Akun Shopee Dibatasi karena SPayLater Saya Tersambung dengan Akun Orang Tidak Dikenal

Salam, saya pengguna Shopee yang sudah cukup lama, baik sebagai pembeli maupun penjual. Saya pernah beberapa kali menggunakan Shopee SPayLater dan tidak pernah satu kali pun telat membayar tagihan secara penuh. Pada akhirnya saya berhenti menggunakan, karena saya sudah membaca banyak kejadian oleh pengguna Shopee lain di Media Konsumen ini. Ditambah, biaya-biaya tambahan lain yang hanya menambah pengeluaran saya kalau menggunakan layanan tersebut.

Saya tidak pernah ada masalah dengan Shopee sebagai pengguna, walaupun pernah 1x punya pengalaman buruk sebagai penjual, tapi itu sudah lewat dan saya ikhlaskan. Sekarang muncul masalah baru setelah beberapa tahun dari masalah terakhir, dimana akun saya dibatasi dengan alasan adanya tagihan SPayLater yang belum saya bayar.

Jelas saya komplain, karena tidak masuk akal. Bagaimana bisa ada tagihan kalau saya tidak pakai Shopee SPayLater sama sekali? Jawaban mereka kali ini, karena ada pengguna dengan nama Wil***** Alex***** Nainggolan mempunyai tagihan dan akun SPayLater dia terhubung dengan nama saya.

Heran, saya tidak pernah kenal nama orang tersebut, punya kenalan dengan nama belakang Nainggolan saja tidak. Dari nama tersebut sudah jelas beda dari nama asli saya. Namun pihak Shopee memaksa saya untuk lakukan pelunasan dengan kirim bukti pelunasannya agar akun saya dilepas dari perbatasan ini.

  1. Ini jelas blackmail, perilaku buruk dari pihak Shopee. Karena saya tidak punya tanggung jawab atas hutang yang dilakukan oleh orang lain, apalagi orang yang tidak dikenal. Mau sampai kapan pun juga, akun saya akan terus dibatasi karena saya tidak kenal orang tersebut. Jadi pelunasan tidak mungkin terjadi dari pihak saya.
  2. Apa memang bisa orang tidak dikenal dengan sembarangan menyambungkan akun SPayLater-nya dengan orang tidak dikenal lain? Karena itu jelas sudah masuk kategori “Identity Theft“.
  3. Saya sudah kirim bukti Kartu Keluarga dan tidak ada satu pun orang dengan nama tersebut.

Tolong kepada pihak Shopee diselidiki ulang. Aalau ada yang berhutang kepada Anda, Anda yang tagih sendiri. Tidak perlu manipulasi orang lain untuk melakukan kerjaan kotor kalian.

Ryo Osari
Jakarta Timur


Update (7 Juni 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPayLater:
[Total:54    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Akun Shopee Dibatasi karena SPayLater Saya Tersambung dengan Akun Orang Tidak Dikenal

  • 5 Juni 2022 - (21:27 WIB)
    Permalink

    bingung….
    1.jadi limit bos dipakai sama orang lain???
    atau tidak ada hubungan sama limit bos yg tetap utuh?

    2.atau nainggolan pake limit spaylater dia sendiri, karena tidak bayar.
    shopee tagih sama bos? dengan alasan kerabat?

    • 5 Juni 2022 - (21:41 WIB)
      Permalink

      Nomor 2 bos. Nainggolan pakai sendiri, tidak bayar dan ditagih ke saya. Saya sama sekali ngga kenal orangnya juga, punya kenalan nama belakang Nainggolan saja tidak, apalagi diklaim sebagai kerabat, jelas ngga masuk akal dong.

      Limit saya tidak tersentuh sama sekali, SPayLater saya sudah cukup lama ngga saya pakai.

      5
      1
    • 7 Juni 2022 - (15:10 WIB)
      Permalink

      Sepertinya Shopee sudah mulai aneh-aneh nih? Sebaiknya kita harus waspada guys…kyknya harus disconnect auto payment Bank ini sih

  • 5 Juni 2022 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Hahaha sama dong kaya saya,udah gitu ga bisa masuk kan akunnya,ngapain pusing2 ga usah di bayar lah bukan kesalahan kita kok,mau sidang juga menang kok,saya aja menang di persidangan,akun dengan nomer ponsel 0882127918** dan akun istri saya dengan nomer ponsel 0822999383** ga bisa akses

  • 6 Juni 2022 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Setau saya dari kasus2 sebelumnya, kasus ini bisa terjadi kalo ada yg pinjam dalam 1 KK, jadi misal adik/kakak, ibu/ayah
    Lah ini saya baru tau kalo misal kerabat juga, parah banget ini shopee, uninstall rame2 ajalah kalo kek gini, ga ada keamanannya sama sekali

    2
    1
    • 6 Juni 2022 - (06:31 WIB)
      Permalink

      Masih untung kalau kerabat karena ada orang yang bisa saya tegur. Lah, ini orang tidak dikenal sama sekali.

