IndiHome Tidak Konsisten dengan Aturannya Sendiri, Pelanggan Lama yang Sering Dirugikan

Saya Ricky, konsumen yang sudah lama menggunakan layanan IndiHome dan sudah berkali-kali dikecewakan, tapi tidak speak up aja masalah ini. Hingga akhirnya, saya pikir saya akan membuat surat pembaca untuk IndiHome. Yang sampai saat ini, saya merasa mereka tidak konsisten memberikan pelayanan terhadap konsumen lama dan sangat jelas tidak sesuai dengan motto dan syarat ketentuan yang IndiHome berlakukan selama ini: https://indihome.co.id/syarat-ketentuan

Baik saya jelaskan, awalnya saya berlangganan IndiHome 2P dengan nomor ID pelanggan: 162612201556. Yang mana biaya bulanan saya di kisaran Rp944 ribu per bulannya. Lalu pada bulan Oktober saya mengetahui kalau ada paket lebih murah (paket ini sudah ada sebelum saya mengetahuinya pada bulan Oktober). Dengan service yang sama dan bonus Disney+, biaya untuk paket tersebut adalah Rp625.000/bulannya.

Kemudian saat itu juga saya menghubungi 147, email dan juga media sosial IndiHome, untuk request migrasi. Namun ketiga layanan CS tersebut menolak, dengan alasan jika paket tersebut KHUSUS untuk pelanggan baru. Sedangkan dalam aturan tertulis dalam poin 6.1:

6.1. Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) ini tersedia untuk pelanggan baru IndiHome dan pelanggan lama IndiHome yang ingin melakukan upgrade pada paketnya (https://indihome.co.id/promo/promo-paket-jitu).

Paket saya sebelumnya tidak ada Disney+, maka seharusnya terhitung upgrade.

Namun karena seperti yang saya sebelumnya katakan, saya tidak komplain begitu banyak saat itu, akhirnya saya memilih pasang baru, dengan nomor IndiHome saat ini: 162612201119, yang akhirnya terpasang pada tanggal 3 November 2022.

Selang sekitar seminggu kemudian, IndiHome membuka promo kembali dengan promo 11.11. Lalu saya membaca kembali syarat dan ketentuan yang ada: https://indihome.co.id/landingpage/promo1111. Di sana jelas secara tertulis:

Namun lagi-lagi CS menolak permintaan migrasi, dengan alasan ini untuk pelanggan pasang baru saja. Akhirnya hal ini membuat saya memilih membuat tulisan di Media Konsumen.

Yang membuat saya kecewa adalah PSB yang saya pasang ini masih pada bulan yang sama dengan promo. Padahal dalam syarat dan ketentuan di atas tidak tertulis “Khusus pelanggan Baru”. Jika ada pun masa iya perusahaan sekelas IndiHome tidak memiliki kelonggaran akan hal tersebut? Bahkan saya mengobrol dengan sesama pengguna IndiHome yang ada di Kaskus, ada juga yang baru pasang tanggal 10/11 dan tidak bisa migrasi juga. Sungguh mengcewakan dengan apa yang IndiHome berikan ke konsumennya.

Saya sangat meyakini hal seperti ini harusnya masuk dalam perlindungan konsumen. Jika harga yang konsumen bayarkan tidak sesuai dengan layanan yang diberikan oleh IndiHome itu sendiri. Saya sesungguh tidak membutuh 2P, karena telepon rumah sendiri tidak pernah dipakai. Jika IndiHome mau memeriksanya, silakan periksa kedua langganan IndiHome yang saya miliki, apakah saya pernah menggunakan teleponnya atau tidak? Untuk Disney+ sendiri, saya memperbolehkan untuk dicabut atau dilanjutkan, dengan catatan sebagai add-on jika migrasi ke 11.11 diperbolehkan.

