Surat Pembaca

Akun Shoope Dibatasi Karena Terhubung dengan Akun Orang Lain yang Menunggak Spaylater

Salam,

Saya pengguna Shopee yang sudah cukup lama sebagai pembeli. Saya pernah beberapa kali menggunakan Shopee SPayLater dan tidak pernah satu kali pun telat membayar tagihan secara penuh. Saya tidak pernah ada masalah dengan Shopee sebagai pengguna. Sekarang muncul masalah, dimana akun saya dibatasi dengan alasan adanya tagihan SPayLater di akun lain yang terhubung dengan akun saya.

Akun yang terhubung memang punya teman saya, namun bukan berarti Shopee harus dengan semena-mena membatasi akun saya. Karena utang orang lain tidak ada hubungannya dengan saya. Saya pun sudah melampirkan KK untuk membuktikan beliau buka kerabat saya. Namun setelah saya komplain ke pihak Shopee, mereka menyarankan saya mengingatkan/menyuruh pemilik akun tersebut untuk melunasi tagihannya.

Mengapa Shopee menjadikan pelanggan mereka sebagai penagih utang? Saya tidak pernah menyalahi aturan, namun mengapa dibatasi ? Yang berutang orang lain, mengapa akun saya yang dibatasi ? Saya sudah berulang kali menghubungi CS Shopee, tapi jawabannya sama: Akun saya hanya akan diaktifkan setelah akun teman saya membayar SPayLaternya. Padahal tidak ada di S&K SPayLater tentang imbas dari akun orang lain yang telat bayar SPayLater dengan akun yang terhubung dengan akun mereka.

Sekian terima kasih. Semoga ini dapat membantu dalam mendapat solusi.

Muhammad Bima
Banyuwangi, Jawa Timur


Update (4 Agustus 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • shopee shopee. what a joke! yg utang si A, si B nya kamu sandera juga biar si A mau bayar. what a joke you are

    • Ya kurang lebih begitu, namun sudah ada komunikasi baik dari pihak shopee untuk meluruskan masalah ini. Saya harap kedepannya tidak terulang seperti ini.

        • Aku saya sudah dipulihkan normal, setelah salah jelaskan kronoginya langsung. Sebelum saya membuat tulisan ini di media konsumen, saya sudah menghubungi cs shopee. Namun jawaban nya tetap sama, saya disuruh untuk mengingatkan teman saya untuk membayar dan akun saya hanya akan dinormalkan jika teman saya membayar. Tapi, tadi siang pihak shopee telah menelpon saya setelah saya menulis artikel ini. Mereka mendengar keluhan saya dan menanyakan kronologi terjadinya pembatasan akun. Setelah saya jelaskan merekapun setuju dan memprioritaskan pengajuan penormalan aku saya ini.

      • Untuk akun yang terhubung dengan akun teman anda shoope tidak berhak atas pemblokiran akun anda dan untuk no kontak darurat itu sepengatahuan saya itu cuma di telpon saja buat ingetin teman anda saja tidak bisa buat alasan shoope anda di blokir

    • Terima kasih, masalah sudah terselesaikan. Saya sudah menulis surat klarifikasi terksit masalah ini

    • Menurut anda mungkin tenang ya pak Ari jika tanpa pinjol sama paylater. Tapi justru menurut saya lebih tenang ketika punya, minimal mempunyai limit. Karena dalam beberapa kondisi akan sangat dibutuhkan terlebih paylater. Mungkin seperti pinjol juga akan ada dibutuhkan dalam kondisi tertentu.

      • Betul, namun ini konteksnya bukan saya yg mempunyai utang/tunggakan. Tapi orang lain, dan saya terkena imbasnya.

  • Jika dikatakan "TERHUBUNG" dg orang lain yg menunggak cicilan Spaylater itu karena nomer di jadikan sebagai kontak darurat. Kok bisa-bisanya Shopee mengijinkan nomer kita dijadikan kontak darurat orang lain (meskipun itu teman) tanpa permisi dulu, tanpa ada pemberitahuan, tanpa izin dari kita!!! SHOPEE=E-COMMERCE PALING BERMASALAH!!!

    • Ya sepertinya begitu. Saya harap kedepannya tidak terjadi lagi, dan ada peninjauan ulang terkait hal seperti ini dari shopee. Untuk masalah ini sudah selesai, dan sudah saya tulis klarifikasi.

  • Ini suspend by system atau dr admin yak? Kalo by system, fatal. Kalo by admin, PR besar buat shoper buat pilih admin yg kualitas SDM nya gak bikin malu perusahaan ??

    • Untuk itu saya kurang tau. Namun masalah ini sudah selesai, saya harap hal serupa tidak terjadi lagi.

  • Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam.

    Perkenalkan saya Gardenia Primananda Hanif, Mahasiswi S1 Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada yang sedang melakukan penelitian mengenai Perlindungan Hukum Konsumen SPayLater untuk menyelesaikan Tugas Akhir/Skripsi sebagai syarat kelulusan untuk memperoleh gelar Sarjana Hukum (S.H) di bawah bimbingan Ibu Annisa Syaufika Y. R., S.H., M.H.

    Adapun kriteria partisipan dalam pengumpulan data penelitian ini sebagai berikut:
    1) Memiliki akun Shopee yang data pribadinya digunakan sebagai kontak darurat sepihak oleh Pengguna SPayLater yang mengalami macet pembayaran;
    2) Pemilik akun Shopee menggunakan SPayLater.

    Untuk itu saya ingin meminta ketersediaan waktu Saudara/Saudari/Bapak/Ibu untuk menjadi partisipan dalam pengisian form wawancara saya. Informasi dan identitas yang Saudara/Saudari/Bapak/Ibu berikan bersifat rahasia dan hanya digunakan untuk kepentingan penelitian ini.

    Tidak ada jawaban benar atau salah. Jawablah pertanyaan maupun pernyataan dengan sejujur-jujurnya dan sesuai dengan kondisi Saudara/Saudari/Bapak/Ibu yang sebenar-benarnya untuk dapat menganalisis kasus yang berkaitan dengan Perlindungan Hukum Konsumen yang sedang diteliti. Bacalah pertanyaan maupun pernyataan dengan baik dan tidak perlu terburu-buru dalam menjawabnya.

    Berikut link form pertanyaan:
    https://forms.gle/tWdAuVVN9Ws5oyhK9

    Jika Saudara/Saudari/Bapak/Ibu memiliki pertanyaan terkait penelitian ini, Saudara/Saudari/Bapak/Ibu bisa langsung menghubungi melalui email niaphanif19@gmail.com

    Sebagai ucapan terima kasih dari peneliti kepada partisipan maka, peneliti akan memberikan hadiah berupa Shopeepay / Gopay kepada 4 partisipan yang beruntung.

    Atas bantuan Saudara/Saudari/Bapak/Ibu menjadi partisipan dalam penelitian ini, saya mengucapkan terima kasih banyak.

    Hormat Saya,
    Gardenia Primananda Hanif

  • cobak hubungi CS kak, terus jika masih tidak ada perubahan. bikin saja keluhan di Media Konsumen ini. dengan catatan, apa yg ditulis sesuai dengan apa yg ada dilapangan