Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

Pembeli sebelumnya mengajukan pengembalian dana. Sambil diskusi di sana saya menawarkan kalau mau satu butir lagi pun akan saya kirim, dia menolak biarkan Shopee yang memutuskan katanya. Tapi tetap di chat dia minta 5.000 rupiah setengah harga untuk ditransfer.

Karena permasalahan di pengembalian belum selesai, saya bilang batalkan dulu pengajuannya nanti saya transfer begitu kata saya karena harus selesai dulu pesanan juga harus selesai karena masih menggantung. Dia menolak juga katanya suruh Shopee yang memutuskan.

Setelah menunggu 124 jam keputusan akhirnya keluar dan kasus selesai dan saldo penjual diteruskan kepada saya sebesar 9.400 yang sudah dipotong admin. Pembeli tidak terima dia tetap mau uangnya kembali. Dia berteriak penipu sampai menulis artikel di media konsumen. Dan saya sudah mentransfer sebesar 10 ribu kepadanya melalui ShopePay di akun toko kedua saya.

Saya pikir permasalahan akan berakhir setelah saya memberikan uang ternyata pembeli malah berteriak penipu kepada saya lalu komen di setiap postingan orang lain dengan pembahasan katanya saya penipu. Saya diam saj,a tapi saya juga gak rela toko saya dijatuhkan begitu saja oleh satu orang. Padahal dia juga seller di Shopee entah sengaja atau bagaimana, yang jelas saya tidak tahu maksud dari akun Shopee Semarang_Salee atau akun Lia di Media Konsumen.

Tak puas oleh itu karena banyak yang mendukung saya di Media Konsumen, akhirnya Lia chat saya dia meminta uang 100 ribu katanya kalau saya ngasih, artikel dihapus kalau gak ngasih gak dihapus. Wah dalam hati ini orang sengaja mau memeras saya. Tapi setelah saya bilang “Kamu pemerasan ya? Saya laporkan yah!”, dia langsung memblokir WA saya.

Resti Resmawati
Pangandaran, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:127    Rata-Rata: 4.4/5]

165 komentar untuk “Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

  • 7 Agustus 2022 - (06:44 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk semua komentarnya..sekarang toko kk resti jadi terkenal…silahkan oder di toko kk resti....berhasil

    2
    30
    • 7 Agustus 2022 - (11:39 WIB)
      Permalink

      Saya tidak cari ketenaran ka
      Sebelumnya juga saya sudah bilang selesai tapi Kaka tidak berhenti
      Terimakasih

      11
      • 7 Agustus 2022 - (18:46 WIB)
        Permalink

        bikin laporan pak pol biar ksh epek jera itu org stres, jgn tggung簡 naikin kasusnya pake pasal berlapis sklian

    • 7 Agustus 2022 - (12:31 WIB)
      Permalink

      0895 2843 007tiga Coba cek di Shoperpay, username cocok dgn email pengaduan SP pertama. Dan nomer HP cocok dengan WA yang buat meras seller. Tobat pah pah 不

      11
  • 7 Agustus 2022 - (08:26 WIB)
    Permalink

    Ini sih kelemahan media konsumen menerbitkan artikel surat pembaca tanpa sensor data pribadi pun masih bisa terbit. harusnya media konsumen gini ada admin yang tetap bisa jaga data pribadi. Lucu dah jadi saling serang tuh penjual sama pembeli. Mana yang bener juga sulit dibedakan keduanya melakukan transaksi dengan banyak akun dan tentu saja hal seperti ini sudah melanggar kebijakan dari shopee dan penjual dan pembeli juga bertransaksi di luar pusat resolusi shopee artinya ini juga pelanggaran. Semoga jadi bahan pertimbangan buat @Shopee_id terkait penggunaan banyak akun seperti ini untuk di tindak lanjuti. Dan saran untuk media konsumen agar tetap menjaga privasi data dan tidak asal menerbitkan artikel surat pembaca. Saran kedepannya untuk penjual dan pembeli untuk melakukan penyelesaian gunakan satu akun agar semua jelas.

