Transfer Uang via ShopeePay, Gratis Tapi Saldo Nyangkut

“Transfer gratis… Transfer gratis…Transfer pake Shopepay…”

Iklan tersebut kerap berkumandang di sela-sela tontonan asyik kita di televisi. Saking seringnya, anak saya yang kini berusia 3 tahunan mulai fasih menyanyikan penggalan lagu yang dinyanyikan salah satu artis dangdut itu.

Bukan hanya anaknya, bapaknya juga mulai terpengaruh dengan iklan itu. Saya menggunakan shopepay untuk transfer uang ke bank. Alih-alih mengejar kata gratis, saya pun jadi sering menggunakan fasilitas transfer tersebut. Tapi ada beberapa catatan yang harus digarisbawahi.

Salah satunya adalah transfer hanya bisa dilakukan di jam operasional bank. Kemudian estimasi ke bank konvensional adalah 1 jam. Kurang lebih seperti itulah ketentuan dari shopee yang saya baca di aplikasi.

Jadi saya melakukan transfer harus di jam kerja, kemudian maksimal estimasi transfer adalah 1 jam setelah transaksi diproses. Ketentuan tinggal ketentuan, pada prakteknya ternyata masih saja ada kendala.

Pada tanggal 17 September 2022 saya melakukan transfer ke bank BCA dengan no rekening 64**20*7*4 sebanyak dua kali. Transfer pertama nominalnya 450.000 dan yang kedua 500.000. Jarak transfer keduanya kurang lebih 1 menit.

Ilustrasi

Setelah dicek di rekening penerima, ternyata yang masuk hanya transaksi kedua. Karena was-was, lalu saya menghubungi customer service dan agent menjawab estimasi transfer adalah 1 jam. Cs kemudian mengatakan jika dalam 1 jam masih belum masuk, maka saya boleh menghubungi cs lagi.

Lebih dari 1 jam ternyata transaksi belum masuk, kemudian saya kembali menghubungi cs. Tanpa menjelaskan duduk perkara, saya kirim screenshot status transaksi serta id pelaporan dari cs pertama.

Cs kedua mengatakan laporan sedang ditindaklanjuti. Saya meminta penjelasan kenapa saldo belum masuk ke rekening bank, namun cs (Tono) menjawab tidak memiliki akses untuk mengetahui permasalahan, dia hanya menyampaikan keluhan ke pihak terkait untuk ditindaklanjuti. Dia juga mengatakan bahwa saya harus menunggu 3×24 jam dan melakukan pengecekan secara berkala.

Bagi saya, uang 450.000 bukanlah sedikit. Apalagi uang itu sangat dibutuhkan untuk kelangsungan usaha saya. Cs memang menyebutkan bisa saja saldo masuk rekening lebih cepat dari estimasi. Kemudian saya juga bisa mengatakan bahwa mungkin saja kan saldo masuk melebihi estimasi 3×24 jam? Cs pun tidak menjawab dan menutup percakapan secara sepihak.

Karena panik dan merasa membutuhkan uang tersebut,saya kemudian browsing via google. Ternyata permasalahan seperti ini tidak hanya menimpa saya.

Persoalan saldo nyangkut juga terjadi pada pengguna shopee lain. Bahkan di beberapa forum disebutkan ada yang nominalnya jutaan rupiah dan baru kembali setelah menunggu sebulan. (Silahkan Googling dengan kata kunci ‘transfer shopepay dalam proses’).

Ada yang pernah mengalami juga?

Tolong kepada pihak Shopee dijelaskan permasalahan apa yang membuat transfer tidak berjalan normal. CS mengatakan bahwa sistem Shopee tidak mengalami gangguan.

Bank juga tentunya tidak mengalami masalah. Pasalnya, saya melakukan transfer ke nomor rekening yang sama, jarak waktu yang hitungan menit, hanya nominalnya saja yang berbeda.

Kalau sudah begini, jadi ragu untuk melakukan transfer via shopepay yang gratis itu.

Ady Nugraha
Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:10    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Transfer Uang via ShopeePay, Gratis Tapi Saldo Nyangkut

  • 18 September 2022 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Gratis nyangkut….
    Begitulah….
    Bagus bagus adalah mobile banking, malah tergoda iklan gratis transfer… Ya sudah.

    6
    3
  • 18 September 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Kasih jeda dalam prosesnya. Supaya tidak kejadian seperti ini.
    Saya biasa kasih jeda 10-15 menit per transaksi, belum pernah ada nyangkut selama ini.
    Kemungkinan ini karena kamu transaksinya berdekatan (kurang dari 1 menit kan?) sehingga sistemnya nyangkut. Lagian saya heran, kamu top up 950 ribu, kenapa transfernya dipecah 2x ya? Apa transfernya ke dua rekening berbeda? Kalau ke rekening yang sama kan bisa langsung transfer 950 ribu, jadi cuma 1x transaksi aja.

