Penipuan melalui WhatsApp Mengatasnamakan Bank BRI, Membobol Akun BRImo

Senin, 01 Agustus 2022 pukul 16.00 WIB, saya mendapat pesan WA yang mengatasnamakan Bank BRI untuk melakukan proses perubahan tarif pada BRImo saya. Setelah itu saya dikirimi sebuah link dan saya klik langsung masuk BRImo untuk isi username dan password. Setelah itu aplikasi BRImo saya seperti error dan tidak bisa dibuka.

Setelah beberapa menit saya buka kembali dan bisa, ternyata saldo saya berkurang Rp24.500.000. Setelah saya cek melalui email didapatkan uang tersebut masuk akun Bank Jago a.n. NALI ASTI. Saya langsung telepon Call Center BRI untuk blokir BRImo saya dan dibuatkan tiket laporan.

Besok paginya saya langsung datang ke kantor cabang untuk minta penjelasan. Sampai di sana saya menemui CS dan diberi penjelasan bahwa saya menjadi korban penipuan dan bank tidak bisa menjamin pengembalian dana, karena itu menjadi tanggung jawab nasabah.

Namun saya tidak setuju dengan penjelasan tersebut, ada kejanggalan karena bank tidak bisa menjamin keamanan uang nasabah. Padahal batas maksimal transfer ke bank lain maksimal Rp15.000.000, tapi kenapa uang saya bisa diambil sekali tarik 24.500.000?

Sebenarnya pihak bank juga mengetahui bahwa bukan saya yang masuk akun tersebut, karena saya dapat notifikasi pemberitahuan dari email kalau saya coba masuk berulang kali. Kenapa aplikasi BRImo ini bisa diakses oleh 2 orang?

Sudah 2 minggu saya belum dapat pemberitahuan dari kantor cabang atas laporan tiket saya dan saya tracking via layanan nasabah bahwa masih proses penyelesaian. Saya juga sudah lampirkan pengaduan kepada Polda Jatim.

Mohon kejelasannya. Terima kasih.

Masruro
Kab. Pasuruan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:82    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Ibu Masruro

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kesediaan Ibu Masruro menjadi nasabah Bank...
Baca Selengkapnya

106 komentar untuk “Penipuan melalui WhatsApp Mengatasnamakan Bank BRI, Membobol Akun BRImo

  • 17 Agustus 2022 - (15:19 WIB)
    Permalink

    Buat ibu yang menulis artikel, saya turut prihatin dengan kejadian yang menimpa Anda, saya tau bagaimana rasanya tertipu apalagi jumlah uangnya besar sekali.

    Dari sudut pandang saya, kasus yang ibu alami ini sebetulnya mudah untuk di selesaikan karena semua datanya jelas, uang anda lari kemana juga jelas, sekiranya jika polisi mau saja bergerak, masalah ini akan mudah beres.

    Tinggal cek ke bank Jago dengan nomor rekening dan atas nama yang tertera lalu usut duit 24.500.000 masuk dari mana, bagaimana prosesnya, pasti ketauan, kasus selesai.

    Tapi sayangnya kita hidup di Indonesia, negara hukum katanya, SIMCARD harus didaftar pake NIK pribadi namun realitanya untuk kasus-kasus seperti yang ibu alami, negara ini impoten, saya malah melihat justru kebanyakan korban penipuan nya di bully, mang seh kasus anda ini murni kesalahan anda tapi bukan berarti si penipu di biarkan kan?!?

    Di Singapore dan Malaysia, penipuan tak semudah ini, si penipu kalo sampe ketauan nomor rekening bank nya dan atas namanya, kita lapor polisi dengan cukup bukti pasti langsung di bekukan akun bank nya, di selidiki asal usul uang masuk, dipanggil nama yang terdaftar di rekening tersebut lalu di interogasi dan di selidiki, jika terbukti bahwa uang yang masuk ke rekeningnya itu hasil dari penipuan, uang anda bisa balik dan si penipu bisa jadi tahanan polisi.

    Semoga masalah anda bisa cepat terselesaikan di negara hukum dengan OJK nya dan embel-embel lainnya.

  • 17 Agustus 2022 - (16:24 WIB)
    Permalink

    saya juga dapat pesan seperti ini tgl 6 agustus sekitar jam 4 sore, saya abaikan.
    lalu jam 4 lebih dia nelpon lagi tapi sy tidak angkat sy pikir mereka mau nawarin asuransi lagi jadi sy biarkan saja bunyi.
    tapi yang saya tidak habis pikir dari mana mereka dapat data saya seperti nomor telpon yang terdaftar di bank?

  • 17 Agustus 2022 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah jadi korban melalui instagram tetapi uang saya tidak kembali, padahal uang itu buat makan bersama keluarga selama itu. Tp dari pihak dana tidak ada respon lagi.

