Komplain Barang yang Diterima Kurang, tapi Shopee Lebih Memihak Penjual Official Store

Dear Media konsumen dan para pengguna, yang semoga selalu dalam kesehatan. Hari ini saya ingin berbagi pengalaman belanja terburuk selama menjadi pelanggan Shopee. Baik dari sejak tier awal, hingga sekarang sudah member Platinum, baru kali ini mendapatkan pelayan belanja yang sangat mengecewakan.

Awalnya saya order Nivea Body Serum 2x twin pack (4 pcs total), tapi hanya dikirim 2 pcs saja. Order pada bulan Januari 2023 dan dalam proses kirim pun tidak ada kendala, seperti bisa 3 hari sampai. Namun paket datang dalam keadaan mencurigakan, yang mana seharusnya 4 pcs tidak seringan ini beratnya. Akhirnya saya inisiatif untuk memvideokan proses unboxing, ternyata benar hanya setengah dari jumlah order yang dikirim.

Prasangka saya ada mis-handling pada karyawan gudang, maka saya mengajukan komplain ke Shopee dengan estimasi waktu pengecekan 24 jam. Walaupun ternyata kenyataannya 4 hari, tetap saya tunggu. Setelah menunggu, saya memberikan semua bukti, video foto, barang resi dan packaging yang terlihat sangat jelas (bahkan Shopee sempat meminta 2x di pusat diskusi dan email.

Namun setelah investigasi pihak Shopee menginfokan bahwa barang sudah sesuai dan anehnya memenangkan seller yang dalam diskusi tidak berikan bukti apa pun. Hal ini sangat tidak logis, sehingga saya memutuskan untuk lapor ke chat Shopee prioritas (tulisannya sih prioritas platinum) dan meminta pihak PIC Shopee bagian SPV/TL untuk telepon saya.

Namun agen CS tidak meneruskan laporan saya seketika ke TL/SPV mereka dan tetap menyarankan menunggu 3 hari lagi. Kekecewaan bertambah. Dalam hal ini saya menyimpulkan 3 hal yang perlu dievaluasi:

  1. Toko dan gudang perlu meningkatkan pengawasan dan ketelitian packing.
  2. Pusat Diskusi Shopee perlu standar keadilan antara penjual dan pembeli.
  3. Agen, Team Leader dan Supervisor Shopee perlu lebih aware ke setiap pengguna.

Demikian pengalaman belanja saya, semoga pihak Shopee menanggapi surat terbuka ini dan terus meningkatkan kualitas pengalaman berbelanja bagi semua pengguna.

Terima kasih.

Abdul Mujib
Kudus, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:54    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Komplain Barang yang Diterima Kurang, tapi Shopee Lebih Memihak Penjual Official Store

  • 9 Februari 2023 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Video unboxing nya tidak bisa disimak bersama di sini, jd tidak bisa menilai ada kecurangan atau tidak. Namun ngga semestinya juga minta pengembalian dana 75.962, pdhl kamu bayar sesuai invoice itu per paket 40.500. Kurang 1 paket ya jgn maruk mau gratisan kesannya.

    7
    6
    • 9 Februari 2023 - (09:25 WIB)
      Permalink

      Tugas merchant kan menengahi paling enggak dr shopee bisa adil ada video packing juga dan Dari seller juga tidak diberikan video, concernya disitu. Mungkin ada miss di saya tidak edit jumlah kurang ke 1 paket tapi dari shopee juga tidak menyesuaikan dan langsung info barang sudah sesuai terus diclose. Itu yg bikin aneh. Shopee juga tidak berasalan bukti dr saya sebagai buyer kurang lengkap.

      2
      6
      • 9 Februari 2023 - (09:48 WIB)
        Permalink

        Ane Dulu juga pernah kek gitu transaksi di penjual mall gudang tapi yaudin rating 1 cukup sih ke tokonya. Kalo ama star seller / toko biasa emang harus same same ngebuktiin kedua pihak. Tapi kalo udah sama mall yg dikelola shopee. Mereka ngasih perlakuan khusus dan kalo udah dinyatakan sesuai loe ga bisa apa apa biarpun bukti yg loe lampirin lengkap. Moga” cepet kelar kendala loe. Saran coba transaksi di tokped aja, ada asuransinya dan proses investigasi cukup detil kalo di si ijo tu.