Sampai saat ini saya merasa IndiHome tidak pernah memberikan apa yang konsumen inginkan atau setidaknya kompensasi dari kerugian konsumen dapatkan. Bayangkan saya dulunya membayar Rp944 ribu per bulan lebih dari 1 tahun, yang ternyata ada paket lebih murah dengan FUP yang sama. Saya sebagai konsumen tidak diberitahukan hal tersebut, padahal mereka sendiri bikin aturan HAK Pelanggan/konsumen dalam link: https://indihome.co.id/syarat-ketentuan

2. Mendapatkan pelayanan yang baik dan transparan dari TELKOM terkait Layanan IndiHome.
5. Mengajukan klaim terhadap tagihan Biaya Layanan IndiHome apabila diyakini ada besaran tagihan yang tidak sesuai.

Sedangkan kedua aturan tersebut tidak pernah saya dapatkan sebagai konsumen/pelanggan saat ini.

Saya harap IndiHome dapat berbenah dan memperbolehkan saya melakukan migrasi, karena banyak konsumen yang dirugikan atas ketidakkonsistenan IndiHome atas aturan yang di buatnya sendiri.

Ricky
Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Telkom Regional VI atas Surat Bp. Ricky

Dengan Hormat, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan Bapak Ricky tanggal 14 November 2022 berjudul “Indihome Tidak...
Baca Selengkapnya

57 komentar untuk “IndiHome Tidak Konsisten dengan Aturannya Sendiri, Pelanggan Lama yang Sering Dirugikan

  • 14 November 2022 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Wah saya selama 13 tahun pelanggan indihome di rumah tidak pernah ganti mengerti perasaan pak ricky, saya pernah ingin juga ganti paket ke paket promo namun tidak bisa karna hanya ditujukan untuk pelanggan baru.
    Namun seiring waktu saya juga menyadari ada kelebihan juga jadi pelanggan lama dg aturan kontrak indihome dmn paket yg kita pakai dapat berlaku seterusnya dan indihome tidak bisa memaksa kita mengganti paket jd lebih mahal. Saat ini saya sudah 10tahun tidak ganti paket indihome saya, masih cuma bayar 175rb (dg pajak jd 200rb dan sudah termasuk abonemen telpon 60rb) perbulan dmn dulu paket saya hanya 2p(telpon n internet) kecepatan 1mb saja dan dapat turun setelah penggunaan 1giga. Tapi nyatanya karna ada peningkatan infrastruktur fiber optik dan seperumahan pake indihome semua, kecepatan saya tdk pernah turun tuh malah lebih dr 1mb. Tidak lemot, konek ke 6 hp 1 komputer 3 laptop. Pihak indihome juga tdk bs memaksa saya ganti paket yg lebih mahal hihihi. Tetangga saya semua bayar 500an keatas karna baru pasang indihome 2017an. Terimakasih indihome

    7
    32
    • 14 November 2022 - (11:27 WIB)
      Permalink

      Selamat siang pak rahma makasih komentarnya

      berarti bapak sudah langganan dari yang kabelnya sblm optic ya?
      saya tidak tau sih pak kalau yang dulu paket nya seperti apa
      tapi yang saya tau kalau bapak dapet lebih dari 1mb kemungkinan bapak dapet loyalty dari indihome
      tetapi jika bapak melakukan pengecekan ternyata memang 1mb
      itungannya tetap mahal pak kalau di bandingkan jitu 2p 30mb yang skrg harganya di 280
      jika dengan ppn brarti di kisaran 310k (perbedaan dari harga dan speed yang di dapatkan)

      cuma memang tidak semua butuh 30mbps, kebutuhan perorang beda-beda
      sedangkan saya butuh untuk pekerjaan sih
      jadi jika bapak tidak merasa butuh 30mbps lanjutkan paketan yang sekarang aja pak kalau dirasa sudah nyaman

      17
      1
      • 14 November 2022 - (14:07 WIB)
        Permalink

        MANA JARINGAN NYA KEK ***.. SERIMG LOS GAK TERKONEKSI INTERNET, KATANYA PERLU DI REFRES, REFRES MULU

        • 20 November 2022 - (05:53 WIB)
          Permalink

          Telkom mah dari jaman jadul selalu adanpersoalan internal.. tp mereka acuh saja…

          Banyak omong dama mereka gk ada gunanya..

          Internet bukanlah Indihome aja.. yg lain lebih profesional.byk kok.

