Surat Pembaca

Akun dan Data Saya di Shopee Tidak Aman, Penipu Tahu Transaksi di Akun Shopee

Mungkin bukan hanya saya yang pernah mengalami kasus penipuan mengatasnamakan Shopee, ke depannya pun saya tidak tahu masih ada lagi atau tidak.

Pada hari Jum’at tanggal 12 Agustus 2022 pukul 5 sore ada yang menelpon dan mengatasnamakan Shopee. Karena sedang mandi selang beberapa menit kemudian saya chat ke nomor tsb. Kemudian ada panggilan yang berlangsung sekitar 30 menit di mana saya diberitahukan kalau saya mendapat cashback dari Shopee dengan nilai 2 juta.

Tadinya saya ragu kok ada cashback seperti ini namun karena penelepon mengetahui transaksi saya di Shopee pada hari dan jam yang sama seperti yang disebutkan pelaku jadi saya percaya saja.

Dari situ kemudian penelpon meminta agar dana dicairkan bersama penarikan saldo penjualan. Namun karena saya sudah melakukan penarikan dana pada hari itu penelpon menganjurkan untuk mencairkan dana melalaui pengajuan pinjaman yang mana penelpon mengirimi link yang yang berisi kolom kode.

Kemudian saya disuruh untuk melakukan SMS ke 69888 di mana saya mendapatkan kode OTP. Kode tersebut adalah kode OTP dari Bank BCA. Setelah itu saya hanya disuruh melakukan pencairan pinjaman awalnya Rp1.200.000 yang nantinya cashback akan masuk juga dengan dana pinjaman tsb.

Kemudian saya keberatan karena saya tidak mau melakukan pinjaman online namun kata penelepon itu hanya bersifat sementara dan nantinya saldo pinjaman akan kembali seperti semula.

Penelepon menjanjikan dana akan masuk setelah 15-20 menit setelah TLP. Dan saat masih TLP pun saya coba cek akun MBCA saya namun error. Si penelpon bilang iya sementara sedang tidak bisa digunakan tanpa saya sadari ternyata akun MBCA saya sudah berpindah handphone

Setelah 15-20 menit kemudian akum MBCA saya belum bisa juga digunakan dan dana di Spinjam dan Spaylater pun tidak kunjung kembali seperti semula. Saya coba berkali-kali membuka akun MBCA saya tidak bisa.

Skhirnya saya telpon ke pihak BCA dan ternyata akun saya sudah berpindah ke handphone lain dan saya laporkan ke tim Shopee juga. Setelah seminggu tidak ada jawaban memuaskan dari pihak Shopee ataupun dari pihak BCA setelah saya memenuhi laporan yang dibutuhkan seperti surat laporan polisi dan rekening koran bank BCA saya

Dari rekening koran ternyata dana sudah berpindah ke akun OVO dan saya laporkan ke tim OVO pun hasilnya juga sama saja seperti Shopee.

Dari kejadian itu saya mengklaim bahwa data dan akun saya di Shopee tidak aman, karena penelepon tahu transaksi saya pada hari dan jam yang sama. Namun setelah saya kembali tanyakan ke tim Shopee katanya data saya dijamin aman tapi saya tetap mengelak kalau aman kenapa ada penelpon yang tahu nomor telepon dan transaksi saya di Shopee. Padahal per bulan Agustus tahun ini nomor handphone pembeli tidak diketahui oleh penjual, lalu dari mana penelepon tahu nomor dan transaksi saya di Shopee.

Saya sangat kecewa dengan kinerja tim Shopee yang hanya bisa bilang menjamin akun aman tapi nyatanya TIDAK AMAN. Dana Rp16.000.000 yang ditawarkan Shopee melalui Spaylater dan Spinjam dicuci di aplikasi OVO pelaku.

Karena saya sudah melapor ke tiga pihak (Shopee, bank BCA, OVO) namun tidak ada hasil akhirnya saya bercerita di media konsumen ini supaya kedepannya jangan ada lagi yang tertipu mengatasnamakan tim Shopee. Karena dari kejadian data dan akun saya di Shopee memang tidak aman.

Sarono
Purbalingga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Klo sering belanja di Shopee pasti tau lah sistem cashback Shopee, biasanya cashback Shopee itu masuk ke koin. Dan ga ada cashback di Shopee itu diluar sistem, namanya cashback pas belanja masukin kode selesai transaksi dapatlah cashback nya. Klo diluar itu bukan cashback namanya. Selanjutnya masalah yang nelepon tau transaksi saya, pasti data saya bocor. Nggak lah, kebanyakan mereka nebak². Dan klaim tentang mereka tau transaksi bapak juga, ga bisa bapak buktikan.
    Terlepas dari itu, semoga bapak dapet rejeki yang lebih besar sebagai pengganti nya.

