Samsung S20+ Terkena Masalah “Vertical Green” Setelah Update Software

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya ini.

Saya melakukan pembelian unit Samsung S20+ pada 11 Maret 2020 (SEIN). Sampai tanggal 2 Oktober 2022, unit Samsung ini masih dalam keadaan sempurna, tidak ada kendala dan selalu terproteksi dengan baik walau garansi SEIN telah lewat (habis).

Pada 2 Oktober 2022, saya menyetujui update perangkat lunak versi G985FXXSFFVH7. Setelah proses update software tersebut, muncul garis vertikal berwarna hijau sangat terang di layar smartphone saya (lihat gambar).Perlu diketahui bahwa hal ini muncul tanpa ada jatuh atau terbentur.

Awalnya saya mengira ada kerusakan hardware, sampai kemudian melakukan penelusuran di internet, termasuk di komunitas pengguna Samsung.

Lagi dan Lagi, pengguna S20+ mengalami layar hijau vertikal

Di forum tersebut saya membaca puluhan Pengguna Samsung S20+ mengalami hal yang sama, muncul garis vertikal hijau setelah melakukan update perangkat lunak mereka. Bahkan dari informasi di forum pengguna sudah dianggap cacat produk dan “penyakit” bawaan Samsung S20+.

Saya mencoba menghubungi Samsung Service Center dan mendiskusikan solusi dari maslah ini. Respons yang diberikan hanya menyarankan penggantian LCD unit dengan estimasi biaya Rp3-4 juta. Saya sebagai pengguna produk Samsung (Smart TV, AC, Kulkas, Smartwatch, Smartphone) kecewa sekali, karena memiliki ekspektasi bahwa produk flagship seperti ini mestinya memiliki kualitas lebih baik.

Saya berharap ada solusi dari Samsung untuk saya dan puluhan pengguna Samsung S20+ lainnya.

Ifan Harnata
Bogor, Jawa Barat


Update (18 Oktober 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas solusi perbaikan dari pihak Samsung Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Samsung S20+:
[Total:52    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Samsung S20+ Terkena Masalah “Vertical Green” Setelah Update Software

      • 9 Oktober 2022 - (20:38 WIB)
        Permalink

        Bukan. Itu memang salah Samsung, bug di software update. S10 series, S20 series kena. S20 Ultta istriku jg gtu. Green screen tapi.

          • 10 Oktober 2022 - (07:31 WIB)
            Permalink

            Masa permasalahan dari samsung s7 edge datang lagi ke penerusnya?

          • 11 Oktober 2022 - (06:03 WIB)
            Permalink

            Kalo saya punya menjadi panas sekali screen nya dan seluruh bodynya setelah update software terbaru. Batery jadi draining cepat sekali habis.. ada yg bisa bantu?

        • 10 Oktober 2022 - (08:02 WIB)
          Permalink

          Om Joe, untuk S20 Ultra punya istri om Joe apakah solusi akhirnya diganti hardware?

  • 9 Oktober 2022 - (12:57 WIB)
    Permalink

    Layar AMOLED penyakit nya memang gitu. Kalau masih garansi bagusnya langsung dibawa ke service centre Samsung biasanya akan dikasih 2 opsi. Perbaikan atau ganti unit baru.

    4
    2
    • 9 Oktober 2022 - (13:01 WIB)
      Permalink

      Tapi melihat kondisi TS sepertinya memang udah lumayan berumur. Penyakit AMOLED kalau diatas 2 tahun seringkali begitu. Solusinya adalah kurangi brightness layar, aktifkan dark mode dan anti flicker mode. Dibandingkan dengan LCD, AMOLED mmg lebih rentan. Kadang ada kasus purple tint. Atau dead pixel dan masih banyak lagi

      3
      1
      • 9 Oktober 2022 - (13:05 WIB)
        Permalink

        Kalau habis masa garansi biaya perbaikan AMOLED memang lumayan mahal. Karena parts buat layarnya itu yang bikin mahal. Dan melihat gambar 1 sepertinya TS tidak pernah atau jarang mengaktifkan anti flicker mode. Yang mana layar akan menampilkan kecerahan dan kontras maksimal ketika berada di ruangan gelap. Ini yang membuat susunan pixel AMOLED tadi jadi kurang awet. Apalagi udah berjalan 2 tahun lebih. Gak hanya Samsung. Tapi semua smartphone dengan layar AMOLED gitu penyakitnya.

        4
        1
        • 10 Oktober 2022 - (07:57 WIB)
          Permalink

          Thanks for Sharing, Om Dimas. Pengetahuan baru mengenai layar dan cara kerja Amoled. Jadi pengalaman berikutnya.

