Akun dan Data Saya di Shopee Tidak Aman, Penipu Tahu Transaksi di Akun Shopee

Mungkin bukan hanya saya yang pernah mengalami kasus penipuan mengatasnamakan Shopee, ke depannya pun saya tidak tahu masih ada lagi atau tidak.

Pada hari Jum’at tanggal 12 Agustus 2022 pukul 5 sore ada yang menelpon dan mengatasnamakan Shopee. Karena sedang mandi selang beberapa menit kemudian saya chat ke nomor tsb. Kemudian ada panggilan yang berlangsung sekitar 30 menit di mana saya diberitahukan kalau saya mendapat cashback dari Shopee dengan nilai 2 juta.

Tadinya saya ragu kok ada cashback seperti ini namun karena penelepon mengetahui transaksi saya di Shopee pada hari dan jam yang sama seperti yang disebutkan pelaku jadi saya percaya saja.

Dari situ kemudian penelpon meminta agar dana dicairkan bersama penarikan saldo penjualan. Namun karena saya sudah melakukan penarikan dana pada hari itu penelpon menganjurkan untuk mencairkan dana melalaui pengajuan pinjaman yang mana penelpon mengirimi link yang yang berisi kolom kode.

Kemudian saya disuruh untuk melakukan SMS ke 69888 di mana saya mendapatkan kode OTP. Kode tersebut adalah kode OTP dari Bank BCA. Setelah itu saya hanya disuruh melakukan pencairan pinjaman awalnya Rp1.200.000 yang nantinya cashback akan masuk juga dengan dana pinjaman tsb.

Kemudian saya keberatan karena saya tidak mau melakukan pinjaman online namun kata penelepon itu hanya bersifat sementara dan nantinya saldo pinjaman akan kembali seperti semula.

Penelepon menjanjikan dana akan masuk setelah 15-20 menit setelah TLP. Dan saat masih TLP pun saya coba cek akun MBCA saya namun error. Si penelpon bilang iya sementara sedang tidak bisa digunakan tanpa saya sadari ternyata akun MBCA saya sudah berpindah handphone

Setelah 15-20 menit kemudian akum MBCA saya belum bisa juga digunakan dan dana di Spinjam dan Spaylater pun tidak kunjung kembali seperti semula. Saya coba berkali-kali membuka akun MBCA saya tidak bisa.

Skhirnya saya telpon ke pihak BCA dan ternyata akun saya sudah berpindah ke handphone lain dan saya laporkan ke tim Shopee juga. Setelah seminggu tidak ada jawaban memuaskan dari pihak Shopee ataupun dari pihak BCA setelah saya memenuhi laporan yang dibutuhkan seperti surat laporan polisi dan rekening koran bank BCA saya

Dari rekening koran ternyata dana sudah berpindah ke akun OVO dan saya laporkan ke tim OVO pun hasilnya juga sama saja seperti Shopee.

Dari kejadian itu saya mengklaim bahwa data dan akun saya di Shopee tidak aman, karena penelepon tahu transaksi saya pada hari dan jam yang sama. Namun setelah saya kembali tanyakan ke tim Shopee katanya data saya dijamin aman tapi saya tetap mengelak kalau aman kenapa ada penelpon yang tahu nomor telepon dan transaksi saya di Shopee. Padahal per bulan Agustus tahun ini nomor handphone pembeli tidak diketahui oleh penjual, lalu dari mana penelepon tahu nomor dan transaksi saya di Shopee.

Saya sangat kecewa dengan kinerja tim Shopee yang hanya bisa bilang menjamin akun aman tapi nyatanya TIDAK AMAN. Dana Rp16.000.000 yang ditawarkan Shopee melalui Spaylater dan Spinjam dicuci di aplikasi OVO pelaku.

