Surat Pembaca

m-Banking BCA Login di Perangkat Baru, Saldo Tabungan 23 Juta Rupiah Dikuras Habis

Kejadiannya pada tanggal 14 November 2022 pukul 12.51 WIB, saya mendapat WA resmi dari pihak BCA (saya sudah browsing kalau itu memang nomor resmi BCA), yang isinya pemberitahuan m-banking saya login di perangkat baru. Kemudian saya coba login m-BCA saya berulang kali, tapi tetap tidak bisa.

Saya menghubungi CS BCA di nomor 1500888 dan mengadukan m-BCA saya tidak bisa login. Kemudian CS BCA mengecek dan memang katanya login di perangkat baru. Karena saya tidak merasa login di perangkat baru, CS menyarankan untuk mengecek 5 transaksi terakhir dan saya mengiyakan. Betapa kagetnya saya, ternyata ada 5 transaksi yang saya tidak kenal:

  • Transfer ke OVO dengan nomor 089501711400 sejumlah 10 juta rupiah.
  • Transfer ke Seabank dengan nomor rekening 901781841942 sejumlah 10 juta rupiah.
  • Transfer ke Sakuku dengan nomor HP 081930827976 sebesar Rp2.000.000,dan sebesar Rp900.000 dan sebesar Rp65.000.

Saya saat itu syok dan sangat kaget. Saya meminta semua akses perbankan saya diblokir semua. Hati saya saat itu sudah kacau karena itu uang saya hasil menggadaikan BPKB, untuk tambahan usaha. Namun belum sempat dipakai, saldo sudah hilang semua.

Kemudian saya mendatangi kantor cabang Bank BCA Kreo, dan membuat laporan saldo hilang. Lalu dicek oleh CS Bank BCA Kreo (saya lupa namanya). Setelah menunggu hampir setengah jam lamanya, di tanya-tanyalah saya, apakah saya memencet link atau memberikan nomor kartu atau memberikan nomor OTP. Jawaban saya TIDAK. Ya memang tidak ada link masuk atau telepon masuk atau OTP masuk.

Kemudian saya disuruh menunggu lagi sampai Bank BCA itu tutup. Namun masalah saya tidak ada titik terangnya. Petugas hanya menyarankan untuk laporan ke kantor polisi. Kemudian saya meminta mutasi rekening untuk bukti laporan saya ke kantor polisi. Kata petugasnya, dia tidak bisa memberikan dokumen apa pun. Terus saya ngomong “Saya bawa bukti apa untuk laporan ke kantor polisi? Polisi tidak mungkin mau membuatkan laporan kalau tidak ada bukti apa pun”. Kata petugasnya saya disuruh menunjukkan WA yang saya dapat dari pihak BCA dan saya mengiyakan.

Kemudian saya datang saya ke Polsek Ciledug, saat itu sekitar pukul 15.00 dan saat itu mengantre sekitar 20 menit. Lalu saya membuat laporan dan saya ceritakan semua kejadian. Namun polisi tidak mau membuatkan surat laporan apa pun karena bukti kurang lengkap.

Lanjut hari Selasa 15 November 2022, saya mendatangi kantor cabang BCA Pondok Lestari. Saya datang pukul 8.00 dan saya ceritakan semua kejadian yang sangat janggal itu kepada petugas CS BCA Pondok Lestari dan dibuatlah nomor laporan 2058868826 dan diproses 10 hari kerja.

Setelah selesai dari BCA saya langsung mendatangi kantor Polsek Ciledug untuk membuat laporan saldo saya yang tiba-tiba hilang. Saat saya laporan di kantor polisi, yang melaporkan saldonya hilang ada 5 orang, dengan laporan yang sama seperti yang saya alami, pada jam yang sama pukul 12.51 dan hari yang sama.

Ada 5 transaksi yang bukan saya yang melakukan.

Pada tanggal 28 November 2022, saya mendapat email dari pihak BCA yang isinya memang ada transaksi tersebut dan seolah-olah menyalakan nasabah, bahwa transaksi itu saya yang melakukannya. Padahal itu bukan saya!

Betapa kecewanya saya, lama sekali menunggu, tapi hasil saya laporan ke sana sini sama sekali tidak ada hasilnya. Yang sangat ganjil, pada hari itu tidak hanya saya yang mengalami kejadian saldo hilang, dan kejadian sama semua, tidak memencet link, tidak memberikan OTP, tidak memberikan nomor kartu ATM.

Kenapa pihak BCA tidak bisa bertanggung jawab dan seolah lalai dengan kejadian seperti ini? Malah nasabah yang disalahkan dan tidak bisa mengembalikan dana nasabah yang hilang. Sangat mengecewakan.

Kiki Suciyanti
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Ibu Kiki Suciyanti

Menanggapi keluhan Ibu Kiki Suciyanti di Suara Pembaca Media Konsumen tanggal 20 Desember 2022 dengan judul “m-Banking BCA Login di...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Serem banget itu apk. Padahal sudah terlacak siapa pembuatnya sempat ramai di media sosial, kalau tidak salah, seseorang di Sulawesi, tapi ya begitu deh, polisi enggan menangkap. Padahal mulai banyak korban yang kena, kebanyakan yg gaptek atau lansia.

      • Rekening Seabank no 901781841942 atas nama Dino.. hasil dr simulasi transfer BI FAST antar bank... Mungkin TS kenal atau tahu nama tsb

        • Tidak kenal saya ka sudah saya crosschek berulang kali,dan saya pun sudah kirim email ke pihak seabank dan meminta untuk memblokir rekening atas nama tersebut & saya mencoba meminta data atas nama rekening tersebut tetapi yg boleh meminta data nasabah hanya pihak berwajib *tujuan saya meminta data hanya untuk mengetahui lokasi atas nama di atas tapi ya tidak bisa juga

          • Jadi ngeri nabung di BCA ya, ini system pengamanan nya yg buruk atau IT nya yg gk becus ? Kok gampang banget di jebol jdi pngen ngambil semua uang saya trus pindah nabung ke bank lain.

