Surat Pembaca

Ulasan Pembeli yang Provokatif Disertai Gambar yang Tidak Pantas

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen. Saya selaku penjual di marketplace Shopee, pada tanggal 5 Desember 2022, saya menerima pesanan dengan nomor pesanan: 221205U4X5BHPD, berupa 1 pc handsfree Samsung AKG type C original. Sebelum dikirim, saya sudah test di hp saya sendiri (Samsung S21 FE) dan normal.

Tanggal 9 Desember 2022, barang sudah diterima dengan baik oleh pembeli. Namun pembeli dengan sengaja memberikan ulasan yang tidak objektif, tanpa bukti jelas dan meng-upload gambar yang tidak pantas. Tanpa komplain ke penjual atau Shopee dan chat apa pun ke penjual.

Saya sudah coba ajukan ke admin Shopee supaya dihapus ulasan tidak pantas tersebut. Admin Shopee hanya memberikan solusi di sini: “Harus meminta izin pembeli untuk menghapus penilaian”. Nomor laporan: 1601107086643744773.

Padahal di aturan Shopee sudah jelas tidak boleh ada unsur provokasi apalagi sampai meng-upload gambar yang tidak pantas/menyebarkan konten provokasi: https://seller.Shopee.Co.Id/edu/article/6862

Intinya, kalau memang dibiarkan begitu, berarti setiap pembeli bebas untuk memberikan ulasan rating/menjatuhkan saingan usaha dan memprovokasi pembeli lain agar tidak belanja di toko tersebut. Padahal penjual di Shopee sudah mengeluarkan biaya iklan/ads dan dikenakan biaya admin yang tidak sedikit (3,2 persen) kategori aksesoris hp.

Terima kasih, saya harap dibaca oleh pihak Shopee dan memberikan win-win solution.

David Chandra
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • lagi Shopee ada2 aja, orang mau banding ulasan di suruh minta izin si pemberi ulasan.... ngakakk

    harus nya kan yg di minta bukti tentang produk nya..

    • Di zoom aja keliatan ko nama tokonya.. Harga nya yg ori di bandrol 114K an sprtinya yg itu krn ulasan yg disubmit di MK sdh tdk ada

  • Kalo boleh tau jual barangnya harga brapa kak? Penasaran saya kog bisa sebrutal itu respon pembelinya.. Kalo kemurahan tapi asli biasa yg bikin ulasan itu sesama penjual buat jatuhin rating toko. Tapi kalo kemahalan & kualitas jelek itu beneran customer yg amat sangat kecewa.. Kalo pembeli & ulasan barang tab msh dikit saran saya hapus barang aja trus upload baru.. Yg sayang kalo ulasan dah buanyak aja

  • Kalau saya beli barang headset atau speaker bluetooth original seperti bose, jbl, harman kardon pasti masih tersegel sih.
    Aneh aja ketika penjual bilang sudah di coba sebelum di kirim, perasaan barang original jarang atau tidak pernah buka segel kecuali second.

    • iya, kalo barang ORI pabrikan kondisi baru, seharusnya masih segel (Brand New In Box, BNIB) dan penjual juga tidak perlu membuka untuk mencobanya karena ada garansi resmi. Saya pribadi kalo dapet barang yang segel kardusnya sudah dibuka, tidak akan terima karena tidak yakin apakah masih baru atau barang ex-display (demo).... Penjual yang baik akan mencantumkan informasi jika barang Ori ex-display... pembeli akan terima dalam kondisi segel sudah terbuka.

  • Memang sih di Orange dan LZD gudangnya (oknum) penjual tidak jujur dan jual barang kebanyakan kw/palsu tapi ditulis Ori...
    Saya lebih senang di toped dan BL nyata dan jelas dan sangat minim penjual yang tidak jujur....

  • Dan kenapa nama tokonya di watermark/di blur, jadi kita tidak bisa melihat tokonya apakah memang benar jualan original atau kw. Jadi kita hanya bisa melihat satu sisi saja sementara sisi satunya di sembunyikan

  • “Sebelum dikirim, saya sudah test di hp saya sendiri (Samsung S21 FE) dan normal.”