Karena saya sudah melapor ke tiga pihak (Shopee, bank BCA, OVO) namun tidak ada hasil akhirnya saya bercerita di media konsumen ini supaya kedepannya jangan ada lagi yang tertipu mengatasnamakan tim Shopee. Karena dari kejadian data dan akun saya di Shopee memang tidak aman.

Sarono
Purbalingga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

77 komentar untuk “Akun dan Data Saya di Shopee Tidak Aman, Penipu Tahu Transaksi di Akun Shopee

    • 21 Agustus 2022 - (06:15 WIB)
      Permalink

      Kak sy mau bilang, sampai kakak bisa memasukkan komplain kakak ini ke media konsumen berarti kakak sudah sering baca media konsumen. Kenapa kakak masih bisa sampai tertipu padahal modus seperti ini sudah sangat sering ditampilkan di media konsumen, bahkan di berita” online pun sangat banyak dibahas kasus penipuan seperti ini. Lebih extra hati” kak, sy malah hampir setiap hari dapat chat di shoope dari cust pura” menanyakan Product sy Masi ready or ga tapi dengan menyertakan link yg kalo kita tidak teliti Pasti kita bakal pikir itu link Product kita yg mau mereka beli, jadi seperti kita diminta utk klik link yg mereka kasih. Kalau sy jaga aman, tidak prnh sekalipun sy gubris chat semacam ini. Wa, SMS juga sering menawarkan hadiah atas nama shoope, tokped, bank, dll biasa lgs sy blocked. telp muncul tanpa terdaftar di kontak sy otomatis sy biarkan.

      29
      • 21 Agustus 2022 - (15:56 WIB)
        Permalink

        Kalo akun² yg sering chat link di shopee, itu link afiliasi gan. Dimana, jika anda setelah klik produk tersebut. Kemudian suatu hari anda belanja dishopee. Maka dia akan mendapatkan cashback..
        Kalo link selain shopee gak bisa dikirim via chat shopee

      • 21 Agustus 2022 - (21:23 WIB)
        Permalink

        Tapi ini agak lucu juga ya.. yg namanya cashback ngak perna ada minta otp dan syarat ini itu… Agak rancu juga, jika salah kan pihak lain? Padahal awal uda ragu tapi dipaksakan juga waduh ini penasaran atau gimana ya??? Jaman skrg apapun bisa diretas oleh pelaku jgn kan shopie.. wong nama keluarga kita aja kadang mereka tahu.. nama nya penipu ya akal nya banyak karena itu uda lahan mereka, apalagi mereka pintar teknologi… Sekaliber bank besar aja perna di tipu nasabah nya.. apalagi cuma aplikasi belanja online… Hemat saya jaman sekarang jgn percaya apapun jika belum pasti.. apalagi misalnya iming-iming yg mengiurkan, cross cek dahulu.. tanya cs shopie nya dulu benar atau ngak.. jika penipu nya terus desak bilang lagi diluar kota yg tidak ada ATM atau hape tidak ada mobile banking..

    • 21 Agustus 2022 - (06:39 WIB)
      Permalink

      Saya paling anti dg sms link, chat yg ad link, apalg menawarkan sesuatu lewat link, sampai saat ini blm ad ya kynya secure untuk filter link bahaya( bukan link resmi), andai ponselnya auto dekeksi link bahaya akan lebih aman, soalnya saya pernah salah pencet karena jaringan lg lelet, langsung sy hard reset tu ponselnya, takut link td scamer…

      • 21 Agustus 2022 - (18:54 WIB)
        Permalink

        ada, tp bukan bawaan android. skrg saya pakai bitdefender dia punya filter link berbahaya.

      • 22 Agustus 2022 - (23:26 WIB)
        Permalink

        Shopee, bca dan ovo sdh malas melayani kasus sperti ini. Krn mrk menilai prosedurnya gk ada yg salah, jdi itu murni kesalahan anda

  • 20 Agustus 2022 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Yang tidak aman adalah Anda sendiri, mungkin kurang baca tentang modus penipuan dengan nomor +1. Anda tahu kode +1 dari mana? Coba tanya Mbah Google ya.

