Pesanan Seolah-olah Dikirim, Agar Penjual Tidak Kena Penalti

Dari banyak kali belanja di Tokopedia, ada beberapa penjual yang minta saya agar melakukan cancel dengan alasan barang tidak ada stok. It’s okay lha, karena barang saya beli bukan sesuatu yang urgent.

Kali ini saya beli mesin cuci di official store Samsung, tulisannya sih begitu “official“. Pas hari terakhir akan cancel otomatis, mendadak ada yang menelepon tapi gak saya angkat. Nggak lama dia kirim WA, minta agar orderan saya dibatalkan, karena barang “no stock” dan mereka sebagai penjual bisa dipenalti bila melakukan cancel. Alasan klasik, tapi berhubung lagi sibuk di kantor saya lupa sampai melewati batas jam otomatis cancel. Ternyata setelah buka aplikasi Tokopedia, saya lihat barang sudah dikirim.

Saya hubungi lagi penjual dan mereka menjawab “seolah-olah” terpaksa kirim, padahal barang gak dikirim. Ceritanya demi tidak kena penalti maka pembeli yang dikorbankan. Selang sehari, saya iseng menghubungi Tokopedia Care. Sayangnya saya lupa screenshot percakapan saya dengan pihak Tokopedia Care (online). Jawaban mereka hanya berdasarkan text book, tanpa sedikit pun menyimak inti keluhan pembeli yang ditipu, status barang dikirim padahal kagak ada barang yang dikirim.

Saya tidak masalah dengan lamanya proses refund. Yang menyebalkan adalah kenapa Tokopedia melakukan pembiaran terhadap praktik ada penjual meminta pembeli melakukan cancel demi tidak kena penalti? Kedua, petugas layanan Tokopedia Care sepertinya harus dilatih agar lebih cerdas dalam menyimak “poin” keluhan pembeli.

FX Suprapto
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:185    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

51 komentar untuk “Pesanan Seolah-olah Dikirim, Agar Penjual Tidak Kena Penalti

  • 6 Desember 2022 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Dr balikpapan beli mesin cuci di toped official, itu biaya kirimnya brp ya?

    2
    17
    • 6 Desember 2022 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Samsung Electronics Official menggunakan custom delivery dan ongkir dihitung gratis.

      Itu sepertinya yang handle karyawan newbie dan panik saat stok kosong. Diarahkan supervisor (yang juga newbie) meminta supaya pembeli melakukan cancel order, sesuatu yang tidak perlu untuk brand sekaliber Samsung.

      Kesalahan TS (kemungkinan) tidak chat untuk konfirmasi stok terlebih dahulu, kesalahan umum untuk pembeli newbie. Urusannya receh sebetulnya, tapi karena pelakunya newbie semua maka nampak jadi masalah besar.

      25
      32
      • 6 Desember 2022 - (13:54 WIB)
        Permalink

        Masalah Bgitu aja komplain di MK, toko udah sopan bgitu gak usahlah “dihukum” dan “dipermalukan” di media…dimana CINTA KASIHMU?? kecelup di comberan ya ajaran KLISE nya??

        23
        81
          • 7 Desember 2022 - (16:48 WIB)
            Permalink

            Ya ga bisa Kena pinalti kao penjual klik cancel.

            1
            5
          • 7 Desember 2022 - (20:52 WIB)
            Permalink

            Cerdas kakak,aku jg dari awal g suka sama apk sblah banyak tipu tipu

          • 7 Desember 2022 - (17:21 WIB)
            Permalink

            sekelas samsung official store kok takut pinalti

            6
            1
          • 7 Desember 2022 - (20:54 WIB)
            Permalink

            Lah konsumen kab pembeli tong bukan ngemis barang wkwkwkk dia ini penjual nakal juga

            8
            1
          • 9 Desember 2022 - (19:22 WIB)
            Permalink

            Alah, Lo juga kalau pembeli ngasih rating bintang 1 langsung ngambek nulis di mediakonsumen. Gue tau lah tulisan-tulisan Lo di mediakonsumen. Sama aja kan.

            1
            1
          • 9 Desember 2022 - (19:35 WIB)
            Permalink

            Maaf saya balas untuk Penjual Pedagang. Dia kan suka nulis komplain juga di mediakonsumen, pembeli ngasih rating 1 di tokonya aja dia tulis di media konsumen. Tapi dia kok menyudutkan penulis artikel. Sesama suka komplain mah jangan saling membully lah.

      • 6 Desember 2022 - (15:39 WIB)
        Permalink

        Betul menurut sya sih masalah simpel, tp krn pembelinya lebay dan penjualnya amatiran jdi terkesan masalah ๐Ÿ˜‚

        16
        27
      • 9 Desember 2022 - (19:31 WIB)
        Permalink

        Teguh iman saya duga adalah buzzer tokped. Atau fansboy tokopedia,atau seller fanatik pecinta Tokopedia. Dimana ada artikel komplain tentang Tokopedia selalu ada dia menyudutkan penulis artikel.