          ..

          • 20 November 2022 - (05:53 WIB)
            Permalink

            Telkom mah dari jaman jadul selalu adanpersoalan internal.. tp mereka acuh saja…

            Banyak omong dama mereka gk ada gunanya..

            Internet bukanlah Indihome aja.. yg lain lebih profesional.byk kok.

            ..

      • 16 November 2022 - (12:50 WIB)
        Permalink

        Saran saja, utk langganan lebih baik untuk internetnya saja.

        Kalo mau nonton channel tv (all channel) dan Disney+ tinggal beli Android Box yg toko online yg sudah teriinstall aplikasi OTT Navigator (utk nonton channel tv) dan Novie Film/Dutafilm (utk nonton film/serial)

        Semua channel tv premium & film gratis dgn aplikasi tsb tinggal konek ke internet

        Sedangkan Disney+ bisa langganan sendiri lewat telkomsel bayar 20rb/bln atau di Grab suka ada promo, kemaren sy beli di Grab cuma 69 rb utk langganan Disney+ 1 tahun

        Android box harga sktr 400rb dan CARI YG dari TOKONYA sudah TERINSTAL APLIKASI NOVIE TV & OTT NAVIGATOR

        Saya sdh bbrp tahun cuma langganan internet saja jadi murah, channel tv, film, disney+, video, viu, dll nonton lewat android box

      • 19 November 2022 - (22:20 WIB)
        Permalink

        Saya pelanggan indihome pas pertama pas saya pilih paket 2p inet dan tv kalau gak salah namanya odp hitam, seharga 260 dengan PPN jadi 286 kecepatan 10 Mbps, lalu saya upgrade ke 20 Mbps nambah 30 ribu jadi kena 290 plus PPN sekitar 320 an sebulan, kemaren diupgrade otomatis tanpa biaya lagi ke 30 Mbps

        Sampai sekarang masih di 30 Mbps paket inet dan tv dengan pembayaran 320 per bulan

    • 14 November 2022 - (14:36 WIB)
      Permalink

      Yg pelanggan lama itu lemot semua, dgn demikian dipaksa secara halus oleh indibarens buat pindah ke yg lebih tinggi ..lu sales indibarens ya? Pantesan doyan ngibul juga

      9
      1
    • 17 November 2022 - (07:11 WIB)
      Permalink

      Ya, sebaiknya memang tidak udah ganti paket. Saya baru berlangganan IndiHome sejak awal pandemi 2020.sebelum IndiHome, saya pakai First Media. Saya cari info dulu paket termurah IndiHome, maka ketemu paket hitam hijau yang 250 ribu termasuk internet 10 Mbps dan TV kabel. Lalu karena tidak perlu TV kabel, setahun kemudian saya kembalikan STB TV kabel ke Plasa Telkom, dan biaya langganan turun menjadi 200 ribu per bulan. Sekarang diupgrade 20 Mbps tanpa biaya tambahan. Kalau mau ganti layanan sebaiknya ke Plasa Telkom, sedangkan apabila ada gangguan sebaiknya pakai MyIndihome. Kurang dari 24 jam masalah terselesaikan.

  • 14 November 2022 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Kl dr bayar 900an terus mau ganti yg 600an, itu namanya downgrade, bukan upgrade. 2p itu ada dua jenis kl belum berubah, internet + tv dan internet + telp, kl saya pakainya internet + tv.

    • 14 November 2022 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Selamat siang bapak Hery Mulyanto

      Untuk Upgrade disini sudah di jelaskan bahwa itu adalah penambahan fitur dari indihome ya pak terlepas dari harga
      bapak juga bisa baca aturan indihome yang sudah saya taruh di dalam artikel ini
      dimana tertulis dengan jelas jika bapak memilih upgrade ke paket Indihome Jitu yang berisi + Disney itu diperbolehkan bapak

      Disini secara tertulis indihome tidak pernah mengatakan bahwa harga adalah acuan dari downgrade atau upgrade

      Sekarang jika bapak beranggapan itu bukan upgrade berarti paket saya 100mbps dengan telp tanpa disney+ dengan FUP yang sama lebih superior ketimbang paket jitu 2P (inet+telp) dan disney+

      Secara logika kan tidak ya pak, semoga bapak hery mengerti apa yang saya maksud

      terimakasih atas komentar nya pak hery

      • 19 November 2022 - (09:49 WIB)
        Permalink

        Sama saya juga pelanggan lama dari semenjak TSpeedy sampai sekarang. Pernah mengalami hal yang sama, langganan 3P speed 20 Mbps bayarnya 500rb an. Terus saya lihat paket upgrade ke 30 Mbps cuma 375 RB an.