    Sekali lagi, yang tidak aman itu Anda, tidak bisa menjaga rahasia akun Anda sendiri, karena Anda tergiur dengan iming-iming cashback, padahal cuma moduser. Anda adalah salah satu orang yang “dimakan” hidup-hidup sama penipu. Sedangkan, orang yang cerdas gak akan tertipu.

    28
    6
    • 20 Agustus 2022 - (22:51 WIB)
      Permalink

      Ya nasi sudah jadi bubur,semua orang juga menyalahkan saya termasuk istri,karena saya percaya itu tim shopee YANG TAU TRANSAKSI SAYA MELAKUKAN PEMBELIAN IKLAN LUAR NEGEI PADA HARI DAN JAM YANG SAMA,makanya saya menyebutkan kalau data saya di shopee ga aman,karena itu sebelum saya mengklik link yang pelaku kirim ke WhatsApp saya

      5
      26
      • 21 Agustus 2022 - (05:46 WIB)
        Permalink

        Saya juga sama mengalami seperti ini tanggal 29 juli 2021. dan sudah saya laporkan ke polisi karna skrg banyak nomor masikbdan menagih hutang, padahalbsaya sendiri tidak melakukan transaksi tersebut. Intinya saya juga tidak akan membayar dan pihak polisi juga mengatakan jangan di bayar.

        7
        2
        • 21 Agustus 2022 - (10:56 WIB)
          Permalink

          Kalimat kuncinya adalah: jangan kasih KODE OTP pada siapapun….

          Skamer shopee, tokped, bank gojek grab dll tetap mesti kasih KODE OTP. Ketika anda ngasih, maka wassalam

          10
          1
          • 17 November 2022 - (11:06 WIB)
            Permalink

            Bener mas. OTP itu kunci rumah kita

        • 27 Agustus 2022 - (14:59 WIB)
          Permalink

          Jatuh tempo pembayaran nya kapan ka? Tgl nya beda sehari dgn saya ka? Kerugiannya berapa ka trus lapor polisi apakah dapat surat keterangan nya ka?

          • 5 September 2022 - (08:04 WIB)
            Permalink

            Jatuh tempo hari ini /tanggal 5 totalnya 16 jta kak belum termasuk bunga

        • 14 September 2022 - (09:51 WIB)
          Permalink

          assalamualaikum kak,klo tdak dibayar tagihannya ,apakah debt collector dtang krumah kakak? saya jga terkna kasus penipuan spaylater dan spinjam kak
          mhon informasinya kak

          • 28 Oktober 2022 - (20:28 WIB)
            Permalink

            Kalau sekedar tagihan lewat chat selama ini sering kak,tapi saya jelaskan apa adanya dan bukti rekening koran dan laporan ke polisi.karena uang tersebut bukan saya yang pakai,saya pakai spaylater 980rb itu saja yang saya bayar,sudah 2 bulan sekarang si belum ada debt colector,memang iya bilang mau ada tim lapangan tapi sejauh ini belum ada yang datang kak

      • 21 Agustus 2022 - (09:30 WIB)
        Permalink

        Ya sudah klu sdh tau jd bubur.. Jadikan pelajaran saja di era digital sekarang ini semua sudah canggih inti nya hanya 1 jangan ksh otp atau data penting apalg vis wa,

        • 21 Agustus 2022 - (19:23 WIB)
          Permalink

          Sering2 membaca berita atau nonton berita biar anda tau seluk beluk modus penipuan, dan jangan pernah tergoda dengan modus hadiah modus cashback telusuri dulu sumbernya jangan langsung klak klik, rajin membaca maka pengetahuan juga akan bertambah

      • 21 Agustus 2022 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah 2x dapat telp dari nomor penipu seperti itu (awalan kode +1)..bulan lalu 1x dan bulan ini 1x..Alhamdulillah msh bisa digagalkan modusnya..

