Surat Pembaca

Promo Pembelian Laptop MacBook M1 Dibatalkan oleh Official Store Tokopedia

Pada tanggal 19 Februari 2023, saya memesan sebuah promo laptop MacBook Air seharga Rp6 jutaan. Pihak yang menjual produk tersebut bukan sembarang penjual, tapi Official Store yang bernama “ProStoreComputer”. Sebagai informasi, official store adalah layanan penjual di Tokopedia yang diperuntukkan bagi penjual pilihan untuk mengembangkan usahanya secara eksklusif.

Saya sebagai pembeli memilih berbelanja di Official Store dibandingkan merchant biasa, karena kualitas barang yang terjamin. Dengan adanya 3 jaminan khusus untuk pembeli Official Store, yaitu: Pasti Ori, Pasti Ready dan Garansi Barang 7 hari. Berikut bukti pembelian produk tersebut:

Namun sangat disayangkan, karena penjual membatalkan pesanan yang saya lakukan meskipun pembayaran sudah terverifikasi secara sah, dengan alasan salah harga.


Memang tidak ada jaminan produk pasti dikirim, karena jaminan yang diberikan oleh official store hanya mencakup 3 hal yang sudah saya sebutkan di atas. Namun saya sebagai pembeli merasa kecewa dengan hal tersebut ketika barang yang sudah saya bayar dengan harga jutaan ternyata malah di-cancel secara sepihak oleh seller, karena alasan salah harga, padahal sudah memberikan promo/diskon.

Ke depannya saya berharap kekecewaan yang saya rasakan ini tidak dialami oleh calon pembeli lain, sehingga hak kita sebagai konsumen dapat terpenuhi sesuai dengan yang seharusnya. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada pihak Media Konsumen yang sudah memberikan wadah untuk para konsumen menyampaikan keluhannya.

Adityo Yusuf Bowoleksono
Kab. Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • si Joe koplok..toko official storenya sedang mengadakan promo, ya jgn kau suruh cek harga ditoko lain lah koplok,. dengan label toko official store, tuh penulis nya berani check out dan langsung membayar,. karena memang beda official store dan toko biasa.. official store lebih terjamin dan terpercaya,.kalo udh ngasih promo dan udh dibayar terus membatalkan sepihak, itu si konyol menurut saya,.

    • mau official apa ga, kl beli brg mahal minimal chat dl seller tuh brg redi apa. liat harga murah lgs nafsu, mn ada macbook m1 6jt new wkwkw anda nekat ya silahkan beli la. jd buyer smart sedikit, belum resiko dibawa kabur kurir, paling aman ya samperin toko offline, ambil brg tes lgs, nt transaksi online hanya kirim amplop kosong. ane sampe hr ini ga pernh ketipu beginian. beli brg mahal toko fisik ada aman klo ada apa2 tgl samperin

      • nih masalah bukan duitnya balik atau ga balik tapi ini even promo, even" promo dan sebagainya memang untuk menarik pelanggan toko official store nya dan market place nya,

        dibawa kabur sama kurir ya pake asuransi kalo harga produk mahal kalo hilang kejar tuh ekspedisi nya,.

      • seller ngibul, yg smart kalo jualan, seandainya itu makanan udh dibayar udh dimakan mau makanan nya dimuntahin, seandainya itu official store dengan galeri Samsung langsung, mau kira" seperti itu jika terjadi dengan official store nya,. ingat kepercayaan konsumen lebih berharga,.

      • kok ngarep si, yg jadi seller yg ngasih harga lah kok malah nyalain sistem . kalo mau jualan sdmnya dibenerin dulu,. misalkan warung rokok ga tau harga pastinya tanya yg tau harga siapa tanya sama orang yg belanja kan, apalagi toko besar dengan label official store harus tau harga disetiap barang merk dan tipenya,.
        seller payah dan seharusnya pihak Tokopedia sebagai market place nya harus bertanggung jawab harus jadi mediator yg adil, kalo seller nakal seller licik harus diberi sangsi yg tegas cuma nurunin poin doang mah ga ada efek jeranya , misalkan dengan pajak yg gede disetiap produk seller nya, jgn nanti buyer pada uninstall pindah ke market place lain,.

      • pake alasan dibawa kabur kurir,.wkwkw ga nyambung.. kecuali toko rating jelek ulasan jelek itu toko official store, rating jelek akan mempengaruhi penjualan,.
        coba kau buka warung makan makanan nya ga enak harganya mahal pelayanannya buruk siapa yang mau makan diwarung lo

  • Gini bos, semua orang bisa daftar official store, tinggal bayar aja dan selesaikan administrasi.
    Pilih toko dengan bijak, pilih toko kepercayaan mu dengan baik. Toko Official bukan berarti toko dari brand. Toko official berarti toko yang terbukti nama badan usahanya, bukan terkait brand.

    Dalam kasus ini yang cancel kan pelanggan? OK saya tau yang minta cancel penjual. Tapi sistem baca yg cancel dari App pelanggan kan? Mau Anda bersikeras seperti apa, gak bakal bisa dapat pembelaan karena yg cancel Anda. Jaminan pasti ready itu harusnya biarkan saja sampai pesanan tercancel, nanti baru dapat jaminan. Kalau di cancel pembeli berarti instruksi beli batal.

    Terakhir, saya tahu penulis ingin barang murah, tetapi jangan jadi preman yang memaksakan harga ke seller. Jual beli mau online atau offline kedua belah pihak harus deal. Prinsip jual online ada pihak ketiga yg tahan uang kita, kalo batal yaudah cari toko lain. Toh uangnya balik kan? Rugi waktu? Cari toko offline aja langsung dapet saat transaksi. Ada plus minus transaksi online yang harus dimaklumi.