        Saya coba Upgrade via aplikasi tidak bisa, tlp ke 147 jg tidak bisa, tapi diarahkan untuk datang langsung ke Telkom Plasa. Nah di Telkom Plasa ini baru bisa diproses, dengan membawa dokumen KTP, bisa di upgrade ke 30 Mbps, dan tagihan pun turun jadi 375rb an sebelum pajak, setelah ditambah pajak dll jadi 435 RB an.
        Dicoba aja, datang langsung ke Plasa Telkom nya. Good Luck.

    • 16 November 2022 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Sy sdh putus dgn indihome…emank agak ribet urusannya…masih banyak operator lain di tempat sy yg jaringan serta jangkauannya juga bagus.

    • 17 November 2022 - (02:06 WIB)
      Permalink

      Di rumah saya pasang yg internet + tv, cuma tv nya sudah 8 bulan tidak bisa konek mau lapor via aplikasi my indihome tidak ditanggapi dan jaringan sering gangguan pernah lost konek sehari dan indihome tidak memberi kompensasi apapun ke konsumen. Tapi kalau konsumen telat bayar sehari denda langsung jalan. Itulah oknya…

      2
      1
      • 17 November 2022 - (08:47 WIB)
        Permalink

        Media aneh Suka bnget Nyari kesalahan2 orang. Untuk Pelayanan Maintenance Boleh di Adu oleh provider Lain . ISP lain paling Cepat Clear gangguan 1 Minggu bahkan Mau sebulan Baru di betuli . Indihome Ketika Lapor . Sebelum 3 Jam masalah Sudah Teratasi dan Teknisi Turun Kelokasi

      • 18 November 2022 - (01:32 WIB)
        Permalink

        Indihome hrs sadar kompetitor sdh mulai banyak. Klu mereka tdk care kpd pelanggan mereka saya yakin satu persatu akan meninggalkan Indihome sama spt dulu orang menggunakan telepon yg akhirnya ditinggalkan krn pelayanan mereka tdk bagus

    • 17 November 2022 - (23:53 WIB)
      Permalink

      Juni’21 Sy pelanggan Indihome 2P (Internet 20Mbps + TV kabel) hrga 260rb + PPN 11% = Rp. 288.600,- per bln. Pihak Indihome tlputk Upgrade mjd 30Mbps + TV kabel dgn Byr 330rb + PPN 11% mjd Rp. 366.300,- per bln.
      Sy pasg 30Mbps spy bs nonton siaran dr HP shg TV kabel tdk trpakai dr pasg baru bln Juni’21 smp skrg.
      Jk STB TV kabel Indihome bs dikembalikan & dipotong biaya sewa STB TV Kabel, Rncna Sy mau kembalikan STB TV Kabel ke Plaza Telkom Indihome.

    • 17 November 2022 - (23:56 WIB)
      Permalink

      Juni’21 Sy pelanggan Indihome 2P (Internet 20Mbps + TV) hrga Rp. 288.600,- per bln. Pihak Indihome tlp Sy bln Mrt’22 utk Upgrade mjd 30Mbps + TV dgn Rp. 366.300,- per bln.
      Sy pasg 30Mbps spy bs nonton siaran dr HP shg TV kabel Indihome tdk trpakai dr pasg baru bln Juni’21 smp skrg.
      Sy jg mau kembalikan STB TV Kabel ke Plaza Telkom Indihome.