        Pengalaman berharga..
        Semoga jadi pelajaran juga buat yg lain…agar lebih waspada..

        Oiya…satu lagi..
        FYI..
        Saya rasa, rata2…hampir semua aplikasi online, tidak/belum memiliki system keamanan data customer yg memadai, apalagi didukung oknum internal yg nakal..

        Tetap perlu hati2 dan waspada..!

      • 21 Agustus 2022 - (13:35 WIB)
        Permalink

        Apakah kakak mengalami kerugian. Apa cuma masalah akun saja. Di dunia maya
        …. Gak ada akun yg aman… Mending jadi wong deso aja. Toh kalau mau top up uang digital seperlu nya saja. Jangan tergiur hadiah.

        • 21 Agustus 2022 - (20:17 WIB)
          Permalink

          Sangat jelas sekali itu no luar negeri…. Mana ada shopee yang telp custumer melalui wa… Saya sering sekali di tlp, auto blok dan blokir permanen…

          2
          1
      • 22 Agustus 2022 - (13:28 WIB)
        Permalink

        Anda yang ceroboh pak. Anda melakukan transaksi di toko penipu. Makanya itu dia tau kalau anda melakukan transaksi di toko dia. Apa yang anda beli, jam berapa, jumlah produk, alamat anda no telepon dia juga akan tau bos. Ketika anda membeli sesuatu di toko manapun di marketplace manapun berhati hatilah dengan toko penipu. Jangan pernah percaya apapun yang berbau cashback hadiah promo dapat uang gratis dsb. Jangan pernah memberikan password pin ataupun kode otp ke siapapun bahkan pihak bank sekalipun. Makanya itu si penipu bisa wa ke anda. Karena si penipu ini adalah admin toko penipu dimana anda melakukan transaksi tersebut. Lain berpikir ya pak jangan menyalahkan system’ marketplace. System’ marketplace itu sangat aman gk bakalan bisa di hack diretas orang. Jadi akun anda gk bakalan ada yang bisa masuk kalau tidak tau password akun anda dan tidak akan bisa bertransaksi karena akan di minta pin ataupun kode otp ya pak. Kecuali kalau hp anda hilang di curi orang maka akun anda baru bisa di bobol diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lain kali kalau gk tau lebih baik bapak cari tau dulu sebelum melakukan atau mempercayai sesuatu. Ok ya pak berpikir itu jauh lebih baik. Dalama akal sehat.

        5
        1
        • 28 Oktober 2022 - (20:30 WIB)
          Permalink

          Ga saya bayar kak,saya bayar hanya 980rb itu yang benar” saya paki selebihnya saya ga bayar

  • 20 Agustus 2022 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut pandangan saya, kemungkinan penipu berafiliasi dgn seller trx Anda itu, jika dia hanya menyebutkan 1 jenis trx saja, krn mestinya seller jg tau detil trx. Untuk kebocoran data di sistem sopi sepertinya tidak, krn jika iya, kejadian spt ini akan langsung banyak dan heboh, a.k.a. viral.

    Sy sendiri sering bgt belanja online utk kebutuhan sehari2, dgn nomor hp khusus belanja,jd tidak ada kontak teman disitu, apalg banking. Tp dinomor itu lumayan sering masuk chat/sms penipuan,contohnya modus konfirmasi perubahan biaya transfer. Ya kl nomor hp belanja sy itu bs tersebar sy asumsi pasti dari lingkungan belanja2 online saja, either seller ato kurir.ini pendapat sy saja.
    Utk kasus Anda, menurut sy sudah tepat Anda melapor ke semua pihak, hanya palingan Anda yg perlu fu terus. Semoga kasusnya bs selesai.
    Saran sy nextnya perlu lebih hati2 dgn iming2/hadiah. Kebanyakan too good to be true

