Akun Shoope Dibatasi Karena Terhubung dengan Akun Orang Lain yang Menunggak Spaylater

Salam,

Saya pengguna Shopee yang sudah cukup lama sebagai pembeli. Saya pernah beberapa kali menggunakan Shopee SPayLater dan tidak pernah satu kali pun telat membayar tagihan secara penuh. Saya tidak pernah ada masalah dengan Shopee sebagai pengguna. Sekarang muncul masalah, dimana akun saya dibatasi dengan alasan adanya tagihan SPayLater di akun lain yang terhubung dengan akun saya.

Akun yang terhubung memang punya teman saya, namun bukan berarti Shopee harus dengan semena-mena membatasi akun saya. Karena utang orang lain tidak ada hubungannya dengan saya. Saya pun sudah melampirkan KK untuk membuktikan beliau buka kerabat saya. Namun setelah saya komplain ke pihak Shopee, mereka menyarankan saya mengingatkan/menyuruh pemilik akun tersebut untuk melunasi tagihannya.

Mengapa Shopee menjadikan pelanggan mereka sebagai penagih utang? Saya tidak pernah menyalahi aturan, namun mengapa dibatasi ? Yang berutang orang lain, mengapa akun saya yang dibatasi ? Saya sudah berulang kali menghubungi CS Shopee, tapi jawabannya sama: Akun saya hanya akan diaktifkan setelah akun teman saya membayar SPayLaternya. Padahal tidak ada di S&K SPayLater tentang imbas dari akun orang lain yang telat bayar SPayLater dengan akun yang terhubung dengan akun mereka.

Sekian terima kasih. Semoga ini dapat membantu dalam mendapat solusi.

Muhammad Bima
Banyuwangi, Jawa Timur


Update (4 Agustus 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:29    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

48 komentar untuk “Akun Shoope Dibatasi Karena Terhubung dengan Akun Orang Lain yang Menunggak Spaylater

    • 4 Agustus 2022 - (06:02 WIB)
      Permalink

      Saya juga kurang tau pak, terhubung bagaimana. Karena saya hanya menggunakan shoppe ini saja

      • 5 Agustus 2022 - (22:32 WIB)
        Permalink

        Tapi anda katakan, “Akun yang terhubung memang punya teman saya”.
        Bagaimana anda bisa tahu itu teman anda tapi anda tidak tahu bagaimana bisa terhubung.
        Hmmm….

    • 4 Agustus 2022 - (15:07 WIB)
      Permalink

      Ada kemungkina. Ini termasuk penjual Dan pembeli sekaligus yg mempunyai bnayak akun. 😂. Untuk nikmati fasilitas yg Ada Dan juga sbg seller yg shopee emang terkenal 1 penjual bisa punya pilihan akun jd miter nya kesitu situ org yg sama.

      • 4 Agustus 2022 - (19:14 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf kak, saya hanya punya 1 akun. Dan saya hanya menggunakan sebagai pembeli. Saya tidak mempunyai aku lain, juga saya sudah lama menggunakan shopee, dan baru kali ini terkendala. Saya hanya sering melakukan pengiriman saldo Spay dengan teman saya yg terkendala Spaylater. Karena saya sering membeli barang secara langsung dibeliau, atau membayar pesanan saya pada beliau.

    • 4 Agustus 2022 - (18:47 WIB)
      Permalink

      Saya pernah kejadian begini. Pihak shopee malah menyuruh saya untuk menghubungi pihak yang menggunakan paylater. Jadi saya bilang “Apa hadiahnya kalau kalian menyuruh2 saya? Kalau kalian bekukan ya tidak masalah, masih banyak marketplace yang lebih sportif”. Lalu besoknya akun saya sudah normal kembali.. 😂