      • 18 November 2022 - (01:32 WIB)
        Permalink

        Indihome hrs sadar kompetitor sdh mulai banyak. Klu mereka tdk care kpd pelanggan mereka saya yakin satu persatu akan meninggalkan Indihome sama spt dulu orang menggunakan telepon yg akhirnya ditinggalkan krn pelayanan mereka tdk bagus

  • 14 November 2022 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Indihome memang cenderung mengeluarkan (baca: mengutak-atik) promo paket dengan tujuan untuk menarik pelanggan baru. Bagi yang cermat, paket-paket baru itu hanya tampak lebih murah karena ada pengurangan di sana-sini, misalnya memperpendek besaran FUP, mengurangi jumlah saluran TV, saluran telepon berbagi frekuensi (plexing), mengurangi down-rate dan up-rate internet, penggunaan router dan STB dengan kualitas lebih rendah, dst.

    Pada kasus TS, mungkin wajar CS menolak upgrade karena pada dasarnya itu adalah downgrade, mengingat selisih harganya. Lebih tepat jika TS menutup paket layanan lama dan mengajukan lagi pemasangan paket baru yang dikehendaki. Sayangnya TS tidak menyebutkan nama spesifik dan fitur paket lama dan paket baru untuk kita komparasi, sehingga keluhan ini agak bias.

    Setahu saya, pelanggan lama mendapatkan beberapa benefit yang sulit didapatkan pelanggan baru. Misalnya program loyalty, kenaikan level untuk prioritas penanganan masalah, kuota yang lebih besar sebelum masuk FUP, kualitas jaringan yang masih murni (bukan sharing atau splitter), dst.

    • 14 November 2022 - (11:37 WIB)
      Permalink

      Selamat siang pak Teguh

      Paket saya sebelumnya adalah Regular jadi tidak ada paket khusus (yang ini dicabut karena sudah lebih 1 tahun jadi tidak denda 1jt, saya beralih ke JITU yang aktif di bulan ini)

      Paket terbaru itu Jitu 2P inet+telp dan disney (seharusnya di artikel sudah tertulis jelas untuk yang ini ya)

      lalu keluar lagi paket promo yang saya inginkan saat ini adalah 11.11

      (seluruh FUP di atas adalah sama, saya sudah diskuskan dengan sahabat2 dan rekan di kaskus tentang hal ini, sharing exprience,dll)

      alasan saya tidak cabut yang Jitu adalah

      pertama paket jitu yang saya baru pasang itu di bulan yang sama bapak
      dan jika saya cabut saya akan di kenakan denda 1juta rupiah
      dan juga
      menurut UUD perlindunga konsumen
      indihome sudah melanggar

      BAB IV

      PERBUATAN YANG DILARANG

      BAGI PELAKU USAHA

      Pasal 8

      Pasal 11

      bisa dilihat di: https://mediakonsumen.com/undang-undang-perlindungan-konsumen

      pake JITU sendiri disebutkan paket promo(Promo berlaku hingga 31 Desember 2022.) akan tetapi mengapa harga promo bisa lebih mahal dari promo terbarunya

      dan itungannya aktif paket saya itu di bulan yang sama bahkan cuma beda sekitar 1 minggu bapak
      apakah perusahaan seperti indihome tidak memiliki kebijkan untuk hal ini?

      6
      2
    • 14 November 2022 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Saya awalnya langganan 1P 50mbps harga 420rb (blm ppn) FUP 1800GB. Sekarang pakai paket promo 11.11 1P 100mbps harga 375rb (belum ppn) FUP 2000GB.
      Harga lebih murah, kecepatan 2x lipat, kualitas jaringan sama (dipasang di kabel yang sama dengan paket sebelumnya).
      Kalau memang ada harga yang lebih murah adalah hak pelanggan ambil yang lebih muarh apalagi kecepatan meningkat 2x lipat.