    26
    • 20 Agustus 2022 - (19:20 WIB)
      Permalink

      Maaf gan, sekarang identitas buyer di aplikasi seller juga udah disensor termasuk nama dan no HP. Satu-satunya pihak yang mungkin terlibat adalah jasa kurir, karena di aplikasi mereka semua masih terdata lengkap. Tapi dibalik semua itu, yang lalai tetap konsumen, karena sejak awal dia tergiur dengan hadiah. Kalau saja telponnya di reject atau langsung dimatikan ga akan mungkin kejadian kasus seperti ini, karena jaman serba susah begini ga ada orang bagi-bagi duit secara percuma. Buat logis saja.

      18
    • 20 Agustus 2022 - (22:58 WIB)
      Permalink

      Si penelpon tau saya melakukan pembelian iklan luar negri pada hari dan jam yang sama seperti transaksi yang saya lakukan hari itu,maka dari itu saya berasumsi kalau data saya di shopee tidak aman,

      4
      13
      • 22 Agustus 2022 - (13:38 WIB)
        Permalink

        Anda yang ceroboh pak. Anda melakukan transaksi di toko penipu. Makanya itu dia tau kalau anda melakukan transaksi di toko dia. Apa yang anda beli, jam berapa, jumlah produk, alamat anda no telepon dia juga akan tau bos. Ketika anda membeli sesuatu di toko manapun di marketplace manapun berhati hatilah dengan toko penipu. Jangan pernah percaya apapun yang berbau cashback hadiah promo dapat uang gratis dsb. Jangan pernah memberikan password pin ataupun kode otp ke siapapun bahkan pihak bank sekalipun. Makanya itu si penipu bisa wa ke anda. Karena si penipu ini adalah admin toko penipu dimana anda melakukan transaksi tersebut. Lain berpikir ya pak jangan menyalahkan system’ marketplace. System’ marketplace itu sangat aman gk bakalan bisa di hack diretas orang. Jadi akun anda gk bakalan ada yang bisa masuk kalau tidak tau password akun anda dan tidak akan bisa bertransaksi karena akan di minta pin ataupun kode otp ya pak. Kecuali kalau hp anda hilang di curi orang maka akun anda baru bisa di bobol diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lain kali kalau gk tau lebih baik bapak cari tau dulu sebelum melakukan atau mempercayai sesuatu. Ok ya pak berpikir itu jauh lebih baik. . Salam akal sehat.

        2
        1
    • 28 Oktober 2022 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Iya kak itu kejadian setelah saya membeli iklan luar negri produk shopee dan itu akun shopee mall

  • 20 Agustus 2022 - (19:51 WIB)
    Permalink

    +1 (xxx) itu nomer virtual phone nya amerika. Bisa dijadiin WA juga

    Udah banyak yg ketipu.

    Mungkin mas @Ivan mau kasih pendapat. Kl sy sdh habis kata2.. ?

    17
    • 22 Agustus 2022 - (13:48 WIB)
      Permalink

      tau g sih kenapa giveaway/hadiah/cashback itu selalu ribet dan kita pastinya harus daftar dulu baru dapet dan itu pun bukan di WA pastinya wkwkwkwk

      ya karena tidak akan ada namanya tiba2 kejatuhan durian, itu impian semua orang apalagi kita2 yang butuh duit, namun itu bukan kenyataan, dan penipu mengandalkan hal itu, orang butuh duit biasanya buta mata, iya iya iya aja asal iming2nya duit

  • 20 Agustus 2022 - (21:53 WIB)
    Permalink

    Ada yg tau, apa bener ganti nomer HP yg terdaftar di M-banking sesimple itu sekarang? Trakhir x saya ganti nomer HP mesti ke cabang dulu untuk aktivasi ke menu financial nya. Kalo belum ke cabang, hanya bisa buat cek saldo aja. Thx …

    • 20 Agustus 2022 - (22:20 WIB)
      Permalink

      Cerita nya seperi kejadian singkat dan cepat, tp menurut saya :
      – Ganti nomer hp yg terdaftar di m-bca tidak sesimple itu
      – Paling simpel pun harus komunikasi dg hallo bca dan masa iya semua data pelaku punya termasuk nama IBU KANDUNG?
      – Dan lg, harus masukin 16 nomer kartu ATM bagian depan, apa dikasih jg ke pelaku?