          • YAA ALLAH,, saya turut prihatin kak, Banyak berdoa kak, sholat tahajjud, smoga Allah memberi pertolongan. Zaman skarang susah cari uang, 23 bagi kita yg ekonomi menengah ke bawah uang segitu sangat bnyak. Smgo ada titik terang ya kak. Amiin

          • BC@ dan BR1 kurang aman masss/mba. Bapak saya sebulan yg lalu 50 juta ludessss. Lapor polis1, tp yah gt deh ?. Ikhlasin aja udah kl ky gini. Krn kita hidup d Wakanesia. Btw mending pk bank mandiri atau jenius kl kt ku. Krn kl manidiri selain harus face id, dy jg harus k atm dulu buat masukin kode gt biar bs ganti device. Kl jenius harus lgsg ke jeniusnya krn harus pk ktp kl mau ganti device. Niatnya bank BC@ bikin m-banking mudah bgt log in nya bukan buat memudahkan konsumen tp memudahkan maling ngebobol, krn pasti org dalem ada yg ikutan. Sy sampe kesel sm CSnya dan blg "ini data kalian yg bocor atau sistem kalian yg buruk?" Tp d jawab ny muter2 lg

          • Sy pernah mengalami hal yg sama, sktr 10jt terpotong secara bertahap dr rekening BxA notif lwt SMS banking, kejadian jam 7mlm
            Lapor secara bertahap dr Polsek, polres, Polda lanjut ke banknya
            Dr pihak Polda ktnya bagian cyber JD hrs kesana, tp hrs ada surat pengantar dr bank
            Lapor ke banknya lg dan jawaban mereka di suruh menunggu 3bln Krn ada timnya sendiri yg akan menyelidiki
            Stlh hampir 3bln menunggu tdk ada pengembalian dr pihak bank tsb

          • Jangankan mba, saya aja 300 juta tapi udh agak lama, sekitar bulan mei tahun ini dan baru selesai minggu kemarin. Alhamdulillah balik. BCA emang begitu, bank kelas atas tapi SOP nya ribet. Maklum china punya. Saya tidak panik saat tau uang itu hilang karena saya paham dibalik proses yang ribet pasti akan balik kaalau itu bener bener dibobol. Jujur saya pakai pengacara. Namun kalo melihat kondisi mba, saya sarankan cari pengacara sukarela atau kalo mba di daerah jakarta mba bisa datang aja ke pemgadilan jakarta pusat di kopi johni. Banyak pengacara pada nongkrong disitu.

          • Malam bu kiki, bca telah menanggapi surat keluhan anda dan hasilnya apa?

            Sebab sy baca ditanggapan bca hasil telah diselesaikan dengan baik?
            Bagi saya tanggapannya dari bca abu2

            Sy sebagai pengguna bca jadi resah

        • Kok serem amat ya BCA... Jadi khawatir sama saldo Sy di BCA... Tolong BCA mesti feedback keluhan ini dgn sangat baik.... Beritahu kami sebagai nasabah BCA bagaimana agar kami tidak mengalami masalah yg sama seperti ini? Sy coba akan pantau penjelasan dari BCA... apakah responnya sesuai dgn nama besar BCA sebagai bank dgn kapitalisasi terbesar di Bursa Efek Indonesia...

          • Harap diselesaikan sampai tuntas apa penyebabnya dan solusinya, agar nasabah tidak menjadi resah.

        • Bu kiki .... skr uange udh dikembalikan bca blm ?
          nek dr ceritanya bukam salahnya bu kiki... apkh bca mengganti uang tsb
          u bca jk sdh mengganti tolong dijawab jg krn di jawaban media konsumen cm sdh diselesaikan.....krn sy jg nsbh bca .... jd takut ya

      • Baru aja pindah hp dari hp lama ke baru, minta foto ktp, isi data lagi, terus verifikasi muka, terus otp lagi baru bisa login, apakah yang ambil punya data itu semua? Bisa jadi, jangan jangan orang terdekat gan ? Itu data-data tsb susah lho ditambah nomor hp harus ditaruh di hp nya yg mau login ditambah harus tau nomor kartunya

        • Kaya ny face id baru2 ini deh soal ny setelah kejadian mbca saya di blokir selang sehari saya urus k cabang bca dan di buka lagi untuk proses mutasi rekening lewat mbca tapi tidak ada face id untuk login,dan saat itu pun semua akses mbca suami di perbaharui dan login ulang pun tidak ada face id

          • Saya juga mengalami hal yg sama, saldo hilang 5.400.000, sesuai penjelasan halo BCA ada transfer ke OVO, saya tidak pakai OVO. Proses pelaporan ke bank dan kantor polisi Polres Kota Tangerang sudah saya lakukan. Saya juga sudah datang ke kantor BCA untuk proses pembaruan data, ATM sudah saya serahkan dan di gunting. Saya supaya tunggu proses, sekitar 7 harian ada email jawaban laporan. Saya datang ke kantor Cabang BCA Pondok Lestari, Ciledug buat bikin ATM baru lagi setelah menunggu sekitar 10 hari, ternyata penjelasan CS bank dari pusat BCA belum ada, jadi supaya tunggu 3-7 hari kerja lagi.

            Bagi orang yang paham IT perbankan transaksi digital semacam itu pasti paham, tapi buat kalangan umum yg prinsipnya simpan uang di bank aman dan beranggapan sistem bank bagus dan aman adalah tidak bisa dipercaya seutuhnya.

