Surat Pembaca

Ulasan Pembeli yang Provokatif Disertai Gambar yang Tidak Pantas

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen. Saya selaku penjual di marketplace Shopee, pada tanggal 5 Desember 2022, saya menerima pesanan dengan nomor pesanan: 221205U4X5BHPD, berupa 1 pc handsfree Samsung AKG type C original. Sebelum dikirim, saya sudah test di hp saya sendiri (Samsung S21 FE) dan normal.

Tanggal 9 Desember 2022, barang sudah diterima dengan baik oleh pembeli. Namun pembeli dengan sengaja memberikan ulasan yang tidak objektif, tanpa bukti jelas dan meng-upload gambar yang tidak pantas. Tanpa komplain ke penjual atau Shopee dan chat apa pun ke penjual.

Saya sudah coba ajukan ke admin Shopee supaya dihapus ulasan tidak pantas tersebut. Admin Shopee hanya memberikan solusi di sini: “Harus meminta izin pembeli untuk menghapus penilaian”. Nomor laporan: 1601107086643744773.

Padahal di aturan Shopee sudah jelas tidak boleh ada unsur provokasi apalagi sampai meng-upload gambar yang tidak pantas/menyebarkan konten provokasi: https://seller.Shopee.Co.Id/edu/article/6862

Intinya, kalau memang dibiarkan begitu, berarti setiap pembeli bebas untuk memberikan ulasan rating/menjatuhkan saingan usaha dan memprovokasi pembeli lain agar tidak belanja di toko tersebut. Padahal penjual di Shopee sudah mengeluarkan biaya iklan/ads dan dikenakan biaya admin yang tidak sedikit (3,2 persen) kategori aksesoris hp.

Terima kasih, saya harap dibaca oleh pihak Shopee dan memberikan win-win solution.

David Chandra
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Masalah Sudah Terselesaikan, Per hari ini, Rabu Tgl 14 Desember 2022, pihak Shopee sudah Menghubungi saya via Telp untuk penyelesaikan Masalah tersebut.

    Terima kasih Banyak Mediakonsumen dan Shopee Indonesia.

    Salam Sukses Selalu.

    • Sorry saya terpaksa ubek2 cari toko si seller,
      seller fix problematik ternyata. Yang kasih komen jelek dan bintang 1 malah diumbar data lengkap alamat dan nmr hp buyer di balasan ulasan.
      Sudah saya capture buat barang bukti.

      • Hahaha Problem matik yak gan ? terlalu baperan "mungkin"
        Tipikal orng yg Gak bisa di ajak canda dikit trus ngambek gitu yak ? Wkwkwk udah pasti dikit teman nya bisa di itung pake jari malah mungkin gada kali wkwkwk

  • Barusan coba cek tokonya: Vigz_shop, ternyata benar komen2 di atas, semua review dan complaint jelek lansung dimaki2 dan dikata2in sama dia, sumpah bahasanya serem banget seperti orang nggak berpendidikan.

    • Kalo saya liat toko tsb masih bagus ya.. rate toko total 4,8 dari 5. Yg rate bintang 1 cm 60 dari 10.860 yg ngereview presentase kalo list tuh dari total keeluruhsn jgn short bintang 1 aja sih kalo saya nilai untuk sebuah toko onlineshop

  • Buat Tas yang merasa dirugikan bisa laporkan pembeli ke polisi,ga usah koar koar di MK,semua malah kena marah ?

  • Iya bener ini @VIGZ SHOP memang SELLER yang gak TERIMA RATING BINTANG 1, malah Konsumen yg di balas bully malah
    Idiihhh harusnya anda di banned sih

    • Para pembaca knapa malah bahas kw / gak .. yg di masalahin Kan review gambar yg memprovokasi dgn gambar gerakanjari tangan yg tidak senonoh. Komentar yg saya baca justru banyakan bahas kw / gaknya. Dari Harga Kita dah bisa Tau masih bahas kw / gak nya ...

  • Di sebarin alamat Rumah & Data Pribadi lainnya buat Ngebalas konsumen yg ngasi "Rating BINTANG 1"
    Waah horor juga Buzzer Facebook kalau paham jualan online & Artikel Publikasi ya

    • Lebih baik dilaporkan ke pihak olshop atau kepolisian,itu dah termasuk doxxing kalo gak salah

  • SEKEDAR MENGINGATKAN !!

    Yang mau beli barang /produk di marketplace mohon agar selalu teliti, hati-hati dan jangan terburu-buru. BUDAYAKAN KEPO/bertanya ke penjual sebelum membeli Layaknya jual beli di pasar / offline, tentunya pasti ada interiksi antara pembeli dan penjual, komunikasi ini yang akan di bawa sampai dengan produk sampai di tangan pembeli dengan aman.

    Adapun terjadi ketidaksesuaian, seperti pengiriman lama, barang rusak, barang tidak sesuai, maka yang di lakukan tetetap harus berkomunikasi, baik penjual ke pembeli, expedisi / pengirim paket, maupun dari pihak marketplace.

    Semua ada mekanisme dan prosedur, hanya kebijaksanaan seorang SELLER, PEMBELI dan PIHAK MARKETPLACE lah yang di butuhkan.

    EMOSI tidak menjadi jaminan untuk menghasilkan solusi.

  • Kalo mau jadi penjual jangan baper, mental dikuatin klo cm di kritik udah down kena mental daftar pns aja

  • Nama toko dia VIGZ_SHOP semua produknya ditempelin sticker original wkwk padahal bisa buktiin ga klo semua barang original? Jelas tipe penjual egois yang gamau salah. Semua barang ori ada S/N yang bisa dikonfirmasi ke pabrik resminya.

  • Barang Lo ori atau KW?
    Kalau ORI ada lisensinya gak?
    Kalau jualan tuh jujur makanya, kalau barang KW ya Lo tulis KW jangan barang KW Lo tulis ORI. Awal kesalahan kan ada di elo sebagai penjual. GAK JUJUR.

    • Pertanyaanya rate toko nya 4,8 dari 5.
      Artinya org ga mompermsalahkan kata kw. Karena Harga murah jg Kan udah Tau kalo itu kw.