Terjebak Aplikasi Pinjol Tunai Pintar, Banyak Rupiah dan Pinjam Juga

Tanggal 1 September 2022, saya download aplikasi pinjol Tunai Pintar, lalu mendaftar. Belum selesai daftar, tiba-tiba muncul tagihan dari aplikasi Banyak Rupiah dan Pinjam Juga (terlampir tagihan masing-masing Rp1,6 juta).

Padahal saya tidak klik salah satu aplikasi itu, tapi tiba-tiba ada transfer sejumlah Rp1,6 juta. Setelah 7 hari, per tanggal 9 September 2022,  dua aplikasi ini (Banyak Rupiah dan Pinjam Juga), masing-masing menagih sejumlah tersebut, yaitu Rp1,6 juta. Jadi total tagihannya Rp3,2 juta dalam waktu 7 hari.

Hal ini meresahkan saya, terkait data saya yang disebar. Mulai tanggal 5 September 2022 DC, selalu WhatsApp dengan nada ancaman dan berganti-ganti nomor. Saya merasa terjebak, karena tidak meminjam, tapi tiba-tiba ditransfer.

Saya hanya akan mengembalikan sejumlah pokok yang ditransfer, bukan 2 kali lipat dengan tempo 7 hari dari 2 aplikasi tersebut.

Agus Purwanto
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:221    Rata-Rata: 3.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

46 komentar untuk “Terjebak Aplikasi Pinjol Tunai Pintar, Banyak Rupiah dan Pinjam Juga

  • 16 September 2022 - (17:13 WIB)
    Permalink

    Pak pak.. jangan dibalikin dulu. Coba anda lihat postingan pinjol sebelum anda disini ada tinggal cari aja. Solusinya ada disana juga.
    Jangan asal balikin.. enak aja..tahan dl pak.

    21
    12
      • 17 September 2022 - (08:43 WIB)
        Permalink

        Walaupun sudah isi No.Rek. Bank belum tentu jadi mengajukan karena biasanya penawaran dg realisasinya beda, misal penawarannya tenor 90 hr dengan Pinjaman 1 jt, nah begitu kita tertarik kita disuruh isi data secara lengkap, begitu sudah kita isi semua ternyata yg ditawarkan cuma Tenor 7 hr dg pinjaman 1 jt tapi yg akan di tf hanya 600 rb dg dalih potongan ini-itu lalu total pengembaliannga bisa hampir 1,5 jt..ini yg banyak terjadi pada Pinjol Ilegal.
        Jadi sebaiknya saran saya, cuekin aja mas dan gak usah dibayar karena kita tertipu, data sudah lengkap eh dia sengaja nawarin kita yg gk masuk akal…udah sikaat duitnya, cuekin terornya…kuat2an aja..paling lama 3 bulan mas. Atw klo memungkinkan ganti no.Hp aja…

        20
        • 18 September 2022 - (08:30 WIB)
          Permalink

          Betul ga usah di balikin/dibayar….. Paling teror saja…. Dc Ga bakalan datang ke rumah ….. Itu apk Ilegal.

          Maaf kalau boleh saya bantu.. Ni no saya arie 089509153395

          4
          1
          • 19 September 2022 - (19:40 WIB)
            Permalink

            Kasus bapa ini persis sekali dengan kasus saya saat ini.saya Gk pernah ngajuin pinjaman tp uang masuk secara bersamaan 3 aplikasi dg tenor 7 hari .baru 3 hari banyak telepon penagihan .dan saya bayar tp bukan nya lunas malah lebih banyak lg pinjol pinjol yg lain ikut nagih.sampe data saya di sebar luaskan di seluruh kontak saya sampe mengatakan ibu saya pelacur.klo ada yg bisa bantu saya mohon bantuan nya jug.

            1
            2
        • 18 September 2022 - (13:14 WIB)
          Permalink

          OJK , Kominfo dan POLRI makan gaji buta.Kasihan rakyat terjebak dgn pinjol2 baik legal maupun legal sm sj.Ini pinjol2 merusak sistem ekonomi kerakyatan yg kita bangun.Kalau pinjol2 ini tdk segera dibumi hanguskan, sy yakin akan ada gelombang massa untuk menghancurkan kantor dn gedung2 mrk…dn OJK harus bertanggungjwb..Pasti akan muncul Class Action dri rakyat kpd OJK, POLRI dn KOMINFO yg dianggap tak mampu atasi persoalan pinjol2 yg sdh meresahkan..Itu tim penagihan nya biadab semua!!!

