Bayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu, tapi Dikenakan Denda Keterlambatan

Terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah mengizinkan saya menulis surat pembaca terhadap layanan kartu kredit Bank OCBC NISP. Saya dan istri saya adalah pengguna aktif kartu kredit Bank OCBC NISP, dengan nomor kartu 5241-69**-****-**89 dan istri saya 5241-69**-****-**28.

Tagihan saya dan istri saya dicetak pada tanggal 16 setiap bulannya dan jatuh tempo setiap tanggal 8. Pada saat tanggal jatuh tempo, saya membayar tagihan kartu kredit sejumlah minimum payment, dikarenakan gaji saya baru masuk tanggal 10 dan niatnya pada tanggal 10 akan dibayarkan sisanya.

Saya pun membayar tagihan kartu kredit tersebut melalui aplikasi One Mobile, agar pembayaran bisa langsung diterima di kartu kredit saya dan istri saya. Namun pada tanggal 9 Agustus 2022, saya dikenakan LATE CHARGE Rp50.000 dan istri saya Rp58.196. Saya pun kaget dan langsung menghubungi layanan call center, tapi sulit kali terhubung dan panggilan selalu terputus.

Saya mohon kepada pihak Bank OCBC NISP untuk menghapus late charge tersebut, karena saya membayarkan tagihan tepat waktu via aplikasi One Mobile.

Suhal Suhaimi
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank OCBC NISP:
[Total:19    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Bank OCBC NISP Atas Surat Pembaca Bapak Suhal Suhaimi

Dengan hormat, Terima kasih kepada redaksi Media Konsumen yang telah menayangkan surat pembaca dari Bapak Suhal Suhaimi pada 11 Agustus...
Baca Selengkapnya

30 komentar untuk “Bayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu, tapi Dikenakan Denda Keterlambatan

  • 11 Agustus 2022 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Coba pahami karakter kartu kredit yan digunakan apakah dia instant seperti bank lain (BCA, BRI, UOB, BNI DLL ) atau delay seperti DBS ( Tapi masih bisa dihapus kalau transfer seperti punya anda jam 9 malam lewat telepon ) Kalau udah tau karakternya, bisa kasih spare wktu minimal 1 hari kerja atau transfer siang hari pas jatuh tempo untuk kenyamanan transaksi

  • 11 Agustus 2022 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Kalau bayar minimum payment dan sisanya dibayar setelah lewat tanggal jatuh tempo ya tentu saja kena charge bunga dan biaya keterlambatan. Sebaiknya baca T&C di brosur pas pengiriman CCnya

    • 11 Agustus 2022 - (14:06 WIB)
      Permalink

      Ya setahu saya juga begitu. Minimum payment menurut saya hanya menunjukkan itikad baik kita untuk bayar. Selanjutnya sisanya masuk tagihan bulan berikutnya plus bunganya.

    • 11 Agustus 2022 - (16:44 WIB)
      Permalink

      Klau udh kebayar minpay tdk akan kena denda keterlambatan, tpi kena bunga. Kcuali klau pembayaran kurang dari minpay event Rp.1,- pun d sistem CC akan terhitung belum bayar, otomatis akan kena Lc & Ic dibilling bulan berikutnya.

  • 11 Agustus 2022 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Kurang tepat management nya, kalo bayar tagihan CC tunggu gaji. Terlebih gajian tanggal 10.
    Ada baik nya di talangin dulu menggunakan KAS KELUARGA / DANA DARURAT.

    Setelah gajian masuk, kembalikan dana uang kas yang terpakai.

  • 11 Agustus 2022 - (09:23 WIB)
    Permalink

    KK cetak Tagihan Tgl 16 setiap bulan,sementara gajian setiap Tgl 10 setiap bulan, jadi ketika tagihan KK terbit Tgl 16 kan udah gajian, gak perlu tunggu jatuh tempo baru dibayarkan…semoga kali ini ada solusi yang terbaik

    • 11 Agustus 2022 - (20:28 WIB)
      Permalink

      Tangal cetak 16 jatuh tempo itu yang terpenting, krna dia jatuh tempo tgl 8 . Udah gtu bayar mlm lagi… Jatuh tempo ya seharusnya biar aman tgl 6/7 harus sdh dibayarkan. Atau tgl 8 harusnya di jam kerja

  • 11 Agustus 2022 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Bijaklah berkartu kredit, jauhi pinjol dan penawaran harga murah kualitas premium agar ekonomi anda sehat dan sejahtera