            Seharusnya begitu ada kasus serupa sejak awal BCA kirim pemberitahuan resmi ke semua nasabah dan bikin pers rilis di media resmi.

            Terkesan BCA menutup adanya banyak kasus semacam ini, seharusnya tidak perlu malu sistem keamanan bank masih ada celah dan khawatir nasabah pindah bank, kasih penjelasan dan berikan tanggung jawab kerugian nasabah, hal itu akan menambah kepercayaan masyarakat pada BCA.

            Kejadian 1 Desember, langsung lapor, 3 hari datang ke kantor cabang BCA, 5 Desember lengkapi laporan, 15 Desember ada jawaban atas laporan dan dianggap selesai oleh bank, intinya dianggap kesalahan nasabah dan bank tidak ada tanggung jawab apapun.

        • turut prihatin karena bank BCA tidak bertanggung jawab.. dengan WA saja BCA mudah dibobol.. apalagi BCA melempar permasalahan ke polisi.. mungkin karena dana anda hanya 25juta.. uang anda seperti sampah buat BCA

        • Face id baru. Sebulan lalu ayah saya kebobolan gk ada yg namanya face id.
          Btw face id jg udah gk terlalu amannn. Krn skrg penipu ud makin canggih. Mrk bs bobol kamera kita. Cb aja liat channel Mr. Bert

          Yg aman kaya bank mandiri sih. Hrs k ATM dl buat masukin kode gt. Jd kan otomatis kl mau ganti device butuh kartu ATM kan. Si penipu ny kan gk punya kartu nya

          • Mbca itu butuh simcard yg terdaftar utk login dikira semudah itu bobol Mbca, kecuali simcard Anda diclone yg mana simcard asli jd tdk dpt sinyal dan tdk dpt digunakan lagi

          • Tdk semudah itu dibobol tp smua korban asalnya dr bank BC@ dan BR1. ?
            Ada main org dalam kah? Ada yg 700 jt ilang dalam sekejap (ditransfer k bbrp rekening), dalam 30 menit padahal bukan nasabah prioritas. Tp bs tf 700 jt dlm 30 menit. Sungguh sangat masuk diakal dan sungguh tdk mudah utk dibobol mmg bakn BC@ ?.
            Coba cari fakta d lapangan please. Mw d pandang dr sudut pandang manapun keamanan BC@ emg kurang. Faktanya jaman skrg bobol gk butuh sim card nancep d hp.
            Tetangga depan rumah saya kerja d bank madiri, serong kiri d bank BC@. Yg BC@ sll blg sistem lbh ok dr mandiri. Tp kenyataan nya keamanan nya zonk bener shay. Puluhan ribu orang ud ketipu tp br improvement nya di face id doang, pdhl skrg maling ny ud bs nge hack hp smpe kamera2 nya. Gunanya apa face id(?) Dan masi blg “dikira semudah itu bobol BC@”. Korban belasan ribu orang anda anggap apa(?) Anda bs blg gt krn blm ada klg atau sanak saudara yg kena. Coba aja ada yg kena, br dah tuh.

    • Nggk ada instal apapun ka, tidak ada memencet link,memberikan otp ataupun no kartu atm maka ny ini ganjal sekali,kenapa data saya bisa sampe ke retas sedangkan yg pegang kendali itu cuma saya....dan aneh ny yg laporan ke kantor polisi pun di hari itu dgn masalah seperti saya itu tidak 1 2 orang

      • Itulah jeleknya Bank, niat menyimpan uang biar lebih aman tapi kalo ada sesuatu terjadi (sistem perbank-kan diretas) selalu nasabah yg di rugikan, padahal jls2 kalau kejadian-nya seperti itu adalah kelemahan dari sistem perbank-kan.
        Selalu harus nasabah yg kalang kabut kesana kemari tapi hasilnya Nihil.

      • Lain kali lbih hati hati bu.dijaman sekarang. Kejahatan. Lewat dunia digital snngat meresahkan kak apalagi menaruh uang yang bgtu jumlahnya banyak di MBCA kita..sungguh sangat rentan itu bu..lebih baik kalau menanbung manual aja kalau seumpamanya menaruh uang jumlah yang banyak..kami turut prihatin bu

        • Untuk bank tempat kita menyimpan uang sebaiknya yang aksesnya manual saja tidak perlu ada sistim bankingnya cukup kartu atm saja untuk cek saldo.

        • Maaf ikut komen, kalau simpan uang manual, dikejar tuyul. Pengalaman saya pribadi, waktu itu nggak sempet ke bank buat transfer dan simpan manual di lemari, tiba-tiba aja uang hilang padahal semua keluarga tidak ada yg di rumah dan rumah dalam keadaan terkunci rapat.

      • Patilah orang dalam klo data tdk bocor, byk yg udh kena tdk bca sj, bri,hampir semua bank ad cm nilainya kecil tdk pd melapor

        • Thun 2019 ߢA menyalahkan NASAßah yg kehilangan 2000 ????.. Pihak ?ߢA klaim bahwa NASAßah tsb salah menuliskan norek ?Bank lain yang telah ditransfer ??? uangnya.

          LaPor ??PoliceMilitia juga percuma..

          Karena itu ߢA ini udah keßanyakan Nasaßah .. Jadi pihak-pihak orang dalam ߢA yg mencuri ??? dana nasaßaH tsb ❗❗❗❗⁉‼‼

          Makanya system keamanan Perßaπkaπ dibiarkan €RRoR sehingga memudahkan hacker pembobol dana nasaßaH dgn mudahnya mencuri taßungan . . DANA RATUSAN MILIAR DOLAR??? TERBANG MELAYANG ??? ke rekening gendut Pihak-pihak Pencuri + hackers.. Yang dimudahkan oleh ßaπk ߢA dgn Memperlonggar Systematic Keamanan Perßaπkaπ.