          16
    • 17 September 2022 - (14:16 WIB)
      Permalink

      Jika itu pinjol ilegal, merasa terjebak, sudah diancam, dipermalukan ke kontak yg ada, maka saya sarankan jgn dibayar! Karena anda sudah diintimidasi, dipermalukan. Terlebih mulai dari Presiden, Menteri, Kapolri, OJK dll tidak ada 1 pun yg berpihak dan hukum di negara kita tidak berpihak dan tidak boleh pro dgn pinjol ilegal ini. Lampirkan saja ke polisi, info ke kontak mu kalau datamu telah disalah gunakan dan ganti no hp mu. Ga usah cemas pinjol ilegal ini rata2 banci, hanya memanfaatkan data cust dan mempermalukan saja. Tenang saja

      12
      1
      • 18 September 2022 - (20:51 WIB)
        Permalink

        Lho ko sama kasus nya seperti saya,,, baru tadi siang ada yang WA mengatas namakan pinjam emas,,, dia nagih pembayaran 1.6jt sedangkan saya ga nerima uang pinjaman ujug ujug ada penagihan,, di cek di bank ga ada masuk uang sejumlah 1.6jt

        • 19 September 2022 - (12:35 WIB)
          Permalink

          Jgn dibĺikkin anggp aj rjeki itu pinjol ilegal ga bklan ad yg dteng siapin mental aj trus psng status klo ad yg menyalah gunakn dta kita emng tuman tuh pinjol maen tf2 aj

    • 17 September 2022 - (15:00 WIB)
      Permalink

      Ya nih pak saya juga sama di WA dgn peminjaman tersebut pdhl sy tdk klik eh tiba tiba ada yg masuk k rek sy tdk sesuai dgn tagihan

    • 17 September 2022 - (15:42 WIB)
      Permalink

      Sy jg merasa trjebak.d apl tdk ada jngka waktu pinjam.bru brs ngisi dta tau tau ada info uang udh d tf.kn sy jg bingung.jangka waktu 7 hari.uang masuk 1.040.000 hrs balikin 1.6 jt.jebakn banget.

    • 17 September 2022 - (18:39 WIB)
      Permalink

      Saya juga terjebak aplikasi tersebut,ada 2 transfer an masuk,saya jadi bingung Karena saya tidak merasa meminjam

      • 21 September 2022 - (08:51 WIB)
        Permalink

        Posisi saya sekarang juga lagi di kejar-kejar sama teroran DC ko pinjol ilegal. Tiap hari ada teror an dari DC. Aku takut dikatain yang enggak ” sampe akhirnya aku melakukan perpanjangan.

    • 16 September 2022 - (22:02 WIB)
      Permalink

      Betul ga usah di share pake pc kok..anda taro di stts aja asa yg menggunakan ID anda. Kuatin mental ..pinjol ilegal ga ada badan hukum kok .

      15
      1
      • 20 September 2022 - (23:37 WIB)
        Permalink

        Saya juga ngalamin hal yg sama tiba2 masuk transferan dari tri usaha berkat 992000 tgl 13 sep 2022 dari rek BRI tapi mau di balikin gk ada nmr rek nya,tgl 20 sep 2022 ada tagihan dari aplikasi ngaku nya dari fintech banyak rupiah tapi saya tdk pernah ngajuin pinjaman di aplikasi tersebut. Dia ngancam sebarin data pribadi .silah kan sebarain Krn sekarang sudah ada UU perlindungan data pribadi. Saya akan bawa ke ranah hukum Krn saya merasa tidak pernah ngajuin pinjaman di aplikasi tersebut.inti nya skrg KL ada fintech yg menyalahgunakan data pribadi jgn ragu2 lapor ke pihak berwajib.sekarang SDH ada UU PDP.jgn takut ayo rame2 laporkan Krn mereka tlh mencuri data pribadi kita.