    2
    11
    • 7 Agustus 2022 - (11:38 WIB)
      Permalink

      Halo ka kalo pake akun pertama baru saya buka sebentar blokiran nya langsung dia nyerang ke penilaian dan Alhamdulillah penilaian di hapus oleh admin shopee ka
      Kaka tidak tahu sih

      Sebenernya saya juga udah bilang saya anggap selesai mba Lia alias toipah alias semarang_salee juga sudah terima uang
      Tapi dia terus saja bilang penipu dari lahir inilah itulah ke setiap orang dan ga ngaku sudah terima uang ka disitu saya jadi ngerasa dipermalukan sekali tokonya Sudah beritikad tapi ngakunya ga terima dia ga ngaku namanya TOIPAH juga
      Dan kalau saja dia ga memerasa via wa saya juga sudah bilang masalah selesai tapi dia berbuntut minta uang terus Kaka ga tau rasanya menderita pikiran nya di mintain duit terus

  • 7 Agustus 2022 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Tulisan yang sudah dipublikasikan di media konsumen tidak dapat dihapus mbak. Jadi kalau ada orang yang “menjanjikan” bahwa tulisannya di media konsumen akan dihapus kalau ia diberikan sejumlah uang. Nggak usah dituruti mbak. Karena saya dulu pernah menulis keluhan juga di media konsumen dan ada keterangan bahwa tulisan yang sudah dipublish tidak dapat di hapus/ditarik ulang.

  • 7 Agustus 2022 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Klo sampai menghina gitu laporkan aja pencemaran nama baik uu ite, kan sdh ada bukti yang jelas

  • 7 Agustus 2022 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Dear kak Resti, alhamdulillah postingan klarifikasi ini sudah dibuat sehingga semua orang sudah tau kebenaran dari kasus kemarin yang sempat menyita perhatian para netizen media konsumen.
    Setelah kak Resti membuat postingan ini, aku saranin kaka jangan terpancing lagi dengan akun Lia yang tidak jelas itu. Akun Lia itu sudah terbukti benar-benar scammer kak.
    1. Dia mengelak nama akun shopeenya bukan TOIPAH dengan alibi nama akun di media konsumen nya Lia. Jelas-jelas nama di media konsumen bisa dibuat tidak sesuai KTP, contoh nama akun media konsumen saya Wan, padahal nama lengkap saya sudah pasti bukan hanya Wan jika teman-teman input username semarang_salee di menu Transfer ke sesama Shopeepay, terlihat bahwa akun tersebut terdaftar atas nama TOIPAH. Bukti saya tambahkan di link berikut:
    https://ibb.co/ggxHBBQ
    Dia juga mengelak nomor Whatsapp yang dihubungi kak Resti bukan nomor Whatsapp akun Lia itu, padahal jika disamakan nomor ShopeePay dan nomor Whatsapp tersebut sudah sama jika 2 digit terakhir nomornya adalah 73
    2. Dia akan kekeuh balik lagi ke masalah kakak memblokir dia, yang sudah jelas tidak hanya kak Resti saja yang akan memblokir customer seperti itu. Dia akan chat begitu berulang kali karena berusaha menyudutkan seller agar dia dapat merampas kakak lagi dengan nominal lebih besar. Jangan harap ya Lia, ga akan semudah itu netizen di sini dibodohi kamu
    3. Dia akan terus mengetik PENIPU/PEMBOHONG di setiap komentar agar kakak kesal dan terus meladeni si Lia yang paling anti penipu ini sampai mendapatkan apa yang dia inginkan.

    Sekedar info juga, saya sudah lama ada di forum jual beli dan orang seperti ini tidak muncul 1-2 kali saja, jadi saya sudah tahu memang Lia ini betujuan memeras penjual dan menutupi tabiatnya sebagai penipu (kemungkinan orang ga waras juga bisa). Solusinya hanya ada dua, yang ke satu kita jangan hiraukan orang ini meski ketikannya membuat kita kesal, karena jika kita tetap meladeni maka kita tidak tahu tipu muslihat apalagi yang akan dia lakukan. Kedua, silahkan jika ada waktu kak Resti laporkan ke Polres Cyber Crime di lokasi terdekat kakak. Saya pernah membuat laporan penipuan di Polres tersebut dan ditangani cepat meski pelaku belum tertangkap. Kakak juga bisa meminta bantuan atau rekan lainnya untuk memviralkan kasus ini agar lebih cepat terselesaikan.

