Layanan Pegadaian Digital Milik BUMN Terkesan Seperti Main-main dengan Nasabah

Saya nasabah tabungan emas digital Pegadaian. Saya melakukan proses upgrade akun pada tanggal 1 November 2022. Sebelum akun terverifikasi atau ter-upgrade menjadi premium, saya sudah melakukan pembelian emas sebagai tabungan, sekitar 6,9 gram. Memang tidak besar bagi beberapa orang, tapi ini lumayan buat saya.

Saya juga sudah pergi ke 2 cabang, yaitu cabang di daerah Batu Aji dan cabang di Belakang Padang untuk proses upgrade ini. Tentu ada uang yang harus keluar untuk melakukan perjalanan menuju cabang, yang mana saya tinggal di tempat kerja di daerah Tanjung Uncang. Untuk orang Batam pasti tahulah berapa biaya buat mondar-mandir ke sana kemari dan harus menyeberang ke pulau.

Kemudian saya menghubungi CS melalui WA, dengan nomor laporan ARIANA-381552, bahkan juga diminta KTP untuk membuat laporan tersebut. Setelah beberapa hari saya menunggu, tidak ada perubahan di akun saya. Kemudian saya menghubungi CS melalui WA dan Instagram untuk menanyakan perihal laporan saya. Namun jawabannya itu-itu saja dan berbeda satu sama lain:

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya Bapak F, Terkait kendala yang dialami, mohon menunggu estimasi pelaporan 1-7 hari kerja terhitung sejak dibuatkannya laporan, namun dapat selesai lebih cepat. Silakan untuk melakukan pengecekan secara berkala dengan menyebutkan data pengaduan yang telah dilengkapi sebelumnya guna mengetahui status dan nomor tiket pengaduan.”

Kemudian setelah beberapa hari, ditanya lagi jawabannya lain lagi:

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, setelah kami bantu pastikan untuk status pelaporannya saat ini sedang dalam penanganan tim terkait kami, dan sudah kami bantu follow up kembali agar dapat segera dibantu selesaikan untuk kendalanya. Mohon ketersediaannya menunggu kembali untuk update informasi selanjutnya melalui kami. Berikut nomor laporannya ARIANA-381552dan dipastikan untuk estimasi penyelesaian 7-14 hari kerja tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah sejak laporan dibuatkan, namun tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat. Jika dalam waktu tersebut belum ada perkembangan terkait kendalanya, silakan konfirmasi melalui kami kembali.”

Kemudian setelah tanggal 9 sekitar pukul 18.40 WIB ada notifikasi di aplikasi, bahwa status upgrade berhasil. Namun di aplikasi tidak berubah, akun masih standar dan belum premium. Kemudian saya langsung menghubungi lagi pihak Pegadaian baik dari WA, Telegram, dan Instagram, semua saya hubungi seperti biasa dan jawabannya hanya seperti ini

“Terima kasih telah menghubungi Customer Care Pegadaian melalui Chat WhatsApp.
Saat ini Anda telah terhubung dengan Faris.

Selamat Pagi Bapak Fajar
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami, untuk kendala tersebut kami akan koordinasikan ke tim terkait. Mohon dilengkapi data berikut ini:
Jenis Kendala : Akun berhasil upgrade premium namun PDS masih standar
Kronologi :
Upgrade Akun Berhasil jadi PREMIUM,
Cek di aplikasi pegadaian ternyata status berubah lagi ke STANDAR
Nama Nasabah :
NIK KTP:
Nomor CIF :
Nomor Handphone:
Email :
Tanggal Pengajuan Upgrade :”

Seperti biasa, harus menunggu 7 hari lagi untuk proses laporan itu tidak termasuk Sabtu dan Minggu. Bahkan saya juga chat CS lain yang mencoba menyarankan:

  1. Upgrade versi terbaru 5.3.0.
  2. Coba install dan uninstall.
  3. Coba login tanpa WIFI.
  4. Bersihkan cache.

Padahal semua sudah benar, hanya sistem dari mereka saja yang belum berubah dan kasus seperti ini saya lihat bukan cuma sekali tapi ada banyak. Logika saja, sekelas BUMN kinerja dalam mengurus laporan dan proses upgrade memakan waktu yang lama, apakah itu layak? Untuk sekelas BUMN?

