Surat Pembaca

Merasa Tertipu dengan Gimmick Promo Pembayaran GoPay di Tokopedia

Terima kasih kepada Media Konsumen, yang akhirnya menerbitkan surat ini. Saya hanya ingin membagikan pengalaman saya tertipu oleh GoPay x Tokopedia, oleh iming-iming promo cashback transaksi di Tokopedia.
Kejadian bermula saat saya melakukan pembelian logam mulia pada tanggal 13 Februari 2023. Saat akan check out, muncul promo cashback GoPay Coins senilai Rp100.890 di halaman pembayaran, apabila menggunakan metode bayar GoPay (sebelumnya saya akan menggunakan metode bayar VA BCA).

Berhubung ada promo saya alihkan pembayaran dengan GoPay (tidak sempat terdokumentasikan). Hingga akhirnya pada tanggal 16 Februari 2023, pesanan saya terima dengan aman. Namun ketika mengecek saldo GoPay Coins tidak berubah. Saya coba cek invoice pembelian, memang tidak muncul cashback yang saya gunakan.

Saya hubungi Tokopedia Care dan mendapatkan jawaban yang sangat mengagetkan. Bahwa transaksi saya melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia poin M nomor 12, yang berbunyi “Setiap promo Tokopedia tidak berlaku untuk pembelian logam mulia”. Yang membuat saya kecewa adalah, mengapa notifikasi promo dimunculkan sejak awal? Padahal sudah jelas transaksi saya logam mulia. Apa sistem Tokopedia sedang pikun? Kemudian ada perbedaan jawaban CS Tokopedia dengan email yang dikirimkan.

Pada saat metode bayar saya ganti GoPay pun promo tercantum. Seharusnya jika tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan, promo tidak dapat digunakan. Hingga saat check out pun saya tidak mendapatkan informasi terkait pembatalan promo. Padahal promo-promo lain, jika tidak sesuai dengan ketentuan tidak dapat digunakan check out dan selalu ada syarat dan ketentuan.

Mungkin memang saya yang terlalu bodoh untuk menggunakan Tokopedia dan GoPay yang sangat high tech untuk meningkatkan penggunaan dompet GoPay dengan gimmick promo menipu pengguna. Ke depan saya tidak akan pernah lagi menggunakan GoPay dalam hidup saya. Bukan masalah berapa nominal yang seharusnya saya dapat, tapi saya tipikal manusia yang paling benci ditipu mentah-mentah. Ini kali kedua saya tertipu promo yang sama, hanya saja dulu tidak memiliki bukti dokumentasi. Promo dibatalkan, padahal pembelian pompa. Aneh sekali.

Demikian surat ini agar menjadi bahan pembelajaran pembaca agar tidak mudah tergiur promo tidak jelas yang sebenarnya justru menyulitkan hidup. Kalau saja saya bayar transaksi dengan VA BCA, tidak repot memindahkan dana, apalagi terpotong biaya top up hahahaha.

Achmad Syarifudin
Kediri, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sebelumnya saya minta maaf bukan bermaksud membela TOPED atau gopay, tapi saya sendiri merupakan pencari cashback TOPED dan gopay... Saya baru mengenal cashback TOPED tahun 2019, saat itu beli iPhone di salah satu toko power merchant dg pengiriman instan, saya iseng masukin voucher cashback up to 300 ribu ke ovo point'. Karena iseng ya tidak terpikir dapat, ternyata pas saya menyelesaikan pesanan saya cashback 250 ribu masuk ke ovo saya dl bentuk point'. Akhirnya semenjak itu saya berburu cashback di TOPED.. Tahun 2020 saya berhasil mendapat total cashback 10 juta. Tahun 2021 cashback saya 18 juta, dan tahun 2022 kemaren saya mendapat cashback total 22 juta dan member diamond... Apakah saya pernah kecewa dg cashback? Tidak, karena sebelum menggunakan cashback saya selalu baca ketentuannya... Termasuk cashback pembayaran melalui gopay, cuman sayangnya gopay memiliki limit akumulatif 20 juta tiap bulannya, jadi saya sering melewatkan cashback pembayaran via gopay...
    ???