        • 9 Februari 2023 - (14:54 WIB)
          Permalink

          Semurah itu yak saat campain 2 tube nivea dikasih @40,500 dan 75,000 dapat 4???

          Di tokped saat ini twinpack nivea di nivea official @63rb, kalau 2x twinpack ya @126rb

          Kesalahan harga promosi kali Pak.

          Jadi harga yg bpk bayar @75rb

          Kalau salah pihak shopee atau pihak Nivea official store mohon clarify

        • 6 Maret 2023 - (12:12 WIB)
          Permalink

          Betul toped kebih baik dari shopee…saya mengalami 2 x kecewa dengan si oraen…pengembalian dana dibatalkan sepihak oleh shopee padahal barang gak terima sama sekali bisa di lacak di tracking untuk no awb nya

      • 9 Februari 2023 - (13:19 WIB)
        Permalink

        ….. “Awalnya saya order Nivea Body Serum 2x twin pack (4 pcs total) “…

        Jadi total bayar berapa Pak di invoice?

      • 9 Februari 2023 - (16:53 WIB)
        Permalink

        @Pak Abdul iya iya saya ngerti Pak… shopee mall campaign menurut saya membingungkan konsumen. Yang saya tangkap di invoice 40,500 adl 2 tube.

        Seharusnya dapat brp kan ga Jelas. X2 isi dua , twinpack isi 2 jg. Ha ha ha. In the end 80rb itu konsumen harusnya dapat 2 package (isi4 tube) atau 2 tube doang kan ga jelas. Kalau sdh pernah di kecewakan, stay away from such campaign Pak. Menurut saya Nivea official harus Jelaskan dong kepada konsumen supaya clear.

        Saya lihat transaksi yg dahulu di tokped misal nya. Saya beneran dapat 4.
        Philips LED Stick 9.5W E27 6500K Putih Buy2Get2 (4pcs)
        Rp132.000 50%diskon dari harga awal 264,000

    • 9 Februari 2023 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal seperti ini di LAZADA, beli mesin potong rumput, kebetulan box mesin sama stiknya terpisah cuma di tempel pakai lak ban, yang sampai cuma box mesin aja, gimana mau video unboxing kalo barangnya gak ada, udah komplin ke lazada tapi di tolak

    • 10 Februari 2023 - (07:35 WIB)
      Permalink

      Iy mana mngkn bisa d menangin klo yg kurang 1 paket tapi pengajuan dana 2 paket bisa d menangin baru aneh

      • 10 Februari 2023 - (07:48 WIB)
        Permalink

        Coba belanja di mall dikelola shopee, bisa ga diedit jumlah produk yg ga sesuai/kurang.

      • 10 Februari 2023 - (15:00 WIB)
        Permalink

        Mana bisa diedit bambang, orang dia si buyer belanja dikelola shopee mall. Duh kurang jam belanja ni. Kalo barang kurang biasanya disesuaikan manual sama shopee pas ngasih solusi. Eits tapi kok shopee minta bukti yg sama 2x via emel sama diskusi buat apa ya,, itu yang bikin gue bingong. Padahal si oren ga pernah bilang buktinya kurang. Ngakak tiba” dicloseee wkwkwkwk malang nasibmu buyer.

  • 9 Februari 2023 - (09:15 WIB)
    Permalink

    itu hal kadang trjadi, dimana beli banyak dikasih kurang dan uang diteruskan ke penjual dan kasus ditutup, makanya lebih baik beli offline agar terhindar dari hal hal seperti itu, kalau beli bnyk yg dikirim tidak sesuai yg kita pesan, ataupun yg dipesan dengan model yg berbeda tetapi yg dikirim beda lagi , itu hal biasa di eccomerce

    3
    4
    • 9 Februari 2023 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Mungkin bisa dijadikan evaluasi kedepannya untuk pihak merchant dan juga gudang/seller.

