Surat Pembaca

Ulasan Pembeli yang Provokatif Disertai Gambar yang Tidak Pantas

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen. Saya selaku penjual di marketplace Shopee, pada tanggal 5 Desember 2022, saya menerima pesanan dengan nomor pesanan: 221205U4X5BHPD, berupa 1 pc handsfree Samsung AKG type C original. Sebelum dikirim, saya sudah test di hp saya sendiri (Samsung S21 FE) dan normal.

Tanggal 9 Desember 2022, barang sudah diterima dengan baik oleh pembeli. Namun pembeli dengan sengaja memberikan ulasan yang tidak objektif, tanpa bukti jelas dan meng-upload gambar yang tidak pantas. Tanpa komplain ke penjual atau Shopee dan chat apa pun ke penjual.

Saya sudah coba ajukan ke admin Shopee supaya dihapus ulasan tidak pantas tersebut. Admin Shopee hanya memberikan solusi di sini: “Harus meminta izin pembeli untuk menghapus penilaian”. Nomor laporan: 1601107086643744773.

Padahal di aturan Shopee sudah jelas tidak boleh ada unsur provokasi apalagi sampai meng-upload gambar yang tidak pantas/menyebarkan konten provokasi: https://seller.Shopee.Co.Id/edu/article/6862

Intinya, kalau memang dibiarkan begitu, berarti setiap pembeli bebas untuk memberikan ulasan rating/menjatuhkan saingan usaha dan memprovokasi pembeli lain agar tidak belanja di toko tersebut. Padahal penjual di Shopee sudah mengeluarkan biaya iklan/ads dan dikenakan biaya admin yang tidak sedikit (3,2 persen) kategori aksesoris hp.

Terima kasih, saya harap dibaca oleh pihak Shopee dan memberikan win-win solution.

David Chandra
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • yahhh malah dibongkar sm netizen kalo tokonya yg nakal.
    barang KW bilang KW bos. malu lah original cuma 27rb. KW super aja ga segitu om

  • Aku pernah beli handsfre kayak gitu di konter harganya 35 RB ..emang suaranya begitu jernih cempreng begitu ..kalau mau yg nge bass suara blem blem biasanya yg karet ujung nya ...
    Kalau buyer kasih ulasan jelek tanpa video unboxing apalagi chat penjual tetep salah pembeli ..kecuali barang jelek seller tidak merespon ..ini MH ujuk2 bintang satu pake Poto pose Fu"k y#u ala indonesia ?..

  • Wlopun murah,jauh dr harga aslinya.. Klo seller nulis original ternyata KW itu masuk tanah pidana gk siii??

  • ya memang itu kekurangan dari Jualan di Marketplace, bisa jadi saingan usaha pura2 beli kemudian kasih rating buruk untuk menghasut.
    itulah kenapa ada pembisnis cerdas sering bilang
    "Jangan terlalu lama berdiri diatas Platform orang lain"

    Solusinya bikin web sendiri, jadi bebas mau diapain aja.
    Resikonya banyak yg tidak percaya karena banyak seller website melakukan penipuan.

    Jadi tiap keputusan akan selalu ada resikonya.

    Paling enak buka toko sendiri di pasar, resikonya pasarnya g luas.

  • mungkin..
    seller bikin narasi juga ini barang ori, tapi aslinya kw..kalo emang begini, seller salah juga..biasakan jualan itu jujur..
    tapiii..
    buyer juga salah, saya gak mau komentarin soal foto..itu foto biasa aja, cuma tangan yg diasosiasikam dgn makna tertentu..tapi yg jadi sorotan, kalo ditulis original tapi harga murah, kok bisa percaya..kan bodoh juga, perlu pengetahuan yg luas juga itu buyer..

    udahlah, sama2 bodoh dan salah juga..

1 4 5 6