Transfer via DANA “Pending”, Call Center Susah Dihubungi

Saya adalah pengguna setia DANA. Salah satu alasannya adalah karena DANA terintegrasi dengan aplikasi PPOB yang digunakan untuk usaha saya, yaitu Mitra Bukalapak. 3 tahun berjalan, aplikasi DANA yang saya gunakan tidak ada masalah, sampai tanggal 11 Juni 2022 terjadi kendala.

Saya melakukan transfer uang dari akun DANA +62 812-8238-60** ke rekening Bank BTN pelanggan saya. Untuk diketahui, pembayaran ini adalah untuk autodebit pembayaran rumah subsidi dan apabila mengalami keterlambatan tentunya akan dikenai denda. Transaksi ini sejumlah Rp740.000.

Setahu saya apabila ada kendala teknis, aplikasi DANA akan memberitahukan terlebih dahulu, misalkan transaksi mengalami gangguan dan sebagainya. Namun saat itu tidak ada notifikasi soal gangguan teknis, sehingga transaksi langsung saya proses. Kemudian transaksi pending, ada keterangan transaksi sedang diproses dan saya harus menunggu sekitar 1 jam.

Saya memberitahukan kepada konsumen untuk menunggu, apabila transaksi selesai akan saya kirim bukti pengiriman via WA. Namun setelah satu jam transaksi masih pending, keterangan berubah bahwa proses transaksi akan dilanjutkan selama 1×24 jam. Saya kemudian kembali mengabarkan kepada konsumen untuk menunggu. Dengan sedikit kesal dia masih mau menerima.

Namun setelah 1×24 jam ternyata transfer belum berhasil. Ada keterangan bahwa “Ada kesulitan teknis di transaksimu, mohon menunggu kami menyelesaikan transaksi atau pengembalian uangmu” (seperti gambar terlampir).

Bukti transaksi

Konsumen pun menagih kejelasan karena sudah menunggu 1×24 jam. Akhirnya saya mendatangi bank bersangkutan. Namun pihak bank angkat tangan, karena permasalahan bukan pada bank melainkan dana. Saldo pun belum masuk ke rekening yang bersangkutan.

Saya kemudian menghubungi DANA via email di help@dana.id dengan ID tiket: 16041076, tapi sampai sekarang tidak ada respons. Saya coba hubungi call center DANA di 1500445 , tapi susah sekali nyambung karena sibuk. Kalaupun tersambung, tidak bisa tersambungkan dengan agen call center, sedangkan pulsa sudah terpotong. Lalu saya kontak akun Instagram dana yang sudah centang biru, jawabannya adalah harus menunggu (berapa lama?).

Sementara konsumen saya terus-terusan menagih, karena khawatir dendanya terus berjalan. Dia juga sempat meminta uang kembali, tapi saya khawatir nantinya saldo malah masuk ke rekening ybs. Hingga saat ini belum jelas apakah saldo akan kembali ke akun dana atau sampai di rekening tujuan. Di Media Konsumen, keluhan yang sama juga pernah terjadi dengan nominal yang jauh lebih besar.

Tolong kepada pihak DANA agar lebih responsif dalam menyikapi keluhan pelanggannya. Untuk permasalahan saya saat ini, mudah-mudahan cepat teratasi sehingga saya bisa memberikan kejelasan kepada konsumen saya. Apalagi saat ini konsumen tersebut sudah mulai gelisah sehingga mengganggu kenyamanan di konter saya.

Ady Nugraha
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:4    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Transfer via DANA “Pending”, Call Center Susah Dihubungi

  • 16 Juni 2022 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Aplikasi dana aplikasi cacat bang, aku aja sudah sebulan belum beres, ada penyimpangan di dalam manajemen mereka, jika slow respon itu dah jelas ada masalah didalam manajemen mereka dan yang aku dengar ada permainan klaim asuransi di dalam manajemen mereka sendiri, perusahaan seperti mereka lebih pantas ngak usah menginjakkan kaki diindonesia..

    • 16 Juni 2022 - (12:18 WIB)
      Permalink

      Iya, sy dengar juga banyak kasus seperti ini. Masalah mereka juga sama lelet dalam penanganan, kemana kita harus melapor? Apa sebaiknya ke OJK?

  • 16 Juni 2022 - (14:44 WIB)
    Permalink

    saran sy jangan jadikan dana sbg wadah utk mencari nafkah, sering nyangkutnya itu dana. dan sy pernah tunggu hingga 2 minggu lebih, setelah diancam dimasukkan ke surat pembaca, baru lah transaksi sy dijalankan

    • 16 Juni 2022 - (16:58 WIB)
      Permalink

      Ini sudah masuk surat pembaca tp belum ada kejelasan, email blm ada balasan, ditlp masih susah,

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Transfer via DANA “Pending”, Call Center Susah Dihubungi

oleh hasan dibaca dalam: 2 menit
5