Surat Pembaca

Ulasan Pembeli yang Provokatif Disertai Gambar yang Tidak Pantas

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen. Saya selaku penjual di marketplace Shopee, pada tanggal 5 Desember 2022, saya menerima pesanan dengan nomor pesanan: 221205U4X5BHPD, berupa 1 pc handsfree Samsung AKG type C original. Sebelum dikirim, saya sudah test di hp saya sendiri (Samsung S21 FE) dan normal.

Tanggal 9 Desember 2022, barang sudah diterima dengan baik oleh pembeli. Namun pembeli dengan sengaja memberikan ulasan yang tidak objektif, tanpa bukti jelas dan meng-upload gambar yang tidak pantas. Tanpa komplain ke penjual atau Shopee dan chat apa pun ke penjual.

Saya sudah coba ajukan ke admin Shopee supaya dihapus ulasan tidak pantas tersebut. Admin Shopee hanya memberikan solusi di sini: “Harus meminta izin pembeli untuk menghapus penilaian”. Nomor laporan: 1601107086643744773.

Padahal di aturan Shopee sudah jelas tidak boleh ada unsur provokasi apalagi sampai meng-upload gambar yang tidak pantas/menyebarkan konten provokasi: https://seller.Shopee.Co.Id/edu/article/6862

Intinya, kalau memang dibiarkan begitu, berarti setiap pembeli bebas untuk memberikan ulasan rating/menjatuhkan saingan usaha dan memprovokasi pembeli lain agar tidak belanja di toko tersebut. Padahal penjual di Shopee sudah mengeluarkan biaya iklan/ads dan dikenakan biaya admin yang tidak sedikit (3,2 persen) kategori aksesoris hp.

Terima kasih, saya harap dibaca oleh pihak Shopee dan memberikan win-win solution.

David Chandra
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sebelum km komplain, adabmu dulu perbaiki.km menangani komplain pembeli jg sangat kasar.pembeli komplain headset mati langsung km bilang penipu.km bilang "ibu pakek jilbab tp orangnya picik."pakek nyebarin no hp orang ke seller2. Km tuh dah melanggar undang2 perlindungan konsumen cok. Privasi buyer tidak boleh km sebarin gt.sekarang kena karma km. Barangmu jg saya yakin kw. Masa headset samsung ori harga 27rb?.. Saya 20tahun lalu jual headset kw aja 30rb keatas.

  • Minta foto produk fungsinya buat apa bos? Yg dikeluhkan pembeli itu kualitas produk ente, bukan cacat fisik produk..pembeli disini merasa dibohongi harus keluar uang banyak utk membeli produk kualitas KW yg menurut deskripsi produknya original, yaa wajar2 aja. Coba posisikan diri anda di posisi pembeli sama pasti emosi yg ada.
    Pembeli punya hak memberikan rating seller bintang 1-5 karna kepuasan pembeli, kok marah ya dikasih B1. Harusnya jd masukan utk tingkatkan kualitas jualan anda bos

  • Ni yang pengen mampir ke tokonya : Vigz_Shop

    Asli ni orang busuk banget cara handle komplain. Nuduh customer yang ngasih rating 1 macem-macem sprt : nuduh saingan lah, nuduh nipu lah banyak variasinya sampe bawa2 jilbab. Bisa kalian cek sendiri. Yang paling parah malah sebar data pribadi pembeli di komen balasan. Dari sini saya dah tau cara kotor pedagang ini. Ini sangat tidak dibenarkan dengan alasan apapun sebar data pribadi. Nyari cuan si cuan bos tapi kalo jualan ga bener pasti banyak di komplain. Usaha berbanding lurus dengan hasil. Usaha dengan cara busuk ya resultan pasti busuk.

    Yang masih ga percaya bisa cek ke tokonya. Sortir aja bintang 1 nya. Mengerikan responnya.

    • Tapi yg bintang 1 cuma 60 orang dari 10 ribu yg review . So presentase nya bisa bilang kecil. Ada kemungkinan yg 60 emang bermasalah sih. Cm secara etika penjual salah memajang nama dan alamat di reply nya. Itu aja sih... ?

    • Iya ye bang . Galak bener ini org dagang... Bawa bawa jilbab segala.. parah asli parah.. udh keterlaluan sih itumah.... Dia cari simpati di media konsumen ini malah dibully.. tadinya ane jg simpati... Tp pas liat link tokonya ngeri... Sprtinya haram hukumnya beli di toko dia trz kita kasih bintang 1

  • Ngerii liat link nya .. model penjual yg ga bisa terima kalo dikomplain!! Apalagi dapet bintang 1 kliatan pembeli bakal di jelek2in!! Terkesan dimatanya barang yg dijual adalah barang yg sempurna dan tidak mungkin ada cacat , itu yg terbaca di otaknya buyer ini.. begitu saya liat linknya! Ati2 ketemu penjual spt ini liat2 dulu bagaimana komentar balasannya ke pembeli yg kasi bintang satu! Waspadalah waspadalah..

  • Hahaha...maunya umbar kejelekan konsumen, akhirnya kejelekannya sendiri yg terungkap. Kapok kon....wakakaka....headset samsung ori harga cm 27rb, kw kaleee

  • Sebelumnya sya nyangka ini ttg persaingan di market place stlh liat akun sellernya, admin dari sellernya GAK PUNYA ETIKA klo ada yg ngereview jelek langsung data pribadi pembelinya diumbar & proses mediasi dgn pembelinya PARAH BANGET KATA KATANYA.
    Kalo harga segitu berarti benar barang kw, di gambarnya ditulis original.
    HATI HATI SAJA KALAU MENYEBAR DATA KONSUMEN, UNTUNGNYA KONSUMENNYA GAK NGELAPOR KE SHOPEE KLO NGELAPOR BISA BISA AKUN JUALAN ANDA DI BANNED

  • Makanya kalo jualan barang KW/OEM jangan ngaku ya original.
    Itu mah earphone yg biasanya yg di masukin buat HP samsung refurbish yang biasanya dari limbah Jepang, buat ngelengkapain acc di box.
    Jadi kalo jualan dikasih rate buruk ya jangan komplain, apalagi situ sebagai penjual minta rate diatas ?4... Ya aneh yg ada

  • Barusan saya cek barang dagangannya, ternyata benar yang dijual limbah2 pabrik dari China dengan modal 2ribuan tapi dijual puluhan bahkan ratusan ribu rupiah. Parah nih seller maruk, sadis dan pembohong.

  • Ini mah kasusnya kaya si yessi duta sertifikat.. seolah olah dia korban, padahal dia sendiri yg salah..
    Mau cari simpati malah di bully..
    Intinya itu barang jangan ditulis ori, harga sgtu mana ada yg ori..
    Yg pantaslah dikomplain, wajar nama nya jg org jualan udh resiko,
    Karakter pembeli jg beda beda ada sopan saat komplain ada yg bar bar, nah ini apes aja ktmu pembeli yg barbar..