      Krn menurut saya proses paling penting nya di cara pelaku mencairkan uangnya. Dan penulis bilang tentang m-bca (tidak langsung dr spaylater ke OVO)

      Tolong teman2 pembaca, koreksi kalo saya ada yg salah atau kurang info.

      10
    • 20 Agustus 2022 - (23:02 WIB)
      Permalink

      Kan saya di arahkan kirim pesan ke 69888,itu nomor buat aktivasi ke BCA kemudian saya dapet kode OTP terus saya masukan ke kolom link yang sudah saya pencet,dan ternyata itu proses pindah ke hape/nomor penelpon

      10
      • 21 Agustus 2022 - (06:27 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah dapat pesan wa dari +1(xxx), cashback 2 juta, kemudian saya lihat sudah ada OTP (dari rekening shoope), saya disuruh masukkan OTP ke kolom…. (sdh lupa) di shopee supaya nilai Cashback 2 juta bisa masuk.
        Saya tidak mau ikuti wa tsb, karena OTP tdk boleh dikasi tahu orang.

        17
      • 21 Agustus 2022 - (19:26 WIB)
        Permalink

        Bca tanpa kartu sim tidak akan bisa login, dan posisi simcard di sim 2 juga tidak bisa login meskipun tau pasword dan username

  • 21 Agustus 2022 - (02:36 WIB)
    Permalink

    Udah jdi kebiasaan warga indo…pasti ada kambing hitam atas kesalahan yg diperbuat sendiri

    19
    1
  • 21 Agustus 2022 - (03:46 WIB)
    Permalink

    Terimakasih sudah berbagi cerita ? semoga urusannya cpat selesai?dan buat yang lain mari belajar tanpa menyalahkan?

    9
    1
  • 21 Agustus 2022 - (04:30 WIB)
    Permalink

    Tergiur 2 Juta Hilang 16 Juta…segera Blokir akun Bank Anda..sebelum di kuras Habis

  • 21 Agustus 2022 - (06:03 WIB)
    Permalink

    Klo sering belanja di Shopee pasti tau lah sistem cashback Shopee, biasanya cashback Shopee itu masuk ke koin. Dan ga ada cashback di Shopee itu diluar sistem, namanya cashback pas belanja masukin kode selesai transaksi dapatlah cashback nya. Klo diluar itu bukan cashback namanya. Selanjutnya masalah yang nelepon tau transaksi saya, pasti data saya bocor. Nggak lah, kebanyakan mereka nebak². Dan klaim tentang mereka tau transaksi bapak juga, ga bisa bapak buktikan.
    Terlepas dari itu, semoga bapak dapet rejeki yang lebih besar sebagai pengganti nya.

    11
  • 21 Agustus 2022 - (06:06 WIB)
    Permalink

    Anda sdh memberikan kunci untuk membuka gembok ya tentu anda sdh sadar yg salah siapa. OTP adalah security terakhir yg paling ampuh. Password masih bisa ditebak dan dijual juga di dark web beserta akunnya. Kalo sdh begitu yg tanggung jawab ya anda karna kesalahan anda. Kan sdh tertulis di sms “JANGAN BERIKAN KODE OTP TERMASUK KE SHOPEE””

    9
    1
  • 21 Agustus 2022 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Semoga segera cepat selesai urusannya, tapi betul OTP mah jangan di kasih tau siapa2 gan. apalagi ngklik link….

