Surat Pembaca

Pesanan Seolah-olah Dikirim, Agar Penjual Tidak Kena Penalti

Dari banyak kali belanja di Tokopedia, ada beberapa penjual yang minta saya agar melakukan cancel dengan alasan barang tidak ada stok. It’s okay lha, karena barang saya beli bukan sesuatu yang urgent.

Kali ini saya beli mesin cuci di official store Samsung, tulisannya sih begitu “official“. Pas hari terakhir akan cancel otomatis, mendadak ada yang menelepon tapi gak saya angkat. Nggak lama dia kirim WA, minta agar orderan saya dibatalkan, karena barang “no stock” dan mereka sebagai penjual bisa dipenalti bila melakukan cancel. Alasan klasik, tapi berhubung lagi sibuk di kantor saya lupa sampai melewati batas jam otomatis cancel. Ternyata setelah buka aplikasi Tokopedia, saya lihat barang sudah dikirim.

Saya hubungi lagi penjual dan mereka menjawab “seolah-olah” terpaksa kirim, padahal barang gak dikirim. Ceritanya demi tidak kena penalti maka pembeli yang dikorbankan. Selang sehari, saya iseng menghubungi Tokopedia Care. Sayangnya saya lupa screenshot percakapan saya dengan pihak Tokopedia Care (online). Jawaban mereka hanya berdasarkan text book, tanpa sedikit pun menyimak inti keluhan pembeli yang ditipu, status barang dikirim padahal kagak ada barang yang dikirim.

Saya tidak masalah dengan lamanya proses refund. Yang menyebalkan adalah kenapa Tokopedia melakukan pembiaran terhadap praktik ada penjual meminta pembeli melakukan cancel demi tidak kena penalti? Kedua, petugas layanan Tokopedia Care sepertinya harus dilatih agar lebih cerdas dalam menyimak “poin” keluhan pembeli.

FX Suprapto
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalo ogut analisiS kasus perkasus, lebih baik seperti ini kejadiannya. Dari pada anda ZONK, DUIT RAIB DI GONDOL PENIPU, BARANG G SESUAI LAH, INI LAH, ITU LAH. Jadilah pembeli yang cerdas, demikian dan terimakasih