Saya sebagai nasabah kecewa. Bayangkan jika ada yang memiliki kebutuhan mendesak tapi akun belum premium dan dia sudah menabung seperti saya ,apa yang akan terjadi dengan nasabah tersebut? Untuk para konsumen yang ingin menabung emas di Pegadaian Digital, tolong dipikir kembali dan jadikan tulisan ini sebagai referensi dan banyak lagi kok tulisan mengenai Pegadaian Digital.

Fajar Surawijaya
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pegadaian:
[Total:83    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan atas Keluhan Layanan Pegadaian Digital Milik BUMN Terkesan Seperti Main-main dengan Nasabah

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Fajar Surawijaya yang berjudul “Layanan Pegadaian Digital Milik BUMN Terkesan Seperti Main-main dengan Nasabah”...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Layanan Pegadaian Digital Milik BUMN Terkesan Seperti Main-main dengan Nasabah

  • 12 November 2022 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Sy juga pake Pak.. Emang paling sering susah saat beli via digital dan kurang update juga, gk bs bersaing dg app swasta spt LakuEmas dan Tamasia, gk ribet dan mudah dicetak emas dan dikirim k rumah. Tapi tetap pake juga simpanan emas pegadaian cuman udah gk top up lagi kecuali emang ada duit lebih krn setor juga harus k kantor cabang padahal kalo emas beli pas harga terendah hr itu pas kerja masak harus k kacab. LakuEmas sy rasa paling the best untuk simpanan emas digital.

    7
    3
    • 13 November 2022 - (06:11 WIB)
      Permalink

      Upgrade akun premium di aplikasi sebenarnya memang harus datang ke kantor tempat pembukaan tabungan, jgn melalui WA atau TLP ini itu, harus datang… proses 10 s.d 15 menit kelar… jika sudah datang ke kantor cabang namun belum selesai bahkan sampai ber hari hari.. itu yg goblok petugas nya gak paham soal upgrade akun premium. Jadi jgn salahkan aplikasinya?? Saya pakai 7thn aplikasi tsb aman dan lancar bahkan tabungan emas pegadain lebih top, ptongan cuman biaya admin aje itupun tiap atu tahun sekali doank… klo yg lain????

      11
      1
      • 13 November 2022 - (12:01 WIB)
        Permalink

        Satu lagi keuntungan pegadaian digital yaitu nasabah bisa menggadaikan tabungan emasnya dengan dana segar dengan biaya sewa modal cuma 0,75 % per 15 hari dan proses pengajuan nggak sampai 5 menit.

        2
        1
  • 12 November 2022 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Logika saja, sekelas BUMN kinerja dalam mengurus laporan dan proses upgrade memakan waktu yang lama, apakah itu layak? Untuk sekelas BUMN?

    justru sekelas mereka yang lama itu layak. kalo cepat malah aneh….

    10
    1
    • 12 November 2022 - (16:57 WIB)
      Permalink

      Kalo dalam upgrade udah tercantum dalam aplikasi 3×24 jam selesai, namun tidak demikian untuk laporan 7 hari itu menurut saya berlebihan untuk sekelas bumn sedangkan untuk swasta saja sudah bisa di bawah itu mungkin bisa di perbaiki lagi kedepan untuk pihak pegadian sendiri

    • 13 November 2022 - (05:49 WIB)
      Permalink

      Betul,sekelas BUMN ngurusi upgrade akun aja butuh waktu berbulan bulan. Saya mengkonek kan no SIF ke aplikasi Pegadaian Digital sampai 3 bulan itupun setelah saya kasih rate *1 di Play Store. Masih jauh klo Pegadaian Digital mau disejajarkan dengan aplikasi lain. Mampunya hanya ngurusi emak2 gadai barang doang..