      • 12 Desember 2022 - (19:12 WIB)
        Permalink

        Ngapain tanya stok. Offical store Tokopedia itu di wajibkan ready stock tiap untuk tiap produk yang tersedia di etalase belanjanya. Itu sudah kewajiban toko dengan centang ungu seperti toko diatas. Jika ternyata barang kosong, pembeli berhak dapat voucher belanja dari Tokopedia.

        Itulah konsekuensi toko jika berlabel Official Store di Tokopedia.

    • 6 Desember 2022 - (10:52 WIB)
      Permalink

      Mgkn toko official Samsung punya cabang di Balikpapan jg, byk toko official pemilik merek spt itu di toped.

      11
    • 6 Desember 2022 - (17:25 WIB)
      Permalink

      Yaa memang CS semua market place perlu dilatih lg agar lebih profesional dalam menangani setiap masalah ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      15
  • 6 Desember 2022 - (10:36 WIB)
    Permalink

    Saya kalau disuruh cancel tidak masalah, nanti di alasan pembatalan pilih permintaan penjual.

    27
  • 6 Desember 2022 - (12:27 WIB)
    Permalink

    sama kasus nya pak, ini sangat merugikan krn dana tertahan sampai berminggu2. seandainya lgsg batal dana lgsg kembali dan saya bisa cari ke toko lain.

    20
    1
    • 7 Desember 2022 - (16:50 WIB)
      Permalink

      Ya makanya penjual minta klik batalkan biar sama sama enak. Dan cepat. Jd ga berkepanjangan.

      1
      10
      • 9 Desember 2022 - (19:29 WIB)
        Permalink

        Teguh iman saya duga adalah buzzer tokped. Atau fansboy tokopedia,atau seller fanatik pecinta Tokopedia. Dimana ada artikel komplain tentang Tokopedia selalu ada dia menyudutkan penulis artikel. Kali ini malah ngatain pembeli newbie. Haduh.

        2
        1
  • 6 Desember 2022 - (13:29 WIB)
    Permalink

    tokopedia harusnya menertibkan official store seperti ini. jangan hanya karena pembatalan kena poin penalty, tp juga kalo kirim ngasal2an (misal: secarik kertas permintaan maaf) juga harus kena poin penalty, malah harusnya lebih besar penaltynya ketimbang pembatalan.

    21
    1
  • 6 Desember 2022 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Sy kalau sudah di chat oleh toko untuk batalkan, langsung sy batalkan detik itu juga, ga pakai alasan lupa karena lagi sibuk dikantor.
    Sy kalau transaksi, membiasakan chat penjual dulu, barang ready stok atw tidak,mau itu penjual biasa ataupun official store.
    Itu aja sie menurut sy inti permasalahannya.
    Kecuali si toko ga info ke kita kalau barang kosong dan main “kirim” pura2, tokonya ud baik chat kasi tau, pembelinya ts bilang sibuk lagi dikantor kerja, hehe sy rasa yg sibuk kerja bukan ts aja deh.

    18
    15
    • 6 Desember 2022 - (18:20 WIB)
      Permalink

      Jaman sekarang harus melek informasi meski bukan di pekerjaannya, kenapa toko minta di cancel dari akunnya si pembeli karena takut akan terkena pinalti di tokonya jika yg membatalkan dari sisi penjual sendiri. Dan kenapa malah kirim? Karena pembeli tidak membatalkan pesanan sampai batas kirimnya sehingga harus pura-pura dikirim.

      Dan penjual seperti itu akan anda temui disemua marketplace karena dimarketplace pembeli lebih diprioritaskan. Sehingga penjual sering kali harus memutar otak agar akun tokonya tidak terkena pinalti oleh sistem.

      15
      3
      • 6 Desember 2022 - (21:33 WIB)
        Permalink

        Banyak yg menganggap tinggal cancel kok repot,,padahal ngga sesimpel itu,,gmn klo belinya pake creditcard yg dmn pengembalian limit bisa sampai 14 hari kerja,sedang limitnya tinggal segitu2nya ,,mau beli lagi udah ngga ada dana,,sedang barang butuhnya cepat,,klo pembeli order tanpa menanyakan stok mungkin masih bisa di maklumi tp kadang2 kita sbg pembeli sudah menanyakan stok bahkan untuk pengirimanya pun sudah kita tanyakan bisa cepat atau nggak nya,tp setelah di order barang tidak kunjung di kirim,,bahkan setelah menunggu beberapa hari malah batal transaksinya sedang deadline pemakaian barang yg di order udah mepet,,,belum pernah kan kalian ngalamin begitu???