      • 14 November 2022 - (11:48 WIB)
        Permalink

        Betul pak Yohanes
        hal tersebut harusnya Hak konsumen
        dan indihome sendiri tidak menuliskan aturan tentang pelanggan baru di halaman website promosi tersebut, walaupun sewajarnya rata-rata orang tau itu adalah paket khusus pelanggan baru
        disini saya berusaha untuk meminta pihak indihome agar mengerti mengapa saya meminta di migrasi
        karena masih di bulan yang sama
        dan juga ada kontrak 12 tahun yang tidak ingin saya langgar

        makasih pak yohanes atas komentar dan exprience nya

  • 14 November 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah dr sebulan 600rb downgrade ke 300rb fitur gk berubah, sama aja

    Tp lbh murah, karna sy pake bahasa tutup aja karna sy dpt 250rb/bln dg pemakaian dan kecepat sama kyk bayar 300rb

    Alhasil bulan ke 2 tagihan turun jadi 288rb

    • 14 November 2022 - (11:40 WIB)
      Permalink

      Wah enak itu pak dapet solusi saya paket yang lama regular bayar 944k
      ga bisa di kasih solusi pas saya mau nutup (katanya sih belum ada yang bisa di tawarkan untuk paket 100mbps)
      jadi karena hal tersebut saya terpaksa PSB di bulan ini ke paket JITU yang akhirnya menyesal

      • 14 November 2022 - (13:32 WIB)
        Permalink

        Minta pindah paket retensi saja pak nanti bisa lebih ringan tagihanya dengan paket yg sama tetapi tagihanya nanti lebih ringan

        • 14 November 2022 - (14:07 WIB)
          Permalink

          Kemarin sudah hubungi 147 sblm surat ini terbit
          jawabannya tetap sama tidak bisa ke harga lebih rendah lagi (mereka berusaha kasih solusi akhirnya ga ada)
          tadi siang udah di hub ama 147 lagi, tapi masih belum ada solusi dan mereka forward ke tim regional

          jadi bingung kok malah ke regional untuk masalah harga paket, jadi mau ga mau ane masih nunggu telp lagi dari mereka sih saat ini

          • 14 November 2022 - (14:15 WIB)
            Permalink

            Percuma pak 147 itu sifatnya hanya CS call aja utk kebijakan tarif dll tidak punya akses lebih baik langsung ke kantor telkom terdekat saja minta pindah paket retensi namanya

  • 14 November 2022 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Mahal amat 2P 900an, itu kecepatan berapa ? Saya 3P cuma 415rb, speed 50 mbps. Awalnya cuma 20mbps, berhubung saya sudah lama pakai dan tidak pernah telat bayar jadi dapat loyalti free upgrade speed. Awal 30 beberapa tahun kemudian upgrade lagi 50mbps. Lokasi Surabaya, Telkom dari 1997 kalau Indihome baru 2016.
    Maaf ya pak, bisnis pasti selalu berfikir bagaimana menarik pelanggan baru dengan gimmick² yang ada. Setiap saat itu berubah promonya, ya apa mungkin setiap ada promo trus kita minta hal yang sama ? Ya ini pendapat saya saja sih, jadi pelanggan yang loyal aja ntar dikasih banyak kemudahan.

    • 14 November 2022 - (14:04 WIB)
      Permalink

      2p 900an dengan speed 100mbps saat itu
      sekarang sudah saya cabut karena terpaksa jadi pake paket baru
      nah pas paket baru di pasang seminggu kemudian promo lagi, jadi nyesal pasang baru kecepetan
      yang akhirnya kena kontrak 12 bulan

    • 14 November 2022 - (14:06 WIB)
      Permalink

      Kalau tidak salah paket penulis Jitu 2P 100mbps harga 625rb. Saya juga pelanggan Telkom dari 1997, speedy dengan kecepatan 384kbps, kemudian Indihome dari 2016.
      Paket saya sekarang 1P 100mbps 375rb/bulan, paket ini yang diminta oleh penulis.