  • 21 Agustus 2022 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Sering banget dapat penipuan kayak gitu.
    Kalau lagi longgar kadang saya ladeni sampai mereka kesal dan marah2 karena dipermainkan. Bahkan keluar kata2 kebun binatang wkwkwkw..

  • 21 Agustus 2022 - (08:19 WIB)
    Permalink

    Saya turut prihatin dengan apa yang penulis alami, tertipu uang sebanyak itu dalam hitungan menit dan saya juga setuju jika anda mengatakan bahwa data anda tidak aman di e-commerce yang satu itu, saya sudah banyak membaca di MK ada begitu banyak korban penipuan persis seperti yang anda alami saat ini, itulah kenapa saya sekarang sudah tak mau berurusan dengan e-commerce yang satu ini, saya main aman aja, cukup punya BK dan TP aja buat belanja, so far so good, berkali-kali belanja ngga pernah ada scammer atau apapun yang WA, telpon dll ke nomor saya.

    Di era digital seperti sekarang ini seharusnya kasus penipuan seperti yang anda alami seharusnya bisa dengan mudah teratasi namun sayang kita hidup di “negara hukum” yang tidak jelas hukumnya. Makanya kasus penipuan yang anda alami ini hanya akan jadi kenangan aja, penipu digital di negeri ini bebas berkreasi dan mereka tak pernah takut tersentuh hukum sebab mereka tau mereka untouchable.

    Saran saya, perbaiki dan perbaharui semua data anda, terutama yang berhubungan dengan uang anda seperti akun bank dll, sebab penipu itu berkelompok.

    7
    4
    • 21 Agustus 2022 - (09:16 WIB)
      Permalink

      Iya Sudah banyak yg tertipu dan masih banyak orang bodoh lain nya yang serakah dan tidak belajar dari kesalahan orang lain. Smartphone emang meresahkan buat pengguna yg belum smart dan yg tidak smart

      8
      1
    • 21 Agustus 2022 - (09:44 WIB)
      Permalink

      Iya kak terimakasih saranya,sebelum menulis di sini kemarin saya juga suda membaca ada korban lain juga yang menulis di media konsumen ada yang dari bandung,tapikan kejadian sudah seminggu yang lalu jadi saya menulis disini berharap ada tindakan dr pihak shopee lebih lanjut karena sudah saya coba urus sebelumnya dan tidak ada hasil yang memuaskan

      • 22 Agustus 2022 - (05:09 WIB)
        Permalink

        Shopee dan BCA sudah wanti2 peringatkan Anda dan pengguna lainnya, jangan meladeni pesan apapun diluar aplikasi, WA atau medsos resmi mereka. Jangan salahkan Shopee atau BCA kalau udah terjadi pembobolan uang karena sistem keamanan mereka sudah dirancang sedemikian rupa sehingga pelaku kejahatan pun masih harus menghubungi Anda agar bisa meretas akun Shopee dan BCA Anda.

        4
        1
  • 21 Agustus 2022 - (08:36 WIB)
    Permalink

    Masih marak nya penipuan karena banyak org bodoh dan serakah , dr jaman dulu kalau ada org menelpon/SMS berarti itu jelas penipuan .mana ada jaman skrg org ngasih uang cuma2 kalaupun menang undiang itu di umumkan di media , tp masih ada .geleng geleng kepala jadi nya

    8
    1
  • 21 Agustus 2022 - (09:11 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagi smartphone dengan segala kecanggihan teknologi nya di zaman sekarang mengelabui dengan mudah user yang belum smart,
    Tipe tipe orang masih percaya dengan mudah dukun pengganda uang,
    Seperti nya Smartphone perlu sertifikasi untuk pengguna nya biar sama sama smart,

