Koin Shopee Saya Mendadak Hangus Tanpa Pemberitahuan

Kepada pihak Shopee yang terhormat,

Saya sebagai pengguna Shopee member Platinum dengan username: joni_fongiadi, ingin menyampaikan keluhan kepada pihak Shopee. Perihal Koin Shopee saya yang tiba-tiba dihanguskan oleh Shopee pada tanggal 1 November 2022, sebesar 499.012 koin, tanpa ada notifikasi atau pemberitahuan sebelumnya.

Padahal koin yang banyak tersebut baru saya dapatkan pada tanggal 28 Juli 2022, yakni sebesar 539.340 koin, atas pembelian 1 unit POCO F4 GT (12GB + 256 GB) seharga Rp8.999.000.


Sebelumnya saya benar-benar tidak tahu bahwa koin Shopee yang didapatkan akan kedaluwarsa. Kalau pun akan kedaluwarsa, ya seharusnya tidak secepat itu dong. Kalau tahu Koin Shopee saya akan segera kedaluwarsa, tidak mungkin saya sebodoh itu mendiamkan dan mengorbankan koin Shopee yang saya dapatkan dengan susah payah.

Seharusnya pihak Shopee juga ada kasih pemberitahuan atau semacam notifikasi ke pelanggan Shopee, khususnya yang nilai koin Shopeenya banyak dan akan segera kedaluwarsa. Minimal ada notifikasi 1 hari sebelum koin Shopee tersebut kedaluwarsa, untuk mencegah konsumen dirugikan. Namun ini sama sekali tidak ada.

Setelah koin Shopeenya hangus, baru muncul notifikasi bahwa koin Shopee sejumlah 499.012 koin telah hangus. Apakah saya tidak terkejut setengah mati dan kecewa berat? Nilai Koin Shopee yang hangus sebesar 499.012 koin bukanlah nilai yang kecil.ย Apakah ini disengaja oleh Shopee atau semacam trik untuk menjebak pelanggan Shopee agar pihak Shopee bisa merampas Koin Shopee milik pelanggan dalam jumlah yang besar?

Melalui surat pembaca ini, saya berharap pihak Shopee bisa mengerti kondisi yang saya alami. Mengingat saya yang telah menjadi pelanggan setia Shopee dan sudah memiliki status sebagai Member Platinum. Sehingga saya berharap pihak Shopee bisa mempertimbangkan, untuk mengembalikan koin Shopee saya yang telah hangus dan memberikan saya kesempatan untuk menggunakan dan menghabiskan koin Shopee tersebut.

Pihak Shopee boleh kasih saya tenggang waktu minimal 15 menit ataupun maksimal 1×24 jam. Saya pasti akan sangat berterima kasih kepada pihak Shopee kalau permintaan saya ini bisa dipenuhi. Karena bagaimanapun Koin Shopee itu adalah hak pelanggan punya.

Jujur saja, karena masalah Koin Shopee yang tiba-tiba hangus ini, saya menjadi stress berat dan frustrasi, serta menjadi hilang kepercayaan terhadap Shopee. Karena saya merasa seperti dijebak dan dirampas hak milik saya.

Akhir kata, saya berharap pihak Shopee bisa kasih solusi yang terbaik untuk masalah saya ini. Demikian surat pembaca ini saya sampaikan. Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Joni
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Koin Shopee:
[Total:57    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

39 komentar untuk “Koin Shopee Saya Mendadak Hangus Tanpa Pemberitahuan

  • 13 November 2022 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Kamu ini bukan dirampas haknya tapi kamu sendiri yang teledor gak cek syarat dan ketentuan Shopee.
    Sudah ada penjelasannya kalau koin Shopee akan hangus di akhir bulan KETIGA sejak didapatkan.
    Kamu dapat koin bulan Juli.
    Bulan pertama : Agustus
    Bulan kedua : September
    Bulan ketiga : Oktober

    Ya itu benar akhir Oktober hangus koinnya. Secara sistem itu bukan perampasan tapi kesalahan user sendiri gak paham syarat dan ketentuan platform yang dipakai.

    54
    5
    • 13 November 2022 - (14:51 WIB)
      Permalink

      Yaampun,, sebentar apanya dari juli ini sudah november ๐Ÿคฃ klo masalah notif itupun sebenarnya bisa di cek sendiri loh kapan tgl kadaluarsanya. Tinggal klik di bagian koin itu. Itu sih salah sendiri.