  • 11 Agustus 2022 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Bukannya jatuh tempo tanggal 8 dan bayar tanggal 9 ? Bukankah wajar jika ada denda telat ? Mohon koreksinya

  • 11 Agustus 2022 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Fahami dulu prosedur nya seperti ada yg salah mengerti yg punya keluhan.
    Setahuku byr cicilan kredit usahkan jauh2 hari sebelum jatuh tempo, karena biasanya ada proses pembukuan membutuhkan waktu lama.
    Usahakan bayar full tagihan setiap bulan nya supaya tdk kena denda atau bunga.

    Kalo masalah tgl gajian anda pd tgl 10 ya harus ngatur2 manajemen keuangan keluarga tersendiri, pihak bank gk mau tahu.

    Apakah anda pertama kali menggunakan kartu kredit kah?
    .,…..m

  • 11 Agustus 2022 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Cm bayar minimum payment pas jatuh tempo tp ngakunya ga pernah telat bayar. Haduh nih pasangan suami istri

    1
    1
  • 11 Agustus 2022 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Bayar mininum payment haruanya cuma dikenakan bunga, bukan late charge. Kemungkinan bayarnya kemaleman jadi tidak terposting ke tgl 8 nya, masuk ke tgl 9. Coba terus telo call center minta dihapus dan 1 hal lagi minta diubah tanggal cetak dan tanggal jatuh tempo agar disesuaikan dengan tanggal gajian

  • 11 Agustus 2022 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Biasakan membayar tagihan kartu kredit setidaknya 5 hari sebelum tanggal jatuh tempo tagihan. Meskipun sumber pembayaran dan channel pembayarannya dari bank yang sama dengan bank penerbit kartu kredit, tetap saja perlu waktu settlement atas transaksi pembayaran pada sistem di bank setidaknya 2-3 hari.
    Setiap gajian tanggal 10 bisa anda cadangkan dana untuk membayar tagihan kartu kredit yang terbit tanggal 16.

  • 11 Agustus 2022 - (16:15 WIB)
    Permalink

    kalo sy sih sy byr tagihan cc H-1 dari jatuh tempo utk mengantisipasi hal2 demikian. jangan mepet2, aplg transfer di atas jam 9 malam. bank udah closing harian, uang masuk jam 9 mlm ke atas dicatat di hari esoknya. jd dianggap telat

    2
    1
    • 11 Agustus 2022 - (16:26 WIB)
      Permalink

      Mas nya baru make kartu kredit apa gimana yaa? Coba dipelajari lagi mas syarat dan ketentuan nya biar ga sedikit2 ngadu utk hal kaya gini 🤣

      • 11 Agustus 2022 - (20:46 WIB)
        Permalink

        kalo kena late charge ya berarti emang terlambat, walopun bayar pas tgl jatuh tempo, tp jam brp, atau mgkn ga realtime. bulan depan kasih spare jgn terlalu mepet bayarnya.

  • 11 Agustus 2022 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Coba d pastiin mas ts nya, apakah pembayaran udh langsung d terima real time? Tgl jatuh tempo tagihan itu tdk sama setiap bulan, karna dlm 1 bln ada yg 30 hari, ada 31 hari, karena setau saya jatuh tempo tagihan itu 16 hari kalender dari tgl cetak. D pastiin jg yg dikenakan itu Late Charge atau Interest Charge, rasanya klau udh bayar minpay dan diterima pas tgl jatuh tempo g akan kena lc, tapi ic udh pasti kena di billing bulan depan.

    • 15 Agustus 2022 - (08:54 WIB)
      Permalink

      Sekedar share pengalaman ya gan mhn maaf kalau salah Krn setiap bank berbeda rulesnya jd kita TDK bisa sama ratakan:
      1. Pembayaran kartu kredit misal due date/ jatuh tempo nya tgl 8, bayarnya max itu tgl 7 jam 21.29 karena kalau lewat jam tersebut otomatis dana masuk tgl 8 itu udah dianggap terlambat, so kita bayar tgl 8 itu sudah terlambat (ada loh bank yg kayak gini).
      2. Cara bayar harus menu transfer, bukan pembayaran kartu kredit, ada loh bank itu yang berbeda menu saja, bisa beda waktu masuknya dana kita di sistem bank, misal kita pake menu transfer ke kartu kredit itu langsung masuk dlm hitungan detik kalu gak ada eror, tapi klu bayar pake menu pembayaran kartu kredit bisa lewat kliring seharian atau bahkan 3 hari kerja kalu lewat antar bank. Jadi gan menu transfer dan menu pembayaran kartu kredit itu berbeda, kadang merasa udah bayar sebelum jatuh tempo kuq masih kena late charge eh ternyata cara bayarnya yg kurang tepat.
      Semoga bermanfaat ya gan..

