Surat Pembaca

Pengembalian Dana Ditolak, Padahal Sudah Ada Kesepakatan dengan Penjual

Saya pembeli di Shopee menuliskan keluhan saya terhadap Shopee. Kenapa bisa sudah dikirim semua buktinya dan sudah ada kesepakatan dengan penjual, tapi Shopee memenangkan kasus ke penjual?

Saya membeli ketos kelapa yang jelas-jelas tertulis beratnya 1 Kg. Saya order dan berharap akan diberi pesanan sesuai yang saya bayar, yaitu 1 Kg. Waktu barang sampai, saya langsung timbang, sesuai dengan bukti yang saya lampirkan, beratnya hanya setengah kilo.

Saya mengajukan pengembalian dana, yang akhirnya oleh penjual diajukan ke Shopee. Di kolom diskusi saya sudah mendiskusikan permasalahannya dengan penjual dan penjual sepakat untuk mengembalikan sisa uangnya setengahnya, sebanyak 5.000 rupiah.

Pihak penjual menginginkan saya klik terima pesanan dahulu, kemudian baru dia transfer ShopeePay saya. Karena saya ragu, saya memutuskan agar yang membagi dananya dari Shopee saja agar sama-sama aman. Sebuah bukti sudah saya lampirkan, berserta kesepakatan dengan penjual kepada Shopee.

Keesokan paginya saya cek Shopee saya dan dikagetkan dengan notifikasi kasus dimenangkan oleh penjual. Di sini saya sebagai pembeli sangat dirugikan oleh pihak penjual yang nakal. Saya chat penjual dan penjual semena-mena bilang dia yang memenangkan kasusnya dan memblokir akun saya.

Pertanyaan saya di sini, di mana keadilannya? Kenapa Shopee memenangkan kasusnya dan jelas-jelas semua bukti sudah terlampir dan memang sudah kesepakatan dengan penjual. Makin banyak penjual yang curang dan nakal di Shopee yang bikin waswas belanja di Shopee.

Saya mohon kepada pihak Shopee, berikan perlindungan dan keadilan kepada pembeli agar tidak dirugikan oleh penjual yang nakal dan tolong memberikan keputusan lebih bijak.

Terima kasih banyak Shopee dan Media Konsumen.

Lia Sartika Dewi
Jawa Tengah, Semarang


Catatan redaksi (diperbarui 6/8/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

Pembeli sebelumnya mengajukan pengembalian dana. Sambil diskusi di sana saya menawarkan kalau mau satu butir lagi pun akan saya kirim,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • keaimpulannya adalah,

    ini namanya penipu nuduh penipu ke orang lain
    orang goblok teriak goblok ke orang lain
    orang dzolim teriak terdzolimi.

    kebanyakan bilang penipu tapi dia sendiri yang gak ngaca kalo dia sendiri yang penipu.

    sekian dan terimakasih..

  • Dah ramein di Polisi masing masing, yg satu kasus penipuan, yg satu pencemaran nama baik dan gangguan dalam berbisnis.

    yok bisa yok duel di hukum. kalo cuma adu argumen mah bocah juga bisa.

  • Report aja tokonya rame rame si lia ini ,mana dia mencoba melakukan pemerasan dengan minta uang 100K untuk hapus artikel ini
    PENIPU teriak PENIPU
    - barang di makan
    - uang di kembaliin
    - bikin artikel menjatuhkan
    - minta uang 10x lipat buat hapus postingan.
    Fix lu ya Jahatnya di sini
    Udah buat yang baca report aja akun si lia ini , ngomongin attitude lu sendiri gak punya attitude.

    Buat MEDIAKONSUMEN sebelum posting konten lebih baik klarifikasi dulu jangan nerbitin artikel dari salah satu pihak sebelum jelas setidaknya tanya dulu ke sellernya.

    Meski udah di terbitin juga kronologi versi si sellernya

    • Akun si lia udh di blokir shopee wkwk.. Kayaknya akun fake sih buat pemerasan bnyk orang,, nnti gk lama pasti muncul lagi dngn nama/akun lain

  • Hallo kak @Lia,
    Banyak lo itu yang nanya uang kembalian dari seller sejumlah 10.000 nya sudah masuk belum?
    Hayooo jujur, jangan nuduh seller penipu kalau situnya saja juga gak jujur.
    Kamu ngatain seller penipu atas dasar apa? Kalau seller sendiri sudah menawarkan solusi tapi kamu yang nolak.

    Buat kak @Resti semangat kak, sesama seller di Shopee saya turut prihatin dengan kasus ini, nemu buyer yang suka nyari-nyari kesalahan seller.
    Btw saran saya kak untuk di deskripsi barang dijual per butir saja, beratnya untuk ke bagian ekspedisinya biar gak ada celah buat buyer nakal.

  • Semenjak beli baterai hp J2 prime beberapa tahun yang lalu via online.Tapi yang dikirim baterai yang sudah bunting, saya sudah tidak percaya lagi beli barang via online. Mending beli offline, jika penjual macam2 tinggal dijitak kepalanya.

  • Seller udah kooperatif mw transfer lu malah milih jalur shopee, giliran shopee dah mutusin lu ga terima dan ngatain seller.. lu bego apa goblok? Klo lu udah ngikutin saran seller dan terbukti mangkir lu baru bisa ngatain penipu. Lagian ketimbang goceng doang ribut.. seller sampe ganti 2x lipat dari yg lu minta dan masih aja ga ada niatan baik dari lu buat bersihin namanya.. dih kebangetan amat nih buyer sampe masih minta cepe lagi. Emosi bacanya.. tolol.

  • Kalo diliat kronologisnya seller ga salah, pembeli komplen ke seller & shopee, seller setuju ngembaliin 5rb, tapi pembeli maksa nunggu keputusan shopee, nah sama shopee komplennya ditolak. Sebenernya ketika pembeli memutuskan menunggu keputusan shopee, kesepakatan pengembalian 5rb otomatis batal karena keputusan diserahkan ke shopee, dan pembeli ga punya hak lagi nuntut 5rb ke seller, kalo mau nuntut ke shopee aja sono yg nolak komplennya