    6
    1
  • 21 Agustus 2022 - (09:19 WIB)
    Permalink

    Saya juga sering dapat tlp yg mngaku dari shopee,katanya saya dapat cash back 5jt.saya hanya butuh masukkan nomor tlp saya di ATM terdekat utk penarikan.tp saya bilang jauh dan saya minta dia menunggu.jd sambil tlp dia mengarahkan cara”nya.saya ajak ngomong muter” sampe 2 jam.mungkin di a capek dan nanya SDH smpe blom ke ATM?saya bilg msih cari pinjeman sepeda.akirnya dia mrh” ngatain saya sejadi”jadinya.tak tanyain mas mau nipu saya ya??dia bilg GK.tak bilangin dari awal mas tlp saya udh chat cs shopee dan mngatakan shopee GK mengadakan cash back yg lgsung di TF ke rek,jd itu penipuan.akhirya dia matiin tlp.?????

  • 21 Agustus 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Bang..data mau dimana saja sdh bocor.. Inti nya harus waspada dan jgn sekalipun ksh no otp kepd siapapun, yg sudah berlalu ya sudah jd kan itu pelajaran kedepan nya, ok

  • 21 Agustus 2022 - (10:22 WIB)
    Permalink

    anda go-block, jangan pakai smartphone mulai sekarang. itu hanya untuk orang-orang pintar. mandi lagi yang lama…terus sekalian

    4
    1
  • 21 Agustus 2022 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Jadi inget kata pesulap merah di salah satu wawancaranya dengan dr. lee tentang hipnotis. gak beda jauh kaya gini. menulis di media konsumen adalah salah satu bentuk perlindungan diri agar tidak terlihat bodoh padahal pada dasarnya orang yang ketipu tau dia yang salah, buat nutupin kesalahan dan agar tidak terlihat bodoh mencari kambing hitam menyalahkan shopee, ovo dan BCA atau yang lainnya. Saya yakin semua pembaca tau dan sukit memberi solusi tentang penipuan seperti ini karena ya pada dasarnya kesalahan ada di orang yg di tipu. paling semua cuma bisa memberi saran kedepannya lebih berhati-hati, lebih banyak baca modus penipuan seperti ini dan bisa membedakan layanan resmi dan tidak.

    6
    1
  • 21 Agustus 2022 - (13:48 WIB)
    Permalink

    Seandainya penulis surat pembaca diatas dan orang-orang yang sudah tertipu sebelumnya dari WA kode +1 mau sedikit aja “smart” dan tidak tergiur iming-iming cashback, Anda gak akan tertipu. Jadi, yang gak aman siapa?

    Intinya adalah, jangan tergiur iming-iming hadiah atau cashback. Karena pelaku akan berusaha dengan berbagai cara untuk memperoleh kode rahasia OTP Anda, baik melalui penipuan (social engineering) dan peretasan (hacking) sebagai sarana untuk mengeksploitasi uang elektronik atau uang yang tersimpan pada m-Banking Anda.

    Jadi, yang tidak aman siapa?

    2
    1
  • 21 Agustus 2022 - (15:40 WIB)
    Permalink

    memang penulis juga mengakui kesalahan, bagaimana pihak dari shopee menjelaskan hal ini?

    klo tidak ada laporan hukum saya rasa laporan sulit diproses,
    coba penulis laporkan kejadian hal ini ke kepolisian setempat, setelah itu tolong hasilnya dituliskan ke sini juga,

    • 21 Agustus 2022 - (18:42 WIB)
      Permalink

      logika yang harus diingat : mau kasih hadiah ya transfer saja, gak perlu input kode ini itu, klik link ini itu. masa iya mau dapat hadiah harus pencairan pinjaman

  • 21 Agustus 2022 - (16:05 WIB)
    Permalink

    SAYA ANGGAP, BAPAK BISA BACA FULL DARI SMS YANG BERISI OTP.
    KALIMAT PALING AKHIR DIBACA BERULANG² YAA..

    5
    1

 Apa Komentar Anda?

Ada 77 komentar sampai saat ini..

Akun dan Data Saya di Shopee Tidak Aman, Penipu Tahu Transaksi di Akun…

oleh Sarono dibaca dalam: 2 menit
77