  • 11 Agustus 2022 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Dari info teman yg kerja di perbankan, aturan settlement pembayaran dari BI maksimal jam 15:00. Lewat dari jam itu secara system dianggap masuk hari berikutnya.

  • 11 Agustus 2022 - (20:06 WIB)
    Permalink

    kl di kartu kredit saya sih stlh bayar 2 harian baru masuk sistem, pernah dl tf h-2 sampe mastiin ke cs, pembayaran saya sudah masuk / belum , malah di jawab kl mau aman h-3 bayarnya, saya pantau telp cs berkali2 sampe hr H, untung masuk, cs ngasih solusi untuk nextnya kl mau bayar mepet bahkan di hr H, bisa ttp masuk ditagihan bulan itu, ada kode bank khusus, dan sampe skr saya pakenya kode khusus itu

  • 11 Agustus 2022 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Pake kartu kredit klo nga mau rugi /charge, usahain bayar jauh2 hari, jgn nggu Jatuh tempo dibayarkan,harusnya bayarnya sblm jatuh tempo, kan gajihan tgl 10? Ya tinggal puter otak cari talangan dulu buat bayar klo nga mau kena charge

  • 11 Agustus 2022 - (21:14 WIB)
    Permalink

    Bayar tepat waktu bukan berarti bayar tepat pada tanggal jatuh tempo, itu tidak tepat waktu, harus mundur setidaknya satu hari kerja, karena Bank juga butuh waktu untuk diteruskan ke rekening KK Anda. Kalau jatuh tempo hari libur, bayarnya harus lebih mundur lagi, sekurangnya dua hari sebelum hari libur, karena Bank akan meminta pembayaran sebelum hari libur meskipun belum jatuh tempo. Jangan bayar tagihan tepat pada tanggal jatuh tempo, itu keliru!

    Membaca surat Anda, dimana Anda membayar dengan pembayaran minimum payment, itu bukan cara yang bijak, itu bakan berpotensi besar macet, karena dengan membayar minimum payment, utang KK Anda akan membengkak. Sebaiknya, jangan gunakan KK dulu sebelum tunggakan lama lunas, daripada KK Anda macet dan nama Anda masuk daftar black list bank.

  • 12 Agustus 2022 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Buset bayar tepat waktu mah bukan di waktu jatuh tempo, tapi di tgl cetak billing. Waktu antara setelah cetak billing ke tanggal jatuh tempo itu disebut namanya tunggakan, krena dibayar setelah melewati hari penagihan.

    Kalau mau bayar mepet di hari yg sama, seenggaknya bayar di jam kerja, bukan malam-malam diatas jam 21 lagi.

    Sebutin tgl gajian dan tagihan CC itu ga relevan, itu cuman menunjukkan kalau pengaturan cash flow anda kurang

  • 12 Agustus 2022 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Billing cycle tgl 16, payroll tgl 10 harusnya ngga masalah, uangnya bisa disisihkan dr gajian buat bayar tagihan cc. Pembelanjaan cc kan ditagihkan bulan berikutnya. Kemungkinan sih anda punya banyak pinjaman nih entah kta, kpr, cc yg lain atau malah pinjol. Soalnya bayar pas mepet jatuh tempo, minimum payment pula.

  • 12 Agustus 2022 - (13:02 WIB)
    Permalink

    Menurut saya kartu kredit itu sangat membantu, tapi butuh orang yg telaten buat megang, kenapa ga bayar pas udah megang duit nya knp harus nunggu menit terakhir baru bayar nya??
    Saya pake kartu kredit juga kok tapi saya atur tanggal tagihan 3-5 hari setelah tanggal gajian dan saya bayar walau belum jatuh tempo, toh bayar di awal atau akhir sama saja kan itu memang wajib di bayar knp harus di tunda2

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank OCBC NISP?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Bayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu, tapi Dikenakan Denda Keterlamb…

oleh Suhal dibaca dalam: 1 menit
30