Surat Pembaca

IndiHome Tidak Konsisten dengan Aturannya Sendiri, Pelanggan Lama yang Sering Dirugikan

Saya Ricky, konsumen yang sudah lama menggunakan layanan IndiHome dan sudah berkali-kali dikecewakan, tapi tidak speak up aja masalah ini. Hingga akhirnya, saya pikir saya akan membuat surat pembaca untuk IndiHome. Yang sampai saat ini, saya merasa mereka tidak konsisten memberikan pelayanan terhadap konsumen lama dan sangat jelas tidak sesuai dengan motto dan syarat ketentuan yang IndiHome berlakukan selama ini: https://indihome.co.id/syarat-ketentuan

Baik saya jelaskan, awalnya saya berlangganan IndiHome 2P dengan nomor ID pelanggan: 162612201556. Yang mana biaya bulanan saya di kisaran Rp944 ribu per bulannya. Lalu pada bulan Oktober saya mengetahui kalau ada paket lebih murah (paket ini sudah ada sebelum saya mengetahuinya pada bulan Oktober). Dengan service yang sama dan bonus Disney+, biaya untuk paket tersebut adalah Rp625.000/bulannya.

Kemudian saat itu juga saya menghubungi 147, email dan juga media sosial IndiHome, untuk request migrasi. Namun ketiga layanan CS tersebut menolak, dengan alasan jika paket tersebut KHUSUS untuk pelanggan baru. Sedangkan dalam aturan tertulis dalam poin 6.1:

6.1. Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) ini tersedia untuk pelanggan baru IndiHome dan pelanggan lama IndiHome yang ingin melakukan upgrade pada paketnya (https://indihome.co.id/promo/promo-paket-jitu).

Paket saya sebelumnya tidak ada Disney+, maka seharusnya terhitung upgrade.

Namun karena seperti yang saya sebelumnya katakan, saya tidak komplain begitu banyak saat itu, akhirnya saya memilih pasang baru, dengan nomor IndiHome saat ini: 162612201119, yang akhirnya terpasang pada tanggal 3 November 2022.

Selang sekitar seminggu kemudian, IndiHome membuka promo kembali dengan promo 11.11. Lalu saya membaca kembali syarat dan ketentuan yang ada: https://indihome.co.id/landingpage/promo1111. Di sana jelas secara tertulis:

Namun lagi-lagi CS menolak permintaan migrasi, dengan alasan ini untuk pelanggan pasang baru saja. Akhirnya hal ini membuat saya memilih membuat tulisan di Media Konsumen.

Yang membuat saya kecewa adalah PSB yang saya pasang ini masih pada bulan yang sama dengan promo. Padahal dalam syarat dan ketentuan di atas tidak tertulis “Khusus pelanggan Baru”. Jika ada pun masa iya perusahaan sekelas IndiHome tidak memiliki kelonggaran akan hal tersebut? Bahkan saya mengobrol dengan sesama pengguna IndiHome yang ada di Kaskus, ada juga yang baru pasang tanggal 10/11 dan tidak bisa migrasi juga. Sungguh mengcewakan dengan apa yang IndiHome berikan ke konsumennya.

Saya sangat meyakini hal seperti ini harusnya masuk dalam perlindungan konsumen. Jika harga yang konsumen bayarkan tidak sesuai dengan layanan yang diberikan oleh IndiHome itu sendiri. Saya sesungguh tidak membutuh 2P, karena telepon rumah sendiri tidak pernah dipakai. Jika IndiHome mau memeriksanya, silakan periksa kedua langganan IndiHome yang saya miliki, apakah saya pernah menggunakan teleponnya atau tidak? Untuk Disney+ sendiri, saya memperbolehkan untuk dicabut atau dilanjutkan, dengan catatan sebagai add-on jika migrasi ke 11.11 diperbolehkan.