      2
      1
      • 9 Februari 2023 - (18:48 WIB)
        Permalink

        beli offline kok ke jaman baru!! makanya ente belajar yg benar, agar tau cara belanja yg aman, nyaman dan smart, dunia online itu dunia tipu tipu kebanyakan

        1
        2
    • 9 Februari 2023 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Google drive unbox nya knp ga boleh di kasih lihat Pak? Sy lihat Nivea body serum day&night di sopi kan isi 2 adl @70rb, invoice yg menyatakan bpk bayar @ 140rb mana knp di posting Pak ?

      1
      1
      • 9 Februari 2023 - (14:06 WIB)
        Permalink

        Bukan. Itu waktu campaign, isi 2 satu paketnya 40.500. Kepotong koins dan voc kecil jadi segini https://prnt.sc/7EZWH5JjCs5j , videonya mengandung resi alamat dan data PII jadi tidak saya lampir disini. Oiya dari shope engga bilang video saya tidak sesuau. Jadi alasan tutup casenya karena katanya investigasi tim mereka yg berhubungan sama gudang udah sesuau. Ga paham itu tim yg mana lagi

      • 10 Februari 2023 - (15:10 WIB)
        Permalink

        Coba deh diitung yg bener
        Rp 40,5 = nigh + day
        Jadi 2 x (Nigh + day) = Rp81k bukan 140.
        Total jadi 7puluh sekian gegara potongan. Murah sih itu kayaknya waktu flash sel ye. Mungkim Kemurahan makanya cuma dapat separo šŸ„²šŸ˜…šŸ˜­ fix mending beli offlen. Agak mahal tapi sesuai.

  • 9 Februari 2023 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Dah biasa sih kalo MALL mah selalu bener šŸ™‚ kasian ente jadi korban. Next semoga gada lagi yg kena begituan.

    2
    1
  • 9 Februari 2023 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Selalu hindari beli twin pack takutnya ya gini, ribet masalah itungan kalo salah kirim.

  • 10 Februari 2023 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Solusi dari saya adalah kaka kembalikan semuanya,karena di komplain shopee kalau 1 item itu diitung satu kesatuan kalau komplain di mall ya semua dikembalikan

    • 10 Februari 2023 - (07:53 WIB)
      Permalink

      Iya nih ga bisa diedit ya. Jadi kalau beli di mall jumlah barang ga sesuainya ga bisa diset, harus semua.

  • 10 Februari 2023 - (06:40 WIB)
    Permalink

    Mau nanggapin dari pengalaman pribadi nih ka, soalnya baru kemaren kejadiannya sama pesanan gak sesuai, kalo boleh tau expedisinya apa ka ?
    Kalo kemaren saya expedisinya sicepat yg kurang barang dan soal pengembalian kka salah ngasih nominal kn bisa cancel terus edit lagi nominal yg sesuai kerugian kka.
    Soalnya aku juga kemaren malah, reunboxing video tapi memang beneran kurang/gak sesuai barangnya yg diterima, tapi pihak shopee jadi penengah yang baik, aku sih gak tau dari pihak expedisinya yg nakal atau dari sellernya, seenggaknya aku minta kerugian sesuai nominal

    https://drive.google.com/file/d/1nt-MZFYxYkxS4z-ViB15RP6dWUGCwMcN/view?usp=drivesdk

    https://drive.google.com/file/d/1nnXrBhhYPNWKjbpTiZKrcW8EuLyMLz6Z/view?usp=drivesdk

    https://drive.google.com/file/d/1nkhNATSwH9kisJZNixom1JPgwV3xXCPq/view?usp=drivesdk

  • 10 Februari 2023 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Saya pernah beli hp shopee ambil 2 unit pakai cashback tapi yang dikirim cuma 1 unit tanya ke penjual dulu dan penjual juga mengakui akhirnya saya ajukan komplain ke shopee masalah selesai tapi anehnya cashback tidak dicairkan semua padahal kalo di toped ada masalah seperti ini cashback tetap dicairkan sesuai unit yang diterima

  • 10 Februari 2023 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Maaf, saran aja.. Kalau komplain, usahakan yg sopan.. Ngga usah galakĀ², sampaikan dgn sopan, baik & ramah.. Kita butuh dibantuin agar masalahnya kita terselesaikan.. kalau ngamuk, pasti yg responnya jg males.. akhirnya kita yg rugi sendiri..