    Gagal fokus sama kata2 ini.
    Ini baru atau second sih barang yg dijual?

    • Ya barang elektronik wajar di tesht dahulu sebelum ke pembeli buat jaga2 misal barng mati atau ada masalah bisa di tukar sama unit lain,nanti kalo retur malah repot buat pembeli dan penjual,,knp juga di test buat bukti aja kalo brng itu baguss gk ada masalah dan kendala apapun.

    • Saya mau nyampein satu aja mas, sabar. Saya tau apa yang anda rasakan, karena saya juga seller. Dan sepertinya meladeni customer selalu mayoritas pengguna di banding seller yang minoritas akan sangat melelahkan. Coba anda bisa lebih fokuskan waktu yang seharusnya untuk development toko anda dari pada membalas komentar2 di sini

    • Apalagi saya, pas tahun 2020, Dikasih gambar kemaluan sama si pembeli gegara paket penyok,padahal udah ditambahin sticker jangan dibanting barang mudah rusak,kemungkinan salah kurirnya, pihak olshop langsung blokir akun si pembelinya??⁉️‼️??

      • Huhahhahhaa.... kalo gambar itu rasanya semua sepakat (di bumi ini maupun planet lainnya) untuk blokir Buyer-nya... tapi kalau gambar jari itu masih perlu diperdebatkan ya, kalau dari komentar buyer juga sepertinya tidak ada hasutan dan tuduhan. Buyer nya menuliskan fakta dari produk yang dia peroleh (kualitas dan originalitas) .... Komentarnya malah bisa jadi masukan buat calon buyer lain..... :)

        • ... Kalau seller keberatan dengan komentar dari buyer, seller bisa banding ke MP untuk pembuktian produk, kalau terbukti komentar Buyer salah, MP bisa menghapus komentarnya... mungkin seperti itu ya

        • Knp w ketawa ngakak ya bacanya! Mempertontonkan kebodohannya sendiri. Klo w jadi pedagannya maka w akan hapus berita ini. Malah ngancurin usaha dan bikin malu diri sendiri. Barang ORI 27RB kwkwkwkwkwkw. Hancur harga diri AKG.

  • Sebelum dikirim ditest normal itu gak bisa jd patokan barang ORI atau tidak ya dr build quality dan suara pastinya kalo dikomplain juga pembeli pasti kesulitan ksh bukti suara earphone gmn coba ?

  • Nama tokonya Vigz shop original store
    Bisa di lihat sendiri dah balasan demi balasan selernya terhadap komplen jelek (⭐1) awowkwok
    Dah gitu headsetnya udah pasti ke ya manteman,dari gambar saja udah terlihat
    Oh ya,satu lagi,buat yg posting di medkom ini lebih teliti lagi kalau mau nutupi nama toko nya, soalnya gampang bgt nebaknya awowkwok

    • Makasih infonya ?? dah cek toko nya di tokopedia juga langganan *1 hampir tiap bulan. Pas September kmrn jg post ke sini masalah returan pembeli di tokopedia. Bisa dinilai lah ya kenyataan nya kek apa kualitas/grade jualan toko tsb. Semua dituduh saingan dagang ??

      • Paling parah tuh dia sampai doxxing nama, alamat, no.hp pembelinya gw liat di komentar shopee. apa nggak keterlaluan tuh kenapa nggak diban tuh seller.

        • pantes di blur sama dia tokonya. barang emang KW di kasi judul original. Dan shopee juga amazing sih, tindakan kriminal doxing orang beserta alamat diperbolehkan.

          • Kasus nya mirip seperti saya. Cm beda kasus aja. Tp poinnya sama memberi ulasan yg tidak tepat. Awalnya emang ga bisa to setelah Kita jelaskan dgn bukti bukti waktu itu ditokopedia sblum muat media konsumen udah beres.

      • @Iwen

        Bisa minta link toko David sipenjual nakal dan pembohong ini di Toped gak? Thanks!