  • 17 September 2022 - (03:33 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf, saat daftar itu kan harus memasukan nmr rekening kan ya
    Berartti sdh sengaja mendaftar kalau sdh memeasukan nmr rekening

    9
    5
    • 17 September 2022 - (07:14 WIB)
      Permalink

      Iya beliau memang daftar pinjol pasti disuruh isi noreknya tapi bukan pengajuan pinjaman, daftar dan pengajuan berbeda, klo daftar cuma sekedar isi data di formnya untuk di approve atau tidaknya sebagai nasabah tergantung dari pinjolnya, klo “pengajuan” itu sudah terdaftar sebagai nasabah dan akan mengajukan nominal pinjaman, misal saya ngajuin 1JT nah itu menunggu verifikasi lagi dari pihak pinjolnya setelah statusnya berubah verified, biasanya ada notif “uang pinjaman anda akan di transfer ke norek anda”

      12
      • 17 September 2022 - (21:26 WIB)
        Permalink

        gini lho

        itu ngisi no rek di aplikasi induk dan dibwah apk indunya itu isinya banyak pinjol saat pengajuan datanya di ambil dari apk yg di klik sesuai gambar di atas jd akan di kirim sesuai dengan data induk yang masuk.

  • 17 September 2022 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Tidak udah risau, semua pinjol yg anda infokan itu bestatus ILEGAL dan sudah pernah dengar kan info resmi bahwa tidak usah bayar hutang di Pinjol Ilegal …? Paling terror via telepon dan sebar data aja kok.

    Logikanya aja deh, kita pinjam 1.600.000 lalu apa rela Perusahaan Pinjol Iegal itu sewa jasa DC yah pasti tidak murah kan bayaran untuk jasa DC. Jelas tidak sebanding dengan hutang yg akan ditagih kan, makanya hampir semua Pinjol Ilegal metode ancamannya sama yaitu terror dan sebar data.

    Pakai prinsip ini aja ” Sebar data = Hutang Lunas”

    10
    1
  • 17 September 2022 - (08:21 WIB)
    Permalink

    Itu sudah ada buktinya.. Tinggal laporin aja ke AFPI dan OJK… Gak lama juga ada balasan dr pinjol tsb.. DC sekarang harus pny sertifikat dr AfPI.. Klo tidak harusnya pinjol itu kena sanksi.. Laporin aja… DC itu psti dipecat

  • 17 September 2022 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Rejeki nomplok,pinjol ilegal.Ga usah dibalikin.Ga bakalan ada dc dateng kerumah.Yang penting kuatin mental aja.

    • 20 September 2022 - (23:02 WIB)
      Permalink

      Ada juga orang yg mental.nya kurang,, bagaimana menghadapi yg seperti itu, kasihan …
      Utk yg mental kurang bayar ajha sesuai yg dia kasih n pengumuman sama semua kontak barangkali ada yg nyebar data duruh abaikan n laporkan ..

  • 17 September 2022 - (09:36 WIB)
    Permalink

    100% tidak usah di bayar,, ajak ketemuan kalo rese ajakin duel saja,, tapi gak bakalan berani pinjol banci,, kejadian, nomer sy di jadikan kontak darurat sm org, waktu itu saya lokasi deket sama kantor mereka, katanya di Rasuna said saya sharelock saya tungguin ternyata gak berani dasar banci.

  • 17 September 2022 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru kemarin saya di transfer cuma 3jt, saya di suruh balikin 5,4jt dlm 4 hari gila gak tuh. Data saya sudah terlanjur di sebar. Jd tetap saya bayarkan 5,4jt langsung. Emang kurang ajar mereka.

    • 17 September 2022 - (18:05 WIB)
      Permalink

      @Carina
      Seperti ini yg jadi bulan-bulanan penjahat pinjol ilegal.
      Kalau kata pemerintah jangan dibayar ya ikuti. Kenapa? Karena mereka tidak ada kontribusi untuk negara.
      Ajuin lagi pinjol ilegalnya, setelah itu jagan dibayar!..
      Kontak dan galerinya amanin dulu backup ke akun google yg lain.

  • 17 September 2022 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Ini pengalaman sy..baru isi data udh di transfer, (pinjol ilegal nominal 500rb), karena sy merasa ga ngajuin pinjaman dan baru isi data ngapain sy harus pusing buat balikin, kalau memang pihak pinjol datang kerumah itu lebih bagus…sy ajak ngopi…😃😃, jngn dibikin pusing pak kalau memang ga merasa pinjam dan jngn takut di datangin DC lapangan, itu hanya bikin bpk stress.

