Surat Pembaca

Seller Penipu di Shopee

Saya memesan barang berupa Panci Presto di Shopee, pada tanggal 12 Desember 2022, melalui akun seller: https://shopee.co.id/serbagunastore01, dengan nomor pesanan #221212FC6G1CDV. Namun barang yang diterima beda/tidak sesuai, hanya berupa bros, padahal sesuai deskripsi seharusnya barang adalah panci presto.

Saya tidak mempermasalahkan nominal, tapi dilihat dari reviews penjual/toko hal ini sudah sering terjadi. Hal yang menjadi perhatian saya adalah mengapa Shopee sebagai marketplace yang aman menjadi tempat untuk ajang penipuan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab?

Jujur, harga barang tidak seberapa, tapi sudah berapa banyak pembeli lain yang tertipu selain saya. Mengapa Shopee tetap membiarkan hal ini terjadi? Saya sudah laporkan, tapi tidak ada tindakan Shopee lebih lanjut dan berkesan membiarkan, sehingga menjadikan Shopee sarang bagi seller penipu untuk terus melakukan aksinya.

Apa tidak ada punishment dari Shopee untuk menindak oknum terkait dan mungkin masih banyak toko serupa lainnya?

Afriana Dyah Ratnapuri
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Namanya belanja online itu ada fitur komplain bahwa barang yang datang tidak sesuai dengan gambar ataupun penjelasan yang ditampilkan. Tinggal komplain, uang langsung kembali. Kalau sampai seperti ini berarti banyak yang belum tahu fitur komplain ini.

  • Kadang kasian juga kl ada orng yg baru belanja online tapi karena tergiur harga murah tapi ternyata zonk... Mau komplen juga kadang ga ngerti cara ny... Kasihan

  • Bijak menggunakan media internet. Terutama budayakan berpikir sebelum bertindak. Telisik dan teliti ulang apakah sudah sesuai standar pasar. Logikanya, sekalipun itu misteri box, gak mungkin ada yg mau ngasih panci bagus dengan harga 14.000-an. Bukannya dari situ udah janggal? Teruntuk shopee, tolong segera blokir seller yang hanya memanfaatkan minimnya budaya membaca dari masyarakat apalagi yang kurang paham hal seperti ini. Shopee itu marketplace yang besar, harusnya hal seperti ini tidak mungkin tidak teratasi. Basi banget klo ga teratasi, cuma nyari untung aja kerjaannya.

  • Sudah jelas disini seller adalah penipu, yang memanfaatkan ketidakpahaman pembeli (seperti pembuat TS) tentang Situasi di Marketplace online.

    Untuk keamanan pembeli dalam berbelanja, pihak Shopee telah membuat beberapa parameter, antara lain : Status toko ( Non Star, Star, dan Star plus ), serta nilai produk dan toko hasil review dari pembeli. Untuk Promo, ada Flash Sale, Ingatkan Diskon, serta promo toko.

    untuk Mysteri box memang diperbolehkan dijual di Shopee, dengan berbagai ketentuan. Ketentuan tersebut antara lain :
    1. Tulisan Mysteri box harus ada di judul dan foto produk.
    2. Di Deskripsi harus dituliskan dengan jelas list produk apa saja yang mungkin akan didapat ketika melakukan pembelian.

    Keluhan TS telah direspon oleh pihak Shopee dengan menutup toko tersebut, dan semoga TS mendapatkan pelajaran berharga supaya lebih berhati hati berbelanja secara online.