Surat Pembaca

Kurir COD J&T Membuat Status Barang Ditolak, Padahal Belum Dikirim

Saya selaku seller menerima komplain dari pihak pembeli marketplace TikTok Shop, dengan nomor resi J&T: JX1693644620, bahwa status barang “DITOLAK PELANGGAN”. Padahal pembeli tidak merasa barang ditolak, malahan barang itu ditunggu kedatangannya oleh pihak pembeli.

Kemudian saya mencoba follow up ke kurir. Pada tracking pelacakan pada TikTok shop terlampir nama dan nomor HP kurir. Setelah saya menghubungi kurir, alasan kurir tidak mau mengantarkan paket dan membuat status paket tertolak, karena pembeli sering menolak paket. Hal ini saya konfirmasi ulang ke pihak pembeli dan pihak pembeli menyangkal hal tersebut, sebelumnya dia tidak pernah menolak paket COD dengan chat terlampir. Dalam hal ini silakan pihak J&T untuk investigasi (terlampir bukti chat, pelacakan resi, nama dan nomor hp kurir).

Dari kasus ini bisa disimpulkan, banyak oknum-oknum kurir J&T COD yang tidak mau repot mengantarkan paket dan bisa dengan mudahnya membuat status paket ditolak pelanggan. Padahal barang belum dikirim atau dikonfirmasi ke pembeli. Perjalanan paket yang panjang menjadi sia-sia, yang seharusnya tidak retur, karena ulah oknum kurir. Hal ini bukan hanya sekali terjadi, banyak kiriman yang kasusnya seperti ini.

Mohon pihak J&T secara tegas memberikan punishment serta edukasi kepada oknum-oknum yang melanggar SOP dan mempengaruhi serta merusak reputasi J&T itu sendiri. Hal ini merugikan kami sebagai penjual, belum lagi ada risiko barang hilang dll, serta estimasi retur yang bisa memakan waktu 2 minggu bahkan lebih.

Terima kasih Media Konsumen.

Harliadi
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • JnT memang kacau apalagi JnT Tipar Cakung, Paket Non-COD di retur (Di buat Resi Baru) Seller Harus Bayar Ongkir Karena Paket Returnya Di Buat DFOD harus bayar ongkir. lucu udah di rugikan malah suruh bayar ongkir
    Mohon Untuk Kurir Andri Kurniawan dan Sopian Halim Mustaqim untuk tidak melakukan hal seperti ini lagi. agar tidak banyak seller yang di rugikan.

  • ekspedisi JnT memang kacau apalagi JnT T!par C4kun9, Paket Non-COD di retur (Di buat Resi Baru) Seller Harus Bayar Ongkir Karena Paket Returnya Di Buat DFOD harus bayar ongkir. lucu udah di rugikan malah suruh bayar ongkir.

  • kenapa yah ko paket jNT returan nya malah disuruh bayar ongkir. returnya juga aneh Non-CON di buat gagal di tolak oleh penerima, padahalga di antarkan, resi malah di buat baru yang mana returan tersebut ongkir harus di bayar

  • jNT kenapa sistemnya aneh apalagi yg cabang T1p4r C4kun9
    paket jelas-jelas Non-COD
    tapi kenapa di gagal kirim, terus returnya kenapa jadi resi baru DF0D yang ongkirnya seller yang nanggung wajib di bayar. Untuk JnT Ciomas Mohon segera di selesaikan. dan jangan ada korban lagi. ini sangat membingungkan dan merugikan seller.

  • resi JP3758362499 Non-COD oleh JNT Tipar Cakung andri_kurniawan dan Sopian_Halim Mustaqim di buat gagal kirim dan di buat resi retur baru JD0235390117 , aneh, saya selaku seller harus bayar ongkir Oleh Kuri JNT Ciomas. Tipar Cakung Ada Apa Sih Dengan Kurirnya. dan katanya bukan saya aja korbanya.