Mohon Konfirmasi dari Bank Syariah Indonesia Cabang Darmawangsa Surabaya

Selamat sore,

Saya adalah nasabah debitur Bank Syariah Indonesia yang dulunya BNI Syariah. Saya menjaminkan sertifikat rumah saya di BSI ini. Rencananya mulai November kemarin saya ingin melunasi kredit saya pada bulan Desember 2022. Namun menurut info dari marketing Bintang, saat akhir tahun tidak bisa melakukan pelunasan, jadi bisanya awal tahun.

Namun saya tetap memberikan surat penyataan pelunasan yang tertanggal 29 November 2022. Paling tidak awal tahun saya sudah tahu berapa jumlah yang harus saya lunasi.

Akhirnya bulan Januari saya diberikan nama marketing lainnya karena Bintang katanya sudah pindah. Tanggal 5 Januari, marketing Izil memberikan nominal yang harus saya lunasi. Katanya kalau ibu sudah menaruh dana di rekening utama, ibu boleh konfirm saya. Chat WA terlampir sebagai bukti.

Nah tanggal 16 ini saya konfirm jika bisa saya sudah siapkan dananya, kapan sertifikat rumah bisa saya ambil? Butuh waktu berapa lama? Maaf dengan santainya Mbak Izil memberikan info kuota pelunasan untuk bulan Januari sudah penuh mulai bulan November kemarin. Chat juga terlampir sebagai bukti.

Nah yang saya tanyakan kenapa pihak BSI tidak memberikan keterangan yang detail soal syarat dan prasyarat yang berlaku, ada kuota per bulannya dan sebagainya. Jujur saya baru tahu kalau mau melunasi ada kuota per bulan.

Yang kedua respon yang sangat lama dari pihak BSI menanggapi nasabahnya, kami seperti pengemis yang meminta respon mereka. Chat ke Bintang juga terlampir mulai Desember sampai awal tahun saya chat beliau tidak pernah direspon lagi. Jadi jujur saya minta tanggapan pihak pimpinan BSI, karena info dari Mbak Izil itu sudah keputusan pimpinan.

Saya sangat membutuhkan sertifikat rumah saya. Saya sudah menyiapkan dananya sejak Desember namun selalu ada banyak alasan dari pihak BSI. Jadi tolong saya ingin kejelasan yang sangat jelas. Karena tentang syarat & ketentuan peluanasan sebelum waktunya tidak dijelaskan sama sekali di PK atau surat perjanjian kredit.

Mohon tanggapannya pimpinan Bank Syariah Indonesia cabang Darmawangsa Surabaya karena saya sangat kecewa dengan penjelasan Mbak Izil. Tanggal 5 saya konfirm, beliau tidak menjelaskan soal kuota. Namun tanggal 16 katanya kuota sudah penuh sejak November, padahal surat permintaan pelunasan saya tertanggal 29 November 22.

Saya hanya menginginkan sertifikat rumah saya dengan membayar kewajiban saya hari ini saja jika saya tidak konfirm, Mbak Izil juga tidak konfirmasi bahwa kuota sudah penuh.

Aprin Dinna Mariana
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:18    Rata-Rata: 3.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Mohon Konfirmasi dari Bank Syariah Indonesia Cabang Darmawangsa Surabaya

  • 18 Januari 2023 - (00:23 WIB)
    Permalink

    Ah ndak bener sistem seperti itu.
    Nasabah ingin melunasi hutangnya masa dipersulit dengan alibi pake kuota.
    Gak sesuai dengan prinsip ekonomi perbankan syariah.
    Ni pasti ulah dari oknum.

    • 18 Januari 2023 - (10:48 WIB)
      Permalink

      Selamat pagi
      Terima kasih buat saran dan komentar nya
      Pagi ini sudah ada inisiatif baik dr pihak BSI
      Team Mereka sdh mendebet pelunasan saya dan membuka blokir untuk dana angsuran terakhir
      Dan pihak BSI akan segera mengantar sertifikat ke saya
      Terima kasih untuk pihak media konsumen yg sdh jadi jembatan komunikasi
      Kiranya ke depan BSI akan semakin baik dalam melayani nasabah
      Salam hormat , ….

      • 18 Januari 2023 - (15:28 WIB)
        Permalink

        Syukur Alhamdulillah saya dapat nasihat dari bbrp pakar perbankan syariah untuk tidak membeli rumah atau kendaraan secara mencicil di bank syariah……Harap maklum lum murni syariah 100% ….terbukti sertifikat rumah ditahan pihak bank

  • 18 Januari 2023 - (05:14 WIB)
    Permalink

    Saya juga kreditur BSI.. tapi modal kerja musyarokah. Semoga cepat selesai ya bu masalahnya

    • 19 Januari 2023 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Yang saya heran,kenapa penyelesaian masalah kok harus muncul ke publik dulu. Pejabat bank dan para pegawainya itu cara kerjanya gimana? Maklum saya mungkin kurang pengetahuan. Tapi kok lagi dengar kalau pelunasan cepat ada kuota. Mestinya bersyukur dilunasi cepat. Nanti Nunggak dikejar kejar..repot..

  • 18 Januari 2023 - (06:31 WIB)
    Permalink

    Aneh….ko ada kuota per bulan untuk pelunasan, baru bank ini sepertinya.

  • 18 Januari 2023 - (07:31 WIB)
    Permalink

    baru tahu ada istilah kuota pelunasan, hahaha. dimana” semua bank mau pelunasan cepat juga asal ada bunga karena percepatan pelunasan. saran saya langsung ke kantor bsi nya bu

 Apa Komentar Anda?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Mohon Konfirmasi dari Bank Syariah Indonesia Cabang Darmawangsa Suraba…

oleh Khenzo.Keito dibaca dalam: 1 menit
9