Akun dan Data Saya di Shopee Tidak Aman, Penipu Tahu Transaksi di Akun Shopee

Mungkin bukan hanya saya yang pernah mengalami kasus penipuan mengatasnamakan Shopee, ke depannya pun saya tidak tahu masih ada lagi atau tidak.

Pada hari Jum’at tanggal 12 Agustus 2022 pukul 5 sore ada yang menelpon dan mengatasnamakan Shopee. Karena sedang mandi selang beberapa menit kemudian saya chat ke nomor tsb. Kemudian ada panggilan yang berlangsung sekitar 30 menit di mana saya diberitahukan kalau saya mendapat cashback dari Shopee dengan nilai 2 juta.

Tadinya saya ragu kok ada cashback seperti ini namun karena penelepon mengetahui transaksi saya di Shopee pada hari dan jam yang sama seperti yang disebutkan pelaku jadi saya percaya saja.

Dari situ kemudian penelpon meminta agar dana dicairkan bersama penarikan saldo penjualan. Namun karena saya sudah melakukan penarikan dana pada hari itu penelpon menganjurkan untuk mencairkan dana melalaui pengajuan pinjaman yang mana penelpon mengirimi link yang yang berisi kolom kode.

Kemudian saya disuruh untuk melakukan SMS ke 69888 di mana saya mendapatkan kode OTP. Kode tersebut adalah kode OTP dari Bank BCA. Setelah itu saya hanya disuruh melakukan pencairan pinjaman awalnya Rp1.200.000 yang nantinya cashback akan masuk juga dengan dana pinjaman tsb.

Kemudian saya keberatan karena saya tidak mau melakukan pinjaman online namun kata penelepon itu hanya bersifat sementara dan nantinya saldo pinjaman akan kembali seperti semula.

Penelepon menjanjikan dana akan masuk setelah 15-20 menit setelah TLP. Dan saat masih TLP pun saya coba cek akun MBCA saya namun error. Si penelpon bilang iya sementara sedang tidak bisa digunakan tanpa saya sadari ternyata akun MBCA saya sudah berpindah handphone

Setelah 15-20 menit kemudian akum MBCA saya belum bisa juga digunakan dan dana di Spinjam dan Spaylater pun tidak kunjung kembali seperti semula. Saya coba berkali-kali membuka akun MBCA saya tidak bisa.

Skhirnya saya telpon ke pihak BCA dan ternyata akun saya sudah berpindah ke handphone lain dan saya laporkan ke tim Shopee juga. Setelah seminggu tidak ada jawaban memuaskan dari pihak Shopee ataupun dari pihak BCA setelah saya memenuhi laporan yang dibutuhkan seperti surat laporan polisi dan rekening koran bank BCA saya

Dari rekening koran ternyata dana sudah berpindah ke akun OVO dan saya laporkan ke tim OVO pun hasilnya juga sama saja seperti Shopee.

Dari kejadian itu saya mengklaim bahwa data dan akun saya di Shopee tidak aman, karena penelepon tahu transaksi saya pada hari dan jam yang sama. Namun setelah saya kembali tanyakan ke tim Shopee katanya data saya dijamin aman tapi saya tetap mengelak kalau aman kenapa ada penelpon yang tahu nomor telepon dan transaksi saya di Shopee. Padahal per bulan Agustus tahun ini nomor handphone pembeli tidak diketahui oleh penjual, lalu dari mana penelepon tahu nomor dan transaksi saya di Shopee.

Saya sangat kecewa dengan kinerja tim Shopee yang hanya bisa bilang menjamin akun aman tapi nyatanya TIDAK AMAN. Dana Rp16.000.000 yang ditawarkan Shopee melalui Spaylater dan Spinjam dicuci di aplikasi OVO pelaku.

Karena saya sudah melapor ke tiga pihak (Shopee, bank BCA, OVO) namun tidak ada hasil akhirnya saya bercerita di media konsumen ini supaya kedepannya jangan ada lagi yang tertipu mengatasnamakan tim Shopee. Karena dari kejadian data dan akun saya di Shopee memang tidak aman.