        23
    • 7 Desember 2022 - (16:51 WIB)
      Permalink

      Pembeli yg cerdas Dan baik. Semoga pembeli seperti ini di perbanyak di marketplace .

      6
      2
    • 12 Desember 2022 - (19:46 WIB)
      Permalink

      yup betul, intinya saling memudahkan sajalah kalau jual beli ini. kesan yg sata baca pembeli malah sengaja mempersulit, akhirnya benar-benar sulit kan kejadiannya.

  • 6 Desember 2022 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Tidak sepenuhnya salah seller sih, kan sudah diinfokan secara baikยฒ minta di cancel. Klo aku sih gak masalah toh kita gak sering cancel pesanan jd gak rugi jg, penjual tinggal konfirm dan uang kembali. Wajar dr pihak penjual gak mau cancel gak mau kena penalti, karena ada kerugian nantinya di mereka. Klo aku sih biasa tanya dulu stoknya sekalian lihat seller responsif gak, dan selalu aktif gak. Jgn langsung order aja karena stok di etalase itu blm tentu sesuai kadang seller gak langsung update.

    5
    11
  • 7 Desember 2022 - (04:51 WIB)
    Permalink

    Coba deh di cek dulu di samsung elektronik official store nya.. Pilihan kurir nya cuma custom kurir yg artinya pengiriman oleh kurir toko tersebut dan itu di hargai rp 0 .. Coba dibayangkan tuh kurir toko harus kirim ke balikpapan berapa biaya yg di keluarkan

    1
    7
    • 7 Desember 2022 - (08:23 WIB)
      Permalink

      Saya seller di marketplace. Jika barang kosong akan chat pembeli dan minta cancel. Di mohon kerjasamanya. Penjual OL juga ada keluhan terhadap pembeli, brg COD kembali (kdg dlm keadaan rusak), uda abis biaya packing minta cancel padahal cuan ga seberapa, brg rusak karna ekspedisi penjual di maki”, barang kiriman ada yang ga lengkap penjual langsung dimaki” padahal hilang di perjalanan karna kesalahan ekspedisi (untung saya ada bukti CCTV yg sangat diperlukan seller), kurir gojek dll telp tapi buyer ga respon (jika ada yg memakai jasa gojek atau sejenisnya dimohon stanby hp nya biar gampang di hubungi. Kasian abangnya cari receh di lapangan) dan juga banyak keluhan lainnya. Pembeli adalah “RAJA”. Tapi “RAJA” ga belanja OL kali. Dimohon pengertian la terhadap seller. Jika yang baper masalah cancel suatu hari jika ada peluang dalam bisnis online di marketplace mana pun di coba deh. Mudah”an ga ketemu pembeli yg baper” masalah cancel (pasti ketemu). Saya pribadi jd seller juga jadi buyer dan sering pakai kartu kredit jika cancel jg ga sampai 14 hari kerja uda di refund (resiko pakai kartu kredit juga ada keluhan tersendiri juga, kalau bisa limit jgn sampai meletus, segala sesuatu semua ada prosedurnya) Jika ga mau ribet embel” ga usah ikutin tren kekinian yg belanja online. Belanja online offline semua ada plus minus. Kdg malah ketemu pembeli pakai pengiriman hemat, tapi sampai mau cepat. Uda CO minta suruh langsung kirim. Emang lapak dikelilingin agen ekspedisi?, lgan lapak packing bukan 1pcs aja. Dikumpul semua sampai jadwal kurir mampir baru diserahkan. Intinya hanya seller online yang mengerti derita penjual online.

      18
      6
  • 7 Desember 2022 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Kalau saya sih malah minta ke penjual kalau stock kosong jangan sungkan minta cancel. Biar saya yang cancel supaya reputasi toko tetap terjaga. Namun saya marah jika barang yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi. Langsung saya tarik bintangnya.

    3
    4
    • 7 Desember 2022 - (18:22 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai seller suka dengan pembeli seperti anda.
      Biasanya objektif dalam penilaian ke toko.
      Ada kendala di kurir, komunikasinya enak dan biasanya jika puas dengan produknya termasuk packing-nya tetap kasi bintang 5. ๐Ÿ™‚

      Terkadang bisa terjadi, saat ditanya pembeli, stok masih ada.
      Tapi saat mau packing, tanpa diduga barangnya terjatuh pecah dan stok hanya tersisa 1 pcs.
      Kondisi seperti ini sangat diperlukan komunikasi dan pengertian dari pembeli.