          AYO RAME2 BOIKOT BANK B¢A ??... KITA AMßil SEMUA ???UANG DI ߢA dan menaßuπ¶ di ßaπk la€π ???

      • kalaulah cerita anda benar adanya, seharusnya pihak bca melakukan kembali audit coding aplikasi mbanking setiap kali ada perubahan terlepas aplikasi tersebut dibuat secara internal ataupun dibuat oleh vendor. karena mungkin saja ada hiden program yang disisipkan pada aplkasi tersebut, dan hiden promram tersebut akan ditriger atau dijalankan jika tombol tertentu ditekan. hiden program tersebut bisa mengabaikan semua prosedur verifikasi yang seharusnya.

      • smartphone yg diinstall mbanking atau aplikasi perbankan digital jangan pernah klik link apapun baik dari WA maupun sms. lebih baik dipisah 2 phone yg untuk transksi penting perbankan hp khusus yg benar2 tdk boleh klik buka apapun krn bahaya sekali salah klik kita ngasih hak super admin ke aplikasi yg dibuat si pencuri. dari aplikasi itu bs jalanin apa aja mau camer ktia tanpa kita tahu fungsi camera lagi jalan (led indicator dimatikan dr programnya) bahkan otp sms dia bs intip krn aplikasi sdh terinstall dan dapat hak akses admin kalau salah klik biasanya diarahin install APK (aplikasi android).

        • Serba salah mau nyimpan di lemari takut di keroyok kecoa.
          Di bank ya duit bisa ngilang sendiri.

          Tapi ya kalo masih rejeki si abang pasti juga balik lagi meski beebentuk lain.

      • @Maria
        Itu mbak ada ulasannya dari youtuber Mr.Bert . Link nya sdh disertakan di komentar pertama

    • Saya jadi Takut nyimpen Uang di Bank, besok tabungan saya kuras semua ah,

      Saya kira pindah ke situ aman, dibanding bank milik negeri, ternyata sama dgn yg sono

      • Tdk semudah itu dibobol tp smua korban asalnya dr bank BC@ dan BR1. ?
        Ada main org dalam kah? Ada yg 700 jt ilang dalam sekejap (ditransfer k bbrp rekening), dalam 30 menit padahal bukan nasabah prioritas. Tp bs tf 700 jt dlm 30 menit. Sungguh sangat masuk diakal dan sungguh tdk mudah utk dibobol mmg bakn BC@ ?.
        Coba cari fakta d lapangan please. Mw d pandang dr sudut pandang manapun keamanan BC@ emg kurang. Faktanya jaman skrg bobol gk butuh sim card nancep d hp.
        Tetangga depan rumah saya kerja d bank madiri, serong kiri d bank BC@. Yg BC@ sll blg sistem lbh ok dr mandiri. Tp kenyataan nya keamanan nya zonk bener shay. Puluhan ribu orang ud ketipu tp br improvement nya di face id doang, pdhl skrg maling ny ud bs nge hack hp smpe kamera2 nya. Gunanya apa face id(?) Dan masi blg "dikira semudah itu bobol BC@". Korban belasan ribu orang anda anggap apa(?) Anda bs blg gt krn blm ada klg atau sanak saudara yg kena. Coba aja ada yg kena, br dah tuh.

    • coba TS sertakan SS isi SMS di persekitaran waktu diterimanya pesan WA yg memberitahukan bahwa aplikasi BCA Mobile login di perangkat baru tsb (14 Nov '22 pkl 12.52), harusnya ada pesan OTP masuk ke inbox SMS

      • Seharusnya semua transaksi online terutama di smartphone yang melibatkan nomor rekening setiap bank diwajibkan menggunakan face-id dan fingerprint tanpa terkecuali dan hanya boleh dilakukan di satu smartphone dan satu nomor seluler untuk setiap pemilik rekening. BCA Mobile masih mengandalkan password dan pin yang kebanyakan mudah ditebak.

    • Kejadian ini sama persih yg terjadi pada sy di bulan April rekening saya habis 12 jt dalam beberapa menit ketika memasuki link tersebut,dan seolah itu bagian dr cs BCA ,sy sdh melakukan laporan ke costomer care BCA dan saya jg sdh lapor ke BCA cabang Teuku Umar bandar Lampung dgn membawa surat laporan kepolisian ,jujur sy kecewa dgn sistem sekuriti BCA krn tdk ada proteksi sama sekali ketika uang itu tersedor dalam beberapa menit dan laporan sy dgn kepala cabang jg tdk di tanggapi serius seolah2 ini kesalahan nasabah ....sampai sekarang jg tdk ada follow up lebih lanjut

      • nah itu mas klo mau aman sediakan hp khusus untuk layanan perbankan yg ada install aplikasi bank digital atau mobile bankingnya. da ndi hp itu jangan pernah coba2 klik apapun baik link atau file APK di WA, telegram atau sms. krn sekali kita klik link nnati diarahin ke APK brengsek pencuri jala ndan ktia ngasih hak suepr admin ke apk pencuri itu. konon nurut pakar yg ngecek apk pencuri itu bahkan ada kode program yg jalanin camera depan belakang kita tanpa kita tahu (indikator led camera tidak nyala) jadi dia bs scan muka kita di aplikasi perbankan yg ktia puinya nanti termasuk opt jg bs jebol krn bs melihat otp sms di smartphone kita. kl osdh klik kaish hak admin di hp anda habislah sudah semua baik otp, face id, finger id bs digunakan dia selama hpnya nyala.