      13
      4
      • 15 November 2022 - (22:22 WIB)
        Permalink

        Pihak Shopee sudah menghubungi saya dan sudah menyelesaikan masalah ini dengan sangat baik,terima kasih Shopee

    • 14 November 2022 - (19:01 WIB)
      Permalink

      dari bulan juli ya hangus dong, lagian kenapa gak langsung dipake utk tagihan bulan agt sep okt. kan bayar tagihan listrik, wifi, dll bisa pake koin.

  • 13 November 2022 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Aturan 3 bulan kadaluarsa sudah lama diterapkan.
    Berarti anda tidak membaca syarat ketentuan yang sudah tertera jelas.
    Sebenarnya anda juga tidak rugi, koin adalah bonus bukan uang anda.

    23
    3
  • 13 November 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    “tidak mungkin saya sebodoh itu mendiamkan dan mengorbankan koin Shopee yang saya dapatkan dengan susah payah.”
    tapi nyatanya anda boddoh gak baca koin exp. 3 bln setelah dapat..

    “saya menjadi stress berat dan frustrasi”
    sudah gak usah dipikiran pak sampai stres, wong kesalahan anda sendiri .

    yuk semangat ngumpulin koin lagi kak

    22
    6
    • 13 November 2022 - (13:38 WIB)
      Permalink

      50.000 Koin Shopee kadaluwarsa pada 30-11-2022. Semoga nanti dibelanjain dulu ya, takutnya hangus pula dan bikin komplain kedua di sini.

      14
      2
      • 13 November 2022 - (19:55 WIB)
        Permalink

        Iya kak. Koin shopee akan hangus dalam 3 bulan. Sebaiknya kakak cek koin shopeenya per minggu jika memang suka belanja buat dapatkan cashback. 50.000 koin shopee kakak akan berakhir tgl 30 nov ini sebaiknya dipakai di merchant saja kak, krn bisa pakai koin shopee 50%. Kl kakak suka kuliner, bisa bayar pakai shopee pay atau belanja bulanan di hypermart, primo supermarket, foodmart. Kalo superindo sekarang tidak bisa pakai shopee katanya tidak kerjasama lagi.

    • 14 November 2022 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Yah jon… lebih stress mana jon? Hilang koin sopi apa ngumbar kebodohan di MK? ๐Ÿ˜…

      3
      3
  • 13 November 2022 - (12:59 WIB)
    Permalink

    itu di screenshot ada info 50 ribu akan hangus tanggal sekian. sebaiknya digunakan dulu biar gak tambah stress

    14
    3
  • 13 November 2022 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Anehnya kok ada kata didapatkan dengan susah payah ya. Bukannya didapatkan secara mudah? Tinggal klik voucher cashback.

    11
    6
  • 13 November 2022 - (17:01 WIB)
    Permalink

    Sudah biasa itu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    Aku yg seneng ngumpulin koin, pernah hampir 1 jt tapi eman buat dibelanjain aja tiap akhir bulan juga kepotong kok, kan emang sebelumnya sudah ada pemberitahuan 5-10 hari sebelum kadaluarsa
    Sampe aku bikin vt di tiktok buat bagi” koin shopee ๐Ÿ˜‚

    • 14 November 2022 - (21:46 WIB)
      Permalink

      Akun shopee saya di ban sepihak oleh pihak shopee karena alasan penyalah guna vourcher free ongkir padahal vourcher free ongkir kn emang shopee yang sediain … Saya kecewa berat Sam ashopee dengn menggunakan alasan yng tidak jelas memblokir perangkat hp saya jadi tidak bisa menggunakan shopee lagi

      2
      1
  • 13 November 2022 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Emang syarat seperti itu 3 bln hangus, kalo mau buat petisi sana biar masa aktif ditambah 6-12 bulan, makanya koin sope itu paling tdk laku misal promo sama 5% mending toped/blibli/Lzd

    2
    4
  • 14 November 2022 - (01:29 WIB)
    Permalink

    Mempermalukan diri sendiri
    Makanya sering2 cek
    Dan baca snk nya
    yg disalahin malah pihak shopee menuduh yg gak2