      • 6 Juni 2022 - (20:22 WIB)
        Permalink

        Biarpun kenal, kenapa yg g punya urusan yg kena getah ya, Harusnya tagih ke yg punya hutang, klo pun di jadikan kontak darurat, pihak shopee harus konfirmasi jg ke nomer yg punya, untuk mastiin kebenaran apakah kenal atau tidak, klo main save ajah, brarti dr shopee jg salah
        Aneh ini shoppe, apa sdh mau bangkrut kebanyakan bakar duit, atau para investornya sdh cabut, jd main blokir2 saja…
        Pantes voucher2 promo sdh pada ga ada…

  • 6 Juni 2022 - (04:36 WIB)
    Permalink

    Harusnya bersyukur limit paylater dikurangi bahkan diblokir sekalipun, jadi bisa terhindar dari kebiasaan berhutang. Saya tiap hari ditawari paylater dari berbagai aplikasi termasuk tawaran dari pinjol sedikitpun tidak tertarik.

    • 6 Juni 2022 - (06:25 WIB)
      Permalink

      Ini bukan SPayLater yang dikurangi atau diblokir tapi seluruh akun Shopee dibatasi. Soal berhutang, memang saya sudah ngga sentuh paylater karena tidak suka menggunakan sistem hutang kalau saya bisa langsung bayar penuh

      • 7 Juni 2022 - (05:22 WIB)
        Permalink

        berarti tdk usah pake shoppee.beres y kak..udah ada niat baek shopee untuk memberikan solusi setelah masuk media konsumen?

    • 6 Juni 2022 - (07:45 WIB)
      Permalink

      Baca baik² atuh, yg dimasalahin bukan dikuranginya limir paylatet, tp diblokirnya akun karena hutang org lian😅😅

  • 6 Juni 2022 - (05:41 WIB)
    Permalink

    Kalau terhubung krn data kependudukan, berarti memang data kependudukannya yg kacau. Tp kemungkinan besarnya nomer hp anda dijadikan kontak darurat sama itu si nainggolan. Meski anda tidak kenal.

  • 6 Juni 2022 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Kok bisa gitu? Wah aneh nih.. mana spaylater saya tuh juga udah ngga pernah dipakai. Spinjam juga. Karna saya 1 prinsip. Ngga suka ngutang kalau emg mampu bayar cash. Tapi limit saya dinaikin trs sama pihak shopee, pdhl ga kepake. Udah jd 5jt an.. bahaya dong ya kalau ng link ke orang..
    1 KK wajar. Lah kalau kerabat? Gila.. kan ngga hapal juga kerabat dari jauuuh bgt. Ngatur silsilahnya gmn tuh sistem shopee? Bahaya. Bisa di downgrade ngga sih? Biar dimatiin aja giti spaylatter nya..

  • 6 Juni 2022 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Semenjak kasus kebocoran data shopee beberapa bulan yg lalu, kasus kayak gini bakal sering kejadian.

    Ini murni karena manipulasi data yg udah dicuri bbrp waktu yg lalu.

    Yang cukup disayangkan fihak penagihan shopee harusnya menghubungi yg ngutang si nainggolan” Itu, dan kalau pemilik akun sudah melampirkan data” Yg membuktikan kalau ybs tidak ada hubungan apa apa dengan yg ngutang, ya harusnya ada jalan tengahnya, bukan dengan cara membebankan tagihan secara sefihak gini

    • 7 Juni 2022 - (01:06 WIB)
      Permalink

      Sudah saya aja udah geli sm shopee, akun saya juga dibatasi karena ada data yang tidak sesuai katanya, aneh kan? Data drmn yg tidak sesuai coba? Apalagi akun istri tiba-tiba main di blok padahal masih ada saldo shopeepay, dan hutang spaylater pun sudah lunas, aneh memang shopee ini, sumpah kesel banget liat kasus – kasus shopee pengen nyumpahin aja rasanya.