    • Wkkwkwkkkw... :) :) selamat anda dinobatkan sebagai "Cashback Hunter" sejati.
      Sama!!!! sedikit berbeda, saya mulai 2018 memperhatikan cashback dan nominal cashback yang didapat ternyata gede banget (saya hampir 3x dari nominal anda di thn 2022).
      Akhirnya.... Agustus tahun 2021 saya buka toko di Tokped.
      Pengadaan stock dengan cara beli melalui Tokped. Dengan sedikit utak-atik angka (istilah kerennya, analisa harga pokok penjualan, woalaahhh hehhe ), jadilah toko saya menjual produk yang murni semuanya dari official store brand produk (bukan official store biasa) dan harga jual bisa lebih murah dari official store.
      Asik kan... produk legit (Original dan expired nya panjang, karena Mfg-date nya baru, fresh dari pabrik) tapi harga jual bersaing bahkan dengan official store.

      Semua stok toko saya beli hanya dengan klak-klik di laptop, barang dianter kurir, ada order pesanan dari pembeli langsung satu orang packing, selesai packing request pickup.....
      semua transaksi "beli-jual" dilakukan sambil duduk di laptop.. :)
      Produk untuk toko, saya pilih official brand yang "royal" kasi cashback ke Member nya (karena beli banyak, otomatis diundang jadi member).
      Official brand yang pelit, tidak saya jual produknya.... kagak asik soalnya.. :)
      Demikian "suka dan tidak-dukanya" mengenai cashback :) :)

      Saya yakin, ada juga seller tokped lainnya yang melakukan seperti ini.
      So... Tips buat masbro and sista yang sering jalan2 shopping di Tokped, kalau liat barang dengan harga yang murah jangan langsung kepikiran toko tipu2..
      bisa jadi justru barangnya sama dengan official store dan layananannya lebih baik.. lihat ulasan tokonya (tetap harus hati2 ye).
      Cheers :)

      • Betul bro, saya juga selalu mencari official store karena selain ada cashback dari toko, juga voucher cashback dari toped lebih besar...
        Yang penting kalau belanja budayakan membaca, mulai dari spesifikasi, garansi, review para pembeli dan syarat ketentuan kupon yg kita dapat kalau menggunakan kupon...
        Saya awal²nya dulu juga hampir komplain karena gak dapat cashback 300 ribu, setelah saya teliti ternyata pada saat saya checkout ternyata voucher nya blm saya pilih, awalnya sih sudah saya pilih tapi saat mau melakukan pembayaran saya batalkan karena blm masukkan ke ovo uangnya, dan setelah ovo sudah terisi saya melakukan pembayaran tapi saya tidak kontrol lagi voucher cashbacknya..?
        Tapi saya gak terlalu kepikiran, karena saya pikir itu bukan rejeki saya, kalau memang rejeki pasti datang ke saya ... ?

  • FYI: Beli emas online hukumnya haram ya, karena masuk transaksi riba. Cuma mau mengingatkan sesama muslim

      • pembelian emas secara online berarti membeli emas secara tertunda (dikarenakan penyerahan fisik emas tertunda akibat pengiriman) dan ini masuk ke jenis riba nasi'ah. Kalau beli offline tidak terjadi penundaan penyerahan emas, bisa Bapak baca/simak lebih lanjut di artikel pengusahamuslim .com

  • Iya memang begitu. Saya juga pernah beli LM tapi ga dpt cashbacknya yg sperti ts, tapi dapet cashback dari tokonya. saya aktifkan barengan sama gratis ongkir. Jd dpt gratis ongkir+ cashback. Utk barang lain sperti, elektronik ato makanan saya pakai cashback yg ts pakai itu.

  • Saya malah udah jarang pake dompet digital, sampe dl dikasih gopaylater kena block karena kelamaan inactive.. Disuruh transaksi lagi supaya aktif lagi, malah gw tinggalkan sekalian wkwkwk.. Kebetulan, klo mau non-aktifkan pinjol kan susahnya amit amit.. Ah non-aktif sendiri , baguslah wkwkw.. Saat ini sudah nyaman pake aplikasi bca/bri keduanya support Qris dll simpel

    • Ada yg tau langganan plus bs dipake di toko apa aja. Kog sy uda langganan cm bs dipake di toko yg dilayani tokopedia aja?