    Setelah saya cek postingan media konsumen lain, saya sangat menyayangkan jika akun Lia tersebut mendapatkan voucher 25 ribu yang diberikan pihak Shopee. Akan tetapi, saya tidak tahu apakah voucher tersebut diberikan atas kasus ini atau dia edit atau dari kasus lain, karena keterangan waktunya tertulis “Kemarin dulu” yang artinya email tersebut sudah lama (Link postingan https://tinyurl.com/Penipuan Lia). Berikut saya sertakan juga screenshot bukti jika dia selalu menyertakan nomor Whatsapp di setiap komentar yang tidak tahu tujuannya untuk apa, mungkin untuk mempelajari cara agar memenangkan kasus tapi dengan cara licik seperti itu. Juga ada screenshot ketikan beliau yang menurut saya tidak pantas mendapatkan 100 rupiah pun, apalagi 25 ribu dari pihak shopee
    https://ibb.co/7GvCQsB
    https://ibb.co/59tTZ73
    https://ibb.co/ZdDCB31

    • 7 Agustus 2022 - (19:44 WIB)
      Permalink

      Wahh ka WAN terimakasih ya kak

      Sehat selalu
      Siap ka sudahh tidak saya hiraukan cuma masih ada yang komen masih bertanya tanya jadi saya sambil jelaskan juga

    • 7 Agustus 2022 - (22:36 WIB)
      Permalink

      Makasih bang, akhirnya sya tau nomor telepon dia, nanti sya share nomor telepon dia ke web phising wkwkwk儭

  • 7 Agustus 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    kalo dilihat sebenarnya pembeli tidak sepenuhnya sengaja membuat keributan, karena dilihat dari bukti kriiman ke TOPIAH tgl 04 Ags 2022 pukul 11.03 sebesar Rp 10.000. sedangkan surat pembaca yang pertama itu telah terbit tanggal yang sama sebelum jam 11. dan biasanya surat pembaca itu tidak langsung terbit tapi diverifikasi dulu oleh medkom bisa beberapa hari. jadi jika memang sudah diterima dana nya, mohon LIA menahan diri saja, penjual juga, jangan saling menyerang lagi, anggap aja kesalahpahaman, case closed

    1
    7
  • 7 Agustus 2022 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Cieeee SI elillililiaaa modal goceng pengen dapet 100 rebu
    Mau donkzzz gue jg
    Eh tp g jd ah,takut jd anak Makan Uang Haram

  • 7 Agustus 2022 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Hallo semuanya
    Mudah mudahan masalah ini selesai dan pihak Lia/toipah/semarang_salee tidak membuat sesuatu yang berkepanjangan

    Dan tidak seperti itu lagi untuk tindakan pemerasan ,dll semoga tidak terjadi ke pihak lain
    Dan semoga tuntas sampai disini
    Lia/toipah/semarang_salee juga sudah terima uang bahkan mendapatkan voucher
    Saya harap sudah cukup yah?

    • 7 Agustus 2022 - (13:14 WIB)
      Permalink

      Amit-amit jangan sampai dapat buyer model kaya si toipah aka lia aka semarang_salee. Sudah beli 10rb gratis ongkir pula gayanya kaya beli 10 juta, barang dimakan, tapi minta uang balik, uang dibalikin jerit2 penipu, ga ngaku terima uang, terus berani-beraninya endingnya meras seller. Amit-amit banget, ada ya manusia kaya gini.

  • 7 Agustus 2022 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Coba laporin bang. Biar disidang aja. Soalnya saya juga punya Toko. Saya paham betul tindakan dia nyemarin nama baik toko.

  • 7 Agustus 2022 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Di sini sama2 ada yg salah.sebaiknya damai saja…
    Pihak buyer ..
    Klo mau ajukan pengembalian dana Krn berat kurang kenapa mesti ajukan pengembalian full???kan di shopee ada opsi bisa minta dana sebagian …
    Dan klo ga mau Nerima opsi pengembalian dana dari seller..kekeh minta solusi dr shopee .dan di menangkan seller hrsnya legowo,,,siap terima semua konsekuensi nya .
    Anda jg seller kan..klo ada pembeli yg modelnya kyk anda ini,,rasanya gmn…
    Apa yg anda tanam sekarang,,anda akan tuai suatu hari nanti ..

    Dan untuk seller,saran saya,mgkn lbh baik deskripsi yg di shopee untk ketosnya di rubah,,dan ketosnya di jual perbiji saja .Krn mau menentukan berat pas itu susah .