    • 19 September 2022 - (13:07 WIB)
      Permalink

      sepertinya ga ada hub nya diberikan jeda pun. yg nyangkut kan transaksi pertama.

      • 19 September 2022 - (20:07 WIB)
        Permalink

        Sama,, pernah nyangkut 50rb, gak masuk dipenerima,, gak ada solusi, pihak shopee ngotot udah masuk. Tapi penerima gak menerima dana masuk.
        Terus yang nipu siapa?

        1
        2
      • 19 September 2022 - (21:47 WIB)
        Permalink

        Ya makanya karena jeda kurang dari 1 menit, ada kemungkinan transaksi pertama itu belum sukses dan berhasil masih proses, lalu ditimpa lagi sama penulis ke transaksi kedua, jadi sistem cuma proses yang kedua, yang pertama jadi nyangkut. Ibaratnya kayak kamu belum selesai kerja pertama, udah dikasih lagi kerjaan kedua, otomatis jadi gak fokus, yang kerjaan pertama bisa jadi terbengkalai, nah sistem pun begitu. Itu gunanya jeda antar transaksi.

  • 19 September 2022 - (11:33 WIB)
    Permalink

    paling sedih kalo proses nya nunggu 2 minggu, yg pdhal uangnya mau buru2 dipake :”)

    • 21 September 2022 - (09:34 WIB)
      Permalink

      Makanya saya ga pernah simpen uang di dompet2 digital model shopeepay, dana, ovo dan lain2 tai anjing semuanya.
      Mending di Bank yg lebih jelas

  • 19 September 2022 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Darimana Anda dapat informasi bahwa proses transfer dari Shopee Pay ke BCA cuma 1 jam? Anda membuat aturan sendiri? Anda tidak baca S&K nya?

    Sebelum Anda komplain sebaiknya baca dulu S&K nya agar gak terlihat kurang referensi dan dikawain orang se-Nusantara. Jikapun Anda tidak baca S&K lengkap, setidaknya Anda baca keterangan setelah proses transfer Anda lakukan, yaitu untuk transfer ke BCA maksimal 1 hari kerja. Itu maksimum waktu yang dibutuhkan, tapi seringkali untuk transfer ke BCA langsung masuk, hanya butuh waktu beberapa menit saja. Sedangkan untuk Bank lain, bisa sampai 7×24 jam ya.

    Mungkin belum lagi 1×24 jam (untuk transfer ke BCA) udah Anda komplain. Kelihatannya Anda gak sabar orangnya, pingin segala sesuatu instan seperti mie instan. Sebuah sistem tidak bisa disamakan dengan cara berpikir Anda, tapi Anda harus mengikuti sistem.

    Sebaiknya, sebelum komplain baca dulu S&K nya atau tanya sama orang lain yang lebih paham dari Anda, biar Anda gak terlihat kurang paham!

    1
    4
  • 20 September 2022 - (07:13 WIB)
    Permalink

    ‘Salah satunya adalah transfer hanya bisa dilakukan di jam operasional bank. Kemudian estimasi ke bank konvensional adalah 1 jam. Kurang lebih seperti itulah ketentuan dari shopee yang saya baca di aplikasi.”

    Sudah baca ketentuan? Kan tgl 17 September 2022 hari Sabtu bukan jam operasional bank 🙄

  • 20 September 2022 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Lah shopee dipercaya…
    Masih suka liat iklan “Shopee COD Shopee COD dijamin aman?”
    Nah coba tanya pada sekian banyak seller yg jd korban shopee COD, di MK juga banyak yg duit dibalikin pembeli.. barang yg dikemblaikan nyangkut di ekspedisi kayak JNT/JNE/anteteraja/sicepat dll..
    Percayalah di dunia ini ga ada yg gratis tanpa timbal balik/embel embel sejuta kekurangan dibelakangnya

  • 22 September 2022 - (17:15 WIB)
    Permalink

    Kalau transfer harus satu satu di jeda dan layar jangan lupa di refersh ulang dulu,

  • 23 September 2022 - (00:27 WIB)
    Permalink

    Update, transaksi dibatalkan otomatis by sistem. Transaksi pertama dinyatakan gagal dan saldo balik ke shopepay kurang lebih 24 jam setelah transaksi.

 Apa Komentar Anda?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Transfer Uang via ShopeePay, Gratis Tapi Saldo Nyangkut

oleh hasan dibaca dalam: 2 menit
16