        • 18 Oktober 2022 - (19:10 WIB)
          Permalink

          Om Dimas, samsung tetap menyatakan ini masalah hardware karena usia unit sudah nyaris 3 tahun. Setelah diskusi melalui telp akhirnya ada solusi yang saya terima.

          Penyelesaiannya dilakukan penggantian LCD, Baterai, dan penggantian body sekaligus oleh Samsung (Sein) dengan diskon biaya 50% dari biaya service dan sparepart.

  • 9 Oktober 2022 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Kalau masalah software dari update ya bisa dicoba downgrade ke firmware seblumnya. Tp kalau vertical green kayak gitu spertinya layarnya rusak. Tp ya dicoba downgrade aja dulu. Penyakit amoled emang gitu dan layar jangan terlalu lama nyala dan terang tanpa bergerak gambarnya.

    • 10 Oktober 2022 - (07:59 WIB)
      Permalink

      Sudah dicoba om Arif, HP baru tidak ada masalah. HP lama (S20+) ini masih tetep vertical green hehehe

  • 9 Oktober 2022 - (23:34 WIB)
    Permalink

    Itu sebabnya ane kemarin skip gamau pakai seri S20u, dulu langsung pindah ke n20u dari s10+. Baru balik ke seri S setelah ada s21u. Udh 1 tahun masih aman semua update dilibas

  • 10 Oktober 2022 - (06:02 WIB)
    Permalink

    Thanks for sharing, dari pengalaman Anda berarti umur AMOLED sekitar 2 tahun ya.
    Teman saya Samsung note 9 Dari awal prelaunch(april 18) sampai sekarang (Oct 22) belum mengalami kendala Pada layar, pemakaian wajar sosmed dan game casual.

    • 10 Oktober 2022 - (14:50 WIB)
      Permalink

      Tergantung pemakaian. Intinya layar amoled gak boleh diset terlalu terang dan layar nyala tapi gambar diam terlalu lama gitu

      • 10 Oktober 2022 - (22:40 WIB)
        Permalink

        Kita expense 15jt+ buat hp tentu dengan ekspektasi tinggi ya. Kalau layar brightness kurang terang, pemakaian outdoor gak kelihatan. Kan ya aneh

  • 10 Oktober 2022 - (22:38 WIB)
    Permalink

    S20+ saya kebetulan mengalami yang lebih parah. Gak cuma green line, tapi sudah white screen dan flickering. Saya komplain ke samsung via email, hp di sarankan bawa ke service center. Dan saya bilang gak mau bayar karena ini sudah jelas manufacturing deffect di s20 series. Pihak samsung menawarkan discount 50% untuk biaya penggantian tapi saya keep refusing untuk bayar. I’m pushing mereka untuk replace layar free of charge. Dan sudah seminggu ini mereka masih offer untuk replace dengan discount 50% itu. Hell no, even my old asus work more reliable compare to those shitty flagship model. Jujur saja, saya pakai iphone 6s dari 2014 sampai 2022 with no other problem but battery life, tapi masih make sense untuk hp dipakai 7 tahun ganti batre 1 kali. Dan bukan 2 tagun ganti layar.

    Hallo samsung, mana tanggung jawab kalian???

    5
    1
  • 11 Oktober 2022 - (06:35 WIB)
    Permalink

    Bnyk yg ngeluh ke tukang service setelah update, dan rata rata garis hijau, gak mungkin serentak ada masalah begitu kalau gak salah dari HP nya, antara layar nya yg kurang bagus atau dalamnya atau sofware yg membuat hardware menjadi rusak.. Harus ada penelitian kenapa bnyk terjadi di seri samsung s20, s21, s22, serie S, karena seri lain nya gak kayak begitu

  • 11 Oktober 2022 - (12:56 WIB)
    Permalink

    Komponen di fleksibel layarnya pada error karena ada bug di update OS nya sepertinya, brand overpay sekelas ini kok bisa blunder begitu ya? Apa dibagian test running softwarenya lagi pada ngantuk?

  • 12 Oktober 2022 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Menurut asumsi saya, ada 2 kemungkinan..
    1. Permainan mafia IT dibalik itu untuk membuat konsumen kecewa. Klo sudah kecewa tentu kita sebagai pengguna akan menghujat samsung beralih ke Hp buatan China. Tentunya ada persaingan bisnis perusahaan handphone.

    2. Pihak IT samsung Sengaja memprogram IT di software samsung, agar kita merogoh kocek untuk memperbaiki Handphone maupun membeli baru.. tentu nya mendukung produk samsung makin laris manis dan produk nya tidak tenggelam

 Apa Komentar Anda mengenai Samsung S20+?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Samsung S20+ Terkena Masalah “Vertical Green” Setelah Upda…

oleh Kasumpat dibaca dalam: 1 menit
27