Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

Pembeli sebelumnya mengajukan pengembalian dana. Sambil diskusi di sana saya menawarkan kalau mau satu butir lagi pun akan saya kirim, dia menolak biarkan Shopee yang memutuskan katanya. Tapi tetap di chat dia minta 5.000 rupiah setengah harga untuk ditransfer.

Karena permasalahan di pengembalian belum selesai, saya bilang batalkan dulu pengajuannya nanti saya transfer begitu kata saya karena harus selesai dulu pesanan juga harus selesai karena masih menggantung. Dia menolak juga katanya suruh Shopee yang memutuskan.

Setelah menunggu 1×24 jam keputusan akhirnya keluar dan kasus selesai dan saldo penjual diteruskan kepada saya sebesar 9.400 yang sudah dipotong admin. Pembeli tidak terima dia tetap mau uangnya kembali. Dia berteriak penipu sampai menulis artikel di media konsumen. Dan saya sudah mentransfer sebesar 10 ribu kepadanya melalui ShopePay di akun toko kedua saya.

Saya pikir permasalahan akan berakhir setelah saya memberikan uang ternyata pembeli malah berteriak penipu kepada saya lalu komen di setiap postingan orang lain dengan pembahasan katanya saya penipu. Saya diam saj,a tapi saya juga gak rela toko saya dijatuhkan begitu saja oleh satu orang. Padahal dia juga seller di Shopee entah sengaja atau bagaimana, yang jelas saya tidak tahu maksud dari akun Shopee Semarang_Salee atau akun Lia di Media Konsumen.

Tak puas oleh itu karena banyak yang mendukung saya di Media Konsumen, akhirnya Lia chat saya dia meminta uang 100 ribu katanya kalau saya ngasih, artikel dihapus kalau gak ngasih gak dihapus. Wah dalam hati ini orang sengaja mau memeras saya. Tapi setelah saya bilang “Kamu pemerasan ya? Saya laporkan yah!”, dia langsung memblokir WA saya.

Resti Resmawati
Pangandaran, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:114    Rata-Rata: 4.4/5]

161 komentar untuk “Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

  • 6 Agustus 2022 - (18:46 WIB)
    Permalink

    “Counter attack” dari seller nya.

    @Lia
    Setelah saya lihat kronologisnya secara menyeluruh, yang salah dipihak sampeyan. Telak salahnya ini, bisa berakibat fatal dan bisa berurusan dengan pihak berwajib.

    Saran saya minta maaf kepada seller, pasti kasus selesai. Kalau sampeyan bersikukuh pada pendirian, ya tanggung sendiri akibatnya.

    36
    1
    • 7 Agustus 2022 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Jika dilihat dari bukti transfer seller, waktu selesai transfer dana setelah pukul 11 siang tgl 4 agustus.
      Sedangkan jika dilihat dari surat yg ditulis oleh buyer, surat telah terbit di mediakonsumen sebelum pukul 11 siang tgl 4 agustus.
      Kesimpulan?

      2
      6
      • 7 Agustus 2022 - (11:20 WIB)
        Permalink

        Memang benar ka kalau dijelaskan lagi panjang dan cape ngetik juga ad ko chatnya ka jadi sebelumnya saya memberi penawaran sebagai bentuk tanggung jawab saya tapi dia menolak katanya biar shopee aja yang memutuskan
        Setelah hasil keluar dia juga yang gaterima tetap mau uang balik saya blokir karena saya mau transfer nya di akun toko kedua saya karena pikiran saya pasti dia berulah kalo ga di blok ternyata bener ka
        Dan ada satu orang yang ngchat saya via shopee
        Namanya ka Melisa dia ngirimin ss an tahun 2021 ternyata dia ini dari tahun 2021 kasusnya juga seperti ini juga mencari keuntungan kak
        Saya pikir dia puas dengan transfer an saya ternyata mengaku uang ga diterima ga ngaku dia memeras ga ngaku nama aslinya itu TOIPAH ka

        4
        1
        • 7 Agustus 2022 - (11:34 WIB)
          Permalink

          Tambahan saran:
          Penilaian buruk oleh buyer di marketplace bisa diajukan untuk tidak dihitung dalam akumulasi penilaian dengan alasan dan bukti yang jelas.

          Silahkan kakak kunjungi menunya disamping atas penilaian melalui Aplikasi.

          Semoga membantu

          • 8 Agustus 2022 - (08:16 WIB)
            Permalink

            Klo si “itu” masih berulah lgsg buat laporan aja ke polisi.🙏

        • 7 Agustus 2022 - (11:47 WIB)
          Permalink

          Awal permasalahan dikatakan buyer ada kesalahan diberat produk.
          Buyer mengatakan berat produk yg dibeli 1kg tetapi yg diterima 0,5kg.
          Nah info berat produk 1kg ini didapat buyer dari mana?

          12
          • 7 Agustus 2022 - (14:07 WIB)
            Permalink

            Mungkin dari ekspedisi.. ongkir d hitung perkilo.. meski barangnya cuma 1 gram tetep dihitungnya 1kg.

          • 7 Agustus 2022 - (14:14 WIB)
            Permalink

            Karena meskipun 500 gram atau 600 gram pun ongkir keitungnya satu kilo ka
            Kalo 1.2 kg biasanya masuknya 2kg
            Kalo 1.1kg biasanya dihitung nya 1.5)kg ka

            4
            2
          • 7 Agustus 2022 - (20:48 WIB)
            Permalink

            Lah. Baru keluar dari tempurung kelapa ya. Marketplace itu memang selalu genapkan barang jadi 1 kg. Jangan jadikan itu sebagai patokan berat produk. Bacalah deskripsi penjual baik baik untuk tahu berat sesungguhnya. Dan sebagian penjual juga ada mencantumkan berat benda di nama produknya. Itu baru berat sesungguhnya.

