Surat Pembaca

Komplain Barang yang Diterima Kurang, tapi Shopee Lebih Memihak Penjual Official Store

Dear Media konsumen dan para pengguna, yang semoga selalu dalam kesehatan. Hari ini saya ingin berbagi pengalaman belanja terburuk selama menjadi pelanggan Shopee. Baik dari sejak tier awal, hingga sekarang sudah member Platinum, baru kali ini mendapatkan pelayan belanja yang sangat mengecewakan.

Awalnya saya order Nivea Body Serum 2x twin pack (4 pcs total), tapi hanya dikirim 2 pcs saja. Order pada bulan Januari 2023 dan dalam proses kirim pun tidak ada kendala, seperti bisa 3 hari sampai. Namun paket datang dalam keadaan mencurigakan, yang mana seharusnya 4 pcs tidak seringan ini beratnya. Akhirnya saya inisiatif untuk memvideokan proses unboxing, ternyata benar hanya setengah dari jumlah order yang dikirim.

Prasangka saya ada mis-handling pada karyawan gudang, maka saya mengajukan komplain ke Shopee dengan estimasi waktu pengecekan 24 jam. Walaupun ternyata kenyataannya 4 hari, tetap saya tunggu. Setelah menunggu, saya memberikan semua bukti, video foto, barang resi dan packaging yang terlihat sangat jelas (bahkan Shopee sempat meminta 2x di pusat diskusi dan email.

Namun setelah investigasi pihak Shopee menginfokan bahwa barang sudah sesuai dan anehnya memenangkan seller yang dalam diskusi tidak berikan bukti apa pun. Hal ini sangat tidak logis, sehingga saya memutuskan untuk lapor ke chat Shopee prioritas (tulisannya sih prioritas platinum) dan meminta pihak PIC Shopee bagian SPV/TL untuk telepon saya.

Namun agen CS tidak meneruskan laporan saya seketika ke TL/SPV mereka dan tetap menyarankan menunggu 3 hari lagi. Kekecewaan bertambah. Dalam hal ini saya menyimpulkan 3 hal yang perlu dievaluasi:

  1. Toko dan gudang perlu meningkatkan pengawasan dan ketelitian packing.
  2. Pusat Diskusi Shopee perlu standar keadilan antara penjual dan pembeli.
  3. Agen, Team Leader dan Supervisor Shopee perlu lebih aware ke setiap pengguna.

Demikian pengalaman belanja saya, semoga pihak Shopee menanggapi surat terbuka ini dan terus meningkatkan kualitas pengalaman berbelanja bagi semua pengguna.

Terima kasih.

Abdul Mujib
Kudus, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Di foto tulisannya 2x , dikirim 2.. Saya agak bingung maksudnya.. Bukannya emang beli 2 ya? Rada membingungkan.. Tp semoga cepet selesai aja masalahnya

    • Makasih doanya bang. Alhamdulillah sudah selesai masalahnya. Pihak shopee kooperatif (walaupun bagian gudangnya enggak). Jadi itu ceritanya beli 2x paket/masukin keranjang dan bayar 2paket (1paket isinya oren + ungu) jadi harusnya terima ungu 2 + oren 2. Tapi cuma dikirim 1 ungu + 1 oren. Pihak shopee bertanggung jawab mengganti kekurangannya dan sudah disesuaikan. Memang harus dicall baru paham mereka, lebih enak jelaskan runtutan kendala melalui telepon. Salut sama yang nelpon kemarin sangat solutif dan mampu menengahi serta menyelesaikan masalah ini. Terima kasih