    • 4 Agustus 2022 - (06:05 WIB)
      Permalink

      Kurang lebih akun shoppe saya dibatasi oleh pihak shoppe. Karena ada akun shoppe teman saya yang nunggak Spaylater nya. Alhasil saya tidak bisa berbelanja menggunakan shoppe, walaupun menggunakan metode pembayaran lainnya. Teman saya sering transaksi dengan saya dalam mengirim saldo. Namun bagaimana bisa teman saya yg berhutang dan menunggak, akun saya juga yg terkena imbasnya. Padahal saya tidak pernah telat dalam membayar tagihan, bahkan sebelum jatuh tempo. Dari pihak shoppe mengatakan saya harus menunggu teman saya membayar tagihannya, baru akun saya tidak dibatasi lagi

    • 5 Agustus 2022 - (12:53 WIB)
      Permalink

      Tagihan bulan depan ga usah di bayar kalo caranya seperti itu. Ini sudah tidak adil soalnya…. Biarin DC Shopee puyeng. Ga bakal ada apa2 kalo ga dibayar. Ga bakal dipenjara ga bakal mati ga bakal di tembak . wkwkwk

  • 4 Agustus 2022 - (08:19 WIB)
    Permalink

    Kejadian ini sama persis dgn kejadian yg saya alami 2 hari yang lalu pak… Saya jg sdh posting mengenai keluhan ini, namun blm diterbitkan oleh pihak redaksi. Sungguh sangat tidak etis memang shopee yg mengambik keuntungan bunga/denda masa kita yg dimanfaatkan utk menagih. Jadi menurut saya ketika aplikasi shopee meminta akses ke kontak jangan di izinkan. Agar akun shopee kita tdk terhubung dgn siapapun jg. Jadi menurut saya akun shopee kita bs terblokir karena tunggakan dr org lain itu penyebabnya adalah adanya akses ke kontak yg ada di phone book kita

    • 4 Agustus 2022 - (08:22 WIB)
      Permalink

      Iya, kita dijadikan penagih mereka. Padahal utang orang lain tidak ada urusannya dengan kita, bagaimana kalau orang yg bersangkutan tidak membayar. Masak mau hutangnya dihibahkan ke kita?

    • 4 Agustus 2022 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Masa sih dalam Hal transfer Dana antar akun dijadikan oleh shopee sbg akun yg terhubung??? Mungkin pernah dijadikan alamat Tujuan yg sama mungkin. Ya susah jg kalo gt.

    • 4 Agustus 2022 - (08:24 WIB)
      Permalink

      Bisa saja, tpi sebelum itu sudah saya konfirmasi ke piham CS shoppe. Hanya saja jawabannya kurang memuaskan, karena disuruh menunggu yg mempunyai tunggakan lunas dulu untuk menggunakan lagi akun shoppe kita.

      • 4 Agustus 2022 - (10:56 WIB)
        Permalink

        Kemungkinan nomer hp kamu di jadikan nomer darurat oleh teman kamu makanya statusnya terhubung. Dan memang harus terjadi pelunasan dulu sama akun yang terhubung untuk menggunakan layanan penuh shoppee.
        Solusinya ya harus mengingat kan teman kamu agar segera melunasi tunggakan yang ada karena ketentuan nya begitu.

        • 4 Agustus 2022 - (11:04 WIB)
          Permalink

          Seharusnya kebijakan itu ditinjau lagi. Pihak shoppe bisa memverifikasi dulu kepada nomor yg digunakan sebagai nomor darurat. Selama ini nomor saya tidak ada pemberitahuan apa apa baik tertulis maupun melalui sambungan telepon. Juga walaupun dijadikan nomer darurat, apakah etis menjadikan costumer sebagai DC ? Dan membatasi akun costumer. Padahal saya tidak pernah telat sedikit pun dalam hal pembayaran atau melakukan penalti di akun saya

  • 4 Agustus 2022 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Sesuai pengalaman, mungkin dulu teman anda waktu mendaftar spaylater kontak darurat yg di daftarkan adl nomor anda. Jadi otomatis akun Shopee anda yg menggunakan nomor (yg dipakai kodar) terhubung dg akun Shopee teman anda.