    5
    4
  • 14 November 2022 - (02:08 WIB)
    Permalink

    Jejak digital memang kejam

    Kl shopee ga terima bisa dituntut pencemaran nama baik
    Pdhl yg salah diri sendiri

    Hayo bikin permintaan maaf nya
    Drpd ntar mewek loh

    4
    4
  • 14 November 2022 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Kayaknya konsumen baru shopee. Gak ngerti peraturannya. Kalau disini shopee yg salah pasti anda dapat banyak pembelaan dari semua yg komen. Lah ini satupun gak ada yg bela anda. Itu menandakan kesalahan ada pada diri anda sendiri yg teledor

    4
    3
    • 14 November 2022 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Konsumen lama, udah “PLATINUM”, mungkin kurang update dg SnK Penggunaan Koin, duluu emang kadaluarsa dalam 6bulan, kalau sekarang jadi 3bulan.

    • 14 November 2022 - (20:35 WIB)
      Permalink

      Padahal cashback shopee bisa dimanfaatin buat mengurangi biaya tagihan bulanan dan bisa ngurangi harga belanja misal saat belanja di 9.9 , 10.10 , 11.11 selagi promo banyak dapat potongan harga dari koin juga.

      Ini malah dikumpulin, aduh-aduh terlalu OP pemikirannya.

  • 14 November 2022 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Tipe tipe penulis di media konsumen yang menganggap apa yang dia alami karena kesalahan perusahaan tanpa membaca sarat dan ketentuan perusahaan yang dia gunakan jasanya atau produknya.

    4
    3
  • 14 November 2022 - (10:51 WIB)
    Permalink

    kesalahan penulis sendiri sih karena lalai/lupa tentang aturan koin shopee..
    cuma kalau dari sisi notifikasi, memang sebaiknya shopee mengirimkan peringatan sebelum poin kedaluwarsa, yg tentunya jauh lebih bermanfaat bagi konsumen daripada pemberitahuan poin telah hangus.
    semoga bisa jadi masukan positif untuk shopee.

    • 14 November 2022 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Ada notifikasinya klau koin akan kadaluwarsa. Dan itu bisa tiap hari menjelang kadaluwarsanya.

  • 14 November 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Niat hati cari dukungan dari netizen biar dibalikin koinnya. malah dibully abis-abisan.

    santai aja kak, saya juga berkali-kali hilang itu koin shopee, sampe stress makan mie instant 3 mangkok. abis itu semangat belanja lagi.

  • 14 November 2022 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Makanya kl dpt gratisan langsung dibelanjain habis, jgn disimpen2. Kl dah gini kan tinggal nyeselnya aja, balik mah kagak๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

  • 14 November 2022 - (17:05 WIB)
    Permalink

    koin shopee memang expired 3 bulan sejak didapatkan. wkt situ pake shopee kan disuruh mengerti dulu terms nya, jangan2 cuma checklist2 aja next next next wkwkwkwk. kebiasaan org sini yg penting daptar dulu aja, ada ketidaktahuan belakangan. Lagian di halaman koin shopee ada expirednya, dipantau terus aja. kl sy sih boro2 dpt ratusan ribu koin, seringnya habis tak bersisa hihihihi seret banget sekarang cashback2

  • 14 November 2022 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Yeh si bego. Klo w jdi orgshope mah. G ush di ladenin trus blokir akunnya biar g bisa blnja di shopee lagi. Biar mikir ne orang

    1
    1
  • 15 November 2022 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Dia yg bodoh karna ga baca dia yg ngamuk , uda jelas kok ada terms and condition nya cm entenya males baca .
    Kalau dibawah 3 bulan dari peratuan koinlu ilang nah baru dirampas namanya , enak banget klo smua jawaban cm ngomong tidak tau , ditilang karna ga helm pun tgl bilang tidak tau berati beres ga kena tilang gitu? Ya ga bisa gitu ndro.

    1
    1
  • 15 November 2022 - (19:37 WIB)
    Permalink

    mungkin bLm rezeki penuLis .. ikhLaskan saJa .. tuh koin kembaLi ke Shopee .. ๐Ÿ˜“

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Koin Shopee?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Koin Shopee Saya Mendadak Hangus Tanpa Pemberitahuan

oleh Joni Fongiadi dibaca dalam: 1 menit
39