    • 17 September 2022 - (11:57 WIB)
      Permalink

      Lapor ojk trus afpi.,
      Sambil ganti nmr.,
      Uang ditahan dulu.,
      Tunggu pihak admin menelpon.,
      Kalau sudah nelpon baru persetujuan balikin uang sesuai dngan nominal yg di trf.,
      Ingat pembayaran lewat aplikasi, bukan lewat rekening dc atau pihak manapun.,.
      Krna system mereka dari aplikasi.,
      Mau denda sampai 1M., dari aplikasi bisa dihapus melalui admin asli.,
      Hal yg saya sebut khusus yg legal…
      Kalau illegal , keputusan ada di bpak.,
      Jika teror merasa merugikan., hingga sebar data.,
      Anggap saja uang tersebut uang ganti rugi.,

      • 17 September 2022 - (18:18 WIB)
        Permalink

        @ambhound
        OJK udah capek ngurusin kek ginian. Mereka tutup juga nanti muncul lagi . Lha wong itu pinjol ilegalnya juga beranak.

        Sy iseng nih minjem di Tunai Pintar td pagi.

        Dan ternyata pinjemannya ada banyak beranak. Rampokin aja deh sekalian 😂.
        Minjem KTP draft dr org kecamatan, dah gt diancurin draft KTP nya biar ga disalahgunain.

        Lumayan 7,1jt . Uang setan dimakan jin nih hahaha bagi2 sma org kcmatan. 😂

        Ati2 jgn coba2 iseng tanpa ada persiapan yg matang. Seperti dummy contact, no hp/WA abal2. dan lain sebagainya.
        Tutorialnya ada di youtube. Silakan pelajari dl.

        4
        1
        • 18 September 2022 - (00:26 WIB)
          Permalink

          Sepakat sih pak.,.
          Sekarang mungkin giliran nasabah yg melakukan hukuman balas budi kepada mereka para dc.,.
          Kalau saya lihat” di sosmed., rata” nasabah tidak pernah komplain masalah bunga yg lumayan tinggi ( legal )
          Tapi selalu masalah penagihan dc..,

          Ya jangan salahkan nasabah senasional yg dendam dengan dc krna cara kerja mereka sembarangan., belum lagi dihadapkan yg ilegal asal transfer., penagihan juga sama dengan yg legal…
          Intinya krna dc., pinjol yg dibawanya akan jadi tumpahan emosi para nasabah..,
          Tanpa nasabah dc tidak akan pernah ada.,
          Krna bayaran dc diperoleh dari nasabah juga. ,
          Untung yg ditagih kasar rata” wanita…
          Tapi ingat, kalau lagi apes., wanita tersebut anaknya hacker.., kelar deh pinjol senasional di hack krna ibunya direndahkan oleh dc..,

      • 17 September 2022 - (18:37 WIB)
        Permalink

        Mas bisa bantu cara buat laaporan ke ojk dan afpi. soalnya istri saya jugaa lagi sama ni kasus nya. dari Dana cantik.

  • 17 September 2022 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Ini klo dibayar jga percuma data2mu sdh sama mereka, ketika lo bayar lunas tagihannya nanti akan di tfr lagi yg lebih gede dan ada tagihan baru… Baru kmrn2 di mk saya baca.. Intinya dibayar akan ada lagi tagihan baru bgtu strusnya… Reset HP ganti no dh menghilang…

  • 17 September 2022 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Saja jg pernah mengalami hal yg sama melalui pinjol tunaiku, dana belum masuk malah sudah jatuh tempo saya komplain malah saya diarahkan ke pinjol lain menurutnya dana yg masuk suruh di tf balik lgi biar jatuh temponya bisa dirubah menurut beliau sedang ada perbaikan sistem namun kenyataan jatuh tempo berjalan terus sedang dananya tidak ada yg ada hanya tagihannya kemudian saya lapor ke kantor polisi menurut polisi ganti no TLP sama tutup rekening saja Krn hal demikian SDH biasa Klo ada2 apa nanti polisi yg menangani kelanjutannya

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

Terjebak Aplikasi Pinjol Tunai Pintar, Banyak Rupiah dan Pinjam Juga

oleh Agus Purwanto dibaca dalam: 1 menit
46