Surat Pembaca

Pengajuan Pengembalian Dana Pembeli Disetujui Shopee, Tetapi Paket Diterima Pembeli dan Dana Penjualan Tidak Masuk ke Saldo Penjualan

Assalamualaikum Wr Wb.

Saya adalah salah satu penjual di Shopee dengan nama toko Shopee: hijacketkarawang. Melalui surat pembaca ini saya ingin menyampaikan kendala permasalahan saya.

Kronologi berawal saat saya melakukan penjualan melalui fitur lelang Shopee Live, akun dengan nama @Badopa72 kemudian memesan produk yang kami tawarkan melalui Shopee Live.

Setelah proses pengiriman berlangsung, pembeli atas akun @Badopa72 mengajukan pengembalian dana karena status paket tidak sampai. Saya cek status pengiriman masih dalam tahap pengiriman. Berikut buktinya :

Kemudian hasil pengajuan pengembalian dana diputuskan oleh Shopee ditolak karena status pengiriman masih berlangsung, berikut buktinya :

Kemudian pembeli membuat pengajuan baru dan hasil keputusan Shopee disetujui.

Dengan keputusan Shopee, maka dana sudah berhasil dikembalikan ke pihak pembeli. Untuk paket yang saya kirim berdasarkan keputusan Shopee, paket akan dikembalikan ke alamat saya sebagai penjual. Tetapi aktual dari paket tersebut sudah berhasil diterima oleh pembeli sesuai alamat pembeli. Di sini paket saya diterima pembeli tetapi saldo penjualan Rp0.

Saya sudah menghubungi Shopee maupun pembeli. Dari Shopee masih disuruh menunggu tanpa ada kejelasan target penyelesaian. Sedangkan penjual sudah saya chat di aplikasi Shopee tidak ada iktikad baik untuk mengembalikan paket atau membayar/mengganti dana yang ia terima untuk dibayarkan ke saya.

Melalui surat pembaca ini saya berharap pihak Shopee segera menyelesaikan permasalahan saya tanpa merugikan pihak pembeli, penjual, pihak ekspedisi, maupun pihak Shopee sendiri. Dan untuk pembeli jika membaca surat pembaca saya ini mohon untuk punya iktikad baik untuk mengembalikan paket yang sudah saya kirim.

Demikian surat pembaca dari saya, semoga masalah saya segera bisa diselesaikan. Terima kasih.

Salam hormat saya,

Ilham DP
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Aneh juga Shopee ya. Saya mengalami hal serupa di Tokopedia. Penjual kirim barang, tapi lama di ekspedisi berminggu2. Saya komplain ke Toped, masuk ke tahap penyelidikan. Kemudian diputuskan barang hilang. Saya dapat refund, Penjual juga dapat duit penjualan. Setelah 2 minggu kemudian barangnya sampai ke rumah saya. Tapi karena penjual sudah dapat dananya jadi tidak saya kembalikan.

      • masih belum ada penjelasan kah ?

        gas terus aja om jika sudah sesuai,,, semangattt pejuang rupiah

      • CS Shopee memang pada lalai nih dalam bekerja tidak sesuai fakta, karena kelalaian CS jadi dampak negative ke situs Shopee nya

      • Sudah beres blum??? Biasa media konsumen cepet sekali

        Media konsumen adalah ketua para Customer Service dari seluruh platform yg ada di indonesia... ?

  • Saya sebagai pembeli di toko online juga pernah mengalami hal yang sama, bahkan baru beberapa minggu lalu. kronologisnya begini, saya beli tv online dari official store sebuah merek yang belakangan namanya cukup terkenal. paket pengiriman saya pilih cargo karna barang cukup berat. pastinya sangat mahal jika pakai paket pengiriman reguler. beberapa hari kemudian, mungkin sekitar sebulan, aku cek posisi barang di web tracking si ekspedisi. lho kok statusnya barang sudah sampai dengan penerima atas nama saya sendiri, padahal saya belum menerima barangnya. lalu aku komplain dong ke si toko online. beberapa hari diinvestigasi, klo tdk salah sekitar seminggu. entah bagaimana proses investigasinya, kita sebagai pembeli tidak tau. pembeli hanya boleh bersabar untuk menunggu hasil investigasi. setelah masa investigasi, hasilnya nihil. hasil investigasi kemudian dinyatakan barang hilang. Yang berwenang menyatakan barang hilang, saya juga tidak tahu, apakah pihak ekspedisi, atau keputusan sepihak toko online.

    Setelah hasil investigasi dinyatakan barang hilang, Dana saya pun dikembalikan 100% murni, harga barang + ongkir. Beberapa hari kemudian, Barang sampai juga ke alamat saya. Padahal saya sdh tidak berharap dengan barang itu karena sdh dinyatakan hilang dan uang saya sdh dikembalikan. Tetapi barang itu tetap saya ambil, dengan pertimbangan sudah jauh-jauh dikirim dan waktu itu saya masih punya niat untuk membayar barang tersebut ke penjual dengan cara transfer manual tanpa melalui pembayaran lewat si toko online lagi, lagian saya masih membutuhkan barang itu buat hiburan di rumah.

    Namun sampai tulisan ini saya buat, saya belum belum membayar barang yang sdh saya terima tersebut dengan beberapa alasan/pertimbangan. Pertama, kesalahan bukan di saya sebagai pembeli. Tanpa bermaksud menyalahkan siapa-siapa, saya pikir kekeliruan ada di pihak ekspedisi yang membuat status posisi barang sudah sampai tetapi faktanya belum. Kedua, Pengiriman barang diasuransikan, artinya pihak asuransi sudah menanggung semua kerugian yang timbul baik kepada penjual maupun ke ekspedisi. Ketiga, penjual adalah Official store, kalaupun tidak mendapatkan pembayaran dari barang tersebut, finansialnya tidak akan goyah :) tidak akan terasa kehilangan yang besar. Keempat, sampai detik ini, tidak ada siapa-siapa yang menghubungi saya, yang menyatakan berhak atas pembayaran barang tersebut, baik dari si penjual, ekspedisi, maupun dari si toko online. itu bisa berarti, semua aman, tidak ada yang merasa rugi. Kelima, sampai detik ini saya tetap ada niat membayar barang tersebut, tapi bingung juga pihak mana yang sebenarnya lebih berhak menerima pembayaran, apakah penjual, si toko online, atau pihak asuransi ? (dengan asumsi, penjual sudah menerima pembayaran dari pihak asuransi), atau bahkan si ekspedisi? (dengan asumsi ekspedisi menanggung kerugian karna barang dinyatakan hilang). Bingung juga kan...

  • Ini senasib dengan saya. Barang diterima pembeli. Uang juga kembali ke pembeli. Admin Shopee seenaknya mengambil keputusan