      Selamat belanja online om… ๐Ÿ™‚

  • 7 Desember 2022 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Yang sering dilupakan
    – Penjual lupa mengupdate stok barang, padahal fitur ini ada di tokopedia. Entah karena tim penjualnya yg nggak teliti saat input jenis barang atau memang disengaja tidak memasukkan stok barang yg mereka punya saat menginput jualannya
    – Pembeli tidak terbiasa menanyakan stok barang di chat. Karena biasanya selama tombol beli atau keranjang masih bisa dipencet, artinya barang masih tersedia.

  • 7 Desember 2022 - (23:55 WIB)
    Permalink

    Hmm.. aku jg pernah sperti itu.
    Wktu ada beli brg tapi tiba2 di cancel sama seller. Alasannya “permintaan pembeli” lah pdhl sy lg butuh barang tsb dan tdk cancel. Akhirnya sy beli ditoko yg sama dan barang yg sama lg. Barulah seller kontak sy klo barang kosong dan minta di cancel. Sy paham dan sy cancel order. Dan saat itu jg dana di refund.

    Nah utk mslh di MK ini, lucunya brand besar sperti samsung takut ama penalti๐Ÿ˜… sampai belain memalsukan pengiriman๐Ÿคญ
    Pdhl, klo dibiarkan memang samsung kena penalti tp uang refund akan cepat kembali ke pelanggan. Klo barang udah dikirim bukannya proses refund agk lama? Menyulitkan pelanggan itu namanya๐Ÿ˜…

  • 8 Desember 2022 - (04:10 WIB)
    Permalink

    Official di toped mah banyak yg gx jelas,bukan resmi brand nya jg banyak yg official ๐Ÿ˜…
    Satu lgi dukungan pengiriman di toped skrg banyak masalah mulai dari barang gx diambil kurir sampai 2-3hari, kurir rekomendasi sangat tidak layak digunakan klo nemu JNE jkt-karawang 6-7 hari selalu lewat estimasi padahal reguler bukan cargo, skrg terpaksa belanja pindah di lazada sama tiktok selalu sehari nyampe gx pake drama , shopee jg lelet rata2 3-5 hari
    Langganan plus gembor2 nya pengiriman prioritas,mungkin prioritas maksud Tokopedia adalah dilamain bukan di cepetin ๐Ÿค•

  • 8 Desember 2022 - (05:36 WIB)
    Permalink

    SDM rendah..sekelas Samsung Official ngurusin masalah stock di sistem aja gak bisa ..kalo lapak2 biasa bisa dimaklumi

  • 8 Desember 2022 - (07:07 WIB)
    Permalink

    Kalau minta pembeli yg cancel, ya kasih kompensasi lah… Transaksi jual beli itu harus profesional. Pembeli emang boleh bayarnya kurang? Jadi ya wajar aja seller juga diminta profesional. Adanya penalti itu kan artinya pembatalan sepihak dari seller sebenarnya dilarang… Kalau berharap si pembeli bisa “mengerti”, ya penjual juga harus juga bisa “mengerti”.

  • 9 Desember 2022 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Manusia yang paling Buruk kualitas nya adalah Manusia yang MEMBODOHI Orang yang sedang ada masalah, kemudian membutuhkan pertolongan di Media Konsumen. Mereka ada masalah loh, walaupun curhatannya mungkin “Konyol”, tapi apa Hak orang untuk membully dan membodohi? Doakan saja, kemudian diamkan. Itu lebih BAIK. Bukan menghakimi.

    Saya percaya kok, Anda tidak SERENDAH ITU. Hidup lah di DUNIA NYATA, agar kewarasan Kita bertambah. Jangan lampiaskan cupu nya kehidupan nyata mu, dengan menebar Benci di dunia MAYA. Itu semakin membuktikan bahwa BENAR kita adalah Manusia yang CUPU.

    ๐Ÿ™‚๐Ÿ™

  • 10 Desember 2022 - (07:43 WIB)
    Permalink

    tunggu ajah sampai barang diterima, kurir custom memang nggk bisa dilacak…

    saya juga pernah pesan Televisi di tokped.
    resi nya ngkk bisa d tracking,

    nunggu ajh 4 hari kemudian barang dah nyampe… hbs itu konfirmasi barang sdh diterima secara manual , dpt cashback deh Gopay Coin 200 rb .. lumayan bgt buat beli antena sama tiken listrik wkwkwkwkw

  • 10 Desember 2022 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Kalo ogut analisiS kasus perkasus, lebih baik seperti ini kejadiannya. Dari pada anda ZONK, DUIT RAIB DI GONDOL PENIPU, BARANG G SESUAI LAH, INI LAH, ITU LAH. Jadilah pembeli yang cerdas, demikian dan terimakasih

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

Pesanan Seolah-olah Dikirim, Agar Penjual Tidak Kena Penalti

oleh FX Suprapto dibaca dalam: 1 menit
51