  • Anda sdh memberikan kunci untuk membuka gembok ya tentu anda sdh sadar yg salah siapa. OTP adalah security terakhir yg paling ampuh. Password masih bisa ditebak dan dijual juga di dark web beserta akunnya. Kalo sdh begitu yg tanggung jawab ya anda karna kesalahan anda. Kan sdh tertulis di sms "JANGAN BERIKAN KODE OTP TERMASUK KE SHOPEE""

  • Semoga segera cepat selesai urusannya, tapi betul OTP mah jangan di kasih tau siapa2 gan. apalagi ngklik link....

  • Sering banget dapat penipuan kayak gitu.
    Kalau lagi longgar kadang saya ladeni sampai mereka kesal dan marah2 karena dipermainkan. Bahkan keluar kata2 kebun binatang wkwkwkw..

  • Saya turut prihatin dengan apa yang penulis alami, tertipu uang sebanyak itu dalam hitungan menit dan saya juga setuju jika anda mengatakan bahwa data anda tidak aman di e-commerce yang satu itu, saya sudah banyak membaca di MK ada begitu banyak korban penipuan persis seperti yang anda alami saat ini, itulah kenapa saya sekarang sudah tak mau berurusan dengan e-commerce yang satu ini, saya main aman aja, cukup punya BK dan TP aja buat belanja, so far so good, berkali-kali belanja ngga pernah ada scammer atau apapun yang WA, telpon dll ke nomor saya.

    Di era digital seperti sekarang ini seharusnya kasus penipuan seperti yang anda alami seharusnya bisa dengan mudah teratasi namun sayang kita hidup di "negara hukum" yang tidak jelas hukumnya. Makanya kasus penipuan yang anda alami ini hanya akan jadi kenangan aja, penipu digital di negeri ini bebas berkreasi dan mereka tak pernah takut tersentuh hukum sebab mereka tau mereka untouchable.

    Saran saya, perbaiki dan perbaharui semua data anda, terutama yang berhubungan dengan uang anda seperti akun bank dll, sebab penipu itu berkelompok.

    • Iya Sudah banyak yg tertipu dan masih banyak orang bodoh lain nya yang serakah dan tidak belajar dari kesalahan orang lain. Smartphone emang meresahkan buat pengguna yg belum smart dan yg tidak smart

    • Iya kak terimakasih saranya,sebelum menulis di sini kemarin saya juga suda membaca ada korban lain juga yang menulis di media konsumen ada yang dari bandung,tapikan kejadian sudah seminggu yang lalu jadi saya menulis disini berharap ada tindakan dr pihak shopee lebih lanjut karena sudah saya coba urus sebelumnya dan tidak ada hasil yang memuaskan

      • Shopee dan BCA sudah wanti2 peringatkan Anda dan pengguna lainnya, jangan meladeni pesan apapun diluar aplikasi, WA atau medsos resmi mereka. Jangan salahkan Shopee atau BCA kalau udah terjadi pembobolan uang karena sistem keamanan mereka sudah dirancang sedemikian rupa sehingga pelaku kejahatan pun masih harus menghubungi Anda agar bisa meretas akun Shopee dan BCA Anda.

  • Masih marak nya penipuan karena banyak org bodoh dan serakah , dr jaman dulu kalau ada org menelpon/SMS berarti itu jelas penipuan .mana ada jaman skrg org ngasih uang cuma2 kalaupun menang undiang itu di umumkan di media , tp masih ada .geleng geleng kepala jadi nya

  • Dan terjadi lagi smartphone dengan segala kecanggihan teknologi nya di zaman sekarang mengelabui dengan mudah user yang belum smart,
    Tipe tipe orang masih percaya dengan mudah dukun pengganda uang,
    Seperti nya Smartphone perlu sertifikasi untuk pengguna nya biar sama sama smart,

  • Saya juga sering dapat tlp yg mngaku dari shopee,katanya saya dapat cash back 5jt.saya hanya butuh masukkan nomor tlp saya di ATM terdekat utk penarikan.tp saya bilang jauh dan saya minta dia menunggu.jd sambil tlp dia mengarahkan cara"nya.saya ajak ngomong muter" sampe 2 jam.mungkin di a capek dan nanya SDH smpe blom ke ATM?saya bilg msih cari pinjeman sepeda.akirnya dia mrh" ngatain saya sejadi"jadinya.tak tanyain mas mau nipu saya ya??dia bilg GK.tak bilangin dari awal mas tlp saya udh chat cs shopee dan mngatakan shopee GK mengadakan cash back yg lgsung di TF ke rek,jd itu penipuan.akhirya dia matiin tlp.?????

  • Bang..data mau dimana saja sdh bocor.. Inti nya harus waspada dan jgn sekalipun ksh no otp kepd siapapun, yg sudah berlalu ya sudah jd kan itu pelajaran kedepan nya, ok

  • anda go-block, jangan pakai smartphone mulai sekarang. itu hanya untuk orang-orang pintar. mandi lagi yang lama...terus sekalian