      • Sistem transaksi online BCA memang masih kurang aman. Sebaiknya Bapak jangan coba membuka link-link sembarangan dan menggunakan smartphone yang fasilitas biometrik sebagai verifikasi. Merk Smartphone yang aman untuk transaksi online menurutku hanya android dari Samsung dengan chipset yang masih aman.

    • Kok bisa kak... Kan sblm buka menu transaksi mbca ada kode akses 6 digit... Klo kode aksesnya salah mbca gak bisa ke buka trus utk transfer sblm uang ditransfer ada nomor pin ATM... Klo kode pin ATM salah uang gak bisa di transfer & ATM ke blokir... Kok bisa ya???

      • Bs kaa. Panjang kl jelasin. Lbh baik liat di youtube channel Mr. Bert aja ka. Dijelasin detail

    • sya setuju sama pendapat diatas, kalo yakin benar "viral" kan saja, kalo benar2 kelalaian Bank, pasti diganti berapapun itu jumlahnya, tapi kalo karena kelalaian kita sendiri baik sadar maupun tidak sadar itulah apesnya nga bakal diganti. Saran saya sih kalo mau ganti HP atau nomor baru. Mending buka rekening baru, dan yg lama tutup. Konsumen dari semua bank yg ada layanan mobilenya, pasti bermasalah.

    • Mantap info info nya bang... Setahu saya bca paling rumit mbobol nya... Klo bro tahu nya 2019 an

    • Sepertinya ini yg memungkinkan, coba cek di playstore nya, dalam tenggang waktu khilangan tsb, apk apa aja yg pernah di instal trmasuk dng yg sudah di hapus, di analisa kira² apk mana yg mencurigakan

  • Sebenarnya pihak berwajib dgn mudah tracing nomor2 tujuan transfer . Seharusnya nomor2 tsb bukan nomor fiktif kan ya...

    • @Sunny
      yeah, but you know, no money no process.

      sekelas BCA aja masih bisa seperti itu, gimana nanti ya digital Rp.
      buat TS semoga dapat jalan kluar terbaik

      • Itu tidak seberapa bro,kita yg 60 juta dan tetangga 45 juta juga nihil,malah konsultasi sama lawyer yg juga teman malah suruh iklas,alasannya siapa yg mau kejar kalo pelaku di Papua,atau Aceh,polisi butuh ongkos dll ,memang tugas polisi tapi tau kan polisi kita,99% mafia ,yg jujur cuma polisi tidur patung polisi dan jenderal hoegeng( gusdur)

    • Bukan bermaksud beranggapan jelek dgn pihak berwajib,tapi yg menjadi tanda tanya saya,laporan seperti ini itu di tindak lanjuti atau hanya mangkrak di meja kepolisian,kenapa kejadian seperti saya alami ada aja terus gk pernah di usut tuntas

      • buat TS coba cek no tersebut apakah ada yg di kenal. setau saya Seabank itu ketika mau kirim ada nama lengkap nya, siapa tau kk kenal dengan nama2 tersebut.

        • Nggk ada yg saya kenal ka, udah saya croschek berulang kali....dan saya pun meminta data2 yg di transfer kepada pihak bca tetapi jawaban ny tidak bisa memberikan data nasabah kecuali pihak berwajib yg meminta

          • ya kak memang hampir semua SOP untuk meminta data konsumen itu harus dari pihak yang berwajib.

            semoga mendapatkan titik terang kak TS

          • Apakah saat gadai BPKB anda memberikan no hp yg terhubung dgn BCA ? Karena peretas tidak mungkin random melacak isi saldo korban satu persatu maka dia hanya mengincar target bersaldo besar . Ada kemungkinan peretas mengintip no hp target di aplikasi pinjaman atau gadai atau aplikasi keuangan lainnya.

            Next : Jangan share no HP disembarang tempat apalagi untuk registrasi aplikasi keuangan.

          • Kak yakin kaka tidak ada pernah tekan link baik it udi sms, wa ataupun telegram ataupun di link situs manapun? biasanya dr link itu diarahin install apk kl okita klik ktia tandanya ngaihs hak admin ke aplikasi pencuri itu jalan via background bahkan sy liaht dr pakar andorid ada yg ngecek aplikasi pencuri itu di dalam kode programnya ada bs nyalakan semua fungsi di smartphone bahkan camera depan belakang tanpa sepengetahuan empunya krn led indiktornya dimatikan sekana2 tdk ad aktiviatas padaha lpencuri lagi spy dan bahka nbs gunakan camera untuk buka aplikasi bank digital atau mobile banking kita untuk dikuras. bahkan otp sms jg jebol krn aplikasi itu bs liat persis apa yg ada di smartphone kita tanpa perlu ktia info ke mereka krn aplikasinya sdh dapat hak admin terinstall di samrtphone itu.

          • Kejadian saldo rekening BCA hilang,, juga sy alami pd thn 2008 lalu,, sebesar 99 juta,, dan itu adalah semua uang yg ada dlm saldo tabungan sy,, sy sadar uang sy raib setelah sy coba berkali2 di ambil di ATM ga bisa,, saldo 0,, sy lapor ke Bank BCA setempat,, dengan minta prin di butab nya,, urus sana urus sini,, menangis darah sekalipun tetap pihak BCA tidak bisa mempertanggungjawabkan mslh sy,, tetap saja nasabah yg salah,, padahal sy tidak pernah memberikan atau pun meminjamkan Kartu ATM sy ke siapapun,, itulah pengalaman pahit seumur hidup sy ttg BCA,, dan sy tidak pernah menabung lagi di BCA,, dengan alasan apapun,, itu tabungan sy untuk menyambung hidup setelah suami sy meninggal kecelakaan,, semoga tidak terjadi pd nasabah yg lain,, pengalaman sy pribadi yg ahirnya teringat kembali gegara membaca artikel yg dialami mba kiki,, semoga ada penyelesaian,, amin,,