  • 6 Juni 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Sedih ya, akun diblokir gara gara hutang orang lain yg ga dikenal sama sekali. Smg ada verifikasi dlm mencantumkan kontak darurat

    • 6 Juni 2022 - (14:24 WIB)
      Permalink

      Walapun dijadikan kontak darurat, saya tidak pernah terima sms atau telfon mengenai tagihan apapun dari pihak Shopee. Tiba-tiba dibatasi saja

  • 6 Juni 2022 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Sistem Shopee sepertinya emang sangat sangat bermasalah…. Kok bisa, orang lain yg berhutang yg nggak ada sangkut pautnya sama PENULIS, malah si PENULIS yg kena imbasnya…. Kalau memang di jadikan kontak darurat, mestinya kan kalau ada masalah dg yg berhutang, pastinya di hubungi/ ditelpon terlebih dahulu, bukan main blokir aja. Bisa nggak ya akun S-paylater dan S-pinjam itu di TUTUP???

  • 6 Juni 2022 - (17:30 WIB)
    Permalink

    mungkin.. baru mungkin nih.. klo misalnya org itu, nmr hp nya ada di phonebook bapak.. entah bapak save krna suka spam sms/telv, dsb. shopee kan aplikasinya minta akses kontak, sms, dsb.. jadi mungkin saja.. perlu di ingat, aplikasi pinjol itu bisa saja di program untuk mengakses seluruh data di hp untuk di lakukan cross check.. sehingga, ketika ada yg ikut pinjol dan sedang bermasalah lalu di hp hpnya menyimpan nmr bapak atau berteman di medsos dgn bapak(nama org tsb bisa saja beda, tapi email, no hp itu unik dan bisa digunakan untuk identifikasi) nah bapak akan dianggap kenal yg bersangkutan.. sbnrnya ini bumerang bagi pinjol.. krna jika dituntut untuk membuktikan keterkaitan dan tidak terbukti, bisa dituntut ganti rugi (org di medsos bs temenan sembarang dan kadang tidak kenal pun ada di kontak medsos kita).. setahu saya begitu.. coba deh nonton yutub tentang debt collector pinjol yg nyasar… nnt juga paham..

    • 6 Juni 2022 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Iya setuju, saya dulu sempat main pinjol jadi paham sedikit soal teror meneror gitu. Selain no ybs di save d kontak, bisa juga dulu pernah dimintain beliin pulsa pake Shopee penulis. Bisa saja no yg dibeliin pulsa tersebut atas nama si Nainggolan walau yg minta tolong tmn yg lain. Bisa jg pembelian yang lain entah pernah menolong atau ditolong beli ,jadi ada history di kedua akun. Ini modusnya Akulaku ya, nagih kesemua no hp yg pernah ada history, baru tahu Shopee sekarang main begini.

  • 7 Juni 2022 - (02:56 WIB)
    Permalink

    @Ryo
    Kalau saya sih berpikiran seperti ini, 1. Database shopee bocor kemalingan, 2. Data shopee yang berhubungan dengan SPayLater dijual.

  • 7 Juni 2022 - (13:33 WIB)
    Permalink

    klo di batasi itu jadi nya seperti apa? klo sampe hak kita sebagai penjual trus di tahan dana kita bikin laporan polisi saja penggelapan dana, lagian dalam hal kerabat dalam masalah hutang piutang online kan bukan penjamin pembayar hutang ybs di kemudia hari jika terjadi macet

    • 7 Juni 2022 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Dana yang sudah dilepas dapat kita tarik tapi kalau ada pesanan yang selesai selama akun dibatasi, dana tidak bisa ditarik sama sekali.

  • 8 Juni 2022 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Wah sama kaya gw kasusnya..tiap hari di tlp sama shopee paylater,,dan jelas2 nama yg dtagih aja gw gak kenal..dan gw baru sadar kalo kartu gsm yg baru gw beli kayanya sdh mati dan diaktifkan kembali lalu di jual…pihak shopee sdh d bilang kalo gw ga kenal masih aja tlp tiap hari..gw aktifin jg kaga itu paylater dan ane pantang pake2 pinjaman…sekian

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dibatasi karena SPayLater Saya Tersambung dengan Akun Oran…

oleh Ryo dibaca dalam: 1 menit
30