Sampai saat ini saya merasa IndiHome tidak pernah memberikan apa yang konsumen inginkan atau setidaknya kompensasi dari kerugian konsumen dapatkan. Bayangkan saya dulunya membayar Rp944 ribu per bulan lebih dari 1 tahun, yang ternyata ada paket lebih murah dengan FUP yang sama. Saya sebagai konsumen tidak diberitahukan hal tersebut, padahal mereka sendiri bikin aturan HAK Pelanggan/konsumen dalam link: https://indihome.co.id/syarat-ketentuan

2. Mendapatkan pelayanan yang baik dan transparan dari TELKOM terkait Layanan IndiHome.
5. Mengajukan klaim terhadap tagihan Biaya Layanan IndiHome apabila diyakini ada besaran tagihan yang tidak sesuai.

Sedangkan kedua aturan tersebut tidak pernah saya dapatkan sebagai konsumen/pelanggan saat ini.

Saya harap IndiHome dapat berbenah dan memperbolehkan saya melakukan migrasi, karena banyak konsumen yang dirugikan atas ketidakkonsistenan IndiHome atas aturan yang di buatnya sendiri.

Ricky
Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Telkom Regional VI atas Surat Bp. Ricky

Dengan Hormat, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan Bapak Ricky tanggal 14 November 2022 berjudul “Indihome Tidak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya bulan agustus lalu bisa kok migrasi paket.
    dari Indihome reguler 2P (telpon) 50 Mbps ke Indihome Gamers 2P (telpon) 50 Mbps.

    Bisa dibilang harga Indihome beberapakali mengalami penurunan khususnya utk pelanggan baru, pelanggan lama mah biaya langganannya tetap harganya sesuai biaya di awal.

    Oh ya harga langganan sblm mingrasi Rp. 638.250. dan setelah migrasi jadi Rp. 606,098. biaya ini sdh termasuk PPN ya. hemat 30rb-an

    oh ya proses migrasinya lewat bantuan IH di Twitter.

  • Akalin nya begini. Ajukan pasang baru. Setelah yg baru terpasang, yg lama diputus
    Kmrn pas 11.11 dan sampe skrng masih ada paket yg 370rb 100mbps. Rata2 user pada begitu. Pasang baru, yg lama putusin.

  • Pengalaman pribadi saya sama seperti Pak Ricky, hanya saja orang tua saya hanya tau membayar tagihan, saat itu menggunakan 3P dengan total tagihan per bulan sekitar 450rb masih dispeed 10 Mbps, kebetulan saya cek aplikasi myIndiHome ada info 3P untuk speed 30 Mbps dengan tagihan perbulan 430rb, naah itu saya screenshoot dan langsung saya bawa ke plasa telkom, karena saya tau perihal tagihan ataupun promo seperti itu akan bertele-tele jika menghubungi cs via telpon, dan oke deal, cs di plasa telkom menginfokan speed akan mulai up 7 hari kedepan, besok nya saya hubungi 147 dan akhirnya speed sudah up ke 30 Mbps kurang dari 7 hari, inti nya emang harus agak ngeyel kalau yang seperti ini ?

    • Betul, syukurnya punya ane juga dah kelar
      semoga kedepannya indihome bisa lebih baik lagi sih dalam aturan-aturannya

  • [UPDATE]
    Setelah diskusi bareng Tim Internal Regional disini(mempawah) beberapa hari lalu tepatnya tanggal 15/11/2022
    akhirnya masalah ini sudah di selesaikan secara baik-baik ya, dan beberapa keluhan selama berlangganan juga udah saya sampaikan ke Tim nya
    dan sudah mendapatkan solusinya

    Terimakasih teman-teman media konsumen yang sudah menerbitkan surat saya dan juga para pembaca media konsumen

  • iya sekarang banyak promo untuk pengguna baru hanya 280rb 30mbps, saya saja pengguna lama paket internet 20mbps + tv 335rb+ppn ingin downgrade paket internet 20mbps agar tidak berat biaya /bulannya tidak bisa, yang tersedia/paling murah hanya internet 30 mbps itu juga harganya 330rb+ppn waktu nanya di cs sosmednya. ya tetap mahal. terus saya dapat info dari grup fb kalau ingin downgrade lebih murah harus ke plazanya apa ini benar?soalnya tempat ke plaza cukup jauh dari tempat saya. terima kasih