    • 7 Agustus 2022 - (14:12 WIB)
      Permalink

      Iyah kaka terimakasih atas saran nya di judul produk sudah saya sebutkan perbutir ka terimakasih

      Saya juga damai pas di artikel dia saya anggap selesai

      Lalu munculah komentar dia Lia/toipah/senarang_salee dengan penipu penipu dari lahir susah penipu

      Lalu dia WhatsApp saya minta 100 ribu kalo mau artikel nya dihapus lalu banyak yang bilang nulis artikel saja ka lagi seperti Lia
      Lalu saya buat karena Lia bilang begini kalo ada bukti coba lampirkan karena di komentar gabisa melampirkan Poto maka saya pun buat artikel
      Lia tidak mengaku itu no beliau tidak mengaku menerima uang masuk padahal jelas2 itu username dia nomer dia

      Karena ada juga yang ngasih screenshot an ke saya di penilaian dari penjual di akun semarang_salee ada juga toko yang protes di tahun 2021 berarti sudah lama kak beliau sudah seperti itu
      Begitu Kaka terimakasih yah komentarnya
      Salam

  • 7 Agustus 2022 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Kemajuan teknologi dan informasi tidak di barengi sama polapikir dan prilaku ya gini , bener bener yaaa , barang udah dimakan terus udah di ganti tapi minta lebih.

    (Kaya makan di rumah makan , udah selesai makan bukannya bayar tapi malah minta ganti udah di ganti terus minta nambah makannya)

  • 7 Agustus 2022 - (23:50 WIB)
    Permalink

    Bismillah… sudahlah saudaraku…. ini contoh konkrit dari pepatah Kalah jadi arang menang jadi abu… semoga kalian berdua bisa saling memaafkan… janganlah hal seperti ini membuat dosa yg lebih besar dengan melanggar kehormatan masing2 pihak…. Sungguh syetan.itulah yg membisikkan was2 buruk kedalam dada manusia… yg menipu biarlah Allah yg membalasnya sungguh ada hari pengadilan nanti dimana semua akan diungkap….

    1
    6
  • 8 Agustus 2022 - (09:26 WIB)
    Permalink

    weleh.. Neng Lia ternyata sangat jahat ya sampe memeras 100ribu ke penjual. bener2 buyer yg sangat licik. dibanned aja akunnya lah, biar MK aman dari oknum2 seperti itu

    • 8 Agustus 2022 - (13:48 WIB)
      Permalink

      Yg sok bijak komen dijamin gak tau permasalahan awalnya….ini definisi gak tau akar permasalahan tapi keburu judge dengan kata2 mutiara…si buyer makin dihujat makin bahagia, disini terlihat jelas dia mantau media konsumen..karna ikut komen juga dipostingan ini..buat seler tetap semangat ya tipe buyer gini bisa dipastikan hidup nya gimana. .beban keluarga dan jadi benalu untuk sekitarnya.. yg pasti dia miskin harta miskin ilmu dan miskin akhlak, paket lengkap…

      • 8 Agustus 2022 - (16:50 WIB)
        Permalink

        ga tau permasalahan awalnya? justru sy yg suruh penjual terbitin surat pembaca balasan utk buyer. kalo ga tau, ya jangan sotoy lah.
        yg sy tau di thread sebelumnya, seller udah kasi refund full 10rb, padahal buyer minta cuma 5rb, tp malah masukin ke media konsumen. makanya komen sy agak terkejut mendapati fakta baru bahwa buyer mencoba memeras seller 100rb utk dapat ditakedown SP nya.

  • 8 Agustus 2022 - (20:58 WIB)
    Permalink

    mohon kepada seluruh pengguna MK donasi @100 rupiah supaya saudara Lia alias Toipah bisa di rawat Rsj Semarang…Terimakasih

  • 12 Agustus 2022 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut sy harus diproses agar jadi pembelajaran dan tdk mengulangi lagi dikemudian hari, krn mmg hal begini sering dijumpai,,, karena pengalaman pribadi saya juga mengalami kadang kita sdh berusaha melayani konsumen dengan sebaik mungkin tapi begitu ada sedikit saja celah utk menjelekkan dan menjatuhkan kita langsung diserang entah itu ada maksud dan tujuan lain dibaliknya…

  • 12 Agustus 2022 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Harusnya kasus ini ga ribet kalau diajukan via shopee. Mungkin pembelajaran juga buat seller untuk menyelesaikan masalah dishopee bukan via chat WA.
    Di komplain pengajuan dana pembeli, anda sebenarnya tinggal saling berhubungan dengan pembeli di diskusi.
    Lalu sepakat di diskusi tsb untuk meminta bantuan team CS shopee untuk memotong pendapatan anda sebesar 5000 dan mengembalikan ke pembeli.
    Kasus selesai dan tidak perlu masuk ke media konsumen hingga ribut seperti ini.

 Apa Komentar Anda?

Ada 165 komentar sampai saat ini..

Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

oleh Resti (Putrikembarherbal75) Seller Shopee dibaca dalam: 1 menit
165