        • Cek postingan Instagram @hebosto dia pernah jg hilang puluhan juta terus di viralkan selang beberapa hari di urus BCA dan uang nya kembali

        • Nope. Kl lihat fakta lapangan korban dari bank BC@ dan BR1 ka.
          Trll mudah d akses mbanking BC@, sy sdh bandingkan dg mandiri n jenius. Krn ayah sy kebobolan 50 jt d BC@ saya pakai mandiri n Jenius. Dan sy bandingkan, dan jauh lbh ribet Mandiri n Jenius.(utk safety ya ribetnya)

      • TS ud buat surat LP ? Coba ke bca pusat minta mutasi rekening? Klo ud buat surat LP minta sp2hp minimal 1x 1 bulan, lapor ny klo B's langsung di polres, catet nama penyidiknya, atau situ punya kenalan polisi jabatan ad g mnt tolong

        • Punya kenalan polisi atau saudara polisi jg percuma kalo ga ada fulus untuk menangani kasus, ini indonesia bukan inggris, semua harus ada fulus.

      • Ngeri Juga..
        Biasanya kalau data Ovo dan dompet digital lain2 pakai verifikasi KTP dan No HP, kalau polisi mau usut pasti tertangkap, dan jika kalau laporan mangkrak maka akan banyak korban bertambah. Bahkan oknum pegawai Bank pun akan berani menilap dana nasabah jika laporan nasabah dianggap kelalaian nasabah sendiri

      • Ngeri, kayak paling aman nabung di bank rating A, UOB, Standard Chartered, Citibank keamananya prima. Buat rekening aja susah heheheh

      • بالفلوس وبالملوس
        وبلا فلوس وبالمنفوس

        Ada uang pasti mulus
        Ga ada uang dipastikan .....pus

    • Belum pernah berurusan sama polisi ya?? Orang kena maling 100jt aja pd males bikin LP, loe pikir sendiri aja knp kok gak mau bikin LP. Apalagi ini "cuma" sekali lagi "cuma" 23jt. Kata "cuma" itu yg dipikirkan polisi, tp kata2 "cuma" itu sangat besar artinya utk pelapor

  • Pengalaman sy ganti perangkat tgl 10 Desember, hrs verifikasi dgn foto KTP dan selfie utk bs menggunakan fitur di mbanking BCA. Jd setelah sy registrasi perangkat baru dan masukin nomor ATM dan kode akses, sy cm bs login doank tp gak bs ngapa2in, jd hrs verifikasi lg. Karna udh 3x selfie gagal terverifikasi, akhirnya sy tlp ke HaloBCA dan dibantu utk verifikasi data agar layanan mbanking sy bs dipakai utk transaksi. Jd bingung jg baca cerita TS dimana perangkat baru bs dgn mudah masuk dan melakukan transaksi padahal setau sy utk transaksi mbanking dibutuhkan kode akses utk login dan mpin utk konfirmasi transaksi. Penjahat skrg makin canggih, masa iya kita hrs nabung di celengan lg sih?

    • situ ganti perangkat tgl 10 des, TS nya kebobolan di nov, ga relevan lagi, siapa tau BCA sejak kobobolan massal diperbaharui SOP nya yaitu dgn foto KTP & selfie

      • Masalahnya udh dr lamaaaaaa, buat pindah perangkat itu hrs verifikasi nomor ATM pak, lalu dr mbanking akan kirim SMS aktivasi ke nomor yg terdaftar atau tersambung ke mbanking kita, kita hrs balas SMS itu dr nomor terdaftar, baru bs bikin kode akses, bisa pakai yg lama atau ganti baru. Intinya ganti perangkat gak mudah, ada proses verifikasi jg walaupun sepertinya yg butuh selfie itu memang baru2 ini aja. Lalu kira2 yg menguras isi rekening TS ini tau dr mana nomor ATM dan apa dia pegang jg HP TS sehingga bs menerima dan membalas SMS dr mbanking? Itu yg msh jd misteri. Setau BCA gak kebobolan, tp bnyk nasabah yg kebobolan karena kurang waspada. Makanya skrg dibuatlah aturan baru hrs selfie karena utk melindungi nasabah2 yg kadang suka aneh2, ngasih nomor ATM lah, klik link yg dikirim org gak jelas lah.

        • setau sy klo aplikasi jahat pencuri it usdh terinstall (dalam arti kita salah kilik link dr WA, telegram, sms, atau dimanapun itu) berarti kita ngasih hak akses admin terinstall untuk apk brengsek itu. krn sy ada nonton di youtube sdh dicek oelh pakari itu apk (aplikasi android yg bermaslah itu ) klo diklik tandanya kita install dan ngasih hak admin di smartphoen tempat ktia ada aplikasi mbanking kita. nah habislah semua kr nmau otp sms, camera depan belakang bd aktif diremote kontrol live dr jauh si pencuri itu tanpa ktia tahu merka sedang aktifkan camera ktia krn led indikatornya dimatikan oleh program itu padaha ljala napliaksi camera itu aktif. otp yg masuk jg bs diintip krn shd dikuasain hp yg terinstall itu secar diam2.