    • 4 Agustus 2022 - (08:35 WIB)
      Permalink

      Begitu ya kak, terima kasih masukannya. Namun, baiknya shoppe memberitahu dulu perihal (komnfirmasi ke kita) jika nomor kita yg didaftarkan sebagai nomer darurat. Saya rasa kurang etis jika pihak shoppe membatasi akun saya secara sepihak, karena yg mengalami tunggakan bukan saya. Jika dimintai tolong untuk diingatkan boleh² saja, tpi jika sampai membatasi akun kita itu sangat tidak perlu menurut saya.

  • 4 Agustus 2022 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Kalau sy sebagai pemilik shopee, itu strategi bagus sih hehe.. Disaat temen ada yg nunggak kabur dari hutang, teman dekat dipaksa jadi DC secara tdk langsung

    Ngeselin sih, tapi gtw jga menyalahi aturan atau enggak

  • 4 Agustus 2022 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Di s&k shoppe tidak ada kebijakan seperti itu. Kalaupun kita disuruh jado DC ya rugi dong. Sudah akun dibatasi, pun kalau tunggakannya dibayar lunas oleh yg nunggak. Kita tidak dapat reward apa apa. Saya khawatir saja, karena di S&K, akun yg dibatasi selama 30 hari akan di nonaktifkan kak.

    • 4 Agustus 2022 - (15:16 WIB)
      Permalink

      Artinya temen mu sudah menyalah gunakan data kamu. Itu point nya kejer temen kamu lah. Dalam Hal poenagihan utang pihak bank aja seeing melakukan diluar sop mereka . Begitulah dep kolektor ,😁 temen mu dikejer tuh

      • 4 Agustus 2022 - (18:57 WIB)
        Permalink

        Masalah ini sudah selesai, setelah saya menjelaskan beberapa hal ke shopee. Saya harap hal ini tidak terjadi lagi, jadi seolah² saya DC nya. Padahal saya tidak tau menau soal hal ini.

  • 4 Agustus 2022 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Aku pernah seperti itu, dan ku jawab
    Yg kerja kan kalian kok saya yg suruh nagih yg bersangkutan,
    Kok enak sekali cara kerja kalian,

    Setelah nya enggak ada masalah lagi

    • 4 Agustus 2022 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Iya kak persis, hanya saja punya saya akun yg terhubung punya teman saya. Bukan kerabat/saudara

      • 4 Agustus 2022 - (14:20 WIB)
        Permalink

        D spinjam, spylater saat pengajuan ada tambahan kontak darurat kah,,
        Soalnya penasaran jga
        Jika mungkin ada mungkin nomermu masuk ke kontak darurat yg bersangkutan

    • 4 Agustus 2022 - (11:07 WIB)
      Permalink

      Iya kak, ini dari pihak shoppe sudah berusaha menghubungi saya. Namun mereka bilang kendala jika nomer saya tidak bisa terhubung/dihubungi. Untuk nomor saya cuma ada 1 saja, dan juga digunakan di akun shoppe saya. Semoga ini bisa terpecahkan

    • 4 Agustus 2022 - (16:05 WIB)
      Permalink

      Mmg orange arogan, delet berjamaah ajah, ga mampu nagih ke yg utang, yg lain kena getah..kan manajemen bodoh itu…

  • 4 Agustus 2022 - (11:23 WIB)
    Permalink

    lah kok dia yg kasih utang, kita yg jadi tukang tagih nya?
    dasar aplikasi taek, udah uninstal aja, pake si ijo ….
    biar mikir, si oren bisa besar krana pengguna !

    • 4 Agustus 2022 - (11:46 WIB)
      Permalink

      Tidak apa apa kak, ini baru pertama saya mendapatkan kendala ini dan juga saya sudah menggunakan shoppe sejak lama. Untuk kendala tersebut sedang dalam proses penanganan oleh pihak shopee, InsyaAllah selama kita menjalin komunikasi baik dengan mereka. Mereka juga akan memberi feedback yg baik untuk kita. Juga terima kasih untuk media konsumen, sebagai sarana kita untuk bertukar pikiran.