    • 10 Februari 2023 - (13:11 WIB)
      Permalink

      Sorry nie. Ane uda baca dr atas dan lampiran si buyer endak ada menghina, marah atau ngerendahin si shopeenya. Jadi ga kalu dugaan ane si buyer engga hard complain cuma pengen ditelepon bagian tertentu (ane juga juga kurang paham) tapi ngga dihubungin. Kalu dilihat tanggalnya pun emang lumayan lama sih tu. Masak cuma gara” dianggep kurang ramah terus si cs shopee jadi males šŸ¤£šŸ¤£šŸ¤£. Males tapi digaji full.

    • 11 Februari 2023 - (10:13 WIB)
      Permalink

      Yg galakĀ² mana ngab..? Udh 2x baca kok perasaan g ada kalimat berintonasi galak ataupun tdk sopan..cb bang tunjukkan yg mana yg galakĀ²..terima kasih šŸ™šŸ¼

      • 13 Februari 2023 - (21:28 WIB)
        Permalink

        Saya juga bingung kapan saya marah. Malah pengen ditelpon biar bisa cerita lengkap ke team leadernya.

  • 12 Februari 2023 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Kualitas SDM CS Shopee itu rendah, mereka cuma ngandalin template jawaban buat handle costumer & ga pake otak buat handle masalah client dgn sungguhĀ² jadi jgn terlalu berharap dapet solusi yg memuaskan dari mereka šŸ™‚

    • 13 Februari 2023 - (21:27 WIB)
      Permalink

      Baru kali ini sih kendala lapor shopee bener” ga solutif. Biasanya ada satu dua kendala bisa selesai kok dan selalu memuaskan. Mungkin ngepas kali ini problemnya kehandle karyawan yang perlu dibriefing sebelum kerja.

  • 14 Februari 2023 - (06:34 WIB)
    Permalink

    Saya sarankan sebelum membuka paket. video penerimaan paket dari kurirnya resinya jelas sampai proses pembukaan paket sesuai.usahakan video jangan terpotong itu lebih kuat lalu upload ke youtube hasil rekaman setelah selesai lalu bagikan klik link salin lalu kirimkan ke kolom diskusi biar admin shoope dan seller nya langsung nonton di youtube kalau saya suka begitu jadi selalu menang saya sebagai pembeli buyer

  • 14 Februari 2023 - (08:21 WIB)
    Permalink

    Di foto tulisannya 2x , dikirim 2.. Saya agak bingung maksudnya.. Bukannya emang beli 2 ya? Rada membingungkan.. Tp semoga cepet selesai aja masalahnya

    • 14 Februari 2023 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Makasih doanya bang. Alhamdulillah sudah selesai masalahnya. Pihak shopee kooperatif (walaupun bagian gudangnya enggak). Jadi itu ceritanya beli 2x paket/masukin keranjang dan bayar 2paket (1paket isinya oren + ungu) jadi harusnya terima ungu 2 + oren 2. Tapi cuma dikirim 1 ungu + 1 oren. Pihak shopee bertanggung jawab mengganti kekurangannya dan sudah disesuaikan. Memang harus dicall baru paham mereka, lebih enak jelaskan runtutan kendala melalui telepon. Salut sama yang nelpon kemarin sangat solutif dan mampu menengahi serta menyelesaikan masalah ini. Terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Komplain Barang yang Diterima Kurang, tapi Shopee Lebih Memihak Penjuaā€¦

oleh Abdul dibaca dalam: 1 menit
36