  • 17 Agustus 2022 - (21:23 WIB)
    Permalink

    BIJAKLAH UNTUK MENILAI KAPASITAS DIRI KITA SENDIRI…SAAT KITA BUKA REKENING SESUAIKAN DGN KEBUTUHAN KITA.
    1. UNTUK MENABUNG/INVESTASI
    2. PAYROL GAJI
    3. BISNIS
    JADI KITA SENDIRI YG TAHU MAKSUD & TUJUAN KITA BUKA REKENING.KADANG KITA TIDAK PIKIRKAN HAL ITU,YG PENTING MUDAH SAAT KL MAU INI ITU DGN FASILITAS YG DIBERIKAN OLEH BANK.KALAU SUDAH SEPERTI INI KERUGIAN PASTI DITANGGUNG DIRI SENDIRI.SABAR PAK SEMOGA DIBERI KEIKHLASAN & KEKUATAN….

  • 18 Agustus 2022 - (07:21 WIB)
    Permalink

    Sudah di tolong dengan pulsa habis, malah diisi lagi pulsanya, habis gitu malah disuruh cepet2 lagi prosesnya…
    Ya Tuhan lindungi keluarga kami dari orang jahat.

  • 18 Agustus 2022 - (07:56 WIB)
    Permalink

    Buat masyarakat pembobolan BRImo sudah banyak korban dan pihak BRI tidak pernah tanggung jawab, jangan gunakan aplikasi ini, karena tidak aman, kebocoran data nasabah, mudah pagi pembobolan mengetahui nama nasabah, no rekening BRI, telepon/ wa nasabah, semoga bermanfaat

  • 18 Agustus 2022 - (10:20 WIB)
    Permalink

    Maap bapak ibu,namanya juga ketipu,kan nda bs menyalahkan yg tertipu,saya juga tertipu,sudah laporan polisi dan bank bri,cm tidak ada tindak lanjut dari bri,dan dari pihak kepolisian,yang ada saya suruh bayar,cm banyak laporan bahwa database dari pihak bri sering bocor,masak saya ambil barang lewat cc,kok bisa tahu detail malingnya.kalau memang nda ada tindak lanjut dari bri,ya saya pakai ilmu orang gila aja.

  • 18 Agustus 2022 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Kan sdh banyak info flyer dan screen di website dll. Di sms jg sering jangan berikan info rekening dan otp ke pihak bank sekalipun. Ini malah isi2 link. Soal tarif transfer jd sdh banyak beritanya kalau sekarang transfer antar bank adh ada BI fast itu tanpa registrasi apa apa cukup pilih pas lg transfer dan muncull tarifnya. Apalagi ada info tgl 17-18 hanya 77 perak

  • 18 Agustus 2022 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Maaf pak nanya, bapak umurnya berapa?. Ko ga tau ada penipuan model begini.. wa kasih link suruh isi dll. Pihak bank ga pernah sistemny seperti ini. Kalo untuk uang kembali dan bankbertqnggung jawab itu mustahil pak, mau ga mau bapak relakan, dan tabungan akhirat buat bapak. Paling bank bisa bantu ngeblokir yg punyanya penipu kalo banknya sama

  • 18 Agustus 2022 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Itu ada keterangan link buat pindah ke device lain tidak mungkin bisa diakses pihak lain jika anda tidak memberikan. Sepertinya anda memberikan link by WA dari segi percakapannya bahasanya. Dan di Instagram/twitter brosur tsb sudah tersebar dan BRI sudah menanggapi bahwa itu hoax.

  • 19 Agustus 2022 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Hampir mirip dengan kisah saya cuma bedanya saldo saya didebet tiap bulan ke ASUransi brilife ketika saya minta pertanggung jawaban pihak BRI tidak mw tanggung jawab.akhirnya sekarang buku tabungan Britama saya sudah saya bakar

  • 28 Agustus 2022 - (22:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru saja tertipu dengan model WA dari BRImo dan memasukkan 16 digit angka, total uang 5,2 juta saya hilang karena ditarik oleh sang penipu. Ternyata penipu tersebut adalah EMS nya Pos (dan saya baru tahu ternyata EMS nya pos memang sedang dihack oleh oknum tidak bertanggungjawab). Anda masih beruntung segera SS chatnya, saya hanya sempat menyimpan gambar yang mengatasnamakan BRImo tentang perubahan tarif

  • 5 September 2022 - (01:45 WIB)
    Permalink

    Makin berkembangnya teknologi, makin gamblang terlihat di level apa kualitas SDM masyarakat Indonesia.

    Lebih baik mulai sekarang bank-bank sebelum menerima calon nasabah baru, berikan mereka ujian pengetahuan literasi keamanan digital.
    Kalau lolos ujian, rekening baru bisa aktif.

    Ujiannya pun wajib dilakukan di depan petugas bank 😁

  • 22 September 2022 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Lha saya juga sering dapat WA yang persis seperti itu, mau dibalas ya gimana gitu, selain nomornya bukan resmi dan ganti2, kan saya ga punya rekening BRI hehehe

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 106 komentar sampai saat ini..

Penipuan melalui WhatsApp Mengatasnamakan Bank BRI, Membobol Akun BRIm…

oleh Masruro Masruro dibaca dalam: 1 menit
106