Sarono
Purbalingga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:58    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

77 komentar untuk “Akun dan Data Saya di Shopee Tidak Aman, Penipu Tahu Transaksi di Akun Shopee

  • 21 Agustus 2022 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Buat info aje, klo ada yg nelpon atau WA anda dpt voucher cashback shopee, dan mereka tau tgl terakhir anda belanja, dan lain2nya,. Itu berarti penipu sudah masuk/berhasil masuk ke akun shopee anda,. Mereka menelpon atau WA anda karena butuh Password Spinjam atau Spaylater anda, dan OTP BCA anda buat mengalihkan ke HP penipu untuk mengambil Akun BCA anda.. jd klo ada yg menelpon dan ngaku2 dari shopee anda dpt cashback 2juta dan lain sebagainya, langsung buka shopee anda dan ganti passwoord secepatnya..

  • 22 Agustus 2022 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Itu bukan sytem shopee yang tidak aman tapi anda bertransaksi di toko penipu s hingga dia si penipu tau kalau anda sudah bertransaksi di toko kapa jam berapa produk apa yang anda beli bahkan no hp alamat si penipu pun tau. Lain kali beli di toko yang aman dan terpercaya dan jangan tergiur dengan cashback atau hadiah promo dsb kalau itu sudah di luar marketplace

  • 22 Agustus 2022 - (12:28 WIB)
    Permalink

    hanya bisa elus dada. kejadian terus terulang. sudah jelas OTP jangan diberikan kepada siapapun termasuk pihak bank ataupun shopee. Mau dia tau semua data kita di shopee kek, walau dia memang benar2 CS shopee kek, ga ada yg berhak OTP diberikan. Tidak ada data yg aman di Indonesia. Lagian apa hubnya cashback sama OTP atau disuruh ketik sms. sudah jelas banget mau nipu. cuma mau bilang, kalo otak belum siap, jangan pake smartphone, m-banking, bahkan rekening bank gausah buat. semua uangnya simpanlah di bawah bantal, dijamin aman sentosa dari penipu. ga bakal kemana2. Peace

  • 27 Agustus 2022 - (10:43 WIB)
    Permalink

    HAHAHAHAHAH LAGU LAMA COVER BARU…. DIA YG PINJAM.. DIA YG PURA2 JADI KORBAN… ITU OVO JG AKUNNYA SENDIRI…. JADI KALO DIA MELAPOR SEOLAH2 DIA KENA TIPU DANA SPAYLATER HANGGUS ALASAN DATA TIDAK AMAN… YA DIA GAK MAU BAYAR DR SPAYLATER CARI LOOPHOLE DEMGAN PURA2 KORBAN PENIPUAN KWKWKWKWKWKWKW

  • 27 Agustus 2022 - (14:55 WIB)
    Permalink

    @sarono, maaf ka kalo menurut saya pihak shopee tidak akan melakukan apa2 selain menonaktifkan akun kita, tagihan yg ada tetap korban/pemilik akun yg harus membayar tagihan, kan dari sini pihak shopee di untungkan.
    Kejadiannya sama seperti yg saya alami.
    Lapor pihak polisi apakah dapat surat keterangan nya ka?

    • 5 September 2022 - (08:16 WIB)
      Permalink

      Lapor polisi cuma dpt surat aja, gk ads tindakan dari mereka.. Intinya percuma wkwk

  • 5 September 2022 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Di shopee ada fitur “aktivitas teman” disitu semua kontak anda bisa melihat semua pembelanjaan anda di shopee.

    Ada kemungkinan dia menyimpan nomor anda, atau sebaliknya, sehingga bisa melihat pembelanjaan ada terbaru,, disitu lah dia mulai beraksi..

    BTW JANGAN PERNAH MEMBERI PIN/OTP KEPADA SIAPAPUN BAHKAN KE PIHAK BANK, itu tetap mutlak kesalahan anda..

 Apa Komentar Anda?

Ada 77 komentar sampai saat ini..

Akun dan Data Saya di Shopee Tidak Aman, Penipu Tahu Transaksi di Akun…

oleh Sarono dibaca dalam: 2 menit
77