        • BC@ baru2 ini aja pake face id kl pindah perangkat. Dl mah boro2. Tp setau saya gk ada konfirm ke mesin ATM. Kl ini mah bank mandiri yg pake face id n konfirmasi kode livin by mandiri ke ATM

          • Setahu saya yang udah jadi nasabah BCA sejak lama. Petugas nya menjelaskan kalau m banking hanya bisa diakses oleh 1 device dengan 1 simcard saja untuk keamanan. Kalau mau ganti device, maka perangkat lama dihapus dulu datanya dan diinput yang baru.
            Turut sedih kak, semoga segera ada penyelesaian. Membuat surat laporan kepolisian emang ga mudah. Saya pun pernah kena penipuan 75 juta, dan pihak BCA minta surat laporan kepolisian sbg syaratnya. Akhirnya harus merelakan hanya karena surat laporan kepolisian yang tak bisa dikeluarkan, sehingga BCA tidak memproses kelanjutannya. Sejak itu saya sangat dan sangat hati hati. Termasuk langsung blokir nomor nomor yang tidak dikenal dengan maksud apapun itu.

      • Biasanya saya setting limit di embanking jadi 10k jadi tydac bisa di ambil, dan blokir semua Linked sementara, tp kalau virtual emang no limit sih bisa kirim berapapun

        • percuma klo apk gila pencuri itu sdh terinstall berarti dapat hak admin pak pencuri itu di smartphone kita krn sdh sempat kilk link meneyesatkan itu. bahkan camera, face id, singer print bs mereka aktifkan remote dari jauh secara live tanpa kita tahu merka lagi aktif bahkan ada pakar yg paham kode program apk it udi youtube sdh dicek apk jahat itu bahkan ada kode program yg bs ngejalanin camera depan/ belakang tanpa menyalakan led indikator di smartphone tersebut padahal mereka lagi mantau secara live lewat smarthone kita. mau otp ke sms no ktia jg bs diintip krn mereka sdh dapat hak admin di smartphoen itu vai apk jahat itu

          • tapi yang saya heran, untuk ganti device itu kan setelah memasukkan nomor kartu atm, nasabah harus mengirim SMS ke 9888 dan simcard harus terpasang sesuai nomor terdaftar. nah, masalahnya kan simcardnya kan ada di device si korban. pertanyaannya kok bisa penipunya mengirim SMS verifikasi dan diacc oleh sistem Bank. berarti simcardnya ini ada device pelaku dong? dicloning dong?
            dan berbicara masalah cloning simcard. untuk ganti kartu, saya pernah ganti kartu di provider merah. memang harus menunjukan KTP. setelah itu dibawa ke mesin sidik jari, jadi pake sidik jari dlm proses pergantian kartu. namun pengalaman saya, sidik jari saya tidak bisa dideteksi oleh mesin tsb. tetapi kemudian petugasnya tetep bisa menangani saya dengan klik2 di komputernya kemudian jadi deh itu simcard baru saya dengan nomor yang sama. yang jadi pertanyaan, apakah mungkin kloning simcard bisa mudah ? dengan pengalaman saya yang petugasnya tinggal klik2 di komputernya karena sidik jari saya tidak bisa dideteksi di mesin milik provider merah

  • Sebelum melongok jauh² coba menoleh dulu kiri kanan. Tanpa bermaksud meragukan keterangan korban, pelaku biasanya orang terdekat. Ini kalau ga klik link ya. Apalagi pelaku tahu korban baru dapat pinjaman ya.
    Banyak teman dan keluarga yang kejadian seperti ini, setelah lama diselidiki ya pelaku orang terdekat. Mohon maaf jika ada kata² yang tidak berkenan.

    • Saya kok cenderung berfikir seperti ini juga ya :)

      Sebelumnya, Mohon maaf atas keterbatasan pengetahuan soal Sistem BCA.
      Turut prihatin dengan masalah TS, semoga ada penyelesaian dari BCA.
      ----
      Untuk cloning (atau apalah istilahnya), memindah account ke perangkat lain kayaknya lebih
      report (mengingat security sistem BCA).
      Yang lebih gampang narok program kecil ke perangkat yang punya Account.
      Computer Programmer lainnya saya yakin lebih tahu tingkat kesulitan antara 2 cara ini.

      Yang jadi masalah (mungkin lebih rumit dari membuat programnya), gimana cara narok program kecil ini...
      nah, pake modus link tipu2....
      Kalau sudah berhasil masuk dan running, lancar jaya....

      Alangkah indahnya kalau BCA menurunkan team IT nya untuk melakukan
      investigasi ke perangkat mobile banking TS, tentu dengan ijin ybs (digunakan sebagai Sample kasus).
      Investigasi untuk mencari kemungkinan ada proses di perangkat yang tidak disadari oleh user-nya.
      Hasil investigasi (jika ada hal yang baru) bisa dijadikan masukan untuk perbaikan security sistem (jika memang ada) atau sosialisasi perilaku user dalam menggunakan perangkat yang terkoneksi dengan mobile banking.

      Cuma beranda-andai saja... :)

  • Coba TS ingat-ingat lagi, sebelum mendapatkan WA peringatan dari BCA apakah pernah buka link yang ujung-ujungnya diminta mengisi data perbankan?

    Sistem BCA juga kurang efisien. BCA mobile diblokir tapi 23 juta udah kadung bobol.

    • Ngeri juga nyimpan uang di bank maling nya canggih ga bisa terdeteksi.udah banyak korban berjatuhan.semoga ts sabar menghadapi nya dan bisa ditemukan solusinya

  • saran saya VIRALKAN saja kak, jgn hanya melalui media konsumen, Melalui Tiktok, IG, & FB udh banyak korban di Bank BCA Tdk hanya melalui mobile bangking mereka, bahkan terkait penipuan asuransi AIA aja banyak, hanya kurang di blowup sehingga banyak yg kurang mengetahui..

    • Serius meresahkan.. mau nabung tunai di celengan pun banyak tuyul (SERIUS yang lagi heboh di daerah saya).. Di bank pun akhir2 ini banyak kasus APK tuyul yang nguras isi Atm..