      • 12 November 2022 - (21:54 WIB)
        Permalink

        Semoga masalahnya cepat terselesaikan, saya dulu juga mengalami kesulitan untuk upgrade ke premium, berulang coba selalu gagal.Kemudian diarahkan ke kantor cabang, langsung tatap muka dan dibantu sama cs dan tidak sampai 15 menit akun menjadi premium.

    • 13 November 2022 - (09:11 WIB)
      Permalink

      Ada om, kalo gak salah tiap bulan dipotong 0,0340 gram dari tabungan emas digitalnya. Kalo menurut saya rugi kalo yg dipotong itu emas digitalnya. Tabungan emas digital saya udh saya tarik semua dari PD. Kalo titip emas mending bayar biaya titip nya bayar pake rupiah. Kenapa saya bilang rugi, sebagai contoh begini. Kalo misal cuman punya emas digital 1 gram kemudian dibiarkan selama 30 bulan maka 1 gram tsb akan habis dimakan biaya titip di aplikasi. Kalo bagi kalangan menengah ke atas mgkin gak masalah ya hal tersebut.

  • 12 November 2022 - (17:50 WIB)
    Permalink

    Namanya perusahaan BUMN mah gitu, lelet, servernya aja ada jam-jam nya. Yaam istirahat, jam ngopi, jam sholat dll,. Apalagi kalo hari libur, servernya ikut liburan🤣

    1
    1
  • 13 November 2022 - (10:25 WIB)
    Permalink

    Saya udah 3thn menjadi nasaba pegadaian memang untuk agred ke akum prenium melalui aplikasi sangat sulit dan di sarankan ke cs 15 menit selasai, selama ini pegadaian ok ok aja lancar, cuma yg kurang ok Gcash nya… perna beli pulsa 2x status berhasil tapi pulsanya dak masuk, konfermasih ke pengaduan pake wa, di minta data kayak pinjol aja. Disiruh selfi pegang KTP. Mending ilang dari pada nanti emas saya yg ilang…

  • 13 November 2022 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama, tgl 6 oktober saya datang k kacab tempat saya tinggal d bandung karna dulu saya buka rekening di tangerang+sudah ganti nomor, sudah 3 tahun saya tidak nabung tp sudah ada saldonya, tidak memungkinkan kalo harus k tangerang, akhirnya dilayani dan diminta mengisi form permintaan perubahan data, 4 hari kemudian saya telfon cabangnya nanya kelanjutannya tp katanya ada data yg kurang, kk+scan rekening, katanya nanti ada petugas yg menghubungi via WA untuk ngirim berkasnya, 3 hari ditunggu2 gak ada yg WA, saya telpon lagi aga ngegas, “kalo kaya gini yg lama ya dipegadaiannya,saya udah siapin berkasnya saat diminta!” Sorenya ada yg ngWA, saya kirim lah berkasnya, seminggu kemudian saya followup katanya belum, seminggu kemudian lagi dia ngeWA ngirim foto email katanya prosesnya sudah selesai, besoknya saya coba upgrade sendiri masih gagal, besoknya saya datangin cabang tsb katanya kalo soal sistem itu full urusan pusat mereka ga berwenang, heleeeeehhhhh buntu lagi, dan saya baru ngeuh bbrapa hari kemudian data nasabah saya berubah dong harusnya gmail.com ini jadi .cos untung saya sempet screenshoot yg masih .com trus saya WA ke petugas cabang itu, katanya kemungkinan lg maintenance, udah hampir 2 minggu sejak katanya maintenance gak kelar2 wkwk. Dah lah malesss ngurusinnya, semoga rizki saya cukup biar ga harus repot beurusan sama pegadaian

  • 13 November 2022 - (16:11 WIB)
    Permalink

    Saya upgrade akun jadi premium lewat aplikasi gak bisa, langsung kepegadaian dan cetak buku tabungan hanya butuh waktu 15 menit selesai

 Apa Komentar Anda mengenai Pegadaian?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Layanan Pegadaian Digital Milik BUMN Terkesan Seperti Main-main dengan…

oleh Wijaya dibaca dalam: 2 menit
18