            2
            1
          • 9 Agustus 2022 - (03:59 WIB)
            Permalink

            Di marketplace di hitung pembulatan ke atas kak biarpun berat cuma 250 gr di hitung ongkir 1 kg

    • 7 Agustus 2022 - (12:33 WIB)
      Permalink

      0895 2843 007tiga Coba cek di Shopeepay, username cocok dengan email pengaduan yang dilampirkan si Lia di SP pertama. Dan nomer HP juga cocok dengan WA yang meras seller 100ribu. Udah jelas banget yang nakal siapa disini.

      11
      • 7 Agustus 2022 - (15:18 WIB)
        Permalink

        Yg wa 100ribu jika memang sama dengan buyer ya berarti jatuhnya ke pemerasan.

        Namun untuk pertanyaan info berat produk 1kg yg dikatakan oleh buyer ini didapat darimana belum terjawab oleh seller..
        Jika berat produk 1kg didapat dari info berat paket (berat paket bukan berat produk) maka seller seharusnya dari awal tidak perlu menanggapi komplain buyer.
        Kenapa diawal seller bersedia mengembalikan setengah dari harga?

        Tambahan untuk berat paket,, tergantung ekpedisi yg dipakai.
        Rata-rata tiap kg dilebihkan 0.3kg seperti si cepat, anteraja, JNE, dll (misalnya 1.3kg = 1kg, 2,3kg=2kg, dst)
        Berbeda dengan wahana tidak ada toleransi berat, 1,01kg akan dihitung 2kg.
        Ninja express berat 2kg masih dihitung 1kg

        2
        2
        • 7 Agustus 2022 - (15:45 WIB)
          Permalink

          Hallo Kaka saya jawab ya pernah saya kirim kerak ke Riau
          Itu kiloan nya 1.2 karena waktu itu kiloan digitalnya rusak jadi nya kelebihan

          Besok nya pas pesanan sampai saya gadapet uang karena langsung di potong ekspedisi dan kalo lebih dari itu kiloan nya dapet strip di saldo penjual misalkan -10000 -20000 itu nanti dikurangi ketika saldo penjual ada isinya begitu Kaka
          Ribet kalo di aplikasi tuh beda sama manual
          Biasanya yang sering motong penghasilan tanpa beritau penjual
          Semacam sicepat kalo anteraja suka nelpon dulu ini bagaimana kelebihan. Nya gede kalo dipotong gapapa? Kalo anteraja mah suka konfirmasi
          Kalo jnt langsung potong begitu saja

          Kalo ninja mah memang aman kalau jualnya di Lazada karena kebetulan saya juga jualan di Lazada lebih pun admin tetap sedikit
          Gaada pengurangan sampai 1 kg ongkir atau lebih

          Apakah sudah jelas ka?

          • 7 Agustus 2022 - (15:52 WIB)
            Permalink

            Dan saya juga sudah jelaskan ke pembeli
            Ka biasanya kalo besar saya kasih 1 butir karena isinya pasti super

            Kalo kecill2 suka kasih 2 sama saya karena saya juga gatega yah kalo kecil kecil dikasih 1
            Nah si pembeli saya mau nya 2
            Kirim 1 lagi katanya
            Terus saya bilang
            Saya kirim 1 lagi pun siap
            Kaka tinggal bayar ongkir ditempat ka alias dikirim manual
            Dia nolak ga mau bayar ongkir
            Karena kan dia belanja juga 10000 tuh sudah gratis ongkir ka pakai voucher

            Dia chat lagi balikin setengahnya
            Tapi karena dia lagi pengajuan ya gabisa gitu aja main transfer ini gimana pengajuan nya belum kelar kecuali kalo pembeli selesaikan pesanan dahulu
            Akhirnya dia nolak juga

            Katanya suruh shopee saja yang memutuskan

            Nahh sebenernya saya juga pernah tuh ada pembeli yang beli kentos kupas yang 1kg kalo itu bener judulnya memang 1kg karena kupas alias isinya aja

            Tapi setiap pembeli selalu saya kasih tau dan nanya dulu Kaka alamat mana kalo kejauhan gabakal tahan ka dijalan
            Alangkah baiknya pesan yang cangkangan yang berbatok
            Jadi suka saya kasih arahan dulu

            Ada juga yang salah order pengen nipah tua tapi order ke yang muda
            Pas sampai dia ngchat tuh
            Ka saya salah order harusnya yang tua buat bibit
            Tapi saya juga gatega tetep saya ganti via manual sesuai dia belanja misal dia blnja 2 kg sayapun ganti 2kg dengan persetujuan pembeli bayar ongkir di tempat begitu ka
            Jadi sayapun tidak seenaknya karena saya juga suka menjelaskan ke pembeli

        • 7 Agustus 2022 - (15:59 WIB)
          Permalink

          Saya sampai punya langganan dari kentos cangkangan butiran itu yang masih berbatok
          Karena hampir semuanya gaada masalah mereka beli lagi beli lagi sih
          Kadang banyak yang istrinya ngidam pengen kentos ada juga yang buat obat karena memang bagus buat kesehatan apalagi kesehatan ginjal

          Jadinya baru kali ini aja ka sampai ke media konsumen

          Ada juga tuh dulu kalo gasalah orang China dia beli ke kentos kupas tapi alamat jauh gabakal tahan dan gabakal tetep fresh harus yang semalam sampai