    • Hmm.. Aplikasi BCA saya.. ada di Hp saya.. tapi sim card lupa saya insert.. biasa lah lupa mana sim1 dan sim2.. dan tuh aplikasi tau lohh.. Error di bilang No Sim card yg terdaftar aplikasi BCA tersebut di Hp saya.. jadi saya pun tidak bisa Transaksi apa2.. termasuk cek saldo juga tidak bisa..

      Jadi kemungkinan besar.. No kartu ATM bapak Bocor ke pelaku.. termasuk Nomor hp bapak pun pindah ke tangan pelaku.. tiba2 nomor hp nga ada signal kah ?
      sehingga pelaku bisa pindahkan aplikasi ke Hp baru..

      Karena dengan aplikasi Babi ngepet pun.. Aplikasi viral yg kurir kasih foto paket ternyata itu aplikasi untuk install di Hp kita.. Mobile BCA tidak akan bisa di Install di perangkat baru.. karena aplikasi langsung mendeteksi tidak ada nya Sim Card bapak yg di insert ke Hp baru.. beda dengan aplikasi bank lain yg memerintahkan SMS OTP.. nah SMS OTP yg masuk akan di mirror atau di copy dengan aplikasi Babi Ngepet tersebut..

      Jadi agak janggal juga Pak kerjadian tersebut.

      • nah ini yang belum bisa terjawab dari aplikasi babi ngepet. kalau mbanking biru ini sangat berbeda dengan mbanking bank lainnya. harus main dengan simcard. seperti komen diatas, simcardnya dicopot lalu ditaruh slot lain maka harus verifikasi login lagi. apalagi ini penipuannya dengan ganti device. berarti simcardnya juga ada di device penipunya dong?
        dan berbicara simcard. untuk ganti kartu, saya pernah ganti kartu di provider merah. memang harus menunjukan KTP. setelah itu dibawa ke mesin sidik jari, jadi pake sidik jari dlm proses pergantian kartu. namun pengalaman saya, sidik jari saya tidak bisa dideteksi oleh mesin tsb. tetapi kemudian petugasnya tetep bisa menangani saya dengan klik2 di komputernya kemudian jadi deh itu simcard baru saya dengan nomor yang sama. yang jadi pertanyaan, apakah mungkin kloning simcard bisa mudah ? dengan pengalaman saya yang petugasnya tinggal klik2 di komputernya karena sidik jari saya tidak bisa dideteksi di mesin milik provider merah.
        jadi si pusat simcard ini juga harus jadi perhatian

  • Sangat disayangkan bank sekelas BCA kurang tangkas menghadapi masalah nasabahnya. Semoga masalah yang menimpa @TS bisa segera terselesaikan.

    • Saya tidak nabung di BCA, tapi BCA hanya untuk setor tunai lalu transfer ke bank utama yaitu Danamon.

      Menurut analisis saya, hal itu sangat Mustahil, kenapa? Jika login m-BCA menggunakan perangkat baru. Maka ada dua metode verifikasi yang harus dilalui, dimana itu sangat ketat banget, dan hampir sangat Mustahil terkena data breach.

      Yang pertama #1 metode verifikasi kirim sms, m-BCA akan otomatis membuat sms yang harus dikirim oleh sim pertama/nomor hp yang terdaftar di BCA. Tidak mungkin tiba-tiba pencuri mengambil nomor telepon anda yang terdaftar di BCA bukan?

      Yang kedua #2 metode verifikasi wajah. Tidak mungkin wajah pencuri mirip dengan wajah anda kecuali anda bersama pencuri lalu anda di sekap, dan dipaksa untuk verifikasi wajah ke muka anda.

      CMIIW.

      • Setuju Pak.. Aplikasi BCA langsung tau bahwa tidak ada nya sim card yg terdaftar di BCA terdapat di perangkat baru tersebut.. error muncul sebelum saya perintah sms otp dll..

      • Betul bro, biasanya ada permintaan ijin via sms ke no ho lama utk penggantian no hp baru. Kalo sim card lama rusak mk satu2nya cara adl nasabah harus datang ke bank BCA utk aktivasi no hp baru. Jd cuma ada 2 kemungkinan yaitu : 1. pencuri adl orang dekat korban, 2. CS bank BCA. Tetapi utk kemungkinan kedua sangat susah sbb CS jg harus mendapat appoval supervisornya melalui finger scan supervisor tsb

      • betul, saya ganti sim card aza, app mobile bca lgsg ngedetect kartu yang dimasukkan berbeda, harus verifikasi ulang. kalo kartu sim diduplikasi, rasanya jg kecil kemungkinannya karena andaikan membuat sim card baru dengan nomor ts, mesti ada scan ktp, terus mesti verifikasi sidik jari kita cocok apa ga, baru bisa bikin sim card baru.

        • mau komen pengalaman saya ganti kartu di provider merah. dikarenakan sidik jari saya tidak terdeteksi di mesin pergantian kartu. tapi si petugasnya tetap bisa menangani saya. kemudian petugasnya tinggal klik klik di komputernya dan jadilah simcard baru saya. dan saat itu saya tetap meminta fisik simcard lama untuk dibawa pulang, takut ada penyalahgunaan.
          jadi kemungkinan yang lain, apakah bisa jadi ada oknum yang bekerjasama ?

      • aplikasih babi ngepet yg viral itu klo sdh terinstall sdh dicek pakar it yg paham pemogramna di apknya ada program yg bs aktifkan fitur face id, finger bahkan camera depan belakang tanpa menyalakan led indikator dan layarnya jd jala nvia background diremote jarak jauh dan live. otp infro dr smartphone itu dicopykan /kirim via apk babi ngepet itu bro kecuali peindah perangkat mbanking haursnya susah ya krn bca past ngecek sim card di perangkat baru itu g bs asal mindahin mbanking ke perangkat baru

1 2 3 7