      • 14 November 2022 - (14:10 WIB)
        Permalink

        ya betul paket yang sekarang JITU 2p 100mbps 625ribu (terpasang tanggal 3)

        Sebelumnya itu regular 944k-an kurang lebih

    • 14 November 2022 - (14:20 WIB)
      Permalink

      dan juga pak/ibu lisianto

      saya harus loyal gimana pak
      kalau paket yang lamanya bisa sejauh itu?
      tapi manfaat yang di dapatkan lebih rendah pak?
      kalau saya dari paket kecil di naikin oke lah, ini paket saya udah di atas mereka ga bisa atau ga mau turun harga, solusi ke saya apa?
      kan ga ada ya pak, pas saya waktu itu request putus saja (yang 900k-an)
      mereka bilang kalau saat ini mereka belum ada penawaran yang bisa di berikan kepada saya

      jawabannya begitu pak
      bayangin kalau di bandingkan dengan yang 375k

      itu sama aja saya bayar lebih mahal 569k pak
      dua bulan berjalan saya bisa bayarin 3 bulan sih paket 375k

      itu kan sangat tidak adil ya

      saya mengerti gimmick2 tapi harus di luruskan juga kalau konsumen juga ada hak dan aturan yang sudah di buat sendiri oleh indihome
      saya hanya meminta hak saya

  • 14 November 2022 - (14:08 WIB)
    Permalink

    JANGAN VIA TELPON, LANGSUNG KE KANTORNYA, JAGA JAGA BAWA MATERAI 10.000 SIAPA TW DIPERLUKAN…
    SUDAH LAMA KALAU VIA 147 DOWNGRADE SERING SUSAH, KALAU KE KANTOR 99% BERHASIL.. ??
    BEGITU PENGALAMAN SAYA, KALAU MAU DOWNGRADE PALET JANGAN VIA TELPON ‼️

    • 14 November 2022 - (14:12 WIB)
      Permalink

      saya udah diskusi ama temen2
      ada juga yang udah ke plaza tapi tetap ga bisa mas untuk migrasi paket tersebut bahkan pasang baru
      karena paket 11.11 itu di khususkan untuk digital registration
      alias hanya bisa registrasi melalui online saja

      jadi mau nggak mau request nya via social media atau telp

  • 14 November 2022 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Kebetulan saya mau tanya gan, itu yg paket 2p kan ada tlpn gratis 50 menit tp pas saya coba tlpn ke lokal aja GK bisa, hanya bisa buat terima saja, apa emang gtu yah?

    • 17 November 2022 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Pindah ke paket termurah tanpa add on, datang ke plasa telkom. Kalau bayarnya lancar biasanya kecepatan diupgrade gratis tanpa nambah biaya langganan. Pengalaman sejak berlangganan IndiHome 3 tahun terakhir ini. Sebelumnya langganan FM sering lambat tiap weekend dan ditelpon untuk upgrade kecepatan dan biaya langganan. Bosan diteror, ganti ke IndiHome. Alhamdulillah tidak ada gangguan kecepatan maupun teror untuk upgrade dari IndiHome. Kalau ada mungkin pindah ke yang lain.

    • 20 November 2022 - (06:06 WIB)
      Permalink

      Telkom mah dari jaman jadul selalu adanpersoalan internal.. tp mereka acuh saja…

      Main tagih2.. nmr telpon bisa dipake org lain, alamat tiba2 berubah.. tiba2 ada tagihan diluar penggunaan… dll… itu ddh umum… mereka memang kejar setoran gak mau rugi.. layanan ya gitu2 aja

      Banyak omong sama mereka gk ada gunanya..

      Internet bukanlah Indihome aja.. yg lain lebih profesional.byk kok.

      ..

  • 14 November 2022 - (18:08 WIB)
    Permalink

    @Ricky
    Mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk pindah. 900rb segitu kemahalan, pak. Dikala layanan internet sdh pada murah, perusahaan pelat merah ini masih ngeruk keuntungan yg besar.
    Cek disini, td sy baru browsing:
    https://youtu.be/A5APnDc2OGY

    • 21 November 2022 - (01:48 WIB)
      Permalink

      Ini untuk kota bengkayang saja yang ke cover, saya di daerah luar kota nya jadi belum bisa di pasang

      makasih lho infonya
      mungkin kalau dah bisa ke cover bisa jadi opsi jika kalau kedepannya ada masalah lagi

  • 14 November 2022 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya mah bisa banget tp operator di belakang telpon 147 itu semena mena. Langsung datang aja ke plaza telkom. Kalau perlu berhenti dl baru daftar lg