    • 5 Agustus 2022 - (11:28 WIB)
      Permalink

      Si ijo sama oranye sama aja, si ijo kebanyakan banned promo pdhal udah jelas 1 orang 1 akun tetep aja ngelawak nih marketplace, udah 1 KK cuma bisa 1 akun pdhal bnyk org dlm 1 KK, jual beli jga gak pernah ke orang yg di kenal ehh malah tetep aja ke banned

  • 4 Agustus 2022 - (12:21 WIB)
    Permalink

    shopee shopee. what a joke! yg utang si A, si B nya kamu sandera juga biar si A mau bayar. what a joke you are

    • 4 Agustus 2022 - (12:24 WIB)
      Permalink

      Ya kurang lebih begitu, namun sudah ada komunikasi baik dari pihak shopee untuk meluruskan masalah ini. Saya harap kedepannya tidak terulang seperti ini.

        • 4 Agustus 2022 - (19:02 WIB)
          Permalink

          Aku saya sudah dipulihkan normal, setelah salah jelaskan kronoginya langsung. Sebelum saya membuat tulisan ini di media konsumen, saya sudah menghubungi cs shopee. Namun jawaban nya tetap sama, saya disuruh untuk mengingatkan teman saya untuk membayar dan akun saya hanya akan dinormalkan jika teman saya membayar. Tapi, tadi siang pihak shopee telah menelpon saya setelah saya menulis artikel ini. Mereka mendengar keluhan saya dan menanyakan kronologi terjadinya pembatasan akun. Setelah saya jelaskan merekapun setuju dan memprioritaskan pengajuan penormalan aku saya ini.

      • 4 Agustus 2022 - (14:42 WIB)
        Permalink

        Untuk akun yang terhubung dengan akun teman anda shoope tidak berhak atas pemblokiran akun anda dan untuk no kontak darurat itu sepengatahuan saya itu cuma di telpon saja buat ingetin teman anda saja tidak bisa buat alasan shoope anda di blokir

    • 4 Agustus 2022 - (19:03 WIB)
      Permalink

      Terima kasih, masalah sudah terselesaikan. Saya sudah menulis surat klarifikasi terksit masalah ini

    • 4 Agustus 2022 - (16:28 WIB)
      Permalink

      Menurut anda mungkin tenang ya pak Ari jika tanpa pinjol sama paylater. Tapi justru menurut saya lebih tenang ketika punya, minimal mempunyai limit. Karena dalam beberapa kondisi akan sangat dibutuhkan terlebih paylater. Mungkin seperti pinjol juga akan ada dibutuhkan dalam kondisi tertentu.

      • 4 Agustus 2022 - (19:04 WIB)
        Permalink

        Betul, namun ini konteksnya bukan saya yg mempunyai utang/tunggakan. Tapi orang lain, dan saya terkena imbasnya.

  • 4 Agustus 2022 - (16:34 WIB)
    Permalink

    Jika dikatakan “TERHUBUNG” dg orang lain yg menunggak cicilan Spaylater itu karena nomer di jadikan sebagai kontak darurat. Kok bisa-bisanya Shopee mengijinkan nomer kita dijadikan kontak darurat orang lain (meskipun itu teman) tanpa permisi dulu, tanpa ada pemberitahuan, tanpa izin dari kita!!! SHOPEE=E-COMMERCE PALING BERMASALAH!!!

    • 4 Agustus 2022 - (19:06 WIB)
      Permalink

      Ya sepertinya begitu. Saya harap kedepannya tidak terjadi lagi, dan ada peninjauan ulang terkait hal seperti ini dari shopee. Untuk masalah ini sudah selesai, dan sudah saya tulis klarifikasi.

  • 4 Agustus 2022 - (17:20 WIB)
    Permalink

    Ini suspend by system atau dr admin yak? Kalo by system, fatal. Kalo by admin, PR besar buat shoper buat pilih admin yg kualitas SDM nya gak bikin malu perusahaan 😄😄

    • 4 Agustus 2022 - (19:07 WIB)
      Permalink

      Untuk itu saya kurang tau. Namun masalah ini sudah selesai, saya harap hal serupa tidak terjadi lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 48 komentar sampai saat ini..

Akun Shoope Dibatasi Karena Terhubung dengan Akun Orang Lain yang Menu…

oleh Muhammad dibaca dalam: 1 menit
48