampu membobol security mereka ya nggak mungkin cuma akun anda saja yg diretas? Targetnya pasti jauh lebih tinggi.

  • saya tau lho pak nih toko masnonakeriting ini real ada barangnya dan rame, sampai oma saya sering beli emas disitu, saya pun pernah beli dan real 99% barang asli no tipu² mau by online atau lgsg ke toko habis pulang kerja. disini masalahnya apa benar anda ga aktifin gopaylater, anehnya setau saya mah ngaktifin gituan pke ktp dan limitnya 15jt dan yg masalahnya GAPERNAH MAKE TAPI KOK BISA SALDONYA AUTO ADA DAN KETAUAN LIMITNYA. PADAHAL LIMIT GOPAYLATER ITU MUNCUL PAS PERTAMA KALI TOPUP SALDO GOPAY. saya bagian gopay service center lho pak, banyak yg kasus bapak bgini dan ternyata DIPAKAI ORANG LAIN (ANAKNYA, ISTRINYA, DLL) dan emg sengaja make biar korban yg bayar. bapak udah ngecoreng nama baik GoTo lho pak, bisa sy tuntut anda ke jalur pidana, siap² aja rumah bapak muncul polisi, KAMI UDAH CAPEK MENANGANI PENIPUAN BEGINI SAMPAI KAMI RUGI, NOMINAL GA SEBERAPA TAPI IMAGE PERUSAHAAN DAN PEMILIK TOKO TERCORENG, BEGINIKAH INGIN MELOLOSKAN DIRI DARI TAGIHAN, mungkin bapak berpikir lolos tapi jejak digital tak bisa dihapus. KARMA WILL BE ALWAYS

    • Nah loh...... Siap2 deh penulis.... Kalo penulis ga mau melapor kasus ini ke Polisi padahal merasa yakin jadi korban penipuan, biarlah pihak lain yang melaporkan penulis ke Polisi atas dugaan pencemaran nama baik dan juga penipuan