  • 15 November 2022 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami kejadian seperti ini tahun 2020 kalau ga salah. Memang beda2 itu penjelasan dari call center saat saya tahu ada paket promo yang lebih murah dan speed lebih tinggi. Semuanya bilang hanya untuk pelanggan baru. Jadinya saya berniat untuk stop langganan dan mau daftar baru. Setelah beberapa kali telpon dengan CS yang berbeda-beda, akhirnya ada yang bilang bisa migrasi, jadinya saya migrasi saja, tidak perlu cabut dan pasang baru lagi

  • 16 November 2022 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Saya bulan agustus lalu bisa kok migrasi paket.
    dari Indihome reguler 2P (telpon) 50 Mbps ke Indihome Gamers 2P (telpon) 50 Mbps.

    Bisa dibilang harga Indihome beberapakali mengalami penurunan khususnya utk pelanggan baru, pelanggan lama mah biaya langganannya tetap harganya sesuai biaya di awal.

    Oh ya harga langganan sblm mingrasi Rp. 638.250. dan setelah migrasi jadi Rp. 606,098. biaya ini sdh termasuk PPN ya. hemat 30rb-an

    oh ya proses migrasinya lewat bantuan IH di Twitter.

  • 16 November 2022 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Akalin nya begini. Ajukan pasang baru. Setelah yg baru terpasang, yg lama diputus
    Kmrn pas 11.11 dan sampe skrng masih ada paket yg 370rb 100mbps. Rata2 user pada begitu. Pasang baru, yg lama putusin.

  • 16 November 2022 - (23:33 WIB)
    Permalink

    Pengalaman pribadi saya sama seperti Pak Ricky, hanya saja orang tua saya hanya tau membayar tagihan, saat itu menggunakan 3P dengan total tagihan per bulan sekitar 450rb masih dispeed 10 Mbps, kebetulan saya cek aplikasi myIndiHome ada info 3P untuk speed 30 Mbps dengan tagihan perbulan 430rb, naah itu saya screenshoot dan langsung saya bawa ke plasa telkom, karena saya tau perihal tagihan ataupun promo seperti itu akan bertele-tele jika menghubungi cs via telpon, dan oke deal, cs di plasa telkom menginfokan speed akan mulai up 7 hari kedepan, besok nya saya hubungi 147 dan akhirnya speed sudah up ke 30 Mbps kurang dari 7 hari, inti nya emang harus agak ngeyel kalau yang seperti ini ?

    • 21 November 2022 - (01:45 WIB)
      Permalink

      Betul, syukurnya punya ane juga dah kelar
      semoga kedepannya indihome bisa lebih baik lagi sih dalam aturan-aturannya

  • 21 November 2022 - (01:43 WIB)
    Permalink

    [UPDATE]
    Setelah diskusi bareng Tim Internal Regional disini(mempawah) beberapa hari lalu tepatnya tanggal 15/11/2022
    akhirnya masalah ini sudah di selesaikan secara baik-baik ya, dan beberapa keluhan selama berlangganan juga udah saya sampaikan ke Tim nya
    dan sudah mendapatkan solusinya

    Terimakasih teman-teman media konsumen yang sudah menerbitkan surat saya dan juga para pembaca media konsumen

  • 6 Desember 2022 - (11:43 WIB)
    Permalink

    iya sekarang banyak promo untuk pengguna baru hanya 280rb 30mbps, saya saja pengguna lama paket internet 20mbps + tv 335rb+ppn ingin downgrade paket internet 20mbps agar tidak berat biaya /bulannya tidak bisa, yang tersedia/paling murah hanya internet 30 mbps itu juga harganya 330rb+ppn waktu nanya di cs sosmednya. ya tetap mahal. terus saya dapat info dari grup fb kalau ingin downgrade lebih murah harus ke plazanya apa ini benar?soalnya tempat ke plaza cukup jauh dari tempat saya. terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 57 komentar sampai saat ini..

IndiHome Tidak Konsisten dengan Aturannya Sendiri, Pelanggan Lama yang…

oleh Ricky dibaca dalam: 2 menit
57