          Saya bilang kedia
          Ka saya kirim nya yang batokan ya yang cangkangan saya kasih 2
          Kalo yang kupas kan 50 ribu
          Kalo cangkangan 10 ribu
          Lalu dia minta tuh Yasudah ka 30 ribu lagi nanti transfer kan yah
          Kata saya iyah ka nanti kalo sudah pesanan diterima
          Lalu pesanan sampai diapun klik pesanan diterima ngasih rating juga
          Lalu saya kembalikan yang 30 ribu karena saya kirimnya 2 butir keitungnya 20 ribu

          Jadi setiap pembeli saya kasih tau dulu gaada yang asal2an

          • 7 Agustus 2022 - (16:02 WIB)
            Permalink

            Masih belum menjawab pertanyaan saya sebelumnya ya kak.
            Yg saya tanyakan buyer mengatakan berat 1kg tapi diterima 0,5kg.

            Berat yg dikatakan buyer ini dapat dari berat paket atau berat produk?
            Apakah di keterangan tertulis berat 1kg atau info 1kg ini ada dimana?

            13
        • 7 Agustus 2022 - (16:09 WIB)
          Permalink

          Kalo 1kg tuh keterangan nya di berat ongkos kirim kak bukan ditulis di produk /1kg bukan tapi berat di ongkos kirim ka

          • 7 Agustus 2022 - (17:04 WIB)
            Permalink

            Jika berat di ongkos kirim berarti berat paket kan?
            Kenapa diawal seller bersedia mengembalikan setengah harga?
            Seharusnya tegas langsung menolak komplain buyer.

            Disini menurut saya seller salah karena bersedia menanggapi dengan berjanji mengembalikan setengah harga produk yang akhirnya setelah terbit surat buyer di Mediakonsumen baru di transfer.

            Namun jika seller menyampaikan bahwa berat yg dikatakan buyer merupakan berat paket, artinya buyer dari awal telah salah karena mempermasalahkan berat produk.

            13
        • 9 Agustus 2022 - (04:03 WIB)
          Permalink

          Berat paket walau cuma 100 gram pembelian 1 barang tetap seller di kenakan tarif 1 kilo gan,sistem jasa kirim begitu.

          • 9 Agustus 2022 - (05:01 WIB)
            Permalink

            Saya bukan tidak paham tentang timbangan paket kiriman, karena kirim secarik kertas pun akan dihitung 1kg dan bahkan akan dihitung 10kg jika dikirim pakai jasa kirim cargo.

            Saya bertanya tentang berat 1kg karena awal permasalahan si seller dan buyer kan berat 1kg dan 0,5kg.

            Jika yg dipermasalahkan berat paket tidak sampai 1kg, seharusnya si seller langsung menolak kan?

            Kenapa seller bersedia mengembalikan setengah harga?
            Jika seller bersedia mengembalikan setengah harga berarti seller mengakui berat produk yg bermasalah kan?

      • 6 Agustus 2022 - (20:05 WIB)
        Permalink

        Makasih ka, sy selaku seller di MP merasa prihatin, pernah ngadepin seperti ini di shopee, sampai akhirnya sy berhenti jualan disana dan pindah ke tokped. Semangat ka, kesalahan itu apsti terjadi tapi bagaimana kita menyikapi dan terus belajar pasti komen2 negatif yg menjatuhkan toko bakal ketutup sama review2 positif yg lain. Sy lihat jawaban kaka di review negatif sudah bijak… Salam…

        13
        2
        • 6 Agustus 2022 - (20:10 WIB)
          Permalink

          Baik Kaka terimakasih
          Sudah support saya

          Semoga tidak terjadi lagi seperti ini
          Aamiin 🤲

      • 6 Agustus 2022 - (20:16 WIB)
        Permalink

        kenapa laporan anda tidak lengkap .kenapa aanda tdk melampirkan bukti saat saya meminta uang kenapa anda tapi anda blokir???

        1
        53
        • 6 Agustus 2022 - (20:28 WIB)
          Permalink

          Saya memblokir tapi saya transfer bro bertanggung jawab pake akun toko yang kedua bro

          Karena kalo ga di blokir kamu pasti nanti berulah lagi bro

          Sekarang aja sampe pemerasan hayoh loh??

          22
          1
          • 6 Agustus 2022 - (20:35 WIB)
            Permalink

            kalau saya tidak masuk MK kasusnya akan dianggap selesai dan anda sebagai PENIPU bnagga dan semewa mewa tidak hnaya terhadap saya..mungkin terhadap costuemr lain juga

            1
            61
          • 7 Agustus 2022 - (07:19 WIB)
            Permalink

            Blokir aja tuh orang yg gak tau sopan santun. Dia mah selalu aktif di mk yg kadang minta di wa. Hati2 tuh. Crban aja diembat

        • 8 Agustus 2022 - (04:44 WIB)
          Permalink

          Menjijikkan sekali kau lia… Bukti udah banyak begitu msh aja kau ga minta maaf dan ngotot mengganggu seller.

      • 6 Agustus 2022 - (20:19 WIB)
        Permalink

        kenapa kamu tdk melampirkan bukti kalo kamu bilang tokonya amanah tapi tidak tdk balikin uang aku malah blokir? itu semua bukti apa..nama aku lia kan bukan topiah? trus itu chat siapa? chat wa chat siapa ? itu bukan nomer aku..mohon pembaca MK jeli melihatnya…terima kasih banyak .