  • Duduk perkaranya Penulis mempermasalahkan pemberitahuan cashback yang muncul di halaman pembayaran untuk transaksinya di Tokopedia yang tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan (S&K) cashback tersebut.

  • Mungkin emg harus dari sistemnya apk nya yg di perbaiki. Klo emg beli LM ga bisa dapet cashback harusnya cashback ga bisa di pakai. Sama seperti halnya ongkir klo tidak memenuhi sarat free ongkir kan tidak bisa di pakai.
    Saya pribadi klo emg semua cashback bisa di ambil pasti di ambil. Karena itu emg hak buyer.
    Ini hanya sekedar pendapat ane

    • Dari sekian banyak komen sy merasa anda yg memahami permasalahannya. Mengapa? Karena banyak yg bilang jika saya tdk membaca syarat dan ketentuan. Memang benar karena kebanyakan pengguna tdk akan membuang2 waktu hanya untuk membaca syarat dan ketentuan aplikasi. Kecuali jika sudah terjadi masalah. Jika memang syarat dan ketentuan Promo yg tercantum dlm kupon pastilah dibaca. Saya juga bukan org yg gila cashback ataupun Promo karena bnyak dr transaksi saya tnpa menggunakan promo jika memang tidak ada asal cocok brgnya ya cek out. Karena menurut saya mau potensi ataupun Promo apapunlah jika memang tdk bisa digunakan pastilah org tdk akan menggunakan dan iini terjadi sdh k 2xnya bahkan dlu pembelian bukan yg melanggar ketentuan Promo berupa logam mulia. Saya sering pembelian bukan hanya 1 promo tapi tetap bisa digunakan meskipun cashback ya kecil. Dan ada satu bukti yg blm saya lampirkan berupa email pembatalan nya. Yg berbunyi penggunaan Promo melebihi limit per org atau kesamaan identitas. Sementara dr cs promo tdk berlaku karena pembelian logam mulia. Dr sni saya merasa seperti mencari2 celah untuk pembatalan promo. Ini pendapat saya jika org lain berbeda pandangan ya wajar beda org beda persepsi.

      • Gan mau kasih tau aja bahwa cashback itu ga berlaku untuk pembelian emas coba cek keterangannya.

  • Bantu jelasin ya.
    Itu cashback bisa digabung sama gratis ongkir (yg gak bisa digabung yg promo didepan, harus pilih salah satu). Kalo yg udah masuk ke pembayaran bisa tetap dapet gratis ongkir dan cashback tapi syaratnya setahuku itu pake metode pembayaran gopay (tapi emng gak tertulis secara langsung). Ya jelas gak bakal masuk itu cashback kalo bukan pake gopay. Ditambah lagi pembelian LM yg jelas gak sesuai s&k. Itu cashback sifatnya potensial (bukan pasti dapat). Artinya potensi dapet cashback kalo memenuhi syarat (pakai gopay) dan ditambah gak melanggar s&k. Banyak aplikasi yg cashbacknya itu pake syarat metode pembayaran kok. Buat TS saran jangan terlalu gampang kepancing sama promo atau cashback sebelum mencari info lebih jauh. Be smart buyer gaes. Maaf kalo banyak salah.

  • Saya juga mengalamai hal yang hampir sama
    Lusa saya beli HP lewat tokopedia. Bebas ongkit tidak saya gunakan karena saya mau pakai cashback. Ada promonya dan dapat cashback 150rb. Sudah di klaim dan berhasil.
    Saat barangnya sudah sampai dan saya klik selesai, cashbacknya tidak masuk. Dan jawaban dari tokopedia pun sama dengan poin "M" nya. Seharusnya kalau memang promonya sejak awal tidak bisa digunakan lebih baik sistem tokopedia yang bikin tidak bisa di klaim. Kare a seperti ini sama saja menipu customer.

    • Yang pada komen kemarin katanya pembuat surat tdk baca syarat dan ketentuan, Promo tdk bisa dobel atau digabung,, ayo skrg dtanggapi kenapa hanya 1 promo yg dipakai tetap tdk bisa digunakan. Dan bukan transaksi logam mulia ya... Menurut saya tokopedia berusaha mencari sebanyak mungkin celah untuk membatalkan promo