        2
        54
        • 6 Agustus 2022 - (20:31 WIB)
          Permalink

          Woyy liaa yang terhormat coba baca deh itu transaksi nya
          username kamu memang semarang_salee tapi nama di shopee-nya toipah
          Namanya

          Kamu udah dapet duit ko ngelak

          Enak dong kamu gausah kerja tinggal cari masalah aja !
          Padahal kamu juga makan produk nya
          Tapi saya ga perhitungan
          Tetep saya kasih full uangnya

          26
          1
          • 6 Agustus 2022 - (20:39 WIB)
            Permalink

            shopee sudah kasi solusi terbaik..KENAPA dengan anda? merasa bersalah?

            1
            51
          • 7 Agustus 2022 - (11:42 WIB)
            Permalink

            Yg sabar ya. Anda sedang menghadapi ujian dari orang yg jalan hidupnya ga pernah mau salah. Bisa dikatakan menghadapi penipu. Dari semua kronologi tidak menemukan kesalahan pada anda. Yg penting anda sudah bertanggung jawab. Jangan di dibuat jadi emosi. Gara2 uang 5000 anda kena stroke bisa repot. Ikhlas aja menerima. kedepannya pembeli lain bisa menilai anda seperti apa. Jangan karena 1 sampah membuat anda jadi terlihat bodoh. Biarkan saja. Semua ada balasannya bila saatnya tiba.

          • 7 Agustus 2022 - (15:13 WIB)
            Permalink

            Bikinin laporan aja pemerasan ke polisi biar ada efek jera, yakin orang bego2 kek gini cuman nangis waktu diciduk

        • 8 Agustus 2022 - (06:39 WIB)
          Permalink

          Ini orang bawa aja ke pengadilan, kasih bukti pencemaran nama baik menang kok ni si Lia salah udha mencemarkan nama baik, sewa pengacara aja menang, kena UU ITE dia soalnya menyebarkan berita ga sesuai fakta padahal dah di transfer. Mbak seller bisa ngasih pasal 310 UU ITE soalnya, alasan karena mencemarkan nama baik padahal ga ada bukti. Bawa aja ke pengadilan mbak Resti. Jujur muak lihat orang kayak gni

      • 7 Agustus 2022 - (08:25 WIB)
        Permalink

        Saran saya sih, lupakan orng itu. Blokir saja. Dan hiduplah dg tenang…
        Org g ada kerjaan itu, rugi 5rebu saja dah macam kena 5M. Apalagi benar2 kena tipu 5juta. Bisa mati tu org kwwkkw

        18
        1
          • 7 Agustus 2022 - (15:51 WIB)
            Permalink

            Jangan mau diperas, karena kasus yg sudah masuk MK tidak bisa ditarik/dihapus. Jadi itu trik dia saja untuk dapat uang memeras anda. Yang penting anda sudah klarifikasi di MK, sudah jelas alur ceritanya dan akhirnya seperti apa. Sudah selesai. Blokir nomernya, laporkan ke shopee, blokir usernya. Anggap saja dia orang stress teriak-teriak. Kalau masih diancam dengan hal lain-lain, laporkan ke polisi dengan semua bukti yang anda punya.

      • 7 Agustus 2022 - (11:06 WIB)
        Permalink

        Semoga rejekinya diganti berlipat dan berkah ya mbak. Bisa mbayangin gimana rasanya di posisi seller. Sakit kepala pasti 😅 Apa yang ditanem itu yang dituai. Nanti dia nuai sendiri kok mbak apa yang udah dia perbuat. Just sit, grab popcorn, and watch.

        • 7 Agustus 2022 - (11:23 WIB)
          Permalink

          Aamiin aamiin terimakasih ka doanya
          Bukan sakit Kepala lagi kak,tapi nyut nyutan hehe

      • 6 Agustus 2022 - (19:57 WIB)
        Permalink

        Mending laporin aja ke polisi. Udah masuk UU pemerasan & UU ITE
        Nama dia udah lengkap, akun MK ada. Gampang polisi untuk menangkap 😅

        39
        2
        • 6 Agustus 2022 - (20:11 WIB)
          Permalink

          Harusnya begitu ka
          Kirain bakal berenti
          Eh menjadi jadi

          19
          1
    • 6 Agustus 2022 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Cuma gara2 5ribu dipermasalahkan,ketahuan kikir nih orang,mudah2an gak semua keluarganya🤭

      15
      1
      • 6 Agustus 2022 - (20:53 WIB)
        Permalink

        Ampun deh ka sampe sakit kepala saya juga baru kali ini dapet beginian ka

        12
  • 6 Agustus 2022 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Si Lia itu aga stress, pengguna lama di MK dan tiap ada SP masalah di Shopee dia selalu komen minta update ke TS dengan memberikan no HP dia. Entah apa maksudnya. Namanya juga orang stress

    25
    • 6 Agustus 2022 - (20:09 WIB)
      Permalink

      anda tau ya saya mencantumkan no hp? itu PENIPU tetap penipu ..dia chat sama siapa?namnha PENIPU artinya PEMBOHONG ya semua direkayasa buat kebohongan

      1
      56
      • 6 Agustus 2022 - (20:14 WIB)
        Permalink

        Hei Lia kamu mau sadar atau saya lanjut nih??

        Saya sudah bersabar tapi kamu nya keterlaluan

        Hei semuanya silahkan chat ke nomer WhatsApp dia
        Ada tulisan nya ko di nomernya namanya Lia
        Gak mungkin itu no orang lain
        Kamu pasti takut ya makanya kamu mengelak terus

        20
        1
        • 6 Agustus 2022 - (20:32 WIB)
          Permalink

          sekarang pertanyaaannya? saya hanya minta hak saya 5rb kenapa anda kasi bukti 10rb? kenapa? anda takut? mau membela diri ?maknaya kasih lebih dan merasa benar? itu semua bukti palsu…yg bukti benar hnya chat shopee dan hnya sebagian yang ditampilkan…yg lainnya mana??

          3
          48
          • 6 Agustus 2022 - (20:40 WIB)
            Permalink

            Saya kasih 10 karena supaya anda puas dan saya kasih keterangan di transaksinya
            Harusnya 5000 tapi saya kasih 10000 aja full biar kamu puas kak
            Coba baca deh kalo matamu ga rabun ka?

            Baca coba di transaksinya
            10 ribu aja kamu ga ngaku gimana kalo cuma aku kasih setengahnya mungkin kamu koar koar nya lebih lebih keterlaluan
            Kamu memeras minta 100 ribu aja ga ngaku jelas jelas itu nomer kamu ka
            Kamu mau cepat insaf tobat dan sadar atau mau saya laporkan saja ka?

            26
            1
        • 7 Agustus 2022 - (11:45 WIB)
          Permalink

          Dalam resi pengiriman kan tercantum juga nomornya sebelum ada kebijakan privasi, apabila nomor wa tersebut sama persis dengan nomor yang terdaftar di MK atau dalam resi sudah menjadi bukti yang sangat kuat.

          Permintaan nomor buyer juga setelah adanya kebijakan privasi bisa dilakukan dengan alasan yang jelas ke Marketplace.

      • 7 Agustus 2022 - (12:39 WIB)
        Permalink

        Kuat dugaan, si Lia ini pembeli tipu -tipu, modus beli barang kemudian komplain, minta refund uang tapi barang gak dikembalikan. Dia mau dapat barang gratis. Mungkin banyak penjual yang tertipu dengan si Lia.

        Kepada seller di semua marketplace, harap berhati-hati dengan orang ini, banyak modus yang dimainkan sama dia. Lebih baik semua seller di marketplace blokir orang ini, daripada jadi masalah. Lebih baik kehilangan 1 buyer gila daripada mencemarkan toko Anda, mungkin dia termasuk OGDJ.

        Hey Lia, sadarlah kau, kau tidak akan selamanya bisa modus, suatu hari kau akan terkena batunya.

        18
      • 7 Agustus 2022 - (12:54 WIB)
        Permalink

        0895 2843 007tiga itu atas nama Topiah dan user name semarang_salee. Kalau mau nipu cerdas dikit, ngapain kamu lampirkan email pengaduan yang ada username kamu di SP yang kamu tulis sendiri. Gini ini jadinya piye coba ? Ketahuan kalau kamu itu bohong

        10
    • 6 Agustus 2022 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Mungkin saya sedang sial ka berurusan dengan orang seperti dia hehe

      14
      2
    • 6 Agustus 2022 - (20:21 WIB)
      Permalink

      coba kk jeli melihat…itu transfer ke siapa? trus ke wa ke siapa? trus chat yg di shopee kenapa cuma itu yang dicantumkan…mohon jeli melihat…terima kasih bnayak

      2
      43
      • 6 Agustus 2022 - (20:43 WIB)
        Permalink

        karena akun shopee kamu itu namanya TOIPAH dan username nya semarang_salee dan disitu nama kamu muncul TOIPAH biasanya kalo shopee kan sesuai KTP dan namanya TOIPAH entah pakai KTP orangtuanya atau KTP siapa

        18
      • 6 Agustus 2022 - (20:50 WIB)
        Permalink

        @lia, jujur ya, akun “Toipah” itu akun mu bukan?
        Jujur uang 10rb itu sdh masuk akun mu blm?

        Biar semua tau siapa penipunya

        18
        2
      • 7 Agustus 2022 - (03:13 WIB)
        Permalink

        Kalau dari pengamatan dalam pengetikan, saudari Lia ini masih remaja atau kanak-kanak. Atau mungkin, orang yang dewasa tapi pola pikir masih seperti kanak-kanak.

        23
  • 6 Agustus 2022 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Tambah mbak
    Kalo pembeli gak kembaliin barang anda bisa diperkarakan lagi
    Jadi kena 3 pasal 😅

    15
    1
    • 6 Agustus 2022 - (20:23 WIB)
      Permalink

      lha kan sdh jelas lhi ya…kasus dimennagkan penjual…gimn sich..bisa baca tdk? artinya uangku masuk ke penjual..coba belajar jeli ..lha uangku sisanya yg janji mau mengembalikan mana?kok malah akun aku diblokir

      3
      39
      • 6 Agustus 2022 - (20:27 WIB)
        Permalink

        Barang nya udah dikembalikan ke seller belum?
        Udahlah, jangan jadi bocil 😅
        Kalau saya jadi seller itu udah dilaporin itu mah 😅

        20
        1
        • 6 Agustus 2022 - (20:35 WIB)
          Permalink

          Uang sdh dikembalikan, tapi produk dimakan masuk perut 💰kenyang dah makan tuh semoga berkah sampai ke anak cucu wkwk

          14
          1
          • 6 Agustus 2022 - (20:40 WIB)
            Permalink

            dibaca donk yg komplit sebelum dan sesudah…saya hanya meminta hak saya 5000 …kenapa dia tf 10rb..knp? merasa bersalah? trus transfer kesapa? mohon jeli melihat

            1
            43
          • 6 Agustus 2022 - (20:41 WIB)
            Permalink

            Wkwkwkwkw gatau deh ka saya pusing cuma satu orang tapi kelewatan sekali tindakan nya

            14
      • 6 Agustus 2022 - (20:33 WIB)
        Permalink

        Kan udah aku transfer coyy
        Emosi saya sama anda astaghfirullah ya Allah

        Haram tau uang di makan produk di makan tapi ga ngaku ya allah

        13
      • 6 Agustus 2022 - (20:46 WIB)
        Permalink

        @lia, jujur ya, akun “Toipah” itu akun mu bukan?
        Jujur uang 10rb itu sdh masuk akun mu blm?

        Biar semua tau siapa penipunya

        • 6 Agustus 2022 - (20:49 WIB)
          Permalink

          Jawaban dia akan berbelit Belit ka oh Iyah tadi saya di kasih screenshotan sama ka Melisa katanya dia ke toko lain juga gitu kalo gasalah liat tahun nya 2021 berarti dia udah lama melakukan tindakan begini ke tiap penjual
          Coba chat ke toko saya ka nanti saya kirim kan ss nya

          16
          • 6 Agustus 2022 - (20:58 WIB)
            Permalink

            Ka, sy mau, supaya sy bisa berhati-hati, sy chat ya ka,

          • 7 Agustus 2022 - (07:22 WIB)
            Permalink

            Dia kalo komen di mk aja suka minta wa ke nomor dia apa urusannya coba wkwkwk

      • 7 Agustus 2022 - (10:32 WIB)
        Permalink

        Hidup lu ribet amat, 5 rebu doang udh kebakaran kaya kehilangan harta ratusan juta

    • 6 Agustus 2022 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Sudah di makan ka udah masuk ke perut wkwkwkw 🤣

  • 6 Agustus 2022 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Lia, perkara duit ceban kamu rela memalukan dirimu sendiri.
    Apalagi nuntut hak 100 ribu ke penjual, tau sih jaman lagi susah, apa-apa serba naik, yang turun cuma harga dirimu.
    Sudahlah, minta maaf.
    Seller sudah itikad baik, kembalikan duit sepenuhnya. Apa lagi yang mau diminta?

    Kalau mau bikin malu diri sendiri, minimal jangan cuma karena duit ceban. Yang keren sedikit kenapa.
    Duit ceban dapet apaan sih? Berangkat ke warteg paling dikasih nasi + tempe orek doang.

    24
    1
    • 6 Agustus 2022 - (21:33 WIB)
      Permalink

      maaf kak
      mohon maaf bukan begitu kak kronologinya..awalnya semua baek baek kak…saya hanya meminta hak saya balikin uang 5rb..karena emang barangnya sdh saya makan..saya jujur kan..harusnya semua beres…kenapa saat saya minta uangnya 5rb saya diblok? itu namnha apa klo tidak PENIPUAN..saya buat laporan di MK agar direspon shopee…awalnya cuma gtu kak…terima kasih comennta

      1
      44
        • 7 Agustus 2022 - (09:28 WIB)
          Permalink

          Yaelah goceng doang ude kek 5M. Bacot loe tuh kudu dtambel. Goceng meres jd 100rb. Kamu yg penipu

      • 7 Agustus 2022 - (11:50 WIB)
        Permalink

        @lia barang udah dimakan,tapi minta dana 5000 dikembalikan malahan dilebihin jadi 10000 kok?????
        Ini yg stres siapa sih????
        Terus pake acara meras lagi
        Awas loh klo kmu dilaporin ke polisi,,,,bakal kena pasal penipuan dan ancaman pemerasan!!!!!

      • 9 Agustus 2022 - (12:01 WIB)
        Permalink

        dari setiap komentar yg kamu publish, terlihat jelas bahwa kamu memang lagi “ngeles”. dari komentarmu saja sudah jelas bahwa yg salah adalah kamu, tp masih saja egois pengen dibilang benar. apa susahnya sih ngakuin kesalahan. ini cuma uang 5rb loh sampa masalahnya sebesar ini. beda cerita kalo yg dipermasalahkan uang yg nilainya ratusan bahkan jutaan rupiah.
        na permasalahannya skrg kamu maunya apa? uang dibalikin 10rb udah, trus apalagi?
        ada ada aja.

    • 6 Agustus 2022 - (21:19 WIB)
      Permalink

      Udah ka udah laporkan pengguna lewat shopee dan Lewat email lagi nunggu hasil nya ka

      11
      1
      • 7 Agustus 2022 - (09:15 WIB)
        Permalink

        Biasa kalo dilaporin di sopiee ja gak bakal diproses user yang melakukan penipuan, karena yang sopia butuhkan hanyalah “transaksi” dimana setiap ada transaksi maka mereka akan mendapatkan keuntungan
        Jadi mau itu tipu atau engga, tidak masalah, yang penting terjadi transaksi

        Tapi karena uda sampe masuk MK, mungkin saja bakal di proses si LIA nya

  • 6 Agustus 2022 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Ratingnya dihapus tuh fotonya barusan saya cek, tinggal rating doang yang ada. Baru silver juga lagaknya macam juragan si Lia, baca semua komen dia. Tiap ditanya duitnya sudah diterima yang 10ribu dia ga jawab. Malah komat kamit kayak orang abis minum karbit. Yaowo kok ada orang macam gitu.

    20
    2
    • 6 Agustus 2022 - (21:25 WIB)
      Permalink

      Bener banget kak ada satu ss an transaksi 1 lagi yang langsung masuk ke chat
      Kalian chat toko saya saja nanti saya kirimkan disana dia balesnya ga kenal katanya
      Balesnya gajelas pokonya

      • 6 Agustus 2022 - (21:38 WIB)
        Permalink

        Dari kronologis dan barusan cek tokonya saya tahu Anda amanah. Semoga sabar dan selanjutnya di deskripsi ditulis bahwa 1 KG itu bukan berat aktual tapi berat minimal ekspedisi,sudah jelas dijudul kalau itu per butir. Tapi ya diperjelas lagi, ada aja kok pembeli yang ajaib.
        Saya juga penjual di Shopeefood, semua menu saya tulis sejelas jelasnya. Trauma pembeli Shopee itu memang agak ajaib, pernah ada yang komplain ga sesuai gambar ( dulu yang upload gambar menu tim Shopee sendiri, bukan saya pemilik resto yang tau aktif restonya ). Katanya cuma dapat ayam sepotong,digambar ayam sepanci. Harga 15ribu apa normal dapat ayam sepanci ?
        Grab/Gojek sudah puluhan ribu transaksi 5-6 tahun ini ga ada masalah. Shopeefood baru setahun cuma 4ribu transaksi sudah nemu belasan customer ajaib. Ini fakta ,entah apa yang menyebabkan customer Shopee seperti itu. Curhat sekalian 🤭

        14
        1
        • 6 Agustus 2022 - (21:45 WIB)
          Permalink

          Hehehe ya begitulah kak luka liku penjual ada ada aja yang menguji kesabaran hehe

        • 7 Agustus 2022 - (09:49 WIB)
          Permalink

          Bilang aja kak, pernah makan indomie ga? Kalo dia bisa ngajuin komplain dan direspon sama indofood krn isi ga sesuai kemasan nanti komplain dia dtanggapin deh. Gw kirim sepanci2 nya. Wkwkwk.

          4
          1
    • 6 Agustus 2022 - (22:01 WIB)
      Permalink

      Lisianto, asli gua ngakak ketika loe ketik “kayak org abis minum karbit” 😂😂😂

  • 6 Agustus 2022 - (21:30 WIB)
    Permalink

    Ini si lia emang kayanya penipu, akun di shopee aja yg di komplain di MK aja ada 3, semarangdiskon, semarang_sale, semarang_salee. Itu aja yg ketauan, kayanya emang ni org buka2 toko di shopee buat tipu2, main cashback, ato main di ekspedisi, tp dia kurang pinter jd selalu ketauan shopee, buktinya itu semua tokonya dia aja sama shopee ud pada blokir karena penipuan. Saran saya sih mending dilaporkan ke polisi aja, tar jg keliatan no WA nya yg buat meres itu dipegang dia atau bkn. Org kaya gini emang sekali-sekali harus dikasih pelajaran biar ga nipu2 org terus.

    11
  • 6 Agustus 2022 - (21:34 WIB)
    Permalink

    Username semarang_salee itu namanya TOIPAH coba aja masukin usernamenya di fitur transfer saldo ShopeePay.

    Seller transfer 10.000 tgl 4 Agustus di hari yg sama artikel dari buyer tayang di MK.

    Mungkin setelah artikel tayang baru seller transfer ke buyer.

    15
    • 6 Agustus 2022 - (21:42 WIB)
      Permalink

      Betul banget ka karena Pas itu ada yang chat saya katanya kasian toko Kaka perkara 10 ribu di masukin media
      Karena awalnya begini kak di kolom diskusi saya menawarkan dikirim 1 butir lagi
      Kan dia maunya 2 butir ka 10 ribu tuh
      Karena saya jualnya ga tentu harus 1 kg ka
      Dia nolak ktanya ga mau bayar ongkir
      Terus dia minta 5000 kan
      Saya siap juga
      Tapi kata saya berhubung dia sudah pengajuan kata saya selesaikan dulu
      Tapi dia ga percaya
      Dan ahirnya menunggu keputusan dari shopee
      Dan akhirnya saldo sebesar 9.400 masuk ke saldo saya karena pembeli tidak memberi bukti begitu ka

      Dan si pembeli tetap ingin uangnya dia juga ngatain produk saya katanya gaenak itu yang membuat shopee ga kuat buktinya karena menyebut soal rasa
      Namanya juga herbal ya kak itu tuh buat kesehatan ginjal
      Dia yang mau nunggu keputusan shopee dia juga yang gaterima begitu ka
      Dia ngungkit2 soal ngeblokir karena permasalahan diatas dia sendiri yang mau ka pengen diurusin shopee aja setelah hasil keluar masih pengen uang
      Keesokan harinya saya langsung transfer di tanggal 4 di akun toko kedua saya karena di akun toko pertama tuh ga di buka blokir nya takut nya berulah ternyata ia diaa berulah lagi sampe posting dipenilaian juga ka

  • 6 Agustus 2022 - (21:47 WIB)
    Permalink

    Seandainya kalo si Kaka Lia ngaku iya saya sudah terima uangnya dan ga berbelit Belit bicaranya tidak akan panjang

    Dan kalo tidak sampai memeras
    Bakal baik baik aja

  • 6 Agustus 2022 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Laporkan saja si @lia itu ke polisi, itu sudah termasuk pemerasan, itu perbuatan pidana. Penjara tempatnya.

    Sepertinya orang itu gak beres, mungkin stress atau apalah. Tapi orang itu sangat berbahaya, harus diberi pelajaran. Laporkan saja ke polisi, biar kapok manusia seperti itu. Nuduh orang penipu, tapi dia justru yang diduga yang menipu dan memeras.

    17
    1
  • 7 Agustus 2022 - (01:16 WIB)
    Permalink

    Brasa ngomong sm tembok s Lia, ciri2 org rada stress, uda lah biarin ngoceh sendiri kalo dilandenin dia makin lebay.

    Klo org waras gk mungkin mempermasalahkan model beginian, msh byk urusan yg lebih penting.

    Untuk seller, acuhkan j, klo di ladenin makin menjadi kegilaannya.

    Terimakasih

  • 7 Agustus 2022 - (01:40 WIB)
    Permalink

    Baru baca dan kesel banget liat si Lia ini.. udah gitu pake bahasanya yang susah di pahamin lagi…

    • 7 Agustus 2022 - (05:02 WIB)
      Permalink

      Harus pake link produk ka karena namanya suk ga muncul di pencarian

  • 7 Agustus 2022 - (02:03 WIB)
    Permalink

    saya sih dukung seller, terbukti dari nada bicaranya ngegasss amat, dan terbukti akun dia diblok sama shoppe, kalo mau laporin polisi tinggal laporin pak bukti anda sudah komplit. terbukti ada pemerasan. tinggal tambah sceenshoot bukti dari MK.
    terima kasih.

  • 7 Agustus 2022 - (02:09 WIB)
    Permalink

    Laporkan kepihak berwajib saja mba, yang penting mbanya sudah ada iktikad baik sudah mengembalikan melebih setengah harga yaitu 10.000.

    Mau awalnya diblok atau tidak, karena mungkin keresahan mbanya kpd pembeli sampai2 diblokir. yg pasti sudah dibayarkan selisihnya 10.000.

    Setau saya setiap tulisan yg sudah di up ke mediakonsumen tidak akan bisa dihapus. Pemerasaan itu sampai minta uang segala, bukti nya jelas.

    Semangat!

    • 7 Agustus 2022 - (16:03 WIB)
      Permalink

      Kalo diliat kronologisnya seller ga salah, pembeli komplen ke seller & shopee, seller setuju ngembaliin 5rb, tapi pembeli maksa nunggu keputusan shopee, nah sama shopee komplennya ditolak. Sebenernya ketika pembeli memutuskan menunggu keputusan shopee, kesepakatan pengembalian 5rb otomatis batal karena keputusan diserahkan ke shopee, dan pembeli ga punya hak lagi nuntut 5rb ke seller, kalo mau nuntut ke shopee aja sono yg nolak komplennya

  • 7 Agustus 2022 - (04:47 WIB)
    Permalink

    Ayolah,, tolong si Lia atau Toipah ini dilaporkan saja ke polisi, sudah meresahkan masyarakat, kalau tidak dia tidak akan jera dan akan berulah lagi dengan ganti akun lain, nickname lain…yuk laporkan yuk ..

      • 7 Agustus 2022 - (09:16 WIB)
        Permalink

        MK itu tdk ada fitur pembatasan komentar ya..
        Ribet saya baca komen semuanya.. pusing..
        Jadi ky pengadilan, saling jawab jawab..
        Jd kelihatan mana yg dewasa mana yg belum.. hadeuh

        1
        8
          • 7 Agustus 2022 - (09:50 WIB)
            Permalink

            Biasanya orang yang koar2 bilang penipu dan tertipu padahal dia sendiri pernah melakukan hal tersebut dan berhasil entahlah ini aksi yang keberapa kali yang di lakukan
            Untuk Seller jangan diambil pusinglah atau bawa masalah ini ke jalur hukum tetap semangat ya…

          • 7 Agustus 2022 - (13:53 WIB)
            Permalink

            Gk salah tu tnya gtu k saya??
            Tanya tuh yg akun nya @The itu..
            Saya cm koment, krna tdk ada batasn komentar jd panjang banget tuh komennya.. mayoritas postingan MK dibawah 50, ini 2 artikel bisa sampe ratusan..

        • 7 Agustus 2022 - (15:59 WIB)
          Permalink

          Baru seratusan mbak. Belum pernah baca yg komennya tembus 300 an dulu ya? Kalau pusing di skip saja mbak, jangan diikuti nanti tambah jadi penyakit di hati dan pikiran.

          • 7 Agustus 2022 - (16:12 WIB)
            Permalink

            Iyah ka terimakasih

  • 7 Agustus 2022 - (06:11 WIB)
    Permalink

    Si lia ini tipe2 orang beli barang COD tapi pas nyampe ngamuk2 ga mau bayar wakakakak
    Udh biarin aja mungkin dia stress atau masih bocil

  • 7 Agustus 2022 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Wahahaha seru nih, udah laporin aja mbak ke polisi bukti udah kuat itu biar tau rasa dia

  • 7 Agustus 2022 - (06:39 WIB)
    Permalink

    Mungkin cari uangnya emang model gitu kali kak,barang dapat duit dapat,padahal buat obat,ngomong ngomong ginjalnya sembuh gak ya,hbs makan duit seller🤭🤭🤭

    • 7 Agustus 2022 - (10:51 WIB)
      Permalink

      Wkwkwkw kurang tau tuh ka sepertinya dompetnya yang sembuh

      • 8 Agustus 2022 - (00:25 WIB)
        Permalink

        Beritahu pembeli bahwa kita sdh melayani dengan maksimal (Pengiriman sdh sesuai Listing produk, Barang bagus, murah, packing rapih, pengiriman cepat, GRATIS ONGKIR), klo tidak berkenan minta no rek nya supaya uangnya bisa di kembalikan 100%, barangnya tdk pelru di kembalilan, tolong kasih saia ke pemulung/tukang sampah atau yg lg sakit

 Apa Komentar Anda?

Ada 161 komentar sampai saat ini..

Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

oleh Resti (Putrikembarherbal75